A.

PENGERTIAN Kalimat tayyibah artinya adalah perkataan atau lafadz yang baik, yang berisi pengagungan Allah SWT. B. JENIS 1. Takbir Allahu Akbar, artinya Allah Maha Besar. Allah adalah Zat Yang Mahabesar. Penciptaan alam semesta dan seisinya telah cukup menjadi bukti kebesaran Allah. Mengagungkan kebesaran Allah menjadi kewajiban setiap muslim. Mengingat kebesaran Allah dapat menghindarkan manusia dari sifat sombong. Agar selalu dapat mengingat betapa Allah Mahabesar di atas segalanya, kita harus membiasakan diri untuk mengucapkan Allahu Akbar. Allah sanggup menjadikan segala hal yang tidak mungkin menurut kita menjadi mungkin. Bagi Allah, sangatlah mudah menjadikan hal tersebut. Allah berfirman dalam Surat Yasin ayat 82: “Sesungguhnya urusan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu Dia hanya berkata kepadanya, “Jadilah!” Maka jadilah sesuatu itu.” 2. Tahmid Alhamdulillahirabbil ‘alamin, artinya segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Kalimat ini diucapkan sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih kepada allah SWT. Setiap muslim harus mensyukuri nikmat yang dianugerahkan oleh Allah SWT. Jika kita bersyukur, Allah SWT akan menambah pemberian-Nya. Sebaliknya, jika kita kufur, Allah SWT akan memberikan siksa yang sangat pedih. Hal itu difirmankan Allah SWT dalam ayat berikut: “… sesungguhnya jika kamu bersyukur. Niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim: 7) Kalimat Alhamdulillah diucapkan pada saat: a. mendapatkan rezeki dari Allah SWT b. mengerjakan shalat c. berzikir d. selesai mengerjakan suatu pekerjaan. Beberapa hikmah yang diperoleh seorang hamba apabila mengucapkan kalimat alhamdulillah adalah sebagai berikut a. Terhindar dari sifat sombong b. Selalu ingat kepada Allah c. Bersikap rendah hati 3. Tasbih Subhanallah, artinya Maha Suci Allah 4. Salam 5. Istighfar Apabila sedang salah, berbuat khilaf dan dosa, kita mengucapkan astaghfirullah al-adziim, artinya aku memohon ampun kepada Allah yang Maha Agung. Kalimat

Berniat dengan sungguh-sungguh tidak akan kembali melakukan perbuatan dosanya kepada Allah SWT. salah. Berhenti dari berbuat maksiat yang dilakukannya. meskipun musibah tersebut sangat berat.istighfar merupakan permohonan ampunan dari manusia selaku hamba yang memiliki sifat ketergantungan kepada Allah SWT. 3. Permohonan ampun tadi bersifat langsung kepada Allah SWT tanpa melalui suatu perantara sehingga permohonan itu merupakan permohonan ampunan yang sangat murni. Muslim) Dengan mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi roji’un. kemudian ia berdoa. 1. baik yang ringan maupun berat.’ (HR. tidak kepada yang lainnya. Istighfar biasanya mempunyai kaitan dengan taubat atau pertaubatan sebagaimana firman Allah SWT: ‫ﺃﻓﻼﻳﺘﻮﺑﻮﻥﺇﻟﻰﺁﷲ ﻭﻳﺴﺘﻐﻔﺮﻭﻧﻪ ﻭﺁﷲﻏﻔﻮﺭﺭﺣﻴﻢ‬ Afalaa yatuubuuna ilallaahi wayastaghfiruunahu wallaahu ghofuururrohiim Artinya: “Maka mengapa mereka tidak bertaubat kepada Allah SWT dan memohon ampun kepadaNya. Jika tertimpa musibah. kegelisahan. kita harus yakin bahwa segala musibah ada hikmahnya. dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang (QS. 6. Rasulullah saw mengajarkan kepada kita untuk mengucapkan kalimat ini.” kecuali Allah akan memberikan pahala dalam musibahnya dan Allah memberi ganti baginya yang lebih baik daripadanya. Allah juga tidak akan mendatangkan musibah jika tidak ada hikmah di balik kejadian itu. diangkat derajat kita di sisi Allah b. 2. Al-Maidah: 74) Dalam hal ini taubat memiliki kedudukan yang lebih tinggi karena dalam bertaubat seseorang terikat dengan syarat-syarat yang apabila dilanggar maka taubatnya tertolak dengan sendirinya. Sebagai orang yang beriman. . diampuni dosa-dosa kita c. berarti kita telah bersabar dan ikhlas atas apa yang ditentukan Allah. Innalillahi wa inna ilaihi roji’un diucapkan apabila mendapatkan musibah. “ Sesungguhnya kita kepunyaan Allah dan sesungguhnya kita akan kembali kepada-Nya. Dalam menjalani hidup sehari-hari tentunya orang akan sulit untuk terlepas sama sekali dari perbuatan buruk (khilaf. Adapun syarat taubat di antaranya: Rasa penyesalan yang amat mendalam di dalam hati atas perbuatan dosa yang telah dilakukan sehingga hatinya diselimuti oleh keresahan. dan bingung. Keutamaan itu adalah: a. Oleh karena itu. susah. Dengan kesabaran itu kita akan mendapat keutamaan dari Allah. atau dosa). artinya sesungguhnya kita adalah milik Allah dan pasti akan kembali kepada-Nya. diberi ketenangan hati oleh Allah Allah tidak akan menguji hamba-Nya dengan musibah di luar kesanggupannya. Permohonan ampunan ini semata-mata ditujukan pada Allah SWT. Rasulullah saw bersabda sebagai berikut: ‘Tidaklah seorang hamba terkena musibah. kita harus membiasakan beristighfar agar dapat menghapus atau setidaknya mengurangi kadar dosa tersebut. ya Allah berilah pahala dalam musibah ini dan berilah aku ganti yang lebih baik daripadanya.

c. ﺍﻟﺣﻣﺪﷲ‬ ‫ﺍﻟﺣﻣﺪﷲ‬ ‫ﺍﷲﺍﻛﺒﺮ‬ ‫ﺳﺒﺣﺎﻥﺍﷲ‬ ‫ﻻﺍﻟﻪﺍﻻﺍﷲ‬ Dengan mengucapkan ‫ . b. c. d. a. d.ﺍﷲﺍﻛﺒﺮ‬kalian akan mengingat … Allah.. keesaan kehebatan kesucian kebesaran . d. b.. 7. a. c. Allah mengucapkan … kun sim salabim abracadabra bismillah Yang disebut bacaan takbir adalah … ‫. d. a. Musibah yang berarti azab dari Allah diberikan kepada orang-orang yang lalai. 4. d. a. TAMRINATS 1. c. b. b. Ucapan ‫ ﺍﷲﺍﻛﺒﺮ‬disebut bacaan … tahlil takbir tahmid tasbih Allah Mahabesar adalah arti dari … ‫ﺳﺒﺣﺎﻥﺍﷲ‬ ‫ﺍﻟﺣﻣﺪﷲ‬ ‫ﺍﷲﺍﻛﺒﺮ‬ ‫ﻣﺎﺷﺎﺀﺍﷲ‬ Kalian harus mengucapkan apabila melihat hal-hal negatif diberi rezeki oleh Allah mengalami musibah merasakan sedih Jika menghendaki sesuatu terjadi. 5. 6. d. Masya Allah 8. b. c.Ada dua bentuk musibah yang dialami manusia. b. 3. c. a. a. yaitu musibah yang berarti azab Allah dan ujian Allah. Tahlil C. 2.

id/books? id=kSonHgsW4d8C&pg=PA3&lpg=PA3&dq=kalimat+tayibah&source=bl&ots=N76mt2k t5N&sig=Kc98Tlf7_nz7Af7UaMEPZ2sfe9E&hl=id&ei=uooZTvzUOIntrAeKoIzQAQ&sa . kecuali … a. Jadilah! Maka jadilah sesuatu itu. melihat bayi kembar siam di kepala b. Musnahlah! Maka musnahlah sesuatu itu. Tidak jadi! Maka tidak jadilah sesuatu itu. rendah diri c. Allah SWT 11. Apabila http://books. pekikan pejuang di medan laga 8. dukun sakti c. Ucapan ‫ﺍﷲﺍﻛﺒﺮ‬ ‫ﺍﷲﺍﻛﺒﺮ‬ ‫ ﺍﻟﺣﻣﺪﷲ‬artinya … segala puji bagi Allah Mahasuci Allah Tiada Tuhan selain Allah Allah Mahabesar ‫ ﺍﻟﺣﻣﺪﷲ‬termasuk kalimat … tayibah mantra suci taharah taawuz 13. Teriakan dapat menambah … para pejuang ketika melawan musuh. a. Mengingat kebesaran Allah dapat menghindarkan kalian dari sifat … a. d. b. semangat 10. b.google. sampai di tempat tujuan dengan selamat d.7. tukang sulap b. malas b. 9. tukang sihir d. d.co. ada kambing berkaki lima c. c. Di bawah ini merupakan suatu keadaan yang mengharuskan kalian mengucapkan . Kun fayakun artinya … a. Yang sanggup menjadikan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin adalah … a. c. c. rendah hati b. tawaduk 14. Binasalah! Maka binasalah sesuatu itu. kebal c. keengganan d. tinggi hati d. a. b. d. a. 12.

html http://books.com/books? id=Kyc_Joxam_EC&pg=PA29&source=gbs_selected_pages&cad=3#v=onepage&q&f=fal se .google.=X&oi=book_result&ct=result&resnum=8&ved=0CEEQ6AEwBw#v=onepage&q=kalima t%20tayibah&f=false http://books.google.blogspot.co.com/2010/05/inna-lilahi-wa-inna-ilaihi-rojiun.id/books?id=csYF_CqMIMC&pg=PA9&lpg=PA9&dq=kalimat+tayibah&source=bl&ots=N5iHXW4ZHh&sig=9Q zg0EvIydgv2Plul6UqKF7krJA&hl=id&ei=uooZTvzUOIntrAeKoIzQAQ&sa=X&oi=book _result&ct=result&resnum=6&ved=0CDgQ6AEwBQ#v=onepage&q=kalimat %20tayibah&f=false http://mulyliani.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful