KARYA TULIS ILMIAH PEMANFAATAN GETAH DAUN TALAS UNTUK MEMPERCEPAT PEMBEKUAN DARAH SEBAGAI ALTERNATIF HERBAL PENYEMBUH

LUKA

Disusun oleh : Mirra Fatharani (10317244002)

Pendidikan Biologi Internasional

JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2012

Hal ini dikarenakan tumbuhan sedikit atau bahkan tidak menimbulkan efek samping dalam pemanfaatanya. meskipun belum ada kepastian ilmiah mengenai kegunaan dari obat-obat tradisional yang berasal dari tumbuhan tersebut masyarakat telah membuktikan sendiri khasiatnya. Berdasarkan pada penggunaan tumbuhan sebagai obat tradisional. Hal ini didukung pula oleh tingkat keanekaragaman hayati yang tinggi. Hal ini seolah telah menjadi budaya dan tidak dapat lepas dari peri kehidupan manusia di Indonesia. tanaman buah-buahan. dan dari jumlah tersebut sebagian besar mempunyai potensi untuk dimanfaatkan sebagai tanaman industri. namun tidak hanya itu bagian tubuh lain dari tanaman ini juga telah banyak digunakan sebagai obat . Pemanfaatan tumbuhan sebagai obat tradisional telah dilakukan sejak jaman dahulu dan berlaku turun temurun. dapat ditemukan di Indonesia. Oleh karena itu. Salah satu aktivitasnya adalah pemanfaatan tumbuhan sebagai obat tradisional. dewasa ini muncul konsep obat herbal yang juga menggunakan tumbuhan. Di Indonesia diperkirakan terdapat 100 sampai dengan 150 famili tumbuhtumbuhan. dalam kehidupan sehari-hari mayarakat Indonesia masih dididominasi oleh unsur-unsur tradisional. Sebagai negara yang sedang berkembang. Talas merupakan salah satu sumber karbohidrat bagi manusia.2 PEMANFAATAN GETAH DAUN TALAS UNTUK MEMPERCEPAT PEMBEKUAN DARAH SEBAGAI ALTERNATIF HERBAL PENYEMBUH LUKA A. tanaman rempah rempah dan tanaman obat-obatan (Nasution. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya vegetasi alam di sebagian besar wilayah di Indonesia. Talas atau Colocasia esculenta merupakan salah satu dari sekian banyak tumbuhan yang telah berhasil diketahui manfaatnya sejak jaman dahulu. 1992). Seperti yang telah diketahui bahwa sekitar 10 % kekayaan species tumbuhan yang ada di dunia. LATAR BELAKANG Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati yang sangat tinggi.

B. kami menggunakan metode eksperimen. Alat tulis Bahan 1. Kapas 4. Bagaimana getah daun talas dapat mempercepat pembekuan darah? C. 1. Salah satunya adalah getah dari daun talas yang sering digunakan sebagai penyembuh luka. Stopwatch 5. Melalui karya ilmiah ini penulis akan mengupas pemanfaatan getah daun talas secara ilmiah. Alat 1. Sedangkan untuk menunjukkan pengaruh pemberian getah daun talas dalam mempercepat pembekuan darah. Getah daun talas 3. Apakah kandungan getah daun talas sehingga dapat digunakan sebagai alternatif obat herbal penyembuh luka? 2. kaitanya sebagai alternatif obat herbal penyembuh luka. Dalam metode eksperimen ini alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut . RUMUSAN MASALAH Bertolak pada pemanfaatan getah daun talas sebagai penyembuh luka oleh masyarakat namun belum didasarkan pada bukti ilmiah. Gelas objek 3. dapat dirumuskan masalah yang akan dibahas dalam karya tulis ini yaitu .3 herbal oleh masyarakat Indonesia. Darah naracoba . Blood lancet steril (disposable) 2. METODE Metode yang dilakukan untuk mengetahui kandungan senyawa yang terdapat pada getah daun talas adalah dengan melakukan studi literature. Alkohol 2.

baik sample darah yang diberi getah daun talas maupun yang tidak. dan membiarkanya hingga kering. kami melakukan rerata waktu hingga dapat dibuat sebuah kesimpulan mengenai data tersebut. 5. untuk menunjukkan reaksi pembekuan darah. 3. Meneteskanya masing-masing satu tetes pada kedua ujung gelas objek yang telah dipersiapkan. HASIL Berdasarkan data yang diperoleh sebagai berikut . Setelah diperoleh data waktu pembekuan darah masing-masing naracoba. Mencatat masing-masing waktunya. Mensterilkan kulit ujung jari tengah atau jari manis dengan kapas yang telah diberi alkohol. dan melakukan langkah-langkah di atas pada kelima naracoba lainya. Menusukkan ujung jari tengah atau jari manis naracoba dengan menggunakan blood lancet steril (disposable). Pada salah satu tetesan darah kami meneteskan pula getah daun talas. No Nama Jenis kelamin Umur Waktu 1 Waktu 2 Keterangan : Waktu 1 adalah waktu yang diperlukan oleh darah yang tidak diberi getah daun talas . Berikut ini merupakan langkah-langkah yang kami lakukan : 1. 4. kemudian menghitung waktu yang dibutuhkan kedua tetesan darah tersebut samapai terjadi pembekuan atau penggumpalan. D. 2.4 Kami melakukan eksperimen terhadap 6 orang naracoba yang sample darahnya akan diujikan. sehingga darah keluar.

sehingga pemanfaatan getah daun talas oleh masyarakat Indonesia sebagai penyembuh luka telah terbukti secara ilmiah. Hal ini membuktikan bahwa pembekuan darah yang dibantu oleh getah daun talas berlangsung lebih cepat daripada proses pembekuan darah secara normal... waktu yang dibutuhkan dalam pembekuan darah normal adalah .. berikut ini merupakan skema yang dapat menggambarkan terjadinya pembekuan darah saat terjadi luka : ..... Berdasarkan studi literature yang kami lakukan..... sedangkan waktu yang dibutuhkan dalam pembekuan darah yang dibantu oleh getah daun talas adalah. Sedangkan pada getahnya terdapat Ca-oksalat dan senyawa rapida..5 Waktu 2 adalah waktu yang diperlukan oleh darah yang diberi getah daun talas Berdasarkan data yang diperoleh. Getah daun talas yang mengandung Ca sangat berguna untuk membantu mempercepat pembekuan darah . kandungan dalam 100 gram talas adalah sebagai berikut : Berdasarkan data tersebut talas memiliki banyak kandungan kalsium....

trombosit atau keping darah pecah kemudian mengeluarkan trombokinase yang akan mengaktifkan protrombin dengan bantuan Vitamin K dan Ca 2+ menjadi trombin. terbukti bahwa anggapan atau kepercayaan masyarakat tradisional yang menggunakan getah daun talas sebagai penyembuh luka dapat dibuktikkan secara ilmiah. Berdasarkan observasi di atas. Trombin akan mengaktifkan Fibrinogen menjadi benang-benang fibrin yang akan menutup luka. maka darah akan cepat membeku dan luka akan segera tertutup oleh jaringan parut yang terbentuk akibat proses pembekuan darah.6 Ketika terjadi luka. SIMPULAN Getah daun talas memiliki kandungan ion Kalsium yang tinggi. E. Maka getah daun talas dapat dijadikan sebagai alternatif obat herbal penyembuh luka. Sehingga dengan ditambahkanya getah daun talas yang mengandung banyak ion Kalsium pada darah yang keluar saat luka. RINGKASAN Utilization of Taro Leaf Sap to accelerate blood clotting as herbal wound healing . sehingga dapat mempercepat proses pembekuan darah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful