Laporan praktikum ke-5 MK.

Metabolisme Gizi

Tanggal mulai Tanggal selesai

: 1 April 2011 : 1 April 2011

ANALISIS STATUS SENG DENGAN METODE KECAP SMITH
Oleh : Kelompok 6B Armina Puji Utari Estu Nugroho Soni Fauzi Wa Nurmi Wiwi Febriani I14090014 I14090069 I14090071 I14090124 I14090125

Asisten Praktikum: Mahmud A.R Lina Agestika I14070026 I14070011

Koordinator Mata Kuliah Dr. rimbawan

DEPARTEMEN GIZI MASYARAKAT FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA INSTITUT PERTANIAN BOGOR 2011 PENDAHULUAN

antara lain melalui uji pengecapan. Mineral dapat membantu pertumbuhan. Makro mineral adalah mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak. Seng oleh tubuh manusia dibutuhkan untuk membentuk enzim dan hormon penting. Zat gizi ini tergolong dalam dua bagian. dan kacang-kacangan (Kids Health 2011). perubahan neurologis dan kematian (Reviana 2004). Mineral dapat digolongkan kedalam dua kelompok. I. Co. Bahan pangan yang mengandung tinggi seng antara lain daging sapi. seperti Zn. seperti Ca. F. konsentrasi seng plasma dan serum (Reviana 2004) dan masih banyak lagi. Zinc (seng) merupakan salah satu dari beberapa contoh trace mineral yang ada. Oleh karena itu. dan S. Selain itu seng juga berfungsi sebagai pemelihara beberapa jenis enzim. yaitu makro mineral dan trace mineral. peranan zat gizi mikro ini sangat esessial bagi tubuh. hormon dan aktifitas indera pengecap atau lidah kita. diantaranya alat kelamin mengecil. Dengan demikian peranan seng dalam kehidupan begitu esensial. perkembangan dan memelihara kesehatan. dan Se (Kids Health 2011). Na. Hal ini dilakukan untuk mencegah defisiensi seng yang dapat berakibat fatal. Defisiensi seng dapat menyebabkan beberapa penyakit. konsentrasi seng air liur. infeksi. kambing. Fe. yaitu vitamin dan mineral. penetapan status seng perlu dilakukan untuk mengetahui kecukupan seng seseorang. Mg. Sedangkan trace mineral merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit. TINJAUAN PUSTAKA . Terdapat beberapa cara penetapan status seng. K. Kekurangan kedua macam zat gizi ini dapat menyebabkan defisiensi. Seng juga berfugsi untuk mempertahankan system imun untuk mencegah tubuh terserang berbagai infeksi dan penyakit. P. Mn. Meskipun komponen gizi ini hanya dibutuhkan dalam jumlah yang kecil. Tujuan Praktikum kali ini bertujuan untuk menganalisis status seng (Zn) pada berbagai responden dengan metode kecap Smith. sedangkan kelebihan zat gizi ini akan menyebabkan terjadinya toksisitas. diare. Cl.Latar Belakang Zat gizi makro merupakan zat gizi yang dibutuhkan dalam jumlah kecil di dalam tubuh.

Peranannya dalam pertumbuhan normal pada hewan telah didemonstrasikan pada tahun 1930-an (Almatsier 2004). Tiga perempat dari jumlah tersebut berada dalam tulang dan mobilisasinya sangat lambat. kulit. Jaringan yang banyak mengandung seng adalah bagian mata. Larutan uji dimasukkan ke dalam mulut dan dibiarkan selama 10 detik. Quite Zinc Deficient – Tidak terasa apa-apa. dan kemudian larutan ditelan atau dibuang. Ca. (Atmadja et al 1988). Test Kecap Smith dapat menentukan konsentrasi seng. Enzim pada lidah manusia yang merespon kekurangan zink adalah enzim yang berikatan lemah dengan logam Fe. Pasien biasanya meringis.1% dari (Myers 2004). K. Seng di dalam plasma hanya 0. .5 gram seng.Metode Kecap Smith Seng adalah mikromineral yang ada di dalam jaringan tubuh manusia atau hewan dan terlibat dalam fungsi berbagai enzim dalam proses metabolisme. Zn. Setelah 30 detik pasien diminta menggambarkan rasa dan respon mereka berdasarkan parameter berikut : • • • • Optimal Zinc Levels – Langsung terasa tidak menyenangkan dan menyakitkan. Zinc Taste Test (ZTT. Metode Smith digunakan untuk mengetahui defisiensi seng pada manusia dengan cara yang sangat sederhana. Mn. tapi setelah 10-15 detik mulai terasa sesuatu yang berbeda. Seng (Zn) Mineral seng esensial untuk kehidupan telah diketahui sejak lebih dari seratus tahun yang lalu. kelenjar prostat. Very Zinc Deficient – Tidak ada rasa apapun atau terasa seperti air. Metode Kecap Smith) merupakan metode noninvasif untuk menentukan status fisiologis kecukupan seng pada tubuh. Indikator kekurangan seng dapat dilihat pada empat parameter. sehingga kekurangan seng berpengaruh pada jaringan ini. yakni dengan meneteskan cairan zink pada lidah. yang ditemukan pada lidah. Tubuh manusia dewasa mengandung 2-2. dan kuku.5 gram seng yang tersebar di hampir semua sel. rambut. minum atau merokok selama setengah jam. Cara kerjanya adalah pasien harus menahan diri dari makan. Adequate Zinc Levels – Terasa dengan pasti tapi tidak terlalu menyakitkan. Tubuh mengandung 2-2. rasa akan semakin pasti seiring waktu. spermatozoa. dan Co (Anonim 2010).

Absorpsi seng diatur oleh metalotionein yang disintesis di dalam sel dinding saluran cerna. Dengan demikian seng berperan dalam pembentukan kulit. Distribusi seng antara cairan ekstraseluler. jaringan dan organ dipengaruhi oleh keseimbangan hormon dan situasi stres. makanan nabati secara umum mempunyai bioavaibilitas yang lebih rendah oleh karena adanya asam fitat dan serat yang menghambat absorpsi seng. hati. Seng juga berperan dalam pengembangan fungsi reproduksi laki-laki dan pembentukan sperma. (Almatsier 2004). protein. seng berperan pula dalam sintsesis dan degradasi kolagen. Kandungan seng dalam . seng berperan dalam pencernaan protein. Daging merupakan sumber seng yang mudah di dapat. Sebagai bagian dari enzim kolagenase. kerang dan telur. peranan penting lain adalah sebagai bagian integral enzim DNA polimerase dan RNA polimerase yang diperlukan dalam sintesis DNA dan RNA. Selain itu. lipida. Seng berperan dalam fungsi kekebalan yaitu dalam fungsi sel T dalam pembentukan antibodi oleh sel B (Almatsier 2004). dan penyembuhan luka. berperan dari berbagai aspek metabolisme (reaksi yang berkaitan dengan sintesis dan degradasi karbohidrat.kadar seng di dalam tubuh. Metalotionein di dalam hati mengikat seng hingga dibutuhkan oleh tubuh. Seng juga dibutuhkan oleh enzim insulin yang dibentuk di dalam pankreas walaupun tidak berperan secara langsung dalam enzim insulin (Almatsier 2004). dan asam nukleat). Pangan Sumber Seng Sumber yang paling baik adalah sumber protein hewani terutama daging. metabolisme jaringan ikat. Sebagai enzim atau kofaktor. dan mempunyai masa pergantian yang cepat (Almatsier 2004). kacang-kacangan juga merupakan sumber yang baik namun mempunyai ketersediaan biologic yang rendah (Almatsier 2004). Bila konsumsi seng tinggi. Hati memegang peranan penting dalam redistribusi ini. di dalam sel dinding saluran cerna sebagian diubah menjadi metalotionein sebagai simpanan. Serealia tumbuk. Sebagai bagian dari enzim peptidase karboksil yang terdapat di dalam cairan pankreas. sehingga absorpsi berkurang. Metilotionein diduga mempunyai peranan dalam mengatur kandungan seng di dalam cairan intraseluler. Fungsi Seng Seng memegang peran essensial dalam banyak fungsi tubuh.

mengubah nilai lipoprotein.8 mg. sayuran hijau 0. unggas 1. umur 10. gangguan nafsu makan. kacang 3 mg.3 mg. sereal 1 mg. dan gangguan reproduksi (Almatsier 2004) . 1996). demam. Tanda-tanda kekurangan seng adalah gangguan pertumbuhan dan kematangan seksual. karena fungsi pankreas. Kelebihan seng hingga 2-3 kali AKG menurunkan absorbsi tembaga. kelelahan yang sangat. susu 1.2 mg. Fungsi pencernaan terganggu. penurunan ketajaman indera serta memperlambat penyembuhan luka (Almatsier 2004).09 mg (Cousins RJ. anemia. ibu hamil dan menyusui serta orang tua. produk. Kekurangan seng juga dapat menyebabkan kurangnya penyerapan tembaga (Damayanti 2002). gangguan pembentukan kilomikron dan kerusakan permukaan saluran cerna. dan dapat mempercepat timbulnya aterosklerosis. gula 0. Kekurangan seng kronis mengganggu pusat sistem saraf dan fungsi otak. Angka Kecukupan Seng Widya Karya Pangan dan Gizi tahun 1998 menetapkan angka kecukupan seng di Indonesia untuk bayi sebesar 3-5 mg. diare. roti tawar 1 mg.3 mg. telur 1. dan ibu menyusui 10 mg lebih banyak dari angka kecukupan wanita (Almatsier 2004). ibu hamil 5 mg lebih banyak dari angka kecukupan wanita. Kekurangan seng juga mengganggu fungsi kelenjar tiroid dan laju metabolisme. yaitu anak-anak. Kelebihan sampai sepuluh kali AKG dapat mempengaruhi metabolisme kolesterol. umur 1-9 tahun sebesar 8-10 mg.5 mg.2 mg. Di samping itu dapat juga terjadi diare. daging (terutama daging merah) 5.6 mg. Dosis sebanyak 2 gram atau lebih dapat menyebabkan muntah.beberapa bahan pangan per 100 gram diantaranya tiram 25 mg. dan gangguan fungsi kekebalan.60 tahun ke atas sebesar 15 mg untuk pria maupun wanita. Kelebihan dan Kekurangan Seng Defisiensi seng dapat terjadi pada golongan rentan.4 mg. kentang 0. buah segar 0. ikan 0.

Sedangkan bahan yang digunakan adalah 5 mL ZnSO4 0. Disemprotkan 5 mL ZnSO4 ke dalam mulut responden dengan menggunakan alat suntik tanpa jarum Cairan dibiarkan ke dalam mulut selama beberapa saat. Institut Pertanian Bogor. kesat. kemudian dibuang Responden ditanyakan tentang apa yang dirasakannya Kategori 1 Tidak merasakan apa-apa/ seperti merasakan air biasa walaupun telah ditunggu 10 detik Kategori 2 Mula-mula tidak merasakan apa-apa.1 %. Fakultas Ekologi Manusia. tetapi tidak sampai menyakitkan/ mengganggu Kategori 4 Segera timbul rasa yang kuat dan mengganggu sehingga responden langsung meringis Bagan 1 Langkah-langkah analisis status seng (Zn) .00 WIB. 1 April 2011 pada pukul 13. Prosedur Kerja Berikut merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam analisis status seng (Zn) dengan menggunakan metode kecap Smith . atau manis Kategori 3 Segera merasakan sesuatu. Praktikum dilakukan di Laboratorium A Metabolisme Zat Gizi lantai 2. Departemen Gizi Masyarakat.0016.METODOLOGI Waktu dan Tempat Praktikum dilaksanakan pada hari Jumat. Alat dan Bahan Alat yang digunakan pada praktikum antara lain alat suntik tanpa jarum dan cangkir. lama kelamaan merasa kering.

Kemudian kategori 2 probandus pada awalnya tidak merasakan sesuatu. Ca. atau manis. kemudian dibuang dan probandus ditanyakan tentang apa yang telah dirasakan. spermatozoa.1% dari kadar seng di dalam tubuh. Seng di dalam plasma hanya merupakan 0. Data hasil percobaan ditampilkan pada tabel di bawah ini. Salah satu cara untuk menganalisis kadar seng secara kualitatif adalah dengan metode Smith. Indikator kekurangan seng dapat dilihat pada empat parameter. Enzim pada lidah manusia yang merespon kekurangan zink adalah enzim yang berikatan lemah dengan logam Fe. (Anonim 2010). kelenjar prostat. Mn. sedangkan yang termasuk kategori 3 dan 4 adalah normal.5 gram seng yang tersebar di hampir semua sel. K. sehingga jumlah total sebanyak 18 probandus.1% dimasukan ke dalam mulut probandus dengan menggunakan alat suntik tanpa jarum. Probandus dikategorikan ke dalam empat kategori dalam percobaan ini. Zn. Jaringan yang banyak mengandung seng dalah bagian mata. Praktikum uji kecap Smith ini dilakukan dengan menguji langsung terhadap 18 probandus. Pada probandus kategori 4 langsung timbul rasa yang kuat dan mengganggu sehingga probandus langsung meringis. dan kuku (Atmadja et al 1988). Probandus yang termasuk kategori 1 dan 2 adalah probandus yang mengalami defisiensi seng. . kesat. dan Co (Anonim 2010). dan rasa tersebut semakin lama semakin kuat. yakni dengan meneteskan cairan zink pada lidah. dan mempunyai masa pergantian yang cepat (Almatsier 2004). Metode Smith adalah metode untuk mengetahui defisiensi seng pada manusia dengan cara yang sangat sederhana. Dari berbagai respon yang dirasakan oleh probandus dapat menjadi indikator untuk menentukan defisiensi seng pada manusia. Kategori 3 probandus segera merasakan sesuatu. Probandus diambil dari perwakilan masing-masing kelompok 3 orang dari 6 kelompok. kulit. Cairan dibiaskan dalam mulut beberapa saat.HASIL DAN PEMBAHASAN Seng adalah mikromineral yang ada di dalam jaringan tubuh manusia atau hewan dan terlibat dalam fungsi berbagai enzim dalam proses metabolisme. Pada kategori 1 probandus tidak merasakan apa-apa atau seperti merasakan air biasa. tetapi kelamaan dalam mulut terasa kering. Tubuh mengandung 2-2. rambut. Pada percobaan sebanyak 5 ml ZnSO4 0. Indikator defisiensi seng dapat terlihat dari penggolongan probandus.

Seng memiliki peranan penting di dalam tubuh. serta asam nukleat.88 3 1 5. antara lain sebagai enzim atau kofaktor yang berperan di berbagai aspek metabolisme. Faktor utama yang mempengaruhi perbedaan hasil yang sangat signifikan adalah adanya perbedaan pola makan setiap individu probandus.56 4 0 0 Kategori 1 Kategori 2 Kategori 3 Kategori 4 Grafik 1. peran penting lainnya adalah sebagai bagian integral enzim DNA polymerase dan RNA polymerase yang diperlukan dalam sintesis DNA dan RNA. Seng sebagai bagian enzim kolagenase berperan dalam sintesis dan degradasi kolagen. lipid. misalnya pada reaksi yang berkaitan dengan sintesis dan degradasi karbohidrat. seng berperan dalam pencernaan protein. yaitu sebesar 94. Ada probandus yang kurang mengonsumsi makanan yang mengandung seng.88%. Jumlah responden masing-masing kategori Kategori Jumlah probandus Presentase (%) 1 1 5. Tetapi perlu diperhatikan bahwa dalam mengonsumsi pangan sumber seng harus memperhatikan juga konsumsi asupan makanan yang mengandung zat gizi lain. yaitu sebesar 16 probandus atau sekitar 88. karena zat gizi tersebut dapat menghambat penyerapan seng. misalnya asam fitat atau besi.56 2 16 88. Pada kategori 1 dan 3 sebanyak 1 probandus atau sekitar 5. Persentase Kategori Probandus Berdasarkan hasil percobaan dapat diketahui bahwa sebagian besar probandus berada pada kategori 2 untuk uji kecap Smith. Selain itu. dan proses penyembuhan luka. metabolisme jaringan ikat. Seng juga berperan pada pengembangan reproduksi laki-laki dan pembentukan .44%. Dengan demikian seng berperan dalam pembentukan kulit. namun ada pula yang cukup asupan mineral sengnya. dan hanya terdapat 1 probandus yang asupan sengnya tercukupi (tidak mengalami defisiensi). protein.Tabel 1. Sebagai bagian enzim peptidase karboksil.56%. Data tersebut menunjukkan bahwa defisiensi seng dialami oleh sebagian besar probandus.

serta orang tua. Serealia tumbuk. Kandungan seng dalam . dan menyusi. unggas. dapat menimbulkan dampak negatif bagi tubuh.sperma. produk susu dan sereal. kelelahan. yaitu dalam fungsi sel T pada pembentukan antibodi oleh sel B (Almatsier 2004). fungsi indera penciuman dan pengecapan menurun. kekurangan nafsu makan. ibu hamil. anemia. Namun diantara sumber seng tersebut yang merupakan sumber yang paling baik adalah sumber protein hewani terutama daging. umur 10. kacangkacangan juga merupakan sumber yang baik namun mempunyai ketersediaan biologik yang rendah (Almatsier 2004). serta gangguan imunitas (Damayanti 2002).60 tahun ke atas sebesar 15 mg untuk pria maupun wanita. Sumber seng yang utama adalah dari daging. dengan kata lain apabila terjadi kekurangan atau defisiensi seng. Kelebihan seng hingga 2-3 kali AKG (Angka Kecukupan Gizi) dapat menurunkan absorpsi tembaga. hati. hambatan pertumbuhan dan perkembangan. rendahnya daya tahan terhadap infeksi. ibu hamil 5 mg lebih banyak dari angka kecukupan wanita. sintesis kolagen tidak normal. Kelebihan hingga 10 kali AKG mempengaruhi metabolism kolesterol. diare. kerang dan telur. dan gangguan reproduksi (Almatsier 2004). Kekurangan seng berdampak korelatif terhadap kekurangan tembaga. dan ibu menyusui 10 mg lebih banyak dari angka kecukupan wanita (Almatsier 2004). Dosis sebanyak 2 gram atau lebih dapat menyebabkan muntah. sintesis dan sekresi testoteron menurun. hambatan kematangan sex pada pria. demam. anemia. kulit kering. dibutuhkan pemenuhan mineral seng yang cukup dalam tubuh manusia. luka dan sulit disembuhkan gangguan sistem pencernaan. ikan laut. Seng di dapat terutama dari makanan. serta fungsi kekebalan. umur 1-9 tahun sebesar 8-10 mg. Daging merupakan sumber seng yang mudah di dapat. Widya Karya Pangan dan Gizi tahun 1998 menetapkan angka kecukupan seng di Indonesia untuk bayi sebesar 3-5 mg. makanan nabati secara umum mempunyai bioavaibilitas yang lebih rendah oleh karena adanya asam fitat dan serat yang menghambat absorpsi seng. Defisiensi seng dapat terjadi. terutama pada golongan yang rentan. Dalam mencegah defisiensi seng. yaitu anak-anak. dan dapat mempercepat munculnya ateroslerosis. mengubah nilai lipoprotein. gangguan sitem otak dan saraf yang dapat menyebabkan kemunduran mental. Seng merupakan zat gizi mikro.

kacang 3 mg.6 mg.3 mg.2 mg. telur 1.3 .2 mg. ikan 0. sereal 1 mg. unggas 1.4 mg.5 mg.8 mg. daging (terutama daging merah) 5. sayuran hijau 0.09 (Cousins RJ. gula 0.beberapa bahan pangan per 100 gram diantaranya adalah tiram 25 mg. 1996). KESIMPULAN DAN SARAN . susu 1. Dalam konsumsi pangan sehari-hari hendaknya dilakukan modifikasi bahan pangan agar asupan gizi yang diterima tubuh seimbang. roti tawar 1 mg. produk. kentang 0. buah segar 0.

Jakarta : Gramedia Pustaka Utama . Hanya 5. Oleh karena itu.88 persen dari probandus mengalami defisiensi seng golongan dua. akan sangat berguna bagi kesehatan bila probandus mengonsumsi pangan yang kaya akan seng seperti hewan-hewan laut. Saran Dilihat dari hasil uji kecap smith. sebagian probandung mengalami defisiensi seng. Pada percobaan kali ini tidak ditemukan probandus yang termasuk pada golongan empat uji kecap smith.Kesimpulan Sebanyak 88. Prinsip Dasar Ilmu Gizi. DAFTAR PUSTAKA Almatsier S. karena seng merupakan salah satu zat gizi mikro yang esensial bagi tubuh.56 persen dari probandus yang tidak mengalami defisiensi seng dan termasuk kedalam golongan tiga. 2004. dan 5.56 persen dari probandus mengalami defisiensi seng golongan satu.

co.nih. ILSI Press: Washington DC.html (15 April 2011) LAMPIRAN .Amadja et al. Enzim sebagai katalisator (terhubung berkala) http://www.1995. 2004.pd f/14_PerananMineralSeng.goole.org/kid/stay_healt hy/food/minerals. 2010. In: Ziegler EE. Zinc taste the test (terhubung berkala) http://ods. 2002.php?id=372 (24 April 2011) Cousins RJ. Penelitian Status Zink dengan Tes Kecap Smith pada Masya rakat RW 04 Manggarai.html (15 April 2011) Myers RL.e-duka si.Peranan mineral seng (Zn) bagi kesehatan tubuh (terhubung berkala) http://www. Jakarta : Majalah Kedokteran Indonesia Anonim. Prsent knowledge in nutrition. Zinc.od. 1988. Filer LJ.Minerals (terhubung berkala) http://kidshealth. 1996: 293-306 Damayanti. 2004.gov/ (17 April 2010) Reviana CH. 7th ed. id/search?-hl=id&ei=EUsbSv=X&oi=spell&resnum=0&ct=result&cd=1&q= kekurangan+seng+nasution+dan+damayanti&spell=1 (16 April 2011) KidsHealth.net/mapok/mp_full. kalbe. Media Gizi & keluarga (terhubung berkala)http://www.co.id/files/cdk/files/14_PerananMineralSeng.

Tabel 2. Hasil uji kecap smith Kelompok 1 Responden Agus Riska Diego Michel Vita Dita Annisa Aisyah Novi Tania Erwin Hetty Dewi Bibi Nisa Wiwi Soni Estu Jumlah 1 2                   16 3 4 2 3 4 5 6 1 1 0 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful