B.

Jenis Elastisitas Permintaan Elastisitas permintaan perlu dibedakan kepada tiga konsep, yakni elastisitas permintaan harga, elastisitas permintaan silang, dan elastisitas permintaan pendapatan. Dari ketiga konsep ini, yang terpenting adalah elastisitas permintaan harga. Berikut ini akan diuraikan lebih lanjut tentang jenis-jenis elastisitas permintaan tersebut. 1.) Elastisitas permintaan harga Elastisitas permintaan harga adalah koefisien yang menunjukkan sampai dimana besarnya perubahan permintaan atas suatu barang sebagai akibat dari perubahan harga barang tersebut. Pada elastisitas permintaan harga, nilai koefisien elastis berkisar antara nol sampai tak terhingga. Berdasarkan tingkat elastisitasnya, elastisitas permintaan harga dapat dibedakan menjadi tidak elastis sempurna, elastis sempurna, elastis uniter, tidak elastis, dan elastis.
Harga D Harga

D D Jumlah

D

0

0

Jumlah (ii) Elastis sempurna

(i) Tidak elastis sempurna

Harga D

Harga

D

D Jumlah (iv) Elastis uniter Harga D D 0 0

D Jumlah (iii) Tidak elastis

0 (v)

Jumlah Elastis

a.) Tidak elastis sempurna Koefisien elastisitas bernilai nol. Jadi, perubahan harga tidak akan merubah jumlah permintaan atas barang. Jumlah yang diminta tetap saja walaupun harga mengalami kenaikan atau penurunan. b.) Elastis sempurna

) Elastisitas permintaan silang Elastisitas permintaan silang adalah koefisien yang menunjukkan sampai dimana besarnya perubahan permintaan atas suatu barang apabila terjadi perubahan atas harga barang yang lain. ada pula barang yang elastisitas pendapatannya bernilai negatif. permintaan atas mobil berkurang. Hal ini terjadi pada barang-barang substitusi (pengganti). semuanya akan dapat terjual. maka jumlah permintaan atas barang X bertambah. Kalau harga mobil bertambah mahal.) Elastis Koefisien elastisitas bernilai lebih dari 1. c. Namun.) Elastisitas permintaan pendapatan Elastisitas permintaan pendapatan adalah koefisien yang menunjukkan sampai dimana besarnya perubahan permintaan atas suatu barang sebagai akibat dari perubahan pendapatan pembeli. Mobil dan bus kota adalah contoh dua barang yang bisa saling menggantikan. Nilai elastisitas positif berarti permintaan atas suatu barang berubah ke arah yang bersamaan dengan harga barang yang lainnya. sehingga sebagian orang lebih suka menggunaan kendaraan umum daripada mobil. Nilai elastisitas silang berkisar antara tak terhingga yang negatif kepada yang tak terhingga positif. dimana perubahan pendapatan dan jumlah yang . Berapa pun banyaknya barang yang ditawarkan.) Tidak elastis Koefisien elastisitas berada di antara nilai nol dan satu.Demikian pula pada orang kaya yang mengurangi jumlah mobil yang ingin dibelinya. sebaliknya kalau harga barang Y turun. Kalau harga barang Y naik. Di sini terdapat hubungan searah di antara perubahan pendapatan dan perubahan permintaan. Untuk kebanyakan barang. e. Nilai elastisitas negatif terjadi pada barang-barang komplemen (penggenap).) Elastis uniter Koefisien elastisitas bernilai satu. Perubahan harga barang diikuti oleh perubahan jumlah permintaan dengan presentasi perubahan yang sama. permintaan atas bus kota akan bertambah. Namun.Koefisien elastisitas bernilai tak terhingga. d. Koefisien elastisitas permintaan mempunyai nilai yang demikian apabila presentasi perubahan harga adalah lebih besar daripada presentasi perubahan jumlah permintaan. Kurva menggambarkan bahwa apabila harga berubah. Barang-barang yang elastisitas pendapatannya demikian dinamakan barang normal. maka jumlah permintaan atas barang X berkurang. 3. dengan demikian elastisitas permintaannya adalah positif. Nilai elastisitas negatif berarti jumlah barang X yang diminta berubah ke arah yang bertentangan dengan perubahan harga barang Y. Harga minyak yang bertambah mahal mengurangi permintaan atas mobil. 2. Pada suatu harga tertentu pasar sanggup membeli semua barang yang ada di pasar. maka permintaan akan mengalami perubahan dengan presentasi yang melebihi presentasi perubahan harga. misalnya antara minyak dan mobil. kenaikan pendapatan akan menyebabkan kenaikan permintaan dan penurunan pendapatan akan menyebabkan penurunan permintaan.

1992.1944. Jakarta : Erlangga . Berbagai jenis makanan dan hasil pertanian umumnya mempunyai elastisitas pendapatan yang kurang elastis. Teori Mikroekonomi. yaitu apabila perubahan pendapatan menimbulkan perubahan yang kecil saja atas barang yang diminta.dibeli bergerak ke arah yang berkebalikan. Sadono. DAFTAR PUSTAKA : Sukirno. Elastisitas pendapatan dikatakan tidak elastis apabila koefisien elastisitasnya adalah kurang dari satu. Pengantar Teori Mikroekonomi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Salvatore. Barang-barang yang seperti demikian dinamakan barang inferior. Kenaikan pendapatan menyebabkan penurunan permintaan dan penurunan pendapatan menyebabkan kenaikan permintaan. Sedangkan untuk barang-barang yang bersifat tahan lama dan mewah cenderung lebih elastis daripada barang makanan dan pertanian. Dominick. Elastisitas pendapatan dikatakan elastis jika perubahan pendapatan menimbulkan pertambahan permintaan yang lebih besar daripada perubahan pendapatan. yaitu pertambahan permintaannya lebih lambat daripada pertambahan pendapatan konsumen.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful