You are on page 1of 7

TELOR SEBAGAI SUMBER MAKANAN BERGIZI

*)
Oleh: Heru Pratomo Al**).

A. Pendahuluan
Dalam era industrialisasi dan perdagangan bebas, kualitas sumber daya
manusia merupakan modal dasar untuk mampu bersaing dan tampil sejajar dengan
bangsa-bangsa lain di dunia. Kebutuhan gizi merupakan salah satu indikator
terpenuhinya kebutuhan dasar manusia yaitu pangan. Upaya untuk menuju kondisi
ini memerlukan kerjasama lintas sektoral, khususnya bagi sektor-sektor yang
terkait dengan masalah gizi dan kesehatan. Salah satu diantaranya adalah sektor
peternakan yang bertanggung jawab dalam penyediaan pangan.
Status gizi merupakan kondisi fisik yang menggambarkan keseimbangan
antara kebutuhan dan masukan zat-zat gizi bagi seluruh organ-organ tubuh untuk
menjalankan fungsinya. Status gizi masyarakat ditandai dengan tingkat prevalensi
gizi salah dalam suatu kelompok masyarakat. Status gizi erat kaitannya dengan
status kesehatan, tingkat pencapaian prestasi, maupun tingkat produktivitas. Dapat
disimpulkan bahwa gizi menentukan kualitas sumberdaya manusia.
Telor sebagai sumber gizi telah dikenal sejak lama. Di pedesaan banyak
penduduk memelihara ayam untuk sekedar dimanfaatkan telornya sebagai lauk.
Selain ayam, telor dapat diperoleh dari itik, burung puyuh, entok ataupun angsa.
Konsumsi telor ayam dan telor itik merupakan konsumsi telor terbanyak di
Indonesia. Industri peternakan ayam semakin berkembang seiring dengan
kebutuhan daging ayam dan telor ayam. Di beberapa daerah, seperti daerah Brebes
banyak peternak itik untuk memanfaatkan telornya sebagai telor asin, sehingga
daerah Brebes dikenal sebagai daerah penghasil telor asin terbesar di Indonesia.
Sejak tahun 2000, Kabupaten Bantul memberikan tiga ekor ayam kepada setiap
anak Sekolah Dasar sebagai usaha meningkatkan gizi anak. Di Kabupaten Boyolali
sendiri, ada program sejuta itik yang dicanangkan oleh Bupati dalam rangka
______________________________________
*) Makalah disampaikan pada Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat di Dusun Drono,
Desa Ketaon, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali pada tanggal 14
Oktober 2003.
**) Staf pengajar pada Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY

meningkatkan sumber pendapatan dan gizi keluarga.

1

Semoga makalah yang sederhana ini ada manfaatnya. misalnya pembuatan roti.3 %. khususnya protein hewani. pengembang. demikian juga buah dan sayur hanya 2. Di antara sumber protein hewani yang banyak tersedia adalah telor. dan dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi kelompok ibu-ibu PKK di Dusun Drono. Makalah ini akan membahas kandungan gizi yang ada dalam telor. bakso. Telor dapat pula diolah menjadi masakan bergengsi dalam campuran. B. Dominasi kalori dari karbohidrat masih sekitar 62 %. mayonaisse Di samping sebagai lauk. Departemen Pertanian mengeluarkan slogan semangkuk sayur sebutir telur dalam usaha menggiatkan pemanfaatkan pekarangan rumah di pedesaan. atau masakan olahan lainnya. C. Telor juga dapat dihidangkan sebagai sajian tunggal yang sederhana namun enak. dan harga ikan. telor juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan lain. Desa Ketaon. Rendahnya konsumsi protein hewani. Pola Konsumsi Telor Telor merupakan sumber protein hewani yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat. Dengan slogan ini dimaksudkan agar setiap keluarga memanfaatkan pekarangannya untuk bertanam sayur dan memelihara ayam sebagai sumber pangan di dalam keluarga. Kandungan Gizi Telor 2 . Juga beberapa tahun yang lalu.3 %. Pola demikian dalam jangka panjang tidak menguntungkan baik dari segi kesehatan dan daya tahan tubuh. dan sayur antara lain disebabkan oleh pendapatan yang terbatas. daging. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa umumnya masyarakat masih beranggapan bahwa makan asal kenyang tanpa memperhatikan kebutuhan zat gizi yang memang diperlukan oleh tubuh. telor atau buah yang relatif lebih mahal daripada beras. sedangkan konsumsi protein hewani hanya 2. misalnya mie. Kecamatan Banyudono. antara lain dikatakan bahwa telor merupakan lauk yang bergizi tinggi. Pola konsumsi pangan masyarakat Indonesia umumnya masih berat pada karbohidrat dan rendah protein. telor mata sapi atau telor dadar. buah. misalnya telor rebus. dan pengemulsi pada berbagai masakan. Bahkan telor ayam kampung atau telor itik seringkali disedu dengan madu sebagai jamu. misalnya pada pembuatan roti dan salad. Telor merupakan bahan makanan yang sangat populer dan multi guna. Dalam slogan empat sehat lima sempurna. Telor dapat dijadikan bahan pengental. Kabupaten Boyolali.

3 10. Komposisi zat gizi telor ayam segar tiap 100 gram.8 Lemak (g) 11. Telor itik memiliki bentuk yang lebih besar daripada telor ayam.0 Vitamin (SI) 900.0 17.0 2000. mudah diolah serta harganya relatif murah jika dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya.0 49.0 0.0 50. yang terkandung dalam putihnya telor maupun kuningnya telor.0 6. maka telor itik mengandung kuningnya telor 7% lebih banyak.0 147. Tabel 2. telor merupakan makanan ideal dan sangat mudah didapatkan. Tabel 1.5 – 0. maupun dewasa. Apabila dibandingkan dengan telor ayam. Kandungan zat gizi dalam telor itik tiap 100 gram Komposisi Kimia Banyaknya Kalori 163 kal Air 75 – 77 g Protein 13 g Lemak 12 g Karbohidrat 0.7 0. Kuningnya telor itik mempunyai kandungan vitamin dan mineral yang lebih banyak daripada yang terkandung dalam putihnya telor.8 Kalsium (g) 54. dan untuk orang dewasa dianjurkan mengkonsumsi setiap minggu tiga butir telor.0 Fosfor (g) 180. Wanita hamil dan menyusui memerlukan tambahan gizi yang dapat dicukupi dengan makan dua butir telor setiap hari. Telor memiliki komposisi zat gizi yang lengkap.7 g Mineral 2g 3 .4 87.8 16.0 Karbohidrat (g) 0. Telor merupakan bahan pangan yang padat gizi dan enak rasanya. Bagi anak-anak.9 0.0 586. Telor Ayam Segar Komposisi Kimia Utuh Kuningnya Telor Putihnya Telor Kalori (kal) 162.0 Air (g) 74. remaja. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa telor itik lebih banyak mengandung kuningnya telor daripada putihnya telor.5 31.0 (Sumber : Bagian Proyek Pengembangan dan Pemasaran Hasil Pertanian Propinsi DIY) Untuk mencukupi protein hewani yang dibutuhkan anak balita cukup dengan memberikan sebutir telor (terutama kuningnya telor) setiap hari. Hal ini sangat erat hubungannya dengan pertumbuhan janin dan pembentukan ASI bagi ibu yang sedang menyusui.8 Protein (g) 12.7 0.0 361.

walaupun kandungan kolesterol dalam kuningnya telor sekitar 200 mg. Fungsi utama protein bagi tubuh adalah untuk membentuk jaringan baru dan mempertahankan jaringan yang telah ada. Kolesterol ini diperlukan untuk memproduksi vitamin D. Telor juga merupakan sumber kalsium dan besi yang sangat diperlukan oleh anak-anak yang sedang tumbuh dan ibu yang sedang menyusui. Kalau seseorang mengkonsumsi dua butir sehari barulah memperoleh kolesterol sebanyak 400 mg. Protein ikut pula mengatur berbagai proses tubuh. Protein adalah sumber asam-asam amino yang mengandung unsur-unsur C. Protein mengatur keseimbangan cairan dalam jaringan dan pembuluh darah. Protein juga mengganti jaringan tubuh yang rusak dan yang perlu dirombak. melindungi sel syaraf. (Sumber : Zamrowi. O. H. Molekul protein mengandung pula fosfor. Sebagai zat pembangun. sertta menghasilkan berbagai hormon. khususnya asan oleat. bahkan juga banyak mengandung vitamin yang sangat diperlukan bagi pembentukan hemoglobin. protein merupakan bahan pembentuk jaringan- jaringan baru yang selalu terjadi dalam tubuh. Masyarakat tidak perlu kawatir mengkonsumsi telor. dan N yang tidak dimiliki oleh lemak atau karbohidrat. 1987) Tingginya nilai gizi tersebut dan mudahnya telor dicerna membuat telor sangat berharga sebagai hidangan dalam keluarga. karena zat ini di samping berfungsi sebagai bahan bakar dalam tubuh juga berfungsi sebagai zat pembangun dan zat pengatur. yaitu dengan menimbulkan tekanan osmotik koloid 4 . sedangkan penderita sakit jantung masih diperbolehkan mengkonsumsi kolesterol sampai 200 – 300 mg atau setara dengan sebutir telor ayam sehari. baik langsung maupun tidak langsung dengan membentuk zat-zat pengatur proses dalam tubuh. Pada masa kehamilan proteinlah yang membentuk jaringan janin dan pertumbuhan embrio. Hal ini masih dapat ditoleransi karena tubuh manusia membutuhkan kolesterol antara 1000 – 1500 mg. memproduksi getah lambung. dan ada jenis protein yang mengandung unsur logam seperti besi dan tembaga. Kuning telor mengandung lesitin yang sangat tinggi yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan sel otak. Pada masa pertumbuhan proses pembentukan jaringan terjadi secara besar-besaran. belerang. Protein merupakan suatu zat makanan yang amat penting bagi tubuh. Protein dapat juga digunakan sebagai bahan bakar apabila keperluan energi tubuh tidak terpenuhi oleh karbohidrat dan lemak. Telor juga merupakan sumber asam lemak tidak jenuh.

yang dapat menarik cairan dari jaringan ke dalam pembuluh darah. Diperkirakan separuh atau 50% dari berat sel kering dalam jaringan seperti misalnya hati dan daging terdiri dari protein. ditambah dengan adanya gangguan pertumbuhan serta terjadinya gangguan pertumbuhan. Pada sebagian besar jaringan tubuh. Sifat amfoter protein yang dapat bereaksi dengan asam dan basa. dapat membentuk jaringan pengikat misalnya kolagen dan elastin. HO ditandai dengan terdapatnya oedem positif pada anggota badan. Untuk ibu- ibu yang sedang hamil dan menyusui serta anak-anak yang sedang tumbuh harus ditambah sejumlah protein ekstra (Winarno. Di samping itu protein dapat bekerja sebagai enzim. protein merupakan bagian yang sangat penting. Dalam setiap sel yang hidup. dapat mengatur keseimbangan asam-basa dalam tubuh. khususnya kaki bagian bawah. serta membentuk protein yang inert seperti rambut dan kuku. Jumlah tersebut diharapkan sudah cukup untuk memenuhi keperluan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh. Anak-anak yang menderita kuashiorkor menjadi apatis. 1991 : 71). Protein dalam tubuh manusia. gejala dari kuashiorkor yang spesifik adalah oedem. 5 . terutama dalam sel jaringan.57 g/kg berat badan per hari (laki-laki dewasa) atau 0. membentuk kompleks dengan molekul lain. Kekurangan konsumsi protein pada anak-anak kecil dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan badan si anak. serta dapat bertindak sebagai bagian sel yang bergerak (protein otot). dapat terkena busung lapar atau hunger oedem (HO). bertindak sebagai bahan membran sel. Kekurangan protein dalam waktu lama dapat mengganggu berbagi proses dalam tubuh dan menurunkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.54 g/ kg berat badan per hari (wanita dewasa). Pada keadaan kekurangan protein yang sangat parah (meskipun konsumsi energi atau kalori telah mencukupi kebutuhan) anak dapat menderita kuashiorkor. Kebutuhan protein sekitar 0. Pada orang dewasa kekurangan protein mempunyai gejala yang kurang spesifik. kecuali pada keadaan yang telah sangat parah. rewel dan wajahnya bengkak. nafsu makan kurang. protein merupakan komponen terbesar setelah air. dengan syarat protein yang dikonsumsi mempunyai mutu tinggi. dan dalam tenunan segar sekitar 20%. bertindak sebagai plasma (albumin). membentuk antibodi.

mencegah timbulnya radikal bebas sehingga dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh. sehingga mudah untuk mencernanya (Adib Abdullah Yahya. Penyuluhan dari kader gizi di pedesaan juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangannya agar memelihara ayam demi mencukupi kebutuhan protein sehari-hari.1%). zink. sedikit di bawah protein telur. karena kandungan asam-asam aminonya yang cukup lengkap dan banyak. diantaranya kadar lysine yang tinggi (8. B2 (riboflavin). tetapi di atas protein kacang-kacangan dan padi-padian. Produk-produk olahan telor juga semakin bervariasi. Dinas Peternakan dan Dinas Pertanian mengeluarkan slogan yang di pasang di tempat-tempat strategis berbunyi : SEMANGKUK SAYUR DAN SEBUTIR TELOR SEHARI. vitamin E akan bertindak sabagai antioksidan. Mineral yang sangat menonjol dalam telor adalah fosfor yang mencapai 240 mg tiap 100 g telor. maka kebutuhan protein tubuh harus dipenuhi. Resep-resep masakan yang memanfaatkan telor sebagai bahannya juga semakin banyak terpampang di 6 . besi. D. Protein dapat diperoleh dari bahan makanan yang berasal dari hewan (protein hewani) maupun dari tumbuhan (protein nabati). salah satunya adalah dari ikan. Nilai protein ikan dikatakan setara dengan bahan makanan hewani lainnya. B3 (niasin). Dalam telor juga terkandung vitamin A. Protein hewani dapat diperoleh dari sejumlah besar hewan. E. asam folat. serta mineral-mineral. Protein yang terkandung dalam ikan (16-22%) merupakan protein yang bernilai tinggi. Protein ikan mempunyai kandungan asam amino yang lengkap. Mineral yang banyak terkandung dalam telor antara lain kalsium. dan magnesium. bukan dari jaringan ikat. B1 (tiamin). natrium. Mengingat pentingnya fungsi protein bagi tubuh. Melihat potensi telor dan masalah gizi yang dihadapi masyarakat Indonesia maka peningkatan konsumsi telor perlu digalakkan. di samping natrium yang mencapai 177 mg per 100 g telor. Upaya Peningkatan Konsumsi Telor Telor dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh karena kandungan proteinnya cukup tinggi. 1991 : 61). D. kalium. Kalsium berguna untuk pertumbuhan tulang. fosfor. fluor berfungsi mencegah timbulnya gigi berlubang (karies). Selain itu protein ikan lebih banyak berasal dari otot.

(makalah PPM). ***** KANDUNGAN GIZI IKAN DAN MANFAATNYA BAGI PENINGKATAN STATUS GIZI MASYARAKAT Disampaikan pada kegiatan PPM Dosen 7 . Ini semua sangat membantu ibu-ibu dalam menyediakan menu sehari-hari yang lezat bagi keluarga dengan bahan dasar telor. Konsumsi ikan sebagai upaya meningkatkan status gizi masyarakat. Semoga tulisan yang sederhana ini ada manfaatnya. Winarno. “Ternak itik sebagai sumber gizi keluarga” dalam dalam Buletin Perbaikan Menu Makanan Rakyat. C.T. Yogyakarta : FMIPA UNY. (1994). 56 Juli 1992. Jakarta: P. Gramedia Pustaka Utama. (2001). F. (1987).majalah atau koran. Demikianlah sedikit ulasan tentang telor sebagai makanan bergizi. Jakarta : Pustaka Dian. Daftar Pustaka Anonim. “Memperkenalkan telor nabati” dalam Buletin Perbaikan Menu Makanan Rakyat. Cetakan kelima. (1992). G. (1991). 61 Juli 1994. Edisi No. Zamrowi. Talanipa. Kimia Pangan dan Gizi. Cara Beternak Itik. Edisi No. Budimarwanti.