MIRAS

(MINUMAN KERAS/MINIMAN BERALKOHOL)

PENGERTIAN Minuman beralkohol adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif dan konsumsinya menyebabkan penurunan kesadaran.

JENIS-JENIS MIRAS

Ada 3 golongan minuman berakohol yaitu Golongan A kadar etanol 1%-5% (bir), golongan B kadar etanol 5%-20% (anggur/wine) dan golongan C kadar etanol 20%-45% (Whiskey, Vodca, TKW, Manson House, Johny Walker, Kamput)

. dan terganggu pekerjaannya.EFEK SAMPING dirasakan segera dalam waktu beberapa menit saja. atau kehilangan konsentrasi. seperti rasa senang. Perubahan fisiologis juga terjadi. rasa sedih dan kemarahan Bila dikonsumsi berlebihan ganggguan mental organik (GMO). terganggu fungsi sosialnya. Mereka yang terkena GMO biasanya mengalami perubahan perilaku. seperti misalnya ingin berkelahi atau melakukan tindakan kekerasan lainnya. Dalam jumlah yang kecil perasaan relax. bicara ngawur. dan pengguna akan lebih mudah mengekspresikan emosi. muka merah. Perubahan psikologis yang dialami oleh konsumen misalnya mudah tersinggung. merasakan. tergantung dari jumlah / kadar alkohol yang dikonsumsi. tidak mampu menilai realitas. atau mata juling. dan berprilaku. tetapi efeknya berbeda-beda. seperti cara berjalan yang tidak mantap. yaitu gangguan dalam fungsi berpikir.

. Gejala putus zat seseorang alkoholik akan mengakibatkan depresi yang kuat juga menimbulkan tremor fisik. DETOKSIFIKASI KETERGANTUNGAN ALKOHOL Mengatasi ketergantungan alkohol merupakan hal yang sulit bagi pengguna alcohol karena menyangkut kandungan alkohol yang ada dalam aliran pembuluh darah. Langkah awal melakukan detoksifikasi untuk pengguna alkohol disarankan dengan metode substitusi atau dirawat untuk beberapa hari di dalam sanatorium terapi alkoholik. Ada baiknya mengikuti terapi komunitas yang dilakukan secara rutin. gelisah. Bisa juga dengan metode abstainance agar menimbulkan efek jera bagi alkoholik. dan banyak berhalusinasi. Program ini bisa diketahui dari lembaga-lembaga rehabilitasi yang ada. cemas. Semakin lama seseorang menggunakan alkohol semakin sulit untuk berhenti. yaitu rasa takut diberhentikan minum alkohol. Mereka akan sering gemetar dan jantung berdebardebar. murung.JIKA TERJADI SINDROM PUTUS ALKOHOL? Mereka yang sudah ketagihan biasanya mengalami suatu gejala yang disebut sindrom putus alkohol.

Minum air seduhan. Jahe Jahe dikenal sebagai obat mual dan muntah. Selain itu. Teh Hijau Teh hijau merupakan antioksidan yang baik dengan khasiat antibakteri dan antiperadangan. sehingga membantu tubuh tetap fit. Gejalanya antara lain sakit kepala. pusing. Jus buah Jus buah segar dapat mengatasi kondisi mabuk. Tak salah bila tanaman ini sering jadi pilihan untuk mengatasi mabuk karena alkohol. Ginseng Ginseng merupakan obat mabuk alkohol karena mampu mengembalikan keseimbangan tubuh. Air Minum banyak air sebelum dan sesudah mengonsumsi minuman keras membantu tubuh menyediakan cadangan air bagi tubuh. dehidrasi. minuman keras akan memicu tubuh untuk sering buang air kecil. Seperti air. Di antaranya wine yang disajikan berasal dari negara yang berbeda atau rasanya enak jadi ingin terus menambah isi gelas. Tentu saja. Mampu meningkatkan kekebalan. Cara: minum teh ginseng yang banyak dijual di toko obat dan apotek. Kebiasaan buruk ini menjadikan tubuh Anda semakin rapuh dan rentan terhadap penyakit mematikan. jus buah ini membantu membuang racun serta memasok kadar air dalam tubuh. Sebab. terjadilah apa yang disebut kondisi hangover. air membantu membuang racun jahat yang membuat Anda tidak nyaman. . mual. Bila tubuh tidak lagi mampu mengurai racun dari alkohol yang diminum.Memulihkan Diri dari Pengaruh Alkohol Meskipun tahu konsumsi minuman beralkohol di luar batas akan memberikan efek negatif bagi tubuh. solusi terbaik untuk menekan risiko mabuk adalah berhenti minum alkohol. dan bisa memproses zat-zat yang berbahaya bagi tubuh. nyatanya banyak orang melanggar patokan itu dengan menyodorkan berbagai alasan. emosi tidak stabil. Jahe juga dipercaya bisa mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan merangsang pengeluaran racun secara cepat. Cara: parut beberapa rimpang jahe lalu seduh dengan air. serta timbul rasa sakit diseluruh bagian tubuh. Berikut bahan-bahan alami untuk mengatasi efek buruk setelah kebanyakan minum alkohol. diare. lemas.

misalnya jus bayam dan seledri. Jus Sayuran Detoksifikasi merupakan salah satu cara membersihkan sisa-sisa racun akibat pengaruh alkohol. Teh Pepermin Teh pepermin merupakan obat alami untuk mengatasi mabuk alkohol. Minyak Lavender Lavender salah satu obat alami penyembuh segala penyakit. Oat dapat meredakan gangguan perut. Selain kaya gizi. Seledri dan bayam kaya akan vitamin B dan mineral. Yoghurt murni akan membantu menyeimbangkannya. tambahkan 6-8 tetes minyak lavender ke dalam bak berisi air hangat. Cobalah pengobatan klasik dengan mentimun. Minyak Adas dan Jupiter Minyak alas (fennel) dan Jupiter merupakan alat detoksifikasi yang manjur dan sangat baik untuk mengatasi mabuk alkohol. . Bubur Gandum Oat adalah makanan dengan nilai A. Gunakan untuk mandi. Kandungan itulah yang baik untuk tubuh yang sedang stres. sedang cranberry berfungsi sebagai antibakteri dan penguat organ ginjal. Gunakan minyak-minyak ini dalam pijat terapi aroma yang bisa Anda lakukan sendiri. Untuk detoksifikasi sederhana. Pepermin jadi pilihan karena kemampuannya menyembuhkan sistem pencernaan. Blackcurrant memiliki kemampuan membersihkan dan memurnikan darah. Caranya. oat sangat mudah dicerna karena merupakan makanan alkali. konsumsi jus sayur hijau segar. Mata yang merah dan berkantong akan pulih kembali karega sifat mentimun mendinginkan dan menyegarkan. Blackcurrant & Cranberry Kedua buah ini sangat kaya akan vitamin C dan nutrisi. tidur telentang lalu letakkan irisan mentimun pada mata. Untuk meredakan mabuk alkohol. Yoghurt Murni Alasan utama perut terasa seperti diguncang-guncang atau ingin muntah adalah karena keseimbangan PH-nya terganggu.Mentimun Efek mabuk alkohol sangat terlihat pada mata.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful