Fitoterapi Asma Pentingnya sejarah obat herbal dalam pengobatan asma merupakan sesuatu yang tidak bisa dibantahkan

. Empat dari lima kelas obat-obatan saat ini digunakan untuk pengobatan asma yaitu agonis β2, antikolinergik, metilxantin, dan cromones, memiliki asal-usul dalam pengobatan herbal yang akan kembali selama 5000 tahun. Ada sebuah arsip besar mengenai informasi obat herbal dari berbagai budaya untuk pengobatan asma. Tabel 1 daftar uji klinis acak dari tanaman yang digunakan dalam pengobatan di Cina tradisional, dan di India dan Jepang dalam obat herbal. Fitoterapi asma termasuk penggunaan spasmolitik bronkial (lihat Tabel 18.2) atau obat antiinflamasi (ginko). Walaupun beberapa pengujian dengan obat herbal untuk asma memberikan hasil positif, penyalidikan lebih lanjut dengan cermat dibutuhkan sebelum rekomendasi positif dibuat (Huntley & Ernst, 2000).

Tabel 1 Studi klinik acak tanaman yang digunakan dalam Cina tradisional, obat herbal di India (Ayuverdia) dan Jepang (Kampo) untuk pengobatan asma. Data diperoleh dari Huntly and Ernst, Torax 2000;55:925-929) Bagian Tanaman yang digunaka n Persiapa n Dosis Durasi Jumla h uji Hasil

Obat Cina Ginkgo biloba (Ginkgo) Daun Ginkgo liquor 15 g tid 8 minggu

1

Positif

2 jam 1 Positif Obat Kampo Tsumura saiboku-to** Hedera helix (English ivy) Variasi N. 12 minggu 3 hari 1 Positif Sebagia n positif Daun 35 mg 1 . trilobatum (Kantakari) Tylophora indica (Indian ipecac) Boswellia serrata (Indian olibaum) Gum resin Serbuk N.R.R. Ekstrak kering N.R. 6 minggu 1 Positif Daun Variasi* Varias i 2-12 minggu 5 Meyakin -kan Seluruh tanaman Akar Serbuk 300 mg tid 14 minggu 1 Negatif Serbuk N. S.Ligusticum wallichii (Sichuan lovage) Campuran Teh 10 mL tid 1 bulan 1 Positif (kecendr ungan) Obat Ayuverdia Picrorhiza kurroa (Picrorhiza) Solanum xanthocarpu m.R.

R.4 g 0. flavonoid Minyak atsiri. Argy wormwood Artemisia argyi Minyak dari daun alfa-terpineol. = tidak dilaporkan * sebuk. flavonoid Datura (jimson weed) Datura stramonium Daun Alkaloid tropan. Elecampane Inula helenium Rizoma polines. chanphene. Gumweed Grindelia comparum Bagian aerial saponin. 0.5-1 g 4-6 g 3-6 g 1g a 0. polisakarida Gingko Gingko biloba Daun Flavonoid. tanin.1-0. karvon Alkaloid tropan Belladonna Atropa belladonna Daun (atropin. flavonoid Henbane Hyoscyamus Daun Alkaloid tropan. daun dikunyah dan ditelan ** Tsumura saiboku-to merupakan kombinasi dari dua sediaan herbal yang mengandung 10 herba Tabel 2 Spasmolitik bronkial secara tradisional digunakan untuk pengobatan asma Bagian Nama umum Nama latin tanaman yang digunakan Kandungan utama Trans-karveol.2-0.2 mL minyak Dosis perhari . minyak atsiri.tid = tiga kali sehari N. ginkgolides Asam diterpen. skopolamin).

3g 1g Sundew Thyme Thymus vulgaris Daun.5 g Ma-huang Ephedra sinica Bagian aerial (efedrin dan psedoefedrin) b Pill-bearing spurge Flavonoid. 60-90 mg dari total alkaloid. dihitung sebagai efedrin Tumbuhan Herbal 1. asam fenolik Drosera rotundifolia Seluruh tanaman Turunan naftakuinon Minyak atsiri. Ephedra (Ma-huang) . turunan asam kafeat Alkaloid 4. Tidak ada informasi yang tersedia b. pucuk bunga flavonoid. turunan asam kafeat 10 g a. Euphorbia hirta Pucuk terpenoid. Horehound Marrubium vulgare Bagian aerial flavonoid.niger flavonoid Marrubiin.

Ma berarti astringen dan huang berarti kuning. segitiga. Kandungan Kimia Pada tanaman Ephedra sinica Stapf terdapat efedrin. Daun muncul putih.a. dan berdalur. (Famili Ephedraceae). semak belukar. 2010) b. ketika kandungan alkaloidnya sangat tinggi (Austin. tegak. Botani Ada beberapa varietas dari Ephedra. ramping. Kandungan dari bagian aerial (atau seluruh tanaman) dari Ephedra sinica Stapf. berasal dari Cina Selatan dan sekarang secara luas tersebar di India Timur-Barat dan Pakistan. 2000) c. Varietas dari Cina yang paling umum dan dikenal dengan nama Ma-huang. Batang hijau. norefedrin. tinggi 60-90 cm. berselubung. mengacu pada rasa dan warna obat. Ephedra dikumpulkan saat musim gugur. bunga kecil muncul saat musim panas. Kandungan lainnya yang teridentifikasi dalam ephedra adalah pseudoefedrin. norpseudoefedrin (Haller. Mekanisme Aksi . Ephedrin telah diisolasi dari herba pada tahun 1887.

aritmia jantung (Austin. Efedrin tidak hanya melepaskan noradrenalin dari syaraf akhir. iritabilitas. Ma Huang juga sudah disetujui oleh Komisi E Jerman (Ernst. Efedrin merupakan aksi-campuran sympathomimetic. gelisah motor. Terdapat juga peningkatan aktivitas ciliary serta aksi ekspektoran. efedrin mengendurkan otot halus cabang tenggorokan dengan menstimulasi reseptor adrenergic β2. Selain itu. Efikasi Klinis Ma Huang telah digunakan sebagai obat di China selama ribuan tahun. 2002). sakit kepala. jadi mengurangi/meringankan hidung tersumbat . gangguan buang air kecil. melalui reseptor β2 efedrin mengendurkan otot halus cabang tenggorokan (Austin. jadi mengurangi/meringankan hidung tersumbat. Baik pseudoefedrin maupun efedrin digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat. muntah.Gambar 2 Sisi aktif efedrin. Pseudoefedrin mempunyai aksi yang sama (lebih selektif untuk reseptor α dibanding β) namun pseudoefedrin kurang kuat dibanding efedrin (Austin. Melalui aksinya pada reseptor α1 efedrin memproduksi vasokonstriksi pada membran selaput lendir. 2010). Efedrin secara klinik efektif sebagai obat antiasma namun penggunaannya ditolak setelah perkenalan dari agonis adrenergic β2. tetapi juga secara langsung mengaktifkan reseptor adrenergic α dan β. Bagaimanapun. 2010) d. efedrin tidak hanya melepaskan noradrenalin dari syaraf akhir. tetapi juga secara langsung mengaktifkan reseptor adrenergic α dan β. Efek Samping Insomnia. 2010) . Melalui aksinya pada reseptor α1 efedrin memproduksi vasokonstriksi pada membran selaput lendir. e. Pada dosis tinggi mungkin menyebabkan peningkatan drastis tekanan darah. mual. takikardia. bahan aktif utama dari ephedra Efedrin merupakan agen aksi campuran adrenergic. terdapat kekurangan pada percobaan klinik acak untuk mengkonfirmasi penggunaan obat tradisional.

Karena resiko tachyphylasia dan ketergantungan. Gingko Biloba merupakan spesies tunggal dari salah satu divisio . penyakit tiroid atau BPH (Benign Prostatic Hypertrophy). berasal dari China. persiapan obat harus dilakukan dalam waktu yang singkat/pendek. Satu cangkir dua sampai tiga kali sehari. 2010) 2. Setiap persiapan mengandung sampai dengan 30 mg efedrin yang menunjukkan dosis umum alkaloid. hipertensi. Preparasi/Dosis Efedrin diberikan secara tradisional dalam bentuk teh. g. disiapkan dalam seduhan. Botani Ginkgo biloba merupakan pohon dengan tinggi rata-rata 20 m. pseudoefedrin cendrung bebas dari efek samping seperti stimulasi CNS atau takikardia. 2 g obat dalam secangkir air mendidih (150 ml) selama 10 menit. Berkat hubungan selektifitas untuk reseptor adrenergic α dan β. diabetes. dihitung sebagai efedrin yang digunakan (Austin. Dosis 60-90 mg dari total alkaloid. Kontraindikasi Obat menyebabkan kontraindikasi pada pasien yang mengalami kondisi jantung. Gingko Biloba a.f.

zat aktif dari Ginkgo biloba .anggota tumbuhan berbiji terbuka yang pernah tersebar luas di dunia. Pada masa kini tumbuhan ini diketahui hanyatumbuh liar di Asia Timur Laut. satu-satunya tanaman terpilih dari family Ginkgoaceae. namun telah tersebar luas di berbagai tempat beriklim sedang lainnya sebagai pohon penghias taman atau pekarangan. 2001) c. yang mana sedikitnya mengandung satu genus. Ginkgoglides dalam ekstrak merupakan kompetitif antagonist dari factor aktivitas platelet. Bagian yang dimanfaatkan adalah bagian daunnya (Mckenna et all. Kandungan Kimia Ginkgoglides merupakan diterpen dengan struktur yang unik dan merupakan bahan khas dari daun Ginkgo biloba. diketahui sebagai mediator inflamasi lipid dan anaphylaxis (Meckenna et all. Mekanisme Aksi Gambar 3 Sisi aktif dari ginkgolides. 2001) b. Bentuk tumbuhan modern ini tidak banyak berubah dari fosil-fosilnya yang ditemukan.

Komisi E Jerman telah meresmikan penggunaaan Gingko biloba untuk penyakit paru-paru seperti asma dan bronkitis (Ernst. Ekstrak minyak dari daun Artemisia argyi Levl. Et Vant (Fam Asteraceae) menunjukkan efek antiasma. Unsur minyak termasuk trans-caveol. Ginkgoglides memaksa sebuah efek perlindungan pada PAF-induced bronchoconstriction dan jalur hiperaktivitas dalam immuno-anaphylaxis dan dalam tes provokasi antigen-induced bronchial (Ernst. Efeknya relative panjang. 2002) d. Efikasi Klinis Ginkgo telah digunakan untuk merawat pasien asma pada pengobatan tradisional China. dan carvone. dua sampai tiga kali sehari. trombositopenia (Mckenna et all. Ekstrak melawan konstriksi bronkus oleh asetilkolin atau histamine. ginkgo mengurangi jalur hiperresponsif dan bronchospasm dengan beraksi sebagai anti-inflamasi. Efek Samping Efek samping yang ditimbulkan jarang seperti gangguan pencernaan alergi kulit. camphene. 2001) f. untuk mengobati asma dan bronchitis kronis (Austin. daun dilarutkan dalam air dengan dosis 3-6 mg per hari (Mckenna et all. Kontraindikasi Tidak diberikan pada hipersensitif Gingko biloba (Mckenna et all. antitusif dan ekspektoran. larutan daun ginkgo kental (15 g tiga kali sehari) lebih unggul dibanding placebo setelah 8 minggu pemakaian. dan melemaskan otot polos terisolasi seperti isoprotenerol. Sejak tahun 1980-an. Pada percobaan klinik acak. α-terpineol. Secara keseluruhan. sakit kepala. Obat ini diberikan dalam bentuk kapsul. Dosis/Preparasi Gingko diberikan secara tradisional dalam bentuk larutan.Ginkgolides secara kompetitif memblok kerja dari PAF pada reseptornya. 4-terpineol.075 ml minyak. 2002) e. mengandung 0. 2010) . 2001) g. Larutan daun ginkgo kental telah diketahui sebagai obat tradisional untuk merawat pasien asma. Argy wormwood Argy wormwood. 2001) 3.

asam fenolik (asam shikimat). 0. namun penggunaan dalam jangka waktu panjang seharusnya dihindari (Austin. pilulifera L. Penggunaan yang berlebihan dari sundew harus dihindari karena isinya dari plumbagin. dan kolin. Aksi antispasmodik telah dikaitkan dengan unsur naftaquinon. bronchitis kronis dan tracheitis. Itu adalah antispasmodik bronkial dan karenanya digunakan untuk gangguan pernapasan. Jamu yang mengandung flavonoid. yang dilaporkan berfungsi untuk mencegah histamin atau asetilkolin-induced bronchospasm. Obat ini diberikan dalam bentuk teh yang disiapkan dalam seduhan. 1-2 g sundew dalam cangkir yang berisi air mendidih (150-200 ml) selama 5 menit (satu cangkir tiga kali sehari) sebagai tingtur (1:5 dalam 60% alcohol tiga kali sehari) atau sebagai ekstrak cair (1:1 dalam 25% alcohol . Sundew juga memiliki sifat antitusif dan antimikroba. atau E. Tingtur dan ekstrak merupakan bahan dari sirup yang direkomendasikan sebagai pengobatan untuk batuk spasmodik. 2010) . penyakit bronchitis. termasuk asma. Pill-bearing spurge diperoleh dari antenna Euphorbia hirta L. ramuan 300-400 mg dalam secangkir air mendidih (150 ml). Sifat antispasmodic dan antibakteri dihubungkan. Sundew dieproleh dari bagian antena Drosera rotundofolia L. Obat ini tidak mengandung prinsip-prinsip beracun yang dikenal. radang selaput lender di hidung dan tenggorokan dan laryngeal spasm. setidaknya sebagian. (Fam Euphorbiaceae).5-2 ml tiga kali sehari). untuk kolin dan asam shikimat. Sundew digunakan untuk asma. 2010) 5. prinsip iritasi (Austin.4. terpenoid (amyrins). Obat ini diberikan dalam bentuk teh yang disiapkan dalam seduhan. untuk dikonsumsi tiga kali sehari.

Herbasma No Registrasi POM TR 103322351 Komposisi : Tiap kapsul mengandung ekstrak yang setara dengan.25 gram simplisia Tinospora Crispan Herba (Brotowali) Khasiat : Membantu melegakan tenggorokkan dan meredakan gejala asma.000 Isi : 60 Kapsul Diproduksi oleh : UD.Contoh Produk Herbal 1. Aturan Pakai : Diminum 3×2 Kapsul perhari Harga : Rp 40.75 gram simplisia Cleodendron Serratum Folium(Srigunggu) . Rachma Sari. .0. Sukoharjo-Indonesia .0.25 gram simplisia Curcuma Domestica Rhizoma (Kunyit) .0.75 gram simplisia Euphorbia Hirta Folium (Patikan Kebo) .0.

AZTROPECT No Registrasi POM TR. 092 499 331 Komposisi : -Platicodi radix1300mg -Glycyrrhizae radix 780mg -Bulbus Fritillariae cirrhosa 1365mg -Pericarpium citri reticulate 975mg -Schizandrae fructus 1430mg -Polygalae radix 650mg Khasiat : -Untuk Pengobatan Batuk Berdahak -Untuk Pengobatan Bronkitis/Bronchitis Kronis dan Akut .2.

-Untuk Pengobatan Bronkistasis-Bronchietasis -Untuk Pengobatan Asma Bronkial karena alergi udara dingin Aturan pakai Dewasa : 3 x sehari 3 kapsul Anak-anak : 3 x sehari 1 kapsul Harga : Isi : 35 kapsul .

Altern Ther Health Med 7:70-86.2001.2002. 2000. 2000. 2011. Herbal Medicine. Ann intern med 136:42-53 Haller CA.info/herbasma. Adverse cardiovascular and central nervous system events associated with dietary supplements containing ephedra alkaloids. Echinacea. Safety. 2010. Thorax 55:925-929 Mckenna DJ. Efficacy. Saw Palmetto. 88-90 . Griya. N Engl J Med 343: 1833-1838 Herba. and Kava. Herbasama. Herbal medicine for asthma: a systematic review. Tersedia di http://herbalmurah. The risk-benefit profile of commonly use herbal therapies: Ginkgo.DAFTAR PUSTAKA Austin et all. John’s Wort. Diakses 17 Maret 2012 Huntley A. Ernst E. Jones K.html. and use of Gongko biloba in clinical and preclinical applications. American Botanical Council Ernst E. gingseng. Hughes K . Benowitz NL. St.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful