Muatan listrik dan hokum coulomb

DISUSUN OLEH

NAMA

: DENNY FEBRYAN MUHAMMAD RAHMAT FITRIANI KHAZARI ALHANIS rasio natasemon Reza fahlevi Dwi Karolina sitepu

Pembimbing : ihfan hairawan

STIMIK U’BUDIYAH T.I TAHUN AJARAN 2011/2011

Kata Pengantar

Akhirul kalam. baik dari segi penulisan maupun dari segi isinya. bimbingan selanjutnya dan kritikan bersifat membangun dari semua pihak demi perbaikan dan kesempurnaan di masa mendatang.Segala puji dan syukur serta do’a penulis sampaikan kehadirat Allah SWT. maka makalah ini dapat diselesaikan. Berkat Rahmat dan hidayah-Nya serta ketabahan dan kesungguhan kami. Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaaan. selawat dan salam kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW. oleh karena itu kami sangat mengharapkan bantuan. Amin Yaa Rabbal’Alami . Makalah ini disusun untuk menyelesaikan tugas yang telah diberikan kepada kami dalam mengikuti mata kuliah ini sebagai kewajiban kami memenuhi salah satu syarat dalam menyelesaikan studi kami ini. semoga dilimpahkan Rahmat serta Karunia-Nya kepada kita. kepada Allah jualah kita semua berserah diri. serta keluarga dan sahabatnya.

........... .................. listrik.... 4 Memberi muatan listrik dan medan potensial listrik...... 6 Contoh ...................................................................... XI Latar belakang dan tujuan..................................... 2 Prinsip kerja elektroskop.........................Daftar isi Kata pengantar............. . 5 Arah ................................................................................................................................................................................................................................ ..................................................................................................7 dari medan medan listrik........ ........................................ 3 Memberi muatan dengan menyentuhkan benda bermuatan listrik.. 1 Hukum coulomb dan elektroskop..................... XII Muatan listrik dan listrik statis..............................................

........ hukum coulomb hukum yang menjelaskan hubungan antara gaya yang timbul antara dua titik muatan..... muatan listrik Listrik memungkinkan terjadinya fenomena petir........ dengan nilai muatan dan jarak pisah keduanya. ..................... tujuan ...................... yang ditandai dengan adanya loncatan muatan listrik antara awan dengan bumi atau awan dengan awan..... Petir yaitu lompatan bunga api antara dua massa dengan medan listrik berbeda................Daftar pustaka.. yang terpisahkan jarak tertentu.. 8 Latar belakang Listrik statis cahaya dipandang sebagai kuantum energi dengan energi yang diskrit kuantum energi tidak dapat digambarkan sebagai gelombang tetapi lebih............. Petir atau halilintar merupakan gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan...

Dalam literatur biasa digunakan huruf q atau Q untuk menyatakan jumlah kelebihan muatan positip atau negatip pada suatu benda. maka partikel bermuatan tersebut dikatakan muatan titik. atau elektron – elektron.Muatan listrik mengetahui kalau listrik dapat di peroleh melalui gosokan. 1. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa setiap muatan Q besar atau kecil. panas itulah yang dpat membuat listrik. dimana dari kita menggosokan penggaris akan mendapatkan reaksi panas. maka butiran cat akan tertarik kebadan benda. Listrik statis mengetahui bahwa butiran cat dari aerosol (cat semprot) menjadi bermuatan ketika bergesekan dengan mulut pipa semprot dan udara. MUATAN LISTRIK Benda bermuatan listrik ialah benda yang mempunyai kelebihan sejumlah Elektron atau Proton. Benda yang kelebihan sejumlah elektron akan bermuatan Negatif dan yang kelebihan sejumlah proton dikatakan bermuatan Positip. Bila benda cat yang dicat diberi muatan berlawanan. misalnya atom – atom. selalu menempati suatu volume tertentu. Sekelompok partikel bermuatan.602x1 0-39C . Hukum Coulomb mengetahui apabila postif berjumpa dengan negatif akan saling tarik menarik dan sebaliknya. positip atau negatip adalah merupakan Kelipatan dari: Yang diketahui disini adalah e=1. tetapi apabila postif berjumpa dengan positif maka akan saling tolak menolak dan sebaliknya. Jika ukuran volume yang ditempati pertikel – pertikel bermuatan tersebut sedemikian kecilnya di bandingkan dengan jara – jarak lain dalam persoalan yang dibicarakan.

Akan tetapi. Muatan listrik dari benda – benda tersebut dapat bermuatan negatif maupun positif.-) didekatkan.+).e= muatan listrik C=coulomb  Listrik Statis listrik statis merupakan fenomena fisika yang menunjukan adanya interaksi dari benda – benda yang bermuatan listrik. Muatan listrik itulah yang menyebabkan sobekan kertas kecil dapat tertarik ke penggaris Listrik statis terdiri dari listrik bermuatan proton (positif) dan listrik bermuatan elektron (negatif). menjadi bermuatan listrik. akan terjadi perisiwa tolak menolak.  Listrik Statis dan Hukum Coulomb . maka akan terjadi peristiwa tarik menarik. Jika kedua muatan listrik tersebut di dekatkan (+ -/. Contoh Penggaris plastik yang digosok-gosokan pada rambut. jika kedua muatan listrik tersebut yang sama atau sejenis (+ +/.

Muatan sejenis (bertanda sama) akan saling tolak menolak. sedangkan muatan berbeda jenis akan saling tarik menarik. dengan nilai muatan dan jarak pisah keduanya. tergantung pada nilai dari masingmasing muatan. HUKUM COULOMB Hukum Coulomb adalah hukum yang menjelaskan hubungan antara gaya yang timbul antara dua titik muatan. “gaya tarik menarik atau gaya tolak menolak antar dua muatan listrik sebanding dengan besar muatan yang berinteraksi dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua muatan tersebut”.  Elektroskop Elektroskop adalah alat sejenis yang lebih sederhana. yang besarnya sebanding perkalian nilai kedua muatan dan berbanding terbaik dengan kuadrat (x2) jarak antar keduanya Interaksi antara benda-benda bermuatan (tidak hanya titik muatan) terjadi melalui gaya tak-kontak yang bekerja melampaui jarak separasi. Hukum Coulomb menerangkan mengenai gaya listrik dalam ilmu fisika. Adapun hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa arah gaya pada masing-masing muatan terletak selalu sepanjang garis yang menghubungkan kedua titik muatan saling tarik menarik atau saling tolak menolak.Satuan muatan listrik statis adalah Coulomb. q2= besar muatan r2= jarak kedua muatan Hukum ini menyatakan apabila terdapat dua buah titik muatan maka akan timbul gaya di antara keduanya. tapi hanya menunjukkan besaran relatif voltase atau muatan listrik. Dimana dapat kita ketahui F= gaya tarik menarik atau tolak menolak K= konstanta 9 x 10-9 Nm2c-2 q1. yang terpisahkan jarak tertentu. Hukum Coulomb berbunyi. Bangun elektroskop terdiri atas dua buah daun logam tipis yang . 2. yang bekerja berdasarkan prinsip yang serupa. Elektroskop Keberadaan muatan listrik pada sebuah benda dapat diketahui dengan elektroskop.

Untuk menghindarkan dari berpindahnya muatan ke udara bebas. maka elektron akan bergerak dari ujung bola ke keping. Pada contoh. sehingga kedua keping menjadi bermuatan negatif. . Ujung lain batang itu biasanya dipasang bola logam (knob). sehingga daun bermuatan positif. dan daun mekar. pada saat netral daun-daun logam menguncup. saat sisir ber-muatan negative didekatkan. maka elktron pada bola konduktor akan bereaksi sesuai dengan jenis muatan yang didekatkan. jika muatan listrik negatif yang didekatkan. batang tersebut dimasukkan ke dalam kaca. dan daun mekar saat kaca bermuatan positif didekatkan elektron pada batang logam bergerak ke knop. elektron pada batang logam terdorong menuju daun elektroskop. Elektroskop.dipasang pada ujung batang logam. Akibatnya terjadi gaya tolak menolak pada keping sehingga kedua keping terbuka. Contoh gambar elektroskop: Bola logam isolato r Keping emas  Prinsip Kerja Elektroskop Apa bila sebuah benda bermuatan listrik didekatkan pada elektroskop.

 Memberi muatan dengan menyentuhkan benda bermuatan listrik .

Gambar diatas menunjukan a) Benda (konduktor) bermuatan nagatif didekatkan pada elektroskop (netral). jenis muatannya sama dengan benda yang disentuhkan. . c) Elektroskop bermuatan listrik negatif. Benda yang diberi muatan listrik dengan menyentuhkan. b) Terjadi perpindahan elektron dari benda ke elektroskop.

Terjadinya pemindahan elektron dari atau ke bumi melalui tubuh. jenis muatan berlawanan dengan jenis muatan benda yang Pada saat benda bermuatan listrik didekatkan pada sebuah benda netral. Memberi muatan listrik dengan induksi Induksi elektrostatik adalah pemisahan muatan – muatan pada sebuah benda oleh adanya benda lain yang bermuatan. terjadi pemisahan muatan pada benda netral itu. Ujung benda netral yang berdekatan dengan penginduksi. Medan dan Potensial listrik Medan listrik adalah ruang yang di tiap didalamnya muatan listrik mengalami gaya listrik Muatan listrik positif mengalami gaya listrik (gaya tolak) karena berada di sekitar muatan positif lainnya. bermuatan sama dengan benda yang penginduksi. benda menjadi kekurangan atau kelebihan elektron sehingga benda netral menjadi bermuatan listrik. buila benda tersebut dihubungkan ke bumi (misalnya dengan sentuhan). Benda yang dimuati listrik secara induksi. . setelah benda bermuatan dijauhkan.

Arah medan listrik Apa bila positif dan negatif di dekatkan. maka akan saling tarik menarik. Apabila positif didekatkan sama positif atau sebaliknya. maka akan saling tolak menolak .

awan yang berdekatkan dengan bumi (bola muatan raksasa) akan menimbulkan induksi listrik. . Akibatnya akan terjadi loncatan muatan listrik yang sangat besar yang menimbulkan bunga api. petir yang sampai ke bumi disebut dengan KILAT. Loncatan bunga api inilah yang disebut dengan PETIR.Contoh dari medan listrik PETIR Gerakan awan diudara menyebabkan awan bermuatan listrik.

www.com 4.com . www.htm 3.wikipedia.1.org/wiki/Hukum_Coulomb.pengantar_fisika_listrik_magnet/bab1muatan_listrik_dan_hukum_coloumb. www.com 2.contoh+muatan+listrik&nord. www.listrik-statis-18558.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful