Nama : Harning Dio Ramadhan Kelas : X-5 Pengertian Interaksi Sosial Manusia dalam hidup bermasyarakat, akan saling berhubungan

dan saling membutuhkan satu sama lain. Kebutuhan itulah yang dapat menimbulkan suatu proses interaksi sosial. Maryati dan Suryawati (2003) menyatakan bahwa, “Interaksi sosial adalah kontak atau hubungan timbal balik atau interstimulasi dan respons antar individu, antar kelompok atau antar individu dan kelompok” (p. 22). Pendapat lain dikemukakan oleh Murdiyatmoko dan Handayani (2004), “Interaksi sosial adalah hubungan antar manusia yang menghasilkan suatu proses pengaruh mempengaruhi yang menghasilkan hubungan tetap dan pada akhirnya memungkinkan pembentukan struktur sosial” (p. 50). “Interaksi positif hanya mungkin terjadi apabila terdapat suasana saling mempercayai, menghargai, dan saling mendukung” (Siagian, 2004, p. 216). Berdasarkan definisi di atas maka, penulis dapat menyimpulkan bahwa interaksi sosial adalah suatu hubungan antar sesama manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain baik itu dalam hubungan antar individu, antar kelompok maupun atar individu dan kelompok. Macam - Macam Interaksi Sosial Menurut Maryati dan Suryawati (2003) interaksi sosial dibagi menjadi tiga macam, yaitu (p. 23) : 1. Interaksi antara individu dan individu Dalam hubungan ini bisa terjadi interaksi positif ataupun negatif. Interaksi positif, jika jika hubungan yang terjadi saling menguntungkan. Interaksi negatif, jika hubungan timbal balik merugikan satu pihak atau keduanya (bermusuhan). 2. Interaksi antara individu dan kelompok Interaksi ini pun dapat berlangsung secara positif maupun negatif. Bentuk interaksi sosial individu dan kelompok bermacam - macam sesuai situasi dan kondisinya.

sehingga lambat laun kebudayaan asli mereka akan berubah sifat dan wujudnya membentuk kebudayaan baru sebagai kebudayaan campuran. Akomodasi Adalah suatu proses penyesuaian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok . apabila suatu kelompok masyarakat manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur unsur dari suatu kebudayaan asing sedemikian rupa sehingga lambat laun unsur . agar memperoleh kemenangan atau hasil secara kompetitif.bentuk asosiasi (hubungan atau gabungan) seperti : a. Interaksi sosial yang bersifat disosiatif. Misalnya.3. Interaksi sosial yang bersifat asosiatif. Interaksi sosial antara kelompok dan kelompok Interaksi sosial kelompok dan kelompok terjadi sebagai satu kesatuan bukan kehendak pribadi. seperti : a. Kerja sama Adalah suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. yaitu (p. yakni yang mengarah kepada bentuk .Bentuk Interaksi Sosial Berdasarkan pendapat menurut Tim Sosiologi (2002).bentuk pertentangan atau konflik. Asimilasi Adalah proses sosial yang timbul bila ada kelompok masyarakat dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda. d. kerja sama antara dua perusahaan untuk membicarakan suatu proyek. 2. b. tanpa menimbulkan ancaman atau benturan fisik di pihak . 49) : 1. Bentuk . Persaingan Adalah suatu perjuangan yang dilakukan perorangan atau kelompok sosial tertentu. tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian dari kebudayaan itu sendiri. saling bergaul secara intensif dalam jangka waktu lama.kelompok manusia untuk meredakan pertentangan. c.unsur kebudayaan asing itu diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri. yakni yang mengarah kepada bentuk . interaksi sosial dikategorikan ke dalam dua bentuk. Akulturasi Adalah proses sosial yang timbul.

26) : a. .ciri interaksi sosial.lawannya. Dilaksanakan melalui suatu pola sistem sosial tertentu Syarat . Konflik Adalah proses sosial antar perorangan atau kelompok masyarakat tertentu. b. sehingga menimbulkan adanya semacam gap atau jurang pemisah yang mengganjal interaksi sosial di antara mereka yang bertikai tersebut.Ciri Interaksi Sosial Menurut Tim Sosiologi (2002). c. interaksi sosial dapat berlangsung jika memenuhi dua syarat di bawah ini. Kontravensi Adalah bentuk proses sosial yang berada di antara persaingan dan pertentangan atau konflik. yaitu (p. Mempunyai maksud atau tujuan yang jelas d. Ciri .masing pihak saling bereaksi antara satu dengan yang lain meski tidak harus bersentuhan secara fisik.Syarat Terjadinya Interaksi Sosial Berdasarkan pendapat menurut Tim Sosiologi (2002). 23) : a. b. Jumlah pelakunya lebih dari satu orang b. Sikap tersebut dapat berubah menjadi kebencian akan tetapi tidak sampai menjadi pertentangan atau konflik. ada empat ciri . Wujud kontravensi antara lain sikap tidak senang. dan masing . baik secara tersembunyi maupun secara terang . akibat adanya perbedaan paham dan kepentingan yang sangat mendasar. Terjadinya komunikasi di antara pelaku melalui kontak sosial c. antara lain (p. Komunikasi Artinya berhubungan atau bergaul dengan orang lain. Kontak sosial Adalah hubungan antara satu pihak dengan pihak lain yang merupakan awal terjadinya interaksi sosial.terangan yang ditujukan terhadap perorangan atau kelompok atau terhadap unsur unsur kebudayaan golongan tertentu.

beberapa tahun yang lalu World Bank menyodorkan program tata kota yaitu “ city without slumps”. warga kota Jakarta harus bekerja berkali-kali lipat lagi untuk memenuhi kebutuhan primer . salah satu factor dari kemiskinan. akhirnya orang hanya bisa berpikir bagaimana caranya bertahan hidup dengan segala macam kebutuhan primer dan sekundernya hari ini. Kemiskinan yang dialami penduduk kota ini telah mengakibatkan dicabutnya hak mereka untuk bertempat tinggal di kota metropolitan ini oleh negara dimana dalm kondisinya agar mendapat pinjaman diri negara luar. pakaian dan tempat tinggal pun muncul sebgai masalah pertama untuk hidup diperkotaan. Menurut saya penggusuran yang dilakukan ini merupakan salah satu factor kemiskinan tetap ada di kota Jakarta ini. Umumnya masyarakat yang tinggal di kawasan perumahan ini adalah masyarakat yang mempunyai status kemiskinan absolut [11] menurut Giddens. mulai dari penggarukan becak yang dianggap sebagai biang keladi kemacetan di Jakarta dan kemudian disusul oleh penggusuran perumahan rakyat yang dianggap kumuh. yang padahal belum tentu pinjaman yang mengatasnamakan rakyat itu jatuh ketangan rakyat. karena korupsi sudah sedemikian akutnya di pemerintahan negara ini.Urbanisasi Sebagai salah satu implikasi dari pertumbuhan penduduk menjadi. Hidup di daerah perkotaan seperti kota Jakarta ini tentu biaya hidup yang dikeluarkan tidak murah. Akhirnya ditempat baru ini hanya kemiskinan dan hidup yang tak terjamin dengan penghasilan yang tidak tetap dan dibawah standar guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Harapan akan hidup lebih baik yang dibawa dari daerah asalnya ke tempatnya yang baru. Program ini segera direspon oleh Pemda Jakarta dengan semangat juang yang tinggi. Program World Bank ini ternyata dipakai oleh Pemda Jakarta guna menghilangkan perkampungan yang menurut mereka dari sanalah segala macam bentuk kriminalitas itu timbul. Ada baiknya kita mundur terlebih dahulu. pendidikan. etc guna mendapatkan pinjaman hutang luar negeri. Persoalan kebutuhan makanan. Baru-baru penggusuran terhadap perumahan rakyat dilakukan oleh Pemerintahan Daerah Jakarta. disamping pemotongan subsidi publik seperti BBM. Dengan dicabutnya hak asasi manusia untuk bertempat tinggal ini. Namun di tempatnya yang baru harapanya ternyata tidak juga terpenuhi. Akhir tahun 2001 pun dijadwalkan sebagai waktunya pelaksanaan program ini.

Pertama. dan sebagainya yang dianggap sebagai struktur bentuk di alam. listrik. pendidikan. masalah seperti ini tentu sangat mudah untuk diatasi. Namun memodelkan sebuah sistem sosial bukanlah pekerjaan mudah. karakteristik dari fenomena sosial seringkali lebih baik didekati dengan representasi semantik alias pendekatan secara kualitatif biasa. ilmu sosial juga berusaha untuk mensinergikan antara apa yang diamati di lapangan penelitian dan konstruksi teori sosial tentang hal yang hendak diteliti. balok. Seperti yang saya ketahui bahwa penyediaan kebutuhan publik. Statistika adalah ilmu yang paling sering digunakan untuk melakukan berbagai hal yang mungkin diukur dalam sistem sosial. Namun bisa juga berlaku sebaliknya. Pada dasarnya konstruksi teori sosial dapat secara sederhana disebut sebagai model dari proses sosial yang diamati. bahwa kemiskinan yang diderita orang-orang ini adalah karena ekslusi sosial dari negara dan kelas dalam masyarakat. Contohnya adalah upaya manusia dengan berbagai bangunan geometri matematika seperti bola. Sebagaimana dalam perkembangan ilmu alam. . Simulasi menangkap struktur perilaku yang ada di obyek yang diamati untuk kemudian diujicobakan ke 'miniatur-miniatur' yang dibuat agar dapat menjelaskan fenomena yang terjadi. sehingga mengakibatkan kesulitan melakukan pengecekan dengan teori yang sudah ada selama ini. Model yang dibangun dapat berbentuk simulasi. Oleh negara tidak dilakukan. Kedua. bahkan pengakuan sebagai penduduk kota ini pun tidak diberikan kepada mereka. padahal kehidupan sehari-hari kebutuhan primer yang lain belum tentu bisa tercukupi oleh penghasilan yang didapatkan. seperti air minum. lingkaran. Dalam ilmu alam. pekerjaan. interaksi kompleks yang terlibat dalam sistem sosial berarti bahwa hasil dari pemodelan tersebut sulit untuk dianalisis dengan menggunakan pendekatan biasa (kompleksitas sintaktik). Akibat dari hilangnya aksesakses seperti inilah yang juga menyebabkan kenapa kemiskinan masih saja tetap ada bahkan cenderung ke arah pemerataan kemiskinan.yang satu ini. Cara untuk membandingkan konstruksi teori sosial tersebut dengan apa yang diperoleh di lapangan adalah dengan membangun model. Hal ini didasarkan pada dua hal. Persoalannya adalah hal ini sangat sulit untuk diterjemahkan dalam metode formal.

Tentu tak harus bangunan yang besarnya sama dengan yang kita bangun. lintasan peluru dikatakan berbentuk parabola. Kita lihat gambar di bawah ini. tentang alur logis pemodelan dengan pengolahan dan pengumpulan data dan dengan simulasi. apakah ledakan. Bagaimana cara mengetahui apakah sebuah gedung besar sudah tahan terhadap gempa? Apakah kita membangun sebuah bangunan besar lalu menanti gempa datang untuk mengetahui kekuatannya? Tentu tidak! Kita membuat bangunan dengan konstruksi semirip mungkin dengan bangunan yang hendak kita bangun. Simulasi adalah suatu bentuk model di mana kita dapat mencobakan/bereksperimen sedemikian hingga dapat mengetahui struktur yang ada di obyek nyata yang dianalisis. Dari sini kita tahu apakah bangunan yang akan kita bangun dengan konstruksi yang sudah diujikan tersebut seberapa kuat jika dilanda gempa. apakah dorongan. kita bisa membuat miniatur yang konstruksinya sama. Lalu kita simulasikan dengan membuat getaran yang kira-kira mirip atau sama dengan gempa.Bumi kita katakan berbentuk bola. kotak kita anggap berbentuk balok. dan seterusnya. . Tentu ini sangat berbeda dengan model yang menggunakan statistika. dan seterusnya.

yang harus kita ingat dalam melakukan hal tersebut adalah kita harus berhati-hati dalam membuat model dari fenomena sosial yang kita amati. Dalam model statistika. Namun satu hal yang pasti. konteks masalah yang kita amati juga harus jelas karena sangat mungkin orang menggunakan istilah yang sama untuk konteks yang berbeda. kita dapat memecahkan suatu fenomena sosial dengan jauh lebih baik ketika kita menggunakan sebanyak mungkin aspek dan perspektif. Tujuan selanjutnya adalah membuat model dari fenomena (target) tersebut. Hal ini sangat penting karena sangat mungkin orang akan membuat model dari aspek dan perspektif yang berbeda terhadap sebuah masyarakat. Kedua. peneliti akan membandingkan apakah prediksi yang dihasilkan oleh model memiliki kemiripan dengan data aktual yang didapat.Dalam melakukan simulasi sosial. Pemodelan dan simulasi selalu diawali dengan ketertarikan kita pada suatu fenomena di dunia nyata. Pada metode ini. biasanya model yang dikembangkan berupa persamaan-persamaan matematis atau uraian-uraian kualitatif tentang suatu hal. Fenomena ini kita namakan target. Selain itu. Analisis yang dilakukan selanjutnya terdiri dari : pertama. Kita harus dapat membatasi masalah berdasarkan aspek dan perspektif yang kita amati. peneliti mengembangkan sebuah model melalui suatu abstraksi dari suatu perkiraan tentang proses sosial yang terjadi. yang lebih sederhana dibandingkan dengan fenomena tersebut. Selanjutnya seorang peneliti haruslah mengumpulkan beberapa data yang akan digunakan untuk melakukan estimasi. meskipun aspek dan perspektif tersebut kontradiktif. peneliti mengukur .

dan hasil yang didapat diamati. urut-urutan dari proses sosial tersebut. yaitu pada metode ini akan dihasilkan pola dari hubungan-hubungan antara variabel yang diukur. Namun berbeda dengan model statistik yang cenderung menggunakan persamaan matematis. Dalam simulasi. Program tersebut kemudian disimulasikan. model yang dibangun didasarkan pada program komputer . namun dia tidak dapat memodelkan mekanisme yang mendasari hubungan-hubungan tersebut. seperti pada model statistika. seorang peneliti juga membangun suatu model dengan berasumsi pada perkiraan proses sosial yang ada. Hal yang kontras terjadi pada pemodelan secara statistik. Data hasil simulasi ini kemudian dibandingkan dengan data yang didapat dari lapangan untuk dicek apakah model yang dibangun menghasilkan output yang mirip dengan kondisi sebenarnya. MAX WEBER Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang tindakan social atau perilaku-perilaku manusia EMILE DURKHEIM . Bila model statistik bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara variabel yang terukur pada satu waktu tertentu. Kedua metode ini dapat digunakan untuk menjelaskan dan memprediksi fenomena sosial yang ada. yang berarti dijalankan pada komputer. Definisi Sosiologi Menurut Beberapa Ahli AUGUSTE COMTE Sosiologi adalah Suatu disiplin ilmu yang bersifat positif yaitu mempelajari gejala-gejala dalam masyarakat yang didasarkan pada pemikiran yang bersifat rasional dan ilmiah.alur kerja. Model yang didapat digunakan untuk memperoleh data hasil simulasi. terdapat perbedaan yang sangat besar diantara keduanya.besar dari parameter dan membandingkan besar tersebut untuk mengidentifikasi parameter terpenting. Untuk membuat simulasi sosial. dapat diperoleh penjelasan yang eksplisit tentang proses yang terjadi pada fenomena sosial yang dimodelkan. Namun meskipun terdapat banyak kesamaan antara dua metode ini. simulasi sangat memperhatikan keseluruhan proses yang terjadi.

PAUL B.J. keluarga dengan moral. VAN DORN & C. LAMMERS Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang struktur dan proses. NIMKOFF Sosiologi adalah Penelitian secara ilmiah terhadap interaksi social dan hasil-hasil dari interaksi tersebut J. Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala-gejala non-sosial (misalnya gejala geografis.proses kemasyarakatan yang bersifat stabil. HORTON Sosiologi adalah Ilmu yang memusatkan penelaahan pada kehidupan kelompok-kelompok masyarakat dan produk/hasil dari kehidupan kelompok tertentu MAC IVER . biologis.dan sebagainya) 3. gerak masyarakat dengan politik dan lain sebagainya) 2. OGBURN & MAYER F. Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejalagejala sosial (misalnya antara gejala ekonomi dengan agama. hukum dengan ekonomi.A.Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari fakta-fakta social yaitu fakta-fakta atau kenyataan yang berisikan cara bertindak.A. Ciri-ciri umum semua jenis gejala sosial lain RAOUCEK & WARREN Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dalam kelompok-kelompok sosial WILLIAM F. cara perpikir dan cara merasakan sesuatu. HERBERT SPENCER Sosiologi adalah Ilmu yang menyelidiki tentang susunan-susunan dan proses kehidupan social sebagai suatu keseluruhan / suatu sistem. PITIRIM SOROKIN Sosiologi adalah suatu ilmu yang mempelajari : 1.

baik mengenai hakekatnya. terutama dalam kaitannya dengan suatu system social dan bagaimana system tersebut mempengaruhi individu dan bagaimana pula orang yang terlibat didalamnya mempengaruhi system itu. mengenai kesehatan dan perkembangan masyarakat.J. GILLIN Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari interaksi yang timbul di dalam masyarakat P. WILLIAM KORNBLUM Sosiologi adalah Suatu upaya ilmiah untuk mempelajari masyarakat dan perilaku-perilaku anggotanya yang menjadikannya masyarakat yang bersangkutan ke dalam berbagai kelompok-kelompok dan berbagai kondisi-kondisi ALLAN JOHNSON Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari kehidupan dan perilaku. J.Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang hubungan-hubungan social yang terjadi dalam masyarakat J. kodrat-kodrat yang menggerakkannya. BIERENS De HAAN Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan tentang masyarakat manusia. susunannya. . BAOUMAN Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan tentang manusia dan hubunganhubungan antar golongan manusia Mr. GEORGE SIMMEL Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari perhubungan sesama manusia ( Human Relationship ) LESTER FRANK WARD Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk meneliti kemajuan-kemajuan manusia dan apa saja yang dilakukan oleh manusia dalam kehidupannya. hubungannya.

termasuk perubahan-perubahan sosial.VANDER ZANDEN Sosiologi adalah Studi ilmiah tentang interaksi manusia di masyarakat. Proses sosial adalah pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama. umpamanya pengaruh timbal balik antara segi kehidupan ekonomi dengan segi kehidpuan politik. antara segi kehidupan agama dan segi kehidupan ekonomi dan lain sebagainya. cara terbentuk dan tumbuh serta perubahannya . antara segi kehidupan hukum dan segi kehidupan agama. MAYOR POLAK Sosiologi adalah Ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan yakni hubungan diantara manusia dengan manusia. lembagalembaga sosial. kelompok-kelompok serta lapisan-lapisan sosial. manusia dengan kelompok. ANTHONY GIDDENS Sosiologi adalah Studi tentang kehidupan social manusia. kelompok dengan kelompok. Struktur Sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok yaitu kaidah-kaidah sosial (norma-norma sosial). SELO SOEMARDJAN & SOELAEMAN SOEMARDI Sosiologi atau ilmu masyarakat ialah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial. HASSAN SHADILY Sosiologi adalah Ilmu yang mempelajari tentang hidup bersama dalam masyarakat dan menyelidiki ikatan-ikatan antar manusia yang menguasai kehidupan dengan mencoba mengerti sifat dan maksud hidup bersama. kelompokkelompok manusia dan masyarakat. SOERJONO SOEKANTO Sosiologi adalah Ilmu yang memusatkan perhatian pada segi-segi kemasyarakatan yang bersifat umum dan berusaha untuk mendapatkan pola-pola umum kehidupan masyarakat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful