Pengaruh Game Online Terhadap Kehidupan Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA

)

Disusun oleh:

Yolanda Audita Mediani
Kelas XI IPA 1

SMAN 10 Padang

Penulis mohon untuk saran dan kritiknya. Desmalita yang telah membimbing penulis sehingga penulis mengerti cara menulis karya tulis ilmiah. Karya tulis ini memuat tentang ³Pengaruh Game Online Terhadap Kehidupan Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA)´ yang merupakan hal penting untuk diketahui namun masih jarang diperbincangkan. Karya tulis ini disusun oleh penulis dengan berbagai rintangan. Tanpa pertolongan-Nya mungkin penulis tidak akan sanggup menyelesaikan dengan baik. penulis telah melakukan yang terbaik yang bias di lakukannya. Karya Tulis ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seluk beluk Game Online dari segi sosial. yang penulis sajikan berdasarkan pengamatan. dampak dan manfaatnya. Namun dengan penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Tuhan Yang Maha Esa akhirnya karya tulis ini dapat terselesaikan. Semoga karya tulis ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. pengumpulan data dan penelitian dari berbagai sumber.Kata Pengantar Segala puji bagi Allah SWT yang telah meridhai penulis dalam menyelesaikan karya tulis ilmiah ini dengan penuh kemudahan. Walaupun karya tulis bertema sosial ini masih kurang sempurna. Terima kasih. Walaupun karya tulis ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada guru bahasa Indonesia penulis yaitu Ibu Dra. Padang. Baik rintangan yang datang dari diri penulis maupun rintangan yang datang dari luar. Desember 2011 Penulis 2 .

......... 4 2.......................................... 12 3...........3 Batasan Masalah ............................................................................................................................ 10 3.2 Saran ............................................................. 4 1..5 2.................... BAB I PENDAHULUAN ............................................................................. 5 2..............................................................................................................................................................12 3....................1 Kesimpulan .........................4 1................................... 7 2...........................3 Dampak dari Bermain Game Online................................................................................................. LAMPIRAN .................................................. 4 1................................ 12 4........................................4 Dampak Game Online Terhadap Kehidupan Sosial Remaja .....................................................................................................4 Tujuan Penulisan ...........5 Metode Penulisan .................................4 1.......................... 14-15 3 .............................. BAB II PEMBAHASAN......................... BAB III PENUTUP ...................... 4 1...1 Latar belakang masalah ......................................................... DAFTAR PUSTAKA .....................................DAFTAR ISI 1...........................................2 Penyebab Ketagihan Game Online .......................................... 13 5.......................................................................................................1 Game online ........................... 6 2.........................2 Rumusan Masalah ................................................

3. disini pelajar tidak hanya dapat bermain game tapi juga bisa berinteraksi dengan sesama pemain dalam waktu bersamaan. artikel dan mewawancarai beberapa orang yang telah dikelompokkan sebagai : a. Kekacauan kehidupan sosial yang ditimbulkan karena game online. Maka dalam karya tulis ini penulis memaparkan apa yang telah di telitinya.BAB I PENDAHULUAN Pada bab ini akan dijelaskan mengenai latar belakang masalah. Apa dampak dari bermain game online? 4. Pengguna game online yang sebagian besar adalah remaja ini menggelitik penulis untuk melakukan penelitian terhadap kehidupan sosial mereka yang tampak sedikit berantakan setelah mengenal game online. 4. Orang dewasa yang pada masa SMAnya mengalami kerugian karena game online.5 Metode Penulisan Metode Penulisan Gabungan Metode ini digunakan dalam proses pembuatan karya tulis sejak awal hingga akhir pembuatan dengan cara memanfaatkan berbagai macam pustaka. sumber. Pelajar yang sedang aktif dan candu bermain game online. Kerugian game online terhadap kesehatan.2 Rumusan Masalah 1. Apa itu game online? 2.4 Tujuan Penulisan Mengetahui pengaruh game online dalam kehidupan sosial remaja di masa kini dan masa yang akan datang serta mengetahui kerugian yang di timbulkan game online. Kenapa orang bisa ketagihan bermain game online? 3. 4 . batasan masalah. 1. interaksi sosial dengan berbagai ragam pribadi manusia dari berbagai latar belakang lingkungan serta jenis game yang dimainkan tentu membawa pengaruh terhadap lingkungan kehidupan sosial pribadi penggunanya. d. perumusan masalah. 1. Jenis game online yang memerlukan biaya. 1. Pengguna Game Online ini berada hamper di seluruh dunia. Pelajar yang telah berhenti bermain game online. b. c. Pelajar yang belum pernah bermain game online.3 Batasan Masalah 1.1 Latar Belakang Masalah Game Online adalah hal yang sangat tidak asing dalam kehidupan pelajar dalam beberapa tahun ini. Bagaimana dampak game online terhadap kehidupan sosial pelajar? 1. Hal-hal yang dapat terjadi apabila ketagihan bermain game online. tujuan penulisan dan metode penulisan. 2. 1.

merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online). Pada saat muncul pertama kalinya tahun 1960. jaringan computer tidak hanya sebatas LAN saja tetapi sudah mencakup WAN dan menjadi Internet. computer hanya bisa dipakai untuk 2 orang saja untuk bermain game. Meledaknya game online sendiri merupakan cerminan dari pesatnya jaringan computer yang dahulunya berskala kecil (small local network) sampai menjadi internet dan terus berkembang sampai sekarang. Pada tahun 2001 adalah puncak dari demam dotcom. merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox. sehingga penyebaran informasi mengenai game online semakin cepat TIPE-TIPE GAME ONLINE y First Person Shooter(FPS). Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript. Cross-Platform Online. biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter. kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan). y y y 5 . IE. php. Game online pertama kali muncul kebanyakan adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan. Lalu pada tahun 1970 ketika muncul jaringan computer berbasis paket (packet based computer networking). Lalu muncullah computer dengan kemampuan time-sharing sehingga pemain yang bisa memainkan game tersebut bisa lebih banyak dan tidak harus berada di suatu ruangan yang sama (Multiplayer Games). SEJARAH DAN PERKEMBANGAN GAME ONLINE Perkembangan game online sendiri tidak lepas juga dari perkembangan teknologi komputer dan jaringan computer itu sendiri. Opera. sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut. Games Online saat ini tidaklah sama seperti ketika games online diperkenalkan untuk pertama kalinya. merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya. Browser Games.1 Game Online PENGERTIAN DARI GAME ONLINE Game Online atau sering disebut Online Games adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan (baik LAN maupun Internet). game-game ini kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang.Bab II Pembahasan 2. maupun flash. Real-Time Strategy.

atau ber-olahraga ringan. adalah game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain). dan game ini biasanya mengenakan biaya pada pemainnya apabila pemainnya ingin cepat menaikkan level atau membeli barang (item) langka yang tidak pernah dijumpai pada permainan. 2. Karena dalam game online pengguna dapat menjadi siapa saja dan berbentuk apa saja serta dapat menutupi segala kekurangannya seperti kelemahan dalam berinteraksi langsung dengan orang-orang. game ini harus dibeli dan diinstal secara legal karena pada saat diinstal game terebut akan mendaftarkan pemain ke internet langsung dan apabila yang diinstal adalah program bajakan maka secara otomatis system akan memblokirnya.y Massive Multiplayer Online Games. Mereka hanya berkumpul untuk melakukan ³kopi darat´ rutin yang dilakukan oleh komunitas online mereka. Pay per Play. B. Pay Per Item. Jenis game seperti ini yang paling dijumpai di Indonesia.. Sebenarnya kegitana seperti ini bagus.2 Penyebab ketagihan game online Game merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang. setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata Bedasarkan cara pembayaran Maksud dari cara pembayaran ini adalah bagaimana perusahaan game online mendapatkan uang dari gamesnya. Alasan yang kedua seperti disebutkan beberapa sumber adalah tidak adanya rasa minder dalam bergaul dan berinteraksi sosial. Tapi apa jadinya bila ternyata orang yang hendak mereka temui di acara ³kopi darat´ itu bukanlah orang baik-baik dan memiliki pergaulan yang buruk tentu saja karakter remaja tadi dapat terpengaruhi oleh teman dunia maya nya. Contoh: Idol-Street. mengisi waktu luang. Permainan biasanya dilakukan sendiri atau bersama-sama. Contoh: War of Warcraft. Alasan pertama adalah permaian yang dapat dilakukan bersama-sama ini membentuk suatu komunitas online di dunia maya. banyak sekali kita lihat kelompokkelompok kecil remaja yang sering berkumpul di pusat perbelanjaan atau pusat hiburan sebenarnya sama sekali tidak saling kenal. memiliki cacat fisik dan merasa minder dalam bergaul. Luna Online.dll. sleain bias menambah teman juga bias menambah wawasan remaja. Bahkan.dll. tetapi kenapa banyak remaja yang menjadikannya sebagai rutinitas kegiatan sehari-hari ? 1. Hal ini mungkin saja baik untuk menghilangkan kejenuhannya terhadap kehiduan sosial dunia nyatanya yang kurang memuaskan. tapi sayangnya hal ini juga dapat menimbulkan rasa kurang peka 6 . game yang berada pada category ini merupakan game yang bisa diinstall atau dimainkan secara gratis. 2. 3D World. Seharusnya permainan atau game ini dilakukan untuk mengisi waktu luang saja. Bedasarkan kategori ini games online dapat dibedakan menjadi 2 yaitu A.

Dr. Meningkatkan kemampuan membaca. Jo Bryce. Penelitian di Manchester University dan Central Lanchashire University membuktikan bahwa gamer yang bermain game 18 jam per minggu (rata-rata 2.terhadap lingkungan sosial disekitarnya karena ia telah terlalu asik dengan lingkungan sosial yang ia ciptakan sendiri dalam game online yang pada akhirnya dapat menyebabkannya dikucilkan dari pergaulan dunia nyata karena ketidak mampuannya untuk berinteraksi sosial di dunia nyata. tapi pada akhirnya kegiatan seperti ini dapat membentuk karakter yang sadis dalam kepribadian pengguna yang mana dapat merugikan diri sendiri serta orang ±orang yang berada di dekatnya. Meningkatkan kinerja otak dan memacu otak dalam menerima cerita. Sama halnya dengan belajar. 7 . Ada beberapa jenis game online yang memiliki tujuan utama untuk membunuh serta melakukan penyerangan terhadap indivu atau kelompok.3 Beberapa dampak dari bermain game online Positif 1. Alasan ketiga seperti disebutkan berbagai sumber juga game online dapat meredam amarah dan stress. Penelitian di Rochester University mengungkapkan bahwa anak-anak yang memainkan game action secara teratur memiliki ketajaman mata yang lebih cepat daripada mereka yang tidak terbiasa bermain game. 2. 3. Riset di Indonesia membuktikan bahwa banyak pria yang mahir bahasa Inggris di sekolah ataupun di universitas tanpa melalui kursus adalah mereka yang suka bermain game. 4. keluhan soal bermain game yang dapat menurunkan budaya membaca tidaklah beralasan. bermain game yang tidak berlebihan dapat meningkatkan kinerja otak bahkan memiliki kapasitas jenuh yang lebih sedikit dibandingkan dengan belajar dan membaca buku. Psikolog di Finland University menyatakan bahwa video game bisa membantu anak-anak untuk meningkatkan kemampuan baca mereka. kepala penelitian di suatu universitas di Iggris menemukan bahwa gamer sejati punya daya konsentrasi tinggi yang memungkinkan mereka mampu menuntaskan beberapa tugas. 6. Jadi. 2. Pada awalnya tujuan pelampiasan emosi ini memang baik. 5. Ketajaman mata yang lebih cepat. 3. Akan tetapi lebih banyak orang yang bermain dalam waktu jauh lebih lama. Game itu membuat orang pintar. Meningkatkan konsentrasi. Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.5 jam/hari) memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata setara dengan kemampuan atlet.

Ada salah satu kasus. Melatih kemampuan berdagang. friendship. Membantu bersosialisasi. Kehidupan real menjadi berantakan. 8 . kontrol emosi. ia dapat mengorbankan apapun demi keinginannya. Chicago telah mengadakan penelitian dan menurut mereka game online dapat menumbuhkan interaksi sosial yang menentang stereotip gamer yang terisolasi. 10. darahnya bohongan. 8. psikolog di Nottingham Trent University melakukan penelitian sejauh mana manfaat game dalam terapi fisik. 5. 9. 2. buat apa kita hidup di jaman digital kalau tidak memanfaatkannya. menghadapi conflict bersama (guild wars).7. politik. Karena seseorang yang bermain game dalam waktu sangat lama ia hanya melakukan kegiatan pasif 6. dsb.. Meningkatkan kecepatan dalam mengetik. 11.? 4. karena beberapa game online mengharuskan player untuk mengetik ketika berkomunikasi dengan lawan bicara. Inilah masalah sebenarnya yang dihadapi oleh para gamer yang intinya adalah pengendalian diri. Membuat orang terisolisir dengan lingkungan sekitar. Orang berpikir terlalu pendek karena jalan main game yang ia mainkan. senjata bohongan. 8. dsb. Pemborosan. seperti nilai pelajaran. Ini adalah efek karena terlalu seringnya bermain game sehingga lupa akan kehidupan nyatanya. Jika game online telah menjadi candu. 7. Beberapa profesor di Loyola University. yang berakibat melalaikan kehidupan nyata. Mark Griffiths. Pasti tahu kan. Karena jika seseorang telah kecaduan. Menimbulkan efek ketagihan. Dr. Game kesukaannya adalah GTA. Mengganggu kesehatan. Mengakibatkan pola makan dan tidur yang tidak teratur sehingga mudah terserang penyakit. tugas kampus. seseorang membunuh seorang sopir taksi karena orang itu menginginkan uang dari sopir taksi itu untuk bermain game. Menghayal dan pikiran yang selalu tertuju pada game adalah efek negative yang ditimbulkannya. brotherhood. Memulihkan kondisi tubuh. Mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku. Jika terlalu sering akan menimbulkan pengaruh psikologis. managing people (jika menjadi guild leader). Negatif 1. organisasi (guild). semuanya serba bohongan. dipecat. Membuat orang menjadi bodoh. Mengusir stres!!! Para peneliti di Indiana University menjelaskan bahwa bermain game dapat mengendurkan ketegangan syaraf. 3. Jelas aja daripada berantem mendingan berantem lewat game.

Sekalipun ruangan pengap. Belum lagi dalam sebuah permainan terkadang distorsi suara dijadikan sebagai efek suara. Jantung Pengaruh main game online terhadap jantung bisa menimpa orang-orang yang lemah terhadap kejutan. sirkulasi udara yang baik sangat penting. dan istirahatkan mata sebelum dan setelah bermain game dalam waktu yang cukup lama. suara yang didengar lebih tajam dan tidak akan mengganggu orang-orang di sekitar anda. Jadi penggunaan headset hanya baik jika volume suara sedang.Berikut beberapa dampak kecanduan game online yang dapat terjadi pada tubuh : 1. Hidung Sering sekali ketika bermain game online kita tidak peduli tentang suhu ruangan. ini akan menjadi semakin buruk. anda tetap akan melanjutkan bermain game. Tetapi perlu diingat. juga pada otak. 3. Walaupun kenampakan efek-khusus dalam game lebih jelas. Apalagi didukung oleh efek cahaya yang ditampilkan dalam sebuah game. Bagi anda yang lemah jantung hindari main game yang bertema horor. 5. Telinga Pemain game online biasanya lebih senang bermain dengan menggunakan headset. Sebenarnya menurut opinin para pakar kesehatan. namun ini akan menjadikan mata lebih cepat lelah. Karena dengan memakai headset. 2. Memang volume yang rendah akan mengurangi kenikmatan dalam bermain game. 9 . Berbeda dengan sinar matahari di sore hari yang hanya akan membakar kulit. yang lazimnya ditampilkan dalam game-game yang bertema horor. misalnya untuk kulit dan rambut. 4. Ini bisa menyebabkan kerusakan pada telinga. telinga memiliki batas toleransi terhadap suara-suara yang didengar. tetapi itu lebih aman. Ketika menggunakan headset dan volume suara tinggi. Sementara sinar matahari pagi mengandung manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Kulit dan rambut Bermain game online yang dilakukan dalam ruangan membuat tubuh anda tidak mendapatkan banyak sinar matahari. Mata Pengaruh radiasi dari layar monitor bisa melelahkan mata. Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh main game. Sinar matahari pagi mengandung banyak vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan dan menyegarkan tubuh. Ini biasanya bisa menyebabkan perut mual jika kita terus memaksa mata melihat ke layar TV atau monitor. Anda harus menjaga jarak dari layar monitor. efek cahaya yang bisa terjadi bisa mencapai ratusan. bisa menyebabkan masalah pada gendang telinga. Dan dengan kurangnya pencahayaan dalam ruangan. Dalam satu kali penglihatan.

Obesitas Makan merupakan aktivitas yang paling menyenangkan saat bermain game. wanita tersebut kehilangan kendali atas identitas dan kehidupan sosialnya. atau ³mati rasa´. Sehingga. dengan memainkan beberapa tokoh yang berbeda. posisikan tubuh anda dengan posisi yang nyaman saat bermain game. Tetapi di era moderen ini. dan sudah menjadi kebiasaan. Akan tetapi jika terlalu banyak makan. Game Online menybabkan kepribadian ganda Hasil penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Hanover. atau kerapuhan tulang. 2. 8. Osteoporosis Terlalu lama bermain game menyebabkan aktivitas tubuh menurun. 9. Jerman mengatakan. jangan makan terlalu banyak saat bermain game. Seorang wanita yang sering main game online tiap hari selama 3 bulan. dan kurang aktivitas. misalnya benda sering terlepas tanpa disadari dari genggaman.4 Dampak game online terhadap kehidupan sosial remaja 1. Perhatikan bahwa pola makan yang tidak teratur. maka anda telah mengalami gejala sindrom carpal tunnell dan jika dibiarkan tidak diobati akibat terburuknya adalah kelumpuhan total dan amputasi tangan. Untuk menghindari ini. Selain itu minum banyak air saat duduk lama di depan komputer. tidak kuat menggenggam. tokoh-tokoh imajinasi itu mengambil alih kepribadiannya.6. obesitas adalah risikonya. Tetapi jika sulit dihindari. Penyakit ini biasanya menyerang orang-orang yang sudah tua karena tulangnya kekurangan kalsium. 7. Persiapkan alas duduk yang empuk dan hindari alas duduk yang kasar. Akibatnya saraf medianus bisa tertekan dan mengakibatkan sindrom Carpal Tunnel. Ternyata. Untuk lebih amannya. Dan dari waktu ke waktu gerakkan otot pinggul agar tidak kaku. hindari minuman dan makanan dengan kandungan MSG tinggi. anda akan berisiko untuk mengalami bawasir. Sindrom Carpal Tunnel Bermain game online paling banyak menggunakan ³mouse´ dan memberikan tumpuan yang lama pada pergelangan tangan. dan anda kurang minum air. Jika anda sering merasakan sakit pada pergelangan tangan. Ini bisa menyebabkan osteoporosis. 10 . menjadi penyebab utama. Jadi sebelum terlambat. orang yang mengalami osteoporosis di usia muda sudah banyak. game online bisa mengakibatkan kepribadian ganda. Bawasir Jika terlalu lama duduk. lebih baik mengganti makanan dengan buah-buahan.

demi mainan ini. Merusak hubungan sosial (antisocial) Hubungan dengan teman. Mereka menyatakan bahwa anak laki-laki yang bermain game kekerasan lebih memiliki sikap bermusuhan dibandingkan dengan mereka yang bermain game nonkekerasan´. Karena terus-terusan keasyikan main game bahkan kecanduan. Seperti yang dikutip dari sumber: ³Buchman dan Funk (dalam Chen & Chang. sehingga semakin merasa sulit berhubungan dengan orang lain. 2008) menyatakn bahwa game kekerasan memiliki kecenderungan agresif. Ketrampilan sosial berkurang. 2. itu akan membuat orang malas belajar dan sulit berkonsentrasi. Perilaku jadi kasar dan agresif karena terpengaruh oleh apa yang kita lihat dan mainkan di game online juga menjadi faktor mereka di jauhi lingkunagn sosial kehidupan nyatanya. Irwin dan Gross (dalam Chen & Chang. keluarga jadi renggang karena waktu bersama mereka menjadi jauh berkurang. game online bikin orang jadi cuek. kurang peduli dengan lingkungannya. 11 . 2008) melakukan penelitian eksperimental dan menemukan bahwa individu yang terlibat dalam games kekerasan menunjukan bahasa dan tingkah laku yang elbih agresif.Banyak psikolog Indonesia yang mengatakan. dampak psikis orang yang suka memainkan game online adalah sulitnya konsentrasi dan susahnya bersosialisasi. Pergaulan kita hanya di game online saja. Banyak pelajar suka bolos. Dampak sosialnya. sehingga membuat para pecandu game online jadi terisolir dari teman-teman dan lingkungan pergaulan nyata.

tetap raih mimpimu. sehingga pecandu game online dapat merugikan diri mereka sendiri dalam kehidupan sosial apabila mereka terlalu mementingkan game nya. Bermain game online sah-sah saja tapi jika telah kecanduan game tersebut justru dapat mendatangkan berbagai kerugian terhadap diri sendiri. Secara garis besar game online dapat mempengaruhi kerakter pamainnya. 12 .BAB III PENUTUP 3. 3. 3. sebaiknya jangan sampai mencoba bermain game online karena bisa mendatangkan berbagai pengaruh buruk. sebaiknya menyadari kerugian kerugian yang telah di timbulkan selama bermain game agar tidak kecanduan. sebisa mungkin agar tidak kembali lagi bermain dan mengalami kecanduan agar tidak terulangi lagi kesalahan dan kerugian yang sama.1 Kesimpulan Berdasarkan uraian pada BAB II dapat disimpulkan bahwa: 1. Bermain game online secara berlebihan dapat mendatangkan gangguan-gangguan serius pada organ tubuh. Untuk pelajar yang aktif bermain game online dan kecanduan. cobalah untuk menjalani hidup dengan lebih baik jangan sampai kembali bermain game online dan menyia-nyiakan pekerjaan yang dengan perjuangan dicapai. sebisa mungkin agar mengurangi waktu bermain game online dan menyadari betapa banyaknya kerugian yang telah terjadi terhadap diri sendiri setelah kecanduan game online agar tidak menyesal di kemudian hari. 2. 2. Perjalananmu tetap masih panjang. Untuk orang dewasa yang pernah kecanduan game online dan mengalami dampak negatif dari game online.2 Saran Berdasarkan kesimpulan dan keseluruhan karya tulis ini penulis ingin memberikan beberapa saran sebagai berikut: 1. 3. 4. Untuk pelajar yang telah berhenti bermain game online. Untuk pelajar yang telah bermain tetapi belum kecanduan. Untuk pelajar yang belum pernah bermain game online. 5.

Sintia.com/dampak-game-online Hatono.com/2008/12/09/positif-dan-negatif-dari-game-online/ Pew Internet & American Life Project. (2011) Kecanduan Game Online. INTRANET/INTERNET : Game Online http://wilis.shintiahotono.pdf 13 .edu/NataliaImanuel/Papers/492707/Gambaran_Profil_Kepribadia n_pada_Remaja_yang_Kecanduan_Bermain_Game_Online_dan_yang_Tidak_Keca nduan_Game_Online Kaswidjanti.himatif. http://ksupointer.org/pdfs/PIP_College_Gaming_Reporta.wordpress. Gambaran Profil Kepribadian pada Remaja yang Kecanduan Bermain Game Online dan yang Tidak Kecanduan Game Online. http://www.id/download/MAKALAH%20GAME%20ONLINE. Sri. (2009). Washington: Pew Internet & American Life Project. Wilis.pewinternet. http://ui. http://www. (2009).or.Daftar pustaka Astutik.doc Nupho.com/kecanduan-game-online.html Imanuel. (2008) Positif dan Negatif dari Game Online http://nupho. Let The Games Begin: Gaming Technology and Entertaiment Among College Students. Natalia.academia. Dampak Game Online. (2009). (2003).

««««««««««««««««««««««««««. Merasa rugi bermain game online?** (Ya/Tidak) berikan alasan ««««««««««««««««««««««««««. nama alias. Apa keuntungan bermain game online bagi anda? ««««««««««««««««««««««««««. 7. 6. sebutkan nama permainannya : ««««««««««««««««««««««««««. 10. *(optional) boleh diisi dengan nama asli. ««««««««««««««««««««««««««. Sudah berapa lama bermain game online? (hitungan bulan/tahun) ««««««««««««««««««««««««««. : ««««««««««««««««««««««««««. 2. Jenis Kelamin** : L/P 3. Tertarik untuk berhenti bermain Game Online?** (Ya/Tidak) karena: ««««««««««««««««««««««««««. Usia 4. Nama* : ««««««««««««««««««««««««««. Pernah bermain game online ?** (Ya/Tidak) Jika Ya. Pendidikan : ««« tahun. inisial atau dikosongkan ** coret yang tidak perlu 14 .FORM WAWANCARA 1. ««««««««««««««««««««««««««. 9. Pekerjaan 5. ««««««««««««««««««««««««««. : ««««««««««««««««««««««««««. 8.

Desmalita NIP: 196212261987032002 15 .LEMBAR PENGESAHAN Karya ilmiah ini. yang berjudul Pengaruh Game Online Terhadap Kehidupan Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) telah dibaca dan disetujui oleh Padang. Desember 2011 Pembimbing Materi dan Teknis Dra.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful