RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

SEKOLAH MATA PELAJARAN KELAS/SEMESTER

: SMPN 14 KOTA SERANG : MATEMATIKA : VII/2 (DUA)

Standar Kompetensi : ALJABAR 4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar : 4.1 Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya. Indikator 1. 2. 3. : Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan Menyatakan notasi himpunan

Alokasi Waktu : 1 x 45 menit A. Tujuan Pembelajaran 1. Peserta didik dapat menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya. 2. Peserta didik dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan. 3. Peserta didik dapat menyatakan notasi himpunan.  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin Mandiri Rasa hormat dan Perhatian Tekun Bertanggungjawab Teliti

B. Materi Ajar Himpunan, anggota-anggota himpunan dan notasinya

kuning. Kegiatan Inti  Eksplorasi :  Guru memerintahkan siswa untuk duduk berkelompok sesuai dengan kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan sebelumnya. permainan. menanyakan kabar dan kesiapan siswa untuk belajar. Langkah-Langkah Kegiatan Pendahuluan  Apersepsi : : Guru mengucapkan salam. Alat dan Sumber Belajar           Kancing dari bahan sterofoam berwarna hijau Sterofoam warna hijau. kompetensi dasar dan indikator serta tujuan pembelajaran yang akan diberikan.  Motivasi : Guru memberikan pengetahuan mengenai manfaat dari mempelajari materi tentang himpunan termasuk menyatakan anggota dari suatu himpunan dan menyatakannya dalam bentuk notasi. pemberian tugas. Pendekatan dan Metode Pembelajaran    Model Teknik Metode : Pembelajaran Kooperatif : Teknik Kancing Gemerincing : Ekspositori. menyampaikan standar kompetensi. tanya jawab. D.C. dan biru Kertas Karton Kertas kado Gunting Lem kertas Cutter LKS Buku Paket Jarum pentul E. latihan. . diskusi.

 Guru menjelaskan teknik pembelajaran yang akan digunakan dalam menyampaikan materi himpunan. : kumpulan siswa cantik. Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok beranggotakan sama.  Guru mulai mengajukan pertanyaan kepada siswa sebagai berikut : Anak-anak coba kalian perhatikan ruangan kelas VII C.  Guru membagikan LKS (Lembar Kerja Siswa) kepada setiap kelompok. Jika kancing yang dimiliki seorang siswa habis. maka guru membagikan kembali kancingkancing dengan jumlah yang sama yaitu sebanyak empat buah kancing untuk masing-masing anggota dan mengulangi prosedurnya kembali dengan sepengetahuan guru. siswa tidak boleh mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan lagi sampai semua rekan dalam satu kelompok juga menghabiskan kancing mereka masing-masing. Jika semua kancing dalam salah satu kelompok sudah habis sedangkan guru masih memiliki pertanyaan untuk dilemparkan kepada siswa. : kumpulan murid laki-laki. Dengan LKS yang berisi hal-hal sebagai berikut : Pembelajaran Himpunan dengan Teknik Kancing Gemerincing 1. Setiap kelompok diberi satu kotak kecil yang berisi beberapa buah kancing. siswa harus meletakkan satu kancing ke dalam kotak yang telah diberikan sebelumnya. : kumpulan buku-buku siswa. setiap siswa dalam masing-masing kelompok mendapatkan jumlah kancing yang sama. 2. kumpulan apa saja dan siapa saja yang terdapat di kelas ini ? Guru meminta siswa untuk menjawab pertanyaan yang telah diajukan secara lisan sehingga diperoleh beberapa jawaban siswa sebagai berikut: Siswa A Siswa B Siswa C Siswa D : kumpulan murid perempuan . 4. . Setiap kali seorang siswa mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan. 3. Sebelum kelompok memulai tugasnya. 5. 6.

: kumpulan benda-benda yang ada disekitar kita. digunakan tanda koma.  Guru menjelaskan ketentuan untuk memberi lambang suatu himpunan. D. dibatasi oleh dua kurung kurawal { }. Sedangkan. C. Berdasarkan jawaban dari beberapa siswa. dengan jawaban Sehingga diperoleh kesimpulan mengenai pengertian himpunan yaitu sebagai berikut: Himpunan adalah kumpulan benda atau objek yang dapat didefinisikan dengan jelas. misalnya A. kumpulan siswa cantik bukan merupakan contoh himpunan karena kata cantik bersifat relatif yang menimbulkan jawaban yang berbeda sehingga tidak dapat didefinisikan dengan jelas. Ketentuan untuk memberi lambang suatu himpunan adalah sebagai berikut. Untuk memisahkan anggota yang satu dengan anggota yang lain. kemudian guru dan siswa menyimpulkan secara bersama-sama siswa yaitu sebagai berikut: Siswa A Siswa B : kumpulan bu. dan seterusnya. Untuk menyatakan suatu himpunan digunakan lambang ϵ dan untuk menyatakan bukan anggota suatu himpunan digunakan lambang ϵ. B. a.  Guru menjelaskan pengertiananggota himpunan dan lambang yang menyatakan anggota suatu himpunan. Untuk penulisan anggota-anggota himpunan. pengertian himpunan. c. Anggota himpunan adalah masing-masing elemen atau bagian yang tergabung di dalam suatu himpunan. E. b. kumpulan murid laki-laki dan kumpulan buku-buku siswa merupakan contoh himpunan karena dapat didefinisikan dengan jelas. Kumpulan murid perempuan.  Guru membahas jawaban-jawaban yang telah dikemukakan oleh siswa berdasarkan definisi himpunan. . Untuk nama himpunan digunakan huruf kapital.

Wahyu. LKS dan lain-lain. : kumpulan murid laki-laki yaitu Rofi. ibu mempunyai contoh soal seperti berikut: A = Himpunan hari yang namanya berhuruf awal S. Nur Komala Sari. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk menyebutkan anggota dari masing-masing contoh himpunan yang telah dikemukakan sebelumnya. Siswa B Siswa C Siswa D . Hari-hari apa sajakah yang merupakan anggota A? Hari-hari apa sajakah yang bukan merupakan anggota A? Beberapa siswa mengemukakan pendapatnya sebagai berikut: Siswa A : Bu. Diperoleh jawaban siswa sebagai berikut: Siswa A : kumpulan murid perempuan yaitu Siti Rodiah. : kumpulan buku-buku siswa yaitu buku paket. : Bu. buku tugas. buku catatan. Isni dan Faisal. Siswa B Siswa C  Guru memberikan permasalahan kepada siswa yang berkaitan dengan anggota dan bukan anggota himpunan. Selasa juga merupakan anggota himpunan A Karena Selasa merupakan hari yang namanya berhuruf awal S. Senin merupakan anggota himpunan A karena Senin merupakan hari yang namanya berhuruf awal S. Sehingga dapat dituliskan Rabu ϵ A. coba kalian data anggota-anggota yang termasuk ke dalam himpunan tersebut. dan lainlain. Sabtu juga merupakan anggota himpunan A Karena Sabtu merupakan hari yang namanya berhuruf awal S. Sehingga dapat dituliskan Senin ϵ A. Anak-anak. dengan pertanyaan sebagai berikut: Anak-anak dari ketiga contoh himpunan di atas. Sehingga dapat dituliskan Selasa ϵ A. Nurul Azizah. Neng Lia Restiani. :Bu. Sehingga dapat dituliskanSabtu ϵ A :Rabu bukan merupakan anggota himpunanA Karena Rabu merupakan hari yang namanya tidak Berhurufawal S.

Sehingga dapat dituliskan Jumat ϵ A.  Guru memberikan permasalahan kembali kepada siswa yang berkaitan dengan anggota dan bukan anggota himpunan. 7 ϵ P g. f.  Guru menghitung jumlah kancing yang diperoleh masing-masing kelompok yang telah terakumulasi dari awal pembelajaran dan memotivasi kelompok yang kurang berpartisipasi mengungkapkan jawabannya. : Minggu bukan merupakan anggota himpunanA Karena Minggu merupakan hari yang namanya tidak Berhuruf awal S. 6 ϵ P c. 6 ϵ P b. Selanjutnya perhatikan himpunan P = Himpunan bilangan asli kurang dari lima. dan g. anggota himpunan P adalah 1.Siswa E Siswa F Siswa G : Kamis bukan merupakan anggota himpunanA Karena Kamis merupakan hari yang namanya tidak Berhurufawal S. :Jumat bukan merupakan anggota himpunanA Karena Jumat merupakan hari yang namanya tidak Berhurufawal S. 9 ϵ P Beberapa siswapun mengemukakan pendapatnya. 3 ϵ P e. Sehingga dapat dituliskan Kamis ϵ A. 4 ϵ P f. 2 ϵ P h. Manakah di antara pernyataan berikut yang merupakan pernyataan yang benar? a. 5 ϵ P i. e. Sehingga pernyataan yang benar adalah pernyataan a. 1 ϵ P d. 2. Sehingga dapat dituliskan Minggu ϵA. . 3 dan 4. dan diperoleh kesimpulan jawaban sebagai berikut: Dari permasalahan di atas.  Guru melanjutkan pembelajaran dengan memberikan materi tentang menyatakan notasi suatu himpunan kemudian kembali mengajukan pertanyaan lagi.

Menyatakan suatu himpunan dengan notasi pembentuk himpunan Misalnya sebagai berikut. c. memfasilitasi kerja siswa. K = {x  x bilangan prima kurang dari 15} Himpunan ini dibaca: K adalah himpunan x dengan x adalah bilangan prima kurang dari 15. Q = { bilangan genap antara 3 dan 11} Himpunan ini dapat dinyatakan dengan: Q = {4. dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan).  Guru meminta satu orang perwakilan dari masing-masing kelompok untuk menjelaskan jawabannya melalui media yang telah diberikan. a. antara lain dengan kata-kata. 6.Suatu himpunan dapat dinyatakan dengan beberapa cara.  Dengan teman sekelompok. 8. Himpunan ini dapat dinyatakan dengan: B = {pahlawan Indonesia} b. dengan notasi pembentuk himpunan. Menyatakan suatu himpunan dengan kata-kata Misalnya sebagai berikut. Tiap kelompok mengerjakan satu soal. B adalah himpunan pahlawan Indonesia.  Guru membagikan media permainan kepada masing-masing kelompok diikuti dengan penjelasan tahapan-tahapannya. . siswa menyelesaikan masalah yang diajukan oleh guru menggunakan media (siswa dibiarkan menyelesaikan masalah secara kelompok dan guru mengamati. 10}  Elaborasi  Guru menjelaskan teknik pembelajaran yang akan digunakan dalam tahap elaborasi ini yang akan menggunakan teknik permainan.  Guru mengajukan 3 masalah yang berhubungan dengan himpunan untuk dipecahkan secara bersama-sama secara kelompok menggunakan media yang telah diberikan. Menyatakan suatu himpunan dengan mendaftar anggotaanggotanya Misalnya sebagai berikut. dan dengan mendaftar anggota-anggotanya. memotivasi.

Kegiatan Akhir    Guru bersama-sama dengan siswa merangkum materi yang telah dibahas dan memperoleh kesimpulan. Carilah penulisan notasi himpunan berikut yang benar dari penulisan-penulisan himpunan berikut! a. Q = (1. 4. Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari berikutnya dan memberikan pekerjaan rumah yang diambil dari buku paket. Kumpulan makanan yang enak b. Guru bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Bentuk Instrumen 3. Guru memberikan poin untuk masing-masing kelompok yang sudah mempresentasikan jawaban di depan kelas. Kumpulan nama hari yang diawali huruf s f. PENILAIAN 1.  Guru memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif. Kumpulan lukisan yang indah d. carilah yang merupakan himpunan! a.  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan. Kumpulan anak yang baik e. Soal Instrumen Soal : Tes tertulis : Tes uraian : 1. Kumpulan siswa yang memiliki tinggi badan lebih dari 150 cm c. K = {x l x bilangan prima kurang dari 15} c. 2. F. Teknik 2.  Konfirmasi  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan dan hadiah kepada perwakilan kelompok atas keberhasilannya menjelaskan jawaban kelompoknya melalui media yang telah diberikan. A = {binatang berkaki dua} b. 3. Kumpulan benda-benda berharga 2. Diantara contoh himpunan berikut. 5) .

Oktober. Kumpulan siswa yang memiliki tinggi badan lebih dari 150 cm e. x bilangan bulat} 3. Kumpulan nama hari yang diawali huruf s 2. A = {binatang berkaki dua} b. datalah yang merupakan anggota jika diketahui himpunan berikut: A adalah himpunan nama bulan yang berjumlah 31 hari. juni. Guru Mata Pelajaran. L = {x l x 2 < x < 8. Serang. Jawaban 1. Diantara anggota-anggota himpunan di bawah ini. Dari penulisan-penulisan himpunan di atas. juli} e. L = {x l x 2 < x < 8. Maret. Diantara anggota-anggota himpunan di atas. B = {x. April. dan Oktober. Diantara contoh himpunan di atas. -----------------------NIP. R = {januari. yang merupakan contoh penulisan himpunan yang benar adalah: a. yang merupakan contoh himpunan adalah: b. x ibukota negara-negara asia} 3. . yang merupakan anggota himpunan A yaitu Mei. R = {januari. x bilangan bulat} f. Juni. Maret.d. Mei. juli} e. Januari 2012 Mengetahui Kepala Sekolah. --------------------------NIP. November. K = {x l x bilangan prima kurang dari 15} d. juni.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful