MAKALAH “PENCEMARAN UDARA”

Nama Kelompok: 1. Norma Lia I. (11322001) 2. Yenni Purwanti (11322006) 3. Siti Asiyah (11322018) 4. Kiki Sari R.J (11322021) 5. Ika Nurharini (11322022) 6. Juliatul Hidayah (11322025) Fakultas / Jurusan : Ekonomi / Akuntansi

Universitas Muhammadiyah Gresik 2010 – 2011

....1 2.....….…….....iv ....DAFTAR ISI Halaman Judul…………………………………………………………………...2 BAB III BAB IV PEMBAHASAN………………………………………………………………...….…3 KESIMPULAN…………………………………………………………....i Daftar Isi……………………………………………………………………………………………..……iii DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………...…....ii BAB I PENDAHULUAN 1. Tujuan………………………………………………………………………………………. Rumusan Masalah……………………………………………………………………………2 3.…. Latar Belakang Masalah……………………………………………………………......

Peningkatan jumlah penduduk yang disertai peningkatan kemajuan teknologi. . Berdasarkan sifat lingkungan dan sifat pencemarannya.BAB I PENDAHULUAN 1. Latar Belakang Masalah Pada awal sejarah manusia. Selain itu. maka masalah pencemaran yang kita hadapi adalah : pencemaran udara.misalnya dari rumah tangga.gas buang kendaraan bermotor sebagai sumber polusi udara mempunyai kontribusi yang sangat besar. Banyak pencemaran yang bersifat fatal terhadap makhluk hidup. dll. sifat dan ragam pencemaran yang dilakukan manusia adalah sederhana. pencemaran perairan. mempengaruhi juga sifat dan ragam pencemaran. Tidak demikian dengan sifat dan ragam pencemaran masa sekarang ini. dan banyak juga pencemaran yang bersifat secara lambat-lambat mematikan terhadap manusia. Pencemaran yang dialami pada masa-masa lalu umumnya kurang bersifat fatal. berasal dari sumber pembakaran lain. dan pencemaran tanah Di kota-kota besar. kebakaran hutan. Jenis zat atau senyawa yang terlihat di dalam masalah ii tidak terlalu kompleks. pencemaran suara atau kebisingan. pembakaran sampah. Gas buang dari cerobong asap industri juga mempengaruhi.

c. .2. b. Mengetahui dampak pencemaran udara bagi kelangsungan makhluk hidup. Tujuan Penulisan a. Apa yang dimaksud dengan pencemaran udara? b. d. Mengetahui sumber-sumber dari pencemaran udara. Apa saja sumber dari pencemaran udara? c. Menemukan solusi yang tepat untuk meminimalisasikan terjadinya pencemaran udara. Adakah cara untuk meminimalkan terjadinya pencemaran udara? 3. Apa dampak yang ditimbulkan oleh pencemaran udara pada lingkungan dan kesehatan? d. Mendifinisikan tentang pencemaran udara. Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut : a.

Pencemaran udara dapat mengakibatkan dampak pencemaran udara bersifat langsung dan lokal. Secara umum definisi udara tercemar adalah perbedaan komposisi udara aktual dengan kondisi udara normal dimana komposisi udara aktual tidak mendukung kehidupan manusia. atau merusak properti. hewan. diantaranya pencemaran yang ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia atau kombinasi keduanya. kimia.Karbon monoksida adalah sebuah contoh dari pencemar udara primer karena ia merupakan hasil dari pembakaran. maupun global atau tidak langsung dalam kurun waktu lama. atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia. pencemar primer dan pencemar sekunder. . maupun global atau tidak langsung dalam kurun waktu lama. regional. Sumber Polusi Udara Banyak faktor yang dapat menyebabkan pencemaran udara. diantaranya pencemaran yang ditimbulkan oleh sumber-sumber alami maupun kegiatan manusia atau kombinasi keduanya. Pencemar udara dibedakan menjadi dua yaitu. Pembentukan ozon dalam smog fotokimia adalah sebuah contoh dari pencemaran udara sekunder. mengganggu estetika dan kenyamanan.Pencemar primer adalah substansi pencemar yang ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran udara. Banyak faktor yang dapat menyebabkan pencemaran udara. Bahan atau zat pencemaran udara sendiri dapat berbentuk gas dan partikel. regional.Pencemar sekunder adalah substansi pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer.BAB III PEMBAHASAN Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik. Pencemaran udara dapat mengakibatkan dampak pencemaran udara bersifat langsung dan lokal. dan tumbuhan.

kompor.[insinerator]dengan berbagai jenis bahan bakar Gas buang pabrik yang menghasilkan gas berbahaya seperti (CFC)  Sumber alami     Gunung berapi Rawa-rawa Kebakaran hutan Nitrifikasi dan denitrifikasi biologi Sumber-sumber lain     Transportasi amonia Kebocoran tangki klor Timbulan gas metana dari lahan uruk /tempat pembuangan akhir sampah Uap pelarut organic Jenis-jenis pencemar      Karbon monoksida Sulfur Oksida Nitrogen Oksida Partikulat Hidrokarbon .Belakangan ini tumbuh keprihatinan akan efek dari emisi polusi udara dalam konteks global dan hubungannya dengan pemanasan global (global warming) yang mempengaruhi. furnace. Kegiatan manusia     Transportasi Industri Pembangkit listrik Pembakaran (perapian.

sulfur oksida atau belerang oksida (SO)  Disebabkan oleh dua jenis gas belerang yang tidak berwarna. pandangan menjadi kabur. Kedua jenis gas tersebut merupakan sumber polutan yang berasal dari kegiatan manusia. sehinga pasokan oksigen ke jaringan tubuh menjadi terhambat.  Setelah bereaksi di atmosfer. seperti asap kendaraan bermotor. dan aktivitas mikroorganisme.    CFC Timbal (Pb) Karbon Dioksida (CO2) Asap Rokok Karbon Monoksida (CO)  Merupakan gas yang tidak berwarna dan tidak berbau namun bersifat racun. seperti kilat. kebakaran hutan. dan terganggunya pendengaran. yaitu gas SO2 yang berbau sangat tajam dan tidak dapat terbakar diudara serta SO3 yang tidak reaktif.  Karbon Monoksida memiliki daya afinitas (kemampuan mengikat) hemoglobin (Hb) yang tinggi. gas ini membentuk partikel nitrat sangat halus yang dapat menembus bagian terdalam paru-paru. Bila keracunan berat dapat mengakibatkan pingsan bahkan kematian. yaitu dari proses pembakaran bahan bakar fosil yang mengandung sulfur terutama batu bara yang digunakan untuk pembangkit tenaga listrik atau pemanas rumah tangga. sehingga dapat menyebabkan . Karbon Monoksida merupakan hasil pembakaran yang tidak sempurna dari bahan bakar fosil. Gas ini dihasilkan dari proses alami. Terhambatnya pengikatan oksigen menyebabkan gangguan kesehatan. seperti sakit kepala. Gas ini dapat menimbulkan asma Nitrogen Oksida (NO)  Merupakan kelompok gas di atmosfer yang paling beracun dan dengan mudah menembus saluran pernafasan.

(lemari es dan AC)  Foaming Agents  Pemadam kebakaran  Pelarut  Pestisida  Penyemprot. pembakaran bahan bakar fosil kendaraan bermotor.kerusakan paru-paru. Klorofluorokarbon (CFC)  Dihasikan oleh berbagai alat rumah tangga  Bahan pendingin.  Partikulat biasanya merupakan polutan udara yang paling jelas terlihat dan paling berbahaya karena berukuran sangat kecil sehingga dapat menembus bagian terdalam paru-paru. Partikulat  Bersumber dari aktivitas industri. Hidrokarbon (HC)  Senyawa hidrokarbon seperti CH4 dan C4H10 berasal dari keluaran kendaraan yang tidak terbakar (seperti uap bensin) dan produk samping dari pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna. Jika partikel ini bergabung dengan air akan membentuk asam.  Hidrokarbon dapat bereaksi dengan sinar matahari dan membentuk fotokimia. Dapat juga berasal dari asap pembakaran kayu dan sampah yang membentuk jelaga.  Hidrokarbon dapat mengganggu kesehatan manusia seperti hidung dan tenggorokan terasa terbakar. mata berair serta dapat menyebabkan kerusakan otot. otak dan jantung. (parfum dan hair spray) . hal ini terjadi karena reaksi antara hidrokarbon dan sinar matahari bersifat racun akan melekat pada tanaman. pembakaran hutan. serta letusan gunung berapi. Polusi dapat merusak tanaman budibaya.

 mobil. Timbal (Pb)  Merupakan logam berat yang banyak digunakan manusia untuk peningkatan pembakaran pada kendaraan bermotor (premium dan premix)  Hasil pembakaran timbal oksida berbentuk debu yang mudah terhirup manusia.  Kepulan asap sebatang rokok mengandung 4.  Kebakaran hutan dan pembakaran sampah Gas Karbon Dioksida dapat menyebabkan efek rumah kaca.• CFC merupakan gas yang menyebabkan menipisnya lapisan ozon.  Pesawat terbang.  kapal.  Jika terkontaminasi zat tersebut (walaupun dalam jumlah kecil) dapat menderita keterbelakangan mental dan fisik.000 bahan kimia. tremor dan gangguan kelakuan serta kecerdasan. cacat mata. Asap Rokok  Partikel dan asap yang keluar dari rokok adalah campuran kompleks yang terdiri dari ribuan bahan kimia.  60 zat yang dikeluarkan asap rokok mengandung karsinogen (beresiko kanker).  mesin-mesin bahan bakar fosil (batu bara dan minyak bumi). Karbon Dioksida (CO2)  Gas Karbon dioksida dapat berasal dari:  pabrik. hal ini mempengaruhi aktivitas enzim dalam pembentukan hemoglobin di butir darah.  Zat berbahaya yang mengandung bahan karsinogen tersebut adalah:  Tar  Karbon monoksida (CO) .

zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh. Beberapa zat pencemar dikategorikan sebagai toksik dan karsinogenik . bronkitis.Penurunan tingkat kecerdasan (IQ) anak-anak Substansi pencemar yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan. sedangkan partikulat berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru-paru.Stres dan penurunan tingkat produktivitas . Nikotin  Aseton (cat)  Amonia (pembersih lantai)  Toluen (pelarut industri) Asap rokok menyebabkan timbulnya 25 penyakit di tubuh manusia. Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISNA (infeksi saluran napas atas). asma. infeksi telinga tengah serta asma dan berbagai penyakit lainnya.Terganggunya fungsi reproduksi . paru-paru dan tenggorokan . Dampak Dampak kesehatan. Dari paru-paru. termasuk di antaranya.Kesehatan dan penurunan kemampuan mental anak-anak . mulai dari terkena infeksi saluran pernafasan.Penyakit pernapasan. . Partikulat berukuran besar dapat tertahan di saluran pernapasan bagian atas. misalnya : jantung. Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh bergantung kepada jenis pencemar. dan gangguan pernapasan lainnya.

CFC.Dampak terhadap tanaman Tanaman yang tumbuh di daerah dengan tingkat pencemaran udara tinggi dapat terganggu pertumbuhannya dan rawan penyakit. Pencemar udara seperti SO2 dan NO2 bereaksi dengan air hujan membentuk asam dan menurunkan pH air hujan. Akibatnya panas terperangkap dalam lapisan troposfer dan menimbulkan fenomena pemanasan global. metana. nekrosis. dan N2O di lapisan troposfer yang menyerap radiasi panas matahari yang dipantulkan oleh permukaan bumi. dan bintik hitam. Partikulat yang terdeposisi di permukaan tanaman dapat menghambat proses fotosintesis. ozon. Dampak dari hujan asam ini antara lain:    Mempengaruhi kualitas air permukaan Merusak tanaman Melarutkan logam-logam berat yang terdapat dalam tanah sehingga memengaruhi kualitas air tanah dan air permukaan  Bersifat korosif sehingga merusak material dan bangunan Efek rumah kaca Efek rumah kaca disebabkan oleh keberadaan CO2. antara lain klorosis. Hujan asam pH biasa air hujan adalah 5. Dampak dari pemanasan global adalah:    Pencairan es di kutub Perubahan iklim regional dan global Perubahan siklus hidup flora dan fauna .6 karena adanya CO2 di atmosfer.

Tempatkan alat pengeluaran udara dekat dengan sumber pencemaran. Memasang filter dipergunakan dalam ruangan dimaksudkan untuk menangkap polutan dari sumbernya dan polutan dari udara luar ruangan.Ventilasi yang sesuai.Usahakan menggantikan udara yang keluar dari ruangan sehingga udara yang masuk ke-ruangan sesuai dengan kebutuhan. bahan baku ruangan. sehingga terbentuk lubanglubang pada lapisan ozon.Kerusakan lapisan ozon Lapisan ozon yang berada di stratosfer (ketinggian 20-35 km) merupakan pelindung alami bumi yang berfungsi memfilter radiasi ultraviolet B dari matahari. Udara yang mengan- dung polutan dilewatkan melalui alat ini sehingga udara dalam ruangan sudah berkurang polutan-nya atau disebut bebas polutan Penanggulangan pencemaran udara diluar ruangan . Emisi CFC yang mencapai stratosfer dan bersifat sangat stabil menyebabkan laju penguraian molekul-molekul ozon lebih cepat dari pembentukannya. pembakaran asap dapur. Pencegahan pen-cemaran udara yang berasal dari ruangan bisa dipergunakan: . . Penanggulangan Polusi udara dari ruangan Sumber dari pencemaran udara ruangan berasal dari asap rokok. Pembentukan dan penguraian molekul-molekul ozon (O3) terjadi secara alami di stratosfer.Filtrasi. yaitu Usahakan polutan yang masuk ruangan seminimum mungkin. - Pembersihan udara secara elektronik. Kerusakan lapisan ozon menyebabkan sinar UV-B matahri tidak terfilter dan dapat mengakibatkan kanker kulit serta penyakit pada tanaman Cara Meminimalkan terjadinya pencemaran udara. kendaraan bermotor dan lain-lain yang dibatasi oleh ruangan.

Kendaraan bermotor akan memperlambat laju * Uji emisi harus dilakukan secara berkala pada kendaraan umum maupun pribadi meskipun secara uji petik (spot check). juga mengurangi polusi udara. . Karena itu. tanpa mengabaikan sektor-sektor lain.Solusi untuk mengatasi polusi udara kota terutama ditujukan pada pembenahan sektor transportasi. * Pembuatan Bahan Bakar Nabati (BBN) * Menghemat Energi yang digunakan. terutama yang lalu lintasnya padat serta di sudut-sudut kota. * Potensi terbesar polusi oleh kendaraan bermotor adalah kemacetan lalu lintas dan tanjakan. * Pembatasan usia kendaraan. Sebab. terutama yang kurang terawat. * Penanaman pohon-pohon yang berdaun lebar di pinggir-pinggir jalan. rambu-rambu. * Pemberian penghambat laju kendaraan di permukiman atau gang-gang yang sering diistilahkan dengan “polisi tidur” justru merupakan biang polusi. perlu dipertimbangkan sebagai salah satu solusi. semakin besar potensi untuk memberi kontribusi polutan udara. terutama bagi angkutan umum. dan tindakan tegas terhadap pelanggaran berkendaraan dapat membantu mengatasi kemacetan lalu lintas dan mengurangi polusi udara. pengaturan lalu lintas. semakin tua kendaraan. Perlu dipikirkan dan dipertimbangkan adanya kewenangan tambahan bagi polisi lalu lintas untuk melakukan uji emisi di samping memeriksa surat-surat dan kelengkapan kendaraan yang lain.

Sumber alami dan Sumber-sumber lain. Sumber pencemaran udara terbagi 2 macam yaitu primer dan sekunder. dan tumbuhan. mengganggu estetika dan kenyamanan. hewan. Penemaran udara berdampak diberbagai aspek kehidupan diantaranya:  Dampak terhadap tanaman  Hujan asam  Efek rumah kaca  Kerusakan lapisan ozon Kita harus berusaha meminimalilkan segala hal yang dapat menyebabkan pencemaran udara. Ada 3 hal yang mempengruhi semakin pekatnya pencemran udara yaitu Kegiatan manusia.BAB IV KESIMPULAN Pencemaran udara adalah kehadiran satu atau lebih substansi fisik. atau biologi di atmosfer dalam jumlah yang dapat membahayakan kesehatan manusia.dimulai dari diri kita sendiri dan lingkungan sekitar diantaranya: Penanggulangan Polusi udara dari ruangan  Ventilasi  Filtrasi  Pembersihan udara secara elektronik Penanggulangan pencemaran udara diluar ruangan  Pembatasan usia kendaraan  tindakan tegas terhadap pelanggaran berkendaraan . kimia. atau merusak properti.

 Pemberian penghambat laju kendaraan di permukiman atau gang-gang yang sering diistilahkan dengan “polisi tidur” justru merupakan biang polusi.  Penanaman pohon-pohon yang berdaun lebar di pinggir-pinggir jalan  Pembuatan Bahan Bakar Nabati (BBN)  Menghemat Energi yang digunakan  Uji emisi harus dilakukan secara berkala pada kendaraan umum maupun pribadi .

blogspot. — Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah. — www.com/go/artikel/sains/sains6. Mahkota Offset – Jakarta.DAFTAR PUSTAKA — Buku “Lingkungan Hidup”. Zat – zat Pencemar Udara. Pengertian Pencemaran Udara.google.com — http://pencemaran-udara.htm . — Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah.com — http://asmakmalaikat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful