LAPORAN HASIL DISKUSI I Menerjemahkan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

KELOMPOK V :
03011-062 03011-063 03011-064 03011-065 03011-066 03011-067 03011-068 03011-069 03011-070 03011-071 03011-072 03011-073 03011-074 03011-075 03011-076 03011-077 Cleine Michaela Cynthia Putri David Setya Perdana Dea Haykalsami Harahap Debby Amanda Dein Imelga Debita R Derianti Nur Hidayah Desak Dwi Ayu Swastini Deskhilandi N Devina Cahyani Wangsa Devina Gabriella Nugroho Dewi Hanifa Primanelza Dewi Rezeki Arbi Dewina Angella Nugroho Dhimas Agung Prayoga Dian Trisna Pratiwi

Jakarta 03 September 2011

output. program kerja. . nilai normatif. yaitu : Cleine Michaela Cynthia Putri C David Sethia Perdana Dea Haykalsani Debby Amanda Dein Imelga Derianti Nurhidayah Desak Dwi Ayu Deski Devina CW Dewi Hanifa Dewi Rezeki Dimas Agung Dian Trisna Ketua kelompok pada diskusi pertama adalah Devina Cahyani Wangsa dan sekretaris Desak Ayu Dwi. Dan membahas juga tentang aspek pembangunan. Diskusi pertama ini dilakukan pada hari Selasa.5 jam dari pukul 08. tantangan. Peserta diskusi ada 14 orang. kelompok sasaran.solusi normatif.30. 11 Oktober 2011 dan berlangsung selama 1. outcome dan impact yang ada pada sila ke-5.BAB I Pendahuluan Topik pada diskusi pertama ini adalah Menerjemahkan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari.00 hingga 09. Hal-hal yang menonjol selama diskusi berlangsung adalah dasar-dasar Pancasila ke-5 yaitu tentang Sosialitas.

Pancasila pernah ditawarkan oleh beliau untuk menjadi dasar PBB dalam suatu pidato “To Build the World a New”. sepertinya menunjukkan adanya kepentingan-kepentingan lain yang ingin memecah belah NKRI. Indonesia masih dianggap sebagai suatu kekuatan politik yang diperhitungkan oleh berbagai negara di dunia. Saat itu kita bangga menjadi bangsa Indonesia. Pada masa itu. kita bangga akan Pancasila. Pancasila dijadikan alat indoktrinasi untuk mengukuhkan kekuasaan eksekutif. Pancasila menjadi asas tunggal setiap partai politik. Ada pulau yang diklaim oleh negara tetangga. Semasa pemerintahan presiden Soeharto. melainkan karena tidak adanya pertahanan budaya. Generasi muda sepertinya melupaka Pancasila. Pada masa pemerintahan Bung Karno. bukan karena perang. Kejadian terror. Ki Hajar Dewantara menyebutkan Pancasila sebagai puncak-puncak kebudayaan bngsa atau saripati budaya bangsa. demikian pula para pemimpin negara.BAB II Laporan Kasus Menerjemahkan Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari Saat ini negara kita nampaknya sedang mengalami ancaman disintegrasi. Saat ini. juga batik dan angklung. konfilk di beberapa daerah. di era reformasi. sepertinya kita hanya dipandang sebelah mata. yang mendapat sambutan dengan cara standing ovation. tidak ada nilai dasar yang menyatukan jati diri mereka sebagai suatu bangsa. suatu negara besar pecah berantakan. . Diadakan di mana-mana Penataran Pelaksanaan Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (P4). kekerasan. Uni Soviet.

Budaya bangsa kita yang beragam itu dapat menjadi “satu” karena adanya nilai-nilai dasar yang luhur dalam Pancasila itu.BAB III Pembahasan Pancasila adalah kumpulan niai-nilai universal yang digali dari budaya kita sendiri. Perbedaan di antara anak-anak bangsa dapat menjadi rangkaian bunga indah. karena mendasarkan diri pada Pancasila. dan tidak menjadi sesuatu yang anarki. Nilai-nilai dasar : Menghayati “kebertuhanan” yang universal Berkemanusiaan secara adil dan beradab Bersatu sebagai suatu bangsa Demokratis berdasarkan hikmat. Karena setiap orang di antara kita bahkan setiap umat manusia. mendapatkan tempat yang setara dalam Pancasila.kebijaksanaan Berkeadilan sosial Masalah yang dihadapi bangsa Indonesia Penggangguran Kemiskinan Korupsi narkoba Kehilangan jati diri Terorisme Konflik agama Ketidakadilan hukum dan HAM Pendidikan yang kurang Kurangnya pelayanan kesehatan Lunturnya nilai pancasila Lunturnya rasa nasionalisme Keinginan untuk melepaskan diri Konflik antar daerah . yang tidak saja menjadi dasar negara Indonesia modern. tetapi juga merupakan saripati budaya bangsa.

Mulailah bekerja 5. sedangkan subsidi. dan dialog untuk meminta subsidi. Pencegahan dan penyuluhan kelompok sasarannya adalah masyarakat. sarana dan prasarana adalah dewan perwakilan dan pemerintah. Dan kelompok sasaran kita adalah publik. sarana dan prasarana. Aspek pembangunan kita adalah membangun aspek sosialitas dan tantangan yang kita ambil adalah leemahnya tingkat kesehatan masyarakat. Mengingat tujuan dan dasar membangun bangsa 2. Outcome dan Impact Output adalah hasil kerja kita secara fisik Outcome adalah hasil kerja kita secara kualitatif Impact adalah dampak kerja yang terkait dengan tercapainya tujuan Dalam diskusi ini kelompok kita membahas tentang sila ke-5 yaitu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. melakukan penyuluhan kesehatan pada masyarakat. Merumuskan program kerja secara realistis 4. mengajukan proposal untuk meminta dana . Program kerja yang kita lakukan melakukan pencegahan agar masyarakat tidak terserang penyakit. 10 spanduk di 2 kota. Dan output yang akan kita lakukan yaitu mengadakan seminar. Mengenali tantangan bangsa dan solusi normatifnya 3.Tujuan kita membangun bangsa : Pancasila Menghidupi Pancasila sebagai dasar negara Mengatasi masalah-masalah Membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik dengan Pancasila Persatuan bangsa Nilai dasar membangun bangsa adalah kebangsaan Langkah-langkah mewujudkan Indonesia baru : 1. Solusi normatif nya meningkatkan pelayanan kesehatan pada semua golongan masyarakat. dewan perwakilan dan pemerintah. Sejenak melakukan Evaluasi Evaluasi mencangkup Output.

sarana dan prasarana. sarana dan prasarana . sarana & prasarana Pemerintah Mengajukan proposal Adanya itikad baik untuk menambah Dewan Perwakilan Dialog yang dihadiri 10 wakil rakyat dana. meningkatnya pelayanan dalam masyarakat dan adanya itikad baik untuk menambah dana. Aspek Pembangunan Membangun Aspek Sosialitas Tantangan Solusi Normatif Program Kerja Melakukan pencegahan Kelompok Sasaran Publik Output Seminar Evaluasi Outcome Kesadaran masyarakat akan Impact Meningkatnya Kesehatan Masyarakat pada semua gologan Meningkatnya pelayanan masyarakat Lemahnya Tingkat Kesehatan Masyaraka t Meningkatkan pelayanan kesehatan pada semua golongan masyarakat Melakukan penyuluhan kesehatan pada masyarakat 10 spanduk di 2 kota kesehatan Dialog untuk meminta subsidi.dan dialog yang dihadiri 10 wakil rakyat. Sedangkan outcome adalah kesadaran masyarakat akan kesehatan. Dan impact nya adalah meningkatnya kesehatan masyarakat pada semua golongan masyarakat.

Terima kasih .BAB IV Daftar Pustaka Wiradharma D. Bila ada kekurangan mohon dikoreksi dengan baik. Pancasila. Penutup dan Ucapan Terima Kasih Demikian laporan kasus yang kelompok kami susun. Sari Pati Budaya Bangsa BAB V.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful