1.

PETIR
Petir atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di mana di langit muncul kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan biasanya disebut kilat yang beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar sering disebut Guruh. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya. Petir merupakan gejala alam yang bisa kita analogikan dengan sebuah kapasitor raksasa, dimana lempeng pertama adalah awan (bisa lempeng negatif atau lempeng positif) dan lempeng kedua adalah bumi (dianggap netral). Seperti yang sudah diketahui kapasitor adalah sebuah komponen pasif pada rangkaian listrik yang bisa menyimpan energi sesaat (energy storage). Petir juga dapat terjadi dari awan ke awan (intercloud), dimana salah satu awan bermuatan negatif dan awan lainnya bermuatan positif. Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.

Mekanisme terjadinya petir dan guruh
Petir terjadi berawal dari proses fisika dimana terjadi pengumpulan-pengumpulan muatan listrik awan. Dalam keadaan normal, pada atmosfir bumi terdapat ion positif dan ion negatif yang tersebar acak. Ion-ion ini terjadi karena tumbukan ataom, pancaran sinar kosmis dan energi thermis. Pada keadaan cuaca cerah terdapat medan lisrik yang berarah kebawah menuju bumi. Dengan adanya medan lisrik tersebut maka butiran-butiran yang ada di udarah akan terpolarisasi karena induksi. Bagian atas bermuatan negatif dan bagian bawah bermuatan positif. Terdapat tiga syarat untuk timbulnya petir yaitu adanya udara naik, kelembaban dan partikel bebas atau aerosol. Udara naik ada karena sebagai pergerakan udara keatas, dengan adanya kelembaban, Udara yang naik menjadi basah dan menghasilkan awan,

Didalam awan ada kalanya terjadi pergerakan arus udara keatas membawa butir-butir air yang berat jenisnya lebih tinggi. Karena mengalami pendinganan, butiran air ini membeku sehingga berat jenisnya membesar mengakibatkan gerakan kebawah dengan kecepatan sangat tinggi. Dalam pergerakannya, timbul gaya tarik terhadap ion-ion negative dan ion positif ditolak. Akibat butiran air besar yang mengandung ion negative dan berkumpul dibagian bawah awan, sementara pada bagian atas awan akan berkumpul ion bermuatan positif.

Bersamaan terjadinya pengumpulan muatan, pada awan akan timbul medan listrik yang itensitasnya semakin besar dan akibatnya gerakan kebawah butir-butir air menjadi terhambat atau terhenti. Akibat terbentuknya medan listrik antara awan dan permukaan bumi. Apabila medan lisrtik ini melebihi kekuatan tembus udara terjadilah pelepasan muatan. Distribusi muatan

namun biasanya guruh baru terdengar setelah petir terlihat. Sedangkan di saat yang bersamaan bumi itu selalu netral. mengapa musim hujan? Mengapa petir biasa terjadi saat akan hujan sehingga petir bisa menjadi salah satu petunjuk akan turun hujan? Jawabannya adalah. Sesuai dengan rumus kecepatan : S = V x t. Muatan negatif akan menempati sisi bawah karena itu lah awan bisa mengandung muatan. suara yang kencang itu terjadi karena saat udara dilewati petir. pada umumnya dibagian atas dimuati muatan positif. Nah. akan terjadi proses pembuangan elektron supaya tercapai kesetimbangan. Terkadang petir juga terjadi antar awan karena seperti yang telah ditulis di atas. kadar air di udara menjadi tinggi sehingga daya isolator udara menurun dan menyebabkan arus lebih mudah mengalir. sehingga terjadi perbedaan potensial antara awan dan bumi. Keterlambatan suara guruh itu terjadi karena perbedaan antara kecepatan cahaya ( 3x100000000m/s) dan kecepatan bunyi di udara ( 340 m/s ).di awan. terjadi pemanasan dan pemuaian udara dengan sangat cepat sehingga udara menjadi plasma dan meledak menghasilkan suara yang menggelegar. Biasanya petir disertai dengan suara gemuruh yang biasa disebut guruh atau biasanya dibilang geledek. karena pada saat hujan atau akan hujan. proses pembuangan elektron inilah yang menyebabkan perpindahan arus listrik yang biasa kita lihat sebagai kilatan cahaya di musim hujan. Jika perbedaan potensial itu cukup besar. Yang jadi pertanyaan sekarang adalah. ada awan yang bermuatan positif dan ada yang bermuatan positif.Sebenarnya proses terbentuknya suara ini terjadi bersamaan dengan saat terjadi petir. Dengan S : jarak (m) V : kecepatan (m/s) t : waktu (s) dapat dihitung jarak antara petir dan pengamat dengan berpedoman pada berapa lama suara guntur terdengar setelah petir ( karena kecepatan cahaya sangat cepat maka diabaikan ) : 1 km = 340 m/s x t 1000 m = 340 m/s x t .

941 s t=3s .t = 1000 s 340 t = 2.

Spektrum ini secara langsung berkaitan (lihat juga tabel dan awalan SI):  Panjang gelombang dikalikan dengan frekuensi.5 mm). Spektrum elektromagnetik dapat dijelaskan dalam panjang gelombang. atau tenaga per foton. frekuensi.SPEKTRUM ELEKTROMAGNETIK Spektrum elektromagnetik adalah rentang semua radiasi elektromagnetik yang mungkin. hasilnya kecepatan cahaya: 300 Mm/s.1 feV per Hz. Istilah "spektrum optik" juga masih digunakan secara luas dalam merujuk spektrum elektromagnetik.1μeV/GHz Panjang gelombang dikalikan dengan energi per foton adalah 1. yaitu 4. dan dalam frekuensi untuk energi rendah (λ ≥ 0. walaupun . Pembagian ini sebenarnya tidak begitu tegas dan tumbuh dari penggunaan praktis yang secara historis berasal dari berbagai macam metode deteksi.2. dalam panjang gelombang untuk energi menengah. Biasanya dalam mendeskripsikan energi spektrum elektromagnetik dinyatakan dalam elektronvolt untuk foton berenergi tinggi (di atas 100 eV).24 μeVm Spektrum elektromagnetik dapat dibagi dalam beberapa daerah yang terentang dari sinar gamma gelombang pendek berenergi tinggi sampai pada gelombang mikro dan gelombang radio dengan panjang gelombang sangat panjang. yaitu 300 MmHz   Energi dari foton adalah 4.

Modulasi di sini secara sederhana dinyatakan sebagai penggabungan antara getaran listrik informasi (misalnya suara pada sistem radio) dengan gelombang pembawa frekuensi radio tersebut. Gelombang Radio Tentu kamu sering menonton TV. radio. sinyal informasi dalam berbagai bentuknya (suara pada sistem radio.700 nm) a. semua peralatan elektronik itu menggunakan gelombang radio sebagai perambatan sinyalnya. . suara dan data pada sistem seluler. Amplitudo modulation (AM) atau modulasi amplitudo menggabungkan getaran listrik dan getaran pembawa berupa perubahan amplitudonya. Gelombang radio berada dalam rentang frekuensi yang luas meliputi beberapa Hz sampai gigahertz (GHz atau orde pangkat 9). atau menggunakan ponsel untuk berkomunikasi. dan jaringan telepon seluler menggunakan gelombang dalam rentang gelombang radio ini. Oleh karena itu. bukan? Nah. dan kapasitor (C)). Adapun frequency modulation (FM) atau modulasi frekuensi menggabungkan getaran listrik dan getaran pembawa dalam bentuk perubahan frekuensinya. kita mengenal adanya istilah AM dan FM. Gelombang radio merupakan gelombang yang memiliki frekuensi paling kecil atau panjang gelombang paling panjang. Sebelum dirambatkan sebagai gelombang radio. Gelombang ini dihasilkan oleh alatalat elektronik berupa rangkaian osilator (variasi dan gabungan dari komponen Resistor (R). Suatu sistem telekomunikasi yang menggunakan gelombang radio sebagai pembawa sinyal informasinya pada dasarnya terdiri dari antena pemancar dan antena penerima. Oleh karena itu.sebenarnya hanya mencakup sebagian rentang panjang gelombang saja (320 . Penggabungan ini menghasilkan gelombang radio termodulasi. Siaran TV. gelombang radio banyak digunakan dalam sistem telekomunikasi. Gelombang inilah yang dirambatkan melalui ruang dari pemancar menuju penerima. atau suara dan gambar pada sistem TV) terlebih dahulu dimodulasi. induktor (L). mendengarkan radio.

dan karena kecepatan gelombang adalah konstan. Sinyal pantulan ini akan memberikan informasi bahwa ada objek yang dekat yang akan ditampilkan oleh layar radar. Selain itu.b. Sistem semacam ini digunakan dalam oven microwave yang dapat mematangkan makanan di dalamnya secara merata dan dalam waktu singkat (cepat). Dalam suatu sistem radar. jarak objek yang terdeteksi dapat diketahui. Gelombang Mikro Pernahkah kamu mendengar tentang alat elektronik berupa oven microwave? Atau. bukan? Ya. Rentang frekuensi gelombang mikro membentang dari 3 GHz hingga 300 GHz. Tentu kamu dapat membayangkan rumus yang dapat dipakai untuk menghitung jarak ini. gelombang mikro dipancarkan terus menerus ke segala arah oleh pemancar. Jangan lupa bahwa . maka dengan mengetahui waktu. Frekuensi sebesar ini dihasilkan dari rangkaian osilator pada alat-alat elektronik. jarak pun dapat dihitung. jarak adalah kecepatan dikali waktu. Sebuah sistem pemanas berbasis microwave dapat memanfaatkan gejala ini untuk memasak benda. gelombang mikro juga digunakan dalam sistem komunikasi radar dan analisis struktur atom dan molekul. Jika ada objek yang terkena gelombang ini. Dari waktu pemancaran sinyal sampai diterima kembali oleh radar. sinyal akan dipantulkan oleh objek dan diterima kembali oleh penerima. Gelombang mikro dapat diserap oleh suatu benda dan menimbulkan efek pemanasan pada benda tersebut. kamu mungkin sudah pernah menggunakannya untuk memasak? Oven microwave menggunakan sifatsifat gelombang mikro (microwave) berupa efek panas untuk memasak.

Ini sangat bermanfaat bagi dokter dalam diagnosis dan keputusan tindakan yang sesuai buat pasien. Coba kamu tuliskan rumusnya. pancaran panas berupa pancaran sinar inframerah dari organ-organ tubuh dapat dijadikan sebagai informasi kondisi kesehatan organ tersebut. Tahukah kamu bahwa ada ponsel yang dilengkapi dengan inframerah untuk transfer data dari atau menuju ponsel? Sinar inframerah (infrared/IR) termasuk dalam gelombang elektromagnetik dan berada dalam rentang frekuensi 300 GHz sampai 40. Hasil lukisan panas dapat menggambarkan daerah mana yang panas dan tidak. Dalam teknologi elektronik. Oleh karena itu. Dengan adanya radar. Di saat cuaca buruk di mana terjadi badai dan gangguan cuaca yang dapat mengganggu pengelihatan. Ponsel dan laptop dilengkapi dengan inframerah sebagai salah konektivitas untuk menghubungkan atau . Selain itu. sinar inframerah telah lama digunakan sebagai media transfer data. Foto inframerah yang bekerja berdasarkan pancaran panas suatu objek dapat digunakan untuk membuat lukisan panas dari suatu daerah atau objek. Sistem radar banyak dimanfaatkan oleh pesawat terbang dan kapal selam. Sinar inframerah dihasilkan oleh proses di dalam molekul dan benda panas. Suatu lukisan panas dari satu gedung dapat digunakan untuk mengetahui daerah mana dari gedung itu yang menghasilkan panas berlebihan sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.pembagian dengan faktor 2 diperlukan karena sinyal menempuh jarak pulang pergi. Dalam bidang kesehatan. Sinar Inframerah Bagaimana remote TV dapat digunakan untuk mematikan atau menyalakan TV? Di sini remote menggunakan pemancar dan penerima sinar inframerah.000 GHz (10 pangkat 13). pesawat terbang dan kapal selam mampu mendeteksi keberadaan objek lain yang dekat dengan mereka. sinar inframerah sering disebut radiasi panas. c. pancaran panas dalam intensitas tertentu dipercaya dapat digunakan untuk proses penyembuhan penyakit seperti cacar dan encok. Telah lama diketahui bahwa benda panas akibat aktivitas (getaran) atomik dan molekuler di dalamnya dianggap memancarkan gelombang panas dalam bentuk sinar inframerah. keberadaan radar dapat membantu navigasi pesawat terbang untuk mengetahui arah dan posisi mereka dari tempat tujuan pendaratan.

Tentu kamu sudah tahu lapisan apakah itu? ya. yaitu atom yang bermuatan listrik. Fungsi inframerah pada ponsel dan laptop dijalankan melalui teknologi Irda (infra red data acquitition). Frekuensi sinar tampak membentang antara 40. d. lapisan ozon. Untungnya. cahaya atau sinar tampak hanya menempati pita sempit di atas sinar inframerah. e. Pembahasan tentang cahaya begitu luas dan membentuk satu disiplin ilmu fisika tersendiri. Lapisan yang terdiri dari ion-ion ini membentuk lapisan khusus dalam atmosfer yang disebut ionosfer. . Cahaya atau sinar tampak Dalam rentang spektrum gelombang elektromagnetik. Dari proses ionisasi atom-atom tersebut dihasilkan ion-ion. atmosfer bumi memiliki lapisan yang dapat menahan dan menyerap radiasi ultraviolet dari matahari sehingga sinar matahari yang sampai ke bumi berada dalam taraf yang tidak berbahaya. Karena energinya yang cukup kuat dan sifatnya yang dapat mengionisasi bahan. yaitu optik. Cahaya yang kita rasakan sehari-hari berada dalam rentang frekuensi ini.000 dan 80. Spektrum frekuensi sinar tampak berisi frekuensi dimana mata manusia peka terhadapnya. Sinar ultraungu atau disebut juga sinar ultraviolet datang dari matahari berupa radiasi ultraviolet memiliki energi yang cukup kuat dan dapat mengionisasi atom-atom yang berada di lapisan atmosfer. Sinar Ultraviolet Rentang frekuensi sinar ultraviolet (ultraungu) membentang dalam kisaran 80.transfer data dari satu perangkat dengan perangkat lain. Lapisan ionosfer yang terisi dengan atom-atom bermuatan listrik ini dapat memantulkan gelombang elektromagnetik frekuensi rendah (berada dalam spektrum frekuensi gelombang radio medium) dan dimanfaatkan dalam transmisi radio.000 GHz sampai puluhan juta GHz (10 pangkat 17). cahaya juga dihasilkan melalui proses dalam skala atom dan molekul berupa pengaturan internal dalam konfigurasi elektron.000 GHz (10 pangkat 13) atau bersesuaian dengan panjang gelombang antara 380 dan 780 nm (10 pangkat -9). sinar ultraviolet tergolong sebagai radiasi yang berbahaya bagi manusia (terutama jika terpancar dalam intensitas yang besar).

Penggunaan bahan kimia baik untuk pendingin (lemari es dan AC) berupa freon maupun untuk penyemprot (parfum bentuk spray dan pilok/penyemprot cat). dapat menyebabkan kebocoran lapisan ozon. ini dapat mengganggu keseimbangan alam dan merupakan sesuatu yang sangat merugikan buat kehidupan makhluk hidup di Bumi. Hal ini menyebabkan sinar ultraviolet dapat menembus lapisan ozon dan sampai ke permukaan bumi. Jika semakin banyak sinar ultraviolet yang terpapar ke permukaan bumi dan mengenai manusia. Sinar ultraviolet juga dapat dimanfaatkan dalam proses sterilisasi makanan dimana kuman dan bakteri berbahaya di dalam makanan dapat dimatikan. Sinar ultraviolet juga dapat dihasilkan oleh proses internal atom dan molekul. Kanker kulit dan penyakit gangguan penglihatan seperti katarak dapat ditimbulkan dari radiasi ultraviolet yang berlebihan. efek yang tidak diinginkan bagi manusia dan lingkungan dapat timbul. . suatu hal yang sangat berbahaya buat manusia. Ganggang hijau sebagai sumber makanan alami dan mata rantai pertama dalam rantai makanan dapat berkurang akibat radiasi ultraviolet ini.

Sinar-X berada pada rentang frekuensi 300 juta GHz (10 pangkat 17) dan 50 miliar GHz (10 pangkat 19). Mekanisme ini yang ditempuh oleh Rontgen saat pertama kali menghasilkan sinar-X. Sinar gamma memiliki rentang frekuensi dari 10 pangkat 18 sampai 10 pangkat 22 Hz. Selain melalui radiasi perlambatan. . sinar-X juga dihasilkan dari proses transisi internal elektron di dalam atom atau molekul. Sinar gamma dihasilkan melalui proses di dalam inti atom (nuklir). Cara paling umum untuk memproduksi sinar-X adalah melalui mekanisme yang disebut bremstrahlung atau radiasi perlambatan.f. Dipakai untuk memeriksa organ bagian dalam tubuh. Dalam teori radiasi gelombang elektromagnetik diketahui bahwa muatan listrik yang dipercepat (atau diperlambat) akan menghasilkan gelombang elektromagnetik. Tulang yang retak di bagian dalam tubuh dapat terlihat menggunakan sinar-X ini. Sinar-X Sinar-X dikenal luas dalam dunia kedokteran sebagai sinar Rontgen. Sinar Gamma Sinar gamma merupakan gelombang elektromagnetik yang memiliki frekuensi (dan karenanya juga energi) yang paling besar. Penemuan sinar-X dianggap sebagai salah satu penemuan penting dalam fisika. g. Sinar-X ditemukan oleh ahli fisika Jerman bernama Wilhelm Rontgen saat sedang mempelajari sinar katoda.

Membatasi arus yang dapat mengalir melalui badan manusia sampai suatu nilai yang lebih kecil dari arus kejut. setrika listrik. Suhu berlebihan yang sangat mungkin mengakibatkan kebakaran. Di dalam PUIL 2000 disebutkan bahwa pada instalasi listrik ada dua jenis resiko utama yaitu: a. Pada dasarnya kebutuhan instalasi rumah tangga tergantung kepada kebutuhan listrik rumah tangga tersebut. seperti pemanas makanan.1 di bawah memperlihatkan batasan batasan tersebut.3. Pemutusan suplai secara otomatis dalam waktu yang ditentukan pada saat terjadi gangguan yang sangat mungkin menyebabkan mengalirnya arus melalui manusia yang bersentuhan dengan body peralatan. Instalasi rumah tangga dapat hanya berupa instalasi listrik yang sederhana yang hanya terdiri dari satu titik maupun instalasi listrik yang kompleks. Untuk mengetahui sejauh mana tubuh manusia sanggup menahan aliran listik dan akibat-akibat yang ditimbulkan. yang nilai arusnya sama dengan atau lebih besar dari arus kejut listrik.RANGKAIAN LISTRIK RUMAH TANGGA Instalasi Listrik rumah tangga yang dimaksudkan adalah instalasi listrik dalam bangunan yang digunakan sebagai tempat tinggal. Instalasi listrik rumah tangga secara umum adalah untuk kebutuhan penerangan dan kebutuhan sumber tenaga listrik untuk peralatan-peralatan listrik yang digunakan. b. Arus kejut listrik b. Untuk mengindarkan manusia ataupun ternak dari bahaya yang timbul karena sentuhan dengan bagian aktif instalasi listrik maka dapat dilakukan cara-cara berikut: a. c. Mencegah mengalirnya arus melalui badan manusia atau ternak. luka bakar atau efek cedera listrik. ini berguna sebagai informasi sehingga seorang perancang maupun instalateur dapat merancangkan suatu instalasi yang aman bagi manusia maupun ternak. dll. Tabel 2. .

9 0. penghantar masih dapat dilepaskan dengan gaya yang besar sekali Otot tidak sanggup lagi melepaskan penghnatar Dapat mengakibatkan kerusakan pada tubuh manusia Batas arus yang dapat menyebabkan kematian 1. tetapi tidak mengakibatkan kejang.9-1.2 Pengaruh Pada Tubuh Manusia Belum dirasakan pengaruhnya. Mulai terasa seakan-akan ada yang merayap di dalam tangan Tangan sampai ke siku merasa kesemutan Tangan mulai kaku.rasa kesakitan makin bertambah Rasa sakit tidak tertahankan.6-6 6-8 13-15 15-20 20-50 50-100 .2-1.Besar Arus (mA) 0-0. kontraksi atau kehilangan kontrol.6 1. tidak menimbulkan reaksi apa-apa Baru terasa adanya arus listrik.

Transformator digunakan secara luas baik dalam bidang tenaga listrik maupun elektronika. melalui suatu gandengan magnet dan berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik. Dengan demikian maka saluran– saluran transmisi tenaga listrik senantiasa . Pada penyaluran tenaga listrik arus bolak-balik terjadi kerugian energi sebesar watt. TRANSFORMATOR Transformator merupakan suatu alat listrik statis yang dapat memindahkan dan mengubah tegangan dan arus bolak-balik dari satu atau lebih rangkaian listrik ke rangkaian listrik yang lain dengan nilai yang sama maupun berbeda besarnya pada frekuensi yang sama. kebutuhan akan tegangan tinggi dalam pengiriman daya jarak jauh. Pada umumnya transformator terdiri atas sebuah inti yang terbuat dari besi berlapis. yaitu kumparan primer dan kumparan sekunder. Biasanya kumparan terbuat dari kawat tembaga yang dililitkan pada kaki inti transformator. dan dua buah kumparan. karena arus bolak–balik sangat banyak dipergunakan untuk pembangkitan dan penyaluran tenaga listrik. Rasio perubahan tegangan akan tergantung dari rasio jumlah lilitan pada kedua kumparan itu. Kerugian ini akan banyak berkurang apabila tegangan dinaikkan setinggi mungkin. Penggunaan transformator yang sangat sederhana dan andal merupakan salah satu alasan penting dalam pemakaiannya pada penyaluran tenaga listrik arus bolak-balik. Penggunaan transformator dalam sistem tenaga memungkinkan terpilihnya tegangan yang sesuai dan ekonomis untuk tiap-tiap keperluan misalnya.4.

(2........ Volt....... transformator digunakan sebagai gandengan impedansi antara sumber dan beban untuk menghambat arus searah sambil tetap melakukan arus bolak-balik antara rangkaian. Prinsip Kerja Transformator Transformator terdiri atas dua buah kumparan (primer dan sekunder) yang bersifat induktif.... Kedua kumparan ini terpisah secara elektris namun berhubungan secara magnetis melalui jalur yang memiliki reluktansi (reluctance) rendah.... Hal ini dilakukan terutama untuk mengurangi kerugian energi yang terjadi.mempergunakan tegangan yang tinggi.... Tujuan utama menggunakan inti pada transformator adalah untuk mengurangi reluktansi ( tahanan magnetis ) dari rangkaian magnetis ( common magnetic circuit ) .... Apabila kumparan primer dihubungkan dengan sumber tegangan bolak-balik maka fluks bolak-balik akan muncul di dalam inti yang dilaminasi..... sehingga energi listrik dapat ditransfer keseluruhan (secara magnetisasi)...........1 ) dtdNeφ−= Dimana : e = gaya gerak listrik ( ggl ) [ volt ] N = jumlah lilitan = perubahan fluks magnet dtdφ Perlu diingat bahwa hanya tegangan listrik arus bolak-balik yang dapat ditransformasikan oleh transformator......... maka mengalirlah arus sekunder jika rangkaian sekunder di bebani. karena kumparan tersebut membentuk jaringan tertutup maka mengalirlah arus primer. Akibat adanya fluks di kumparan primer maka di kumparan primer terjadi induksi (self induction) dan terjadi pula induksi di kumparan sekunder karena pengaruh induksi dari kumparan primer atau disebut sebagai induksi bersama (mutual induction) yang menyebabkan timbulnya fluks magnet di kumparan sekunder......... sedangkan dalam bidang elektronika..... kemudian menurunkannya lagi pada ujung akhir saluran ke tegangan yang lebih rendah.. dengan cara mempergunakan transformator untuk menaikkan tegangan listrik di pusat listrik dari tegangan generator yang biasanya berkisar antara 6 kV sampai 20 kV pada awal transmisi ke tegangan saluran transmisi antara 100 kV sampai 1000 kV..

Bagian Utama 1) Inti Besi Berfungsi untuk mempermudah jalan fluksi. yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melalui kumparan. pertinak dan lain-lain. . terutama trafo-trafo tenaga yang berkapasitas besar.2. sehingga minyak trafo tersebut berfungsi sebagai media pendingin dan isolasi. untuk mengurangi panas (sebagai rugi-rugi besi) yang ditimbulkan oleh Eddy Current. karena minyak trafo mempunyai sifat sebagai isolasi dan media pemindah. Kumparan tersebut terdiri kumparan primer dan kumparan sekunder yang diisolasi baik terhadap inti besi maupun terhadap antar kumparan dengan isolasi padat seperti karton. 3) Minyak Transformator Sebagian besar kumparan-kumparan dan inti trafo tenaga direndam dalam minyak trafo. Konstruksi Bagian-bagian Transformator a. Kumparan tersebut sebagai alat transformasi tegangan dan arus. 2) Kumparan Transformator Adalah beberapa lilitan kawat berisolasi yang membentuk suatu kumparan. Dibuat dari lempengan-lempengan besi tipis yang berisolasi.

5. Ketika kesetrum. Sengatan listrik (electrocution. bola lampu pun menyala. Misalnya tangan kita memegang dua kabel beda fasa. electrical shock) terjadi jika tubuh kita dialiri arus listrik. dari bola lampu disambungkan ke kutub negatif (-) baterai. terdapat beda potensial (arus dari potensial tinggi ke rendah) sehingga muncul tegangan listrik antara tubuh dan lingkungan kita. Hal ini menyebabkan listrik selalu mengalir ke bumi dari sumber tegangan melalui konektor. ELECTRIC SHOCK Tersengat listrik (electric shock) atau kesetrum secara sederhana sebagai suatu proses terjadinya arus listrik dari luar ke tubuh. saat bertengger pada kabel listrik memang menyentuh tegangan. Sengatan listrik terjadi karena kontak dari tubuh manusia dengan sumber tegangan yang cukup tinggi sehingga menimbulkan arus melalui otot atau rambut. Bumi atau tanah memiliki potensial rendah. Burung. manusia merupakan konektor atau konduktor. jika berani memegang salah satu kabel listrik berarus asalkan tidak ada bagian tubuh yang menyentuh tanah. atau kabel fasa .Burung tidak tersengat listrik (tdk kesetrum) karena hanya menginjak salah satu kabel listrik. Contoh sederhana : Kutub positif (+) baterai yang disambungkan dengan bola lampu. Karenanya tidak ada aliran listrik melewati tubuh burung.Nah sekarang pertanyaannya mengapa burung tidak kesetrum apabila bertengger di kabel tiang listrik? ini dia jawabannya : Dalam arus listrik terdapat arus elektron yang dapat mengalir pada rangkaian tertutup. dan itu terjadi jika tubuh kita menjadi penghubung antara dua titik yang memiliki beda potensial listrik (dinyatakan dengan Volt). Begitupun dengan manusia. Jika tidak disambungkan. tidak menyala karena elektronnya tidak dapat mengalir bila beda potensial tidak dihubungkan dengan bahan konduktor dan membentuk rangkaian tertutup. Ketika tersengat lsitrik. namun pada saat yang bersamaan burung tidak menyentuh kabel yang netral ataupun tidak menyentuh tanah. anda tidak akan kesetrum.

Saat itulah arus listrik mengalir dari kabel ke kabel atau dari kabel ke tanah melewati tubuh kita dan kita pun merasakan apa yang sering kita sebut sebagai "kesetrum". Secara sederhana kesetrum dapat dikatakan sebagai suatu proses terjadinya arus listrik dari luar ke tubuh.dan kabel netral. atau salah satu tangan memegang kabel fasa sementara kaki telanjang kita menginjak tanah atau lantai. Semakin basah atau lembab kulit manusia maka hambatan listrik kulit makin kecil sehingga akan makin mudah terjadi setrum sehingga arus listrik makin mudah mengalir Kesetrum dalam pengertian sehari – hari adalah menyentuh benda elektronik yang sedang aktif pada bagian logamnya dan terjadilah tersetrum. Hal ini akan menyebabkan listrik akan selalu mencoba mengalir ke bumi dari sumber tegangan melalui konektor. Hal ini akan menyebabkan listrik akan selalu mencoba mengalir ke bumi dari sumber tegangan melalui konektor. Seperti yang diketahui. Seperti yang diketahui. terdapat beda potensial (arus dari potensial tinggi ke rendah) sehingga muncul tegangan listrik antara tubuh dan lingkungan kita. kesetrum ( electric shock ) . bahwa bumi atau tanah memiliki potensial yang rendah. Maka dalam kasus kesetrum. Ketika tersengat lsitrik. Semakin basah atau lembab kulit manusia maka hambatan listrik kulit makin kecil sehingga akan makin mudah terjadi setrum sehingga arus listrik makin mudah mengalir. Kesetrum atau dalam bahasa ilmiah disebut sengatan listrik (electric shock) adalah sebuah fenomena dalam kehidupan. manusia berlaku sebagai konektor atau konduktor karena pada tubuh manusia komponen air lah yang paling besar presentasenya. Definisi Sengatan Listrik Kesetrum atau dalam bahasa ilmiah disebut sengatan listrik (electric shock) adalah sebuah fenomena dalam kehidupan. Ketika tersengat lsitrik. Maka dalam kasus kesetrum. Sengatan listrik dapat terjadi karena kontak dari tubuh manusia dengan sumber tegangan yang cukup tinggi sehingga dapat menimbulkan arus melalui otot atau rambut. bahwa bumi atau tanah memiliki potensial yang rendah. Secara fisika. Secara sederhana kesetrum dapat dikatakan sebagai suatu proses terjadinya arus listrik dari luar ke tubuh. manusia berlaku sebagai konektor atau konduktor karena pada tubuh manusia komponen air lah yang paling besar presentasenya. terdapat beda potensial (arus dari potensial tinggi ke rendah) sehingga muncul tegangan listrik antara tubuh dan lingkungan kita. Sengatan listrik dapat terjadi karena kontak dari tubuh manusia dengan sumber tegangan yang cukup tinggi sehingga dapat menimbulkan arus melalui otot atau rambut.

sementara bumi tempat berpijak memiliki potensial rendah.adalah terjadinya kontak antara bagian tubuh manusia dengan suatu sumber tegangan listrik yang cukup tinggi sehingga mampu mengakibatkan arus listrik melalui tubuh manusia tepatnya melalui otot. Jadi. maka tubuh manusia ini akan menjadi suatu konektor antara sumber tegangan dengan bumi. Pada saat terjadi kontak antara manusia dengan sumber tegangan saat manusia ini menginjak bumi. Dalam kasus sehari. sehingga system syaraf menstimulasi otak bahwa hal tersebut adalah kesetrum. sehingga tubuh manusia merupakan konduktor yang baik.hari sumber tegangan listrik ini memiliki potensial tinggi. pergerakan arus yang terhambat akan menghasilkan energy panas. Mengapa sakit jika kesetrum? Karena elektron akan berpindah semakin cepat jika ada hambatan.Arus terjadi karena ada perpindahan elektron dan proton. Selain itu arus ini sifatnya mengalir dari potesial tinggi ke potensial rendah. . tegangan ini ingin mengalirkan arusnya ke bumi. Perlu diingat bahwa tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Kesetrum adalah fenomena yang terjadi karena adanya arus yang resistansi dengan plasma darah dalam tubuh kita. Elektron yg bertumpuk pada plasma darah dan tidak bisa keluar maka akan terjadi panas dan terbakar.

FISIKA DASAR II APLIKASI LISTRIK MAGNET SECARA UMUM DEPARTEMEN TEKNIK KIMIA FAKULTAS TEKNIK NAMA NIM : MUTIARA VALENTINA : 110405055 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful