BATUAN SEDIMEN KLASTIK

Batuan Sedimen Klastik terbentuk akibat pengendapan kembali detritus atau pecahan-pecahan batuan asal, dapat berupa batuan beku, sedimen atau metamorf. Berbagai macam proses yang terjadi sebelum terbentuknya batuan sedimen klastik, diantaranya : 1. Pelapukan (Weathering) yaitu proses yang merubah ukuran dan komposisi dari batuan dan terjadi dekat permukaan bumi akibat perbedaan temperatur dan iklim. 2. Erosi yaitu proses yang menyebabkan hilangnya partikel (clasts) batuan dari permukaannya oleh tenaga eksogen (air, angin, atau es). 3. Deposisi yaitu proses akhir dari transportasi yang menempatkan partikel (clasts) batuan di atas permukaan bumi, dan membentuk fondasi untuk proses sedimentasi. 4. Kompaksi yaitu proses penyatuan pada material-material sedimen sehingga jarak antar material semakin dekat dan menyebabkan sedimen dapat menjadi kompak. 5. Litifikasi yaitu terjadinya proses sementasi atau perekatan pada materialmaterial yang telah mengalami proses kompaksi membentuk batuan sedimen. KOMPOSISI MINERAL SEDIMEN KLASTIK 1. Fragmen Bagian butiran berukuran paling besar, dapat berupa: batuan, mineral, atau fosil. Wentworth telah membuat satu acuan besar butir yang dikenal sebagai skalaWentworth.

2. Matrik Bagian butiran yang berukuran lebih kecil dari fagmen. dan terletak di antara fragmen. .

Semen oksida besi (limonit dan hematit) JENIS PERLAPISAN . dapat berupa: .Semen silikat (kalsedon dan kuarsa) .Semen karbonat (kalsit dan dolomit) . Sementasi Bahan pengikat antara fragmen dengan matrik.3.

5. yaitu perlapisan sejajar dengan ketebalan kurang dari 1 cm.1. Masif. 3. yaitu bidang perlapisan saling sejajar. akibat bekerjanya dua tenaga yang berbeda. . yaitu perlapisan yang saling membentuk sudut terhadap bidang batas. ketebalan kurang dari 120 cm. Silang siur. 2. Laminasi. dari halus ke kasar pada arah vertikal. Pilihan. yaitu perlapisan tersusun atas butiran yang berubah teratur. Sejajar. yaitu tidak ada struktur dalam. 4.

BIDANG PERLAPISAN Bidang perlapisan batuan sedimen klastik terbentuk akibat penggerusan. 3. ataupun penguapan air. . pembebanan. Gelembur gelombang : terbentuk akibat pergerakan air atau angin. Cetak suling : cetakan akibat penggerusan media terhadap batuan dasar. Rekah kerut : rekahan pada permukaan bidang perlapisan akibat proses penguapan. 2. seperti: 1.

atau tempat berhenti binatang pada saat sedimentasi.4. 5. . Jejak organisme : bekas rayapan. rangkakan. Cetak beban : cetakan akibat pembebanan pada sedimen yang masih plastis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful