PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI DECISION SUPPORT SYSTEM (DSS) STUDI KELAYAKAN USAHA UMKM - KOPERASI

Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK Kementerian Negara Koperasi dan UKM RI 2010

Hak cipta dilindungi undang-undang. Dilarang keras mengcopy/menggandakan tanpa seizin Kementrian Negara Koperasi dan UKM RI. DSS UMKM ini tidak dinyatakan sebagai program yang bersifat public-domain (milik publik) maupun freeware (tanpa biaya), tetapi Anda bebas menggunakan dan menyebarluaskan program ini secara UTUH dan LENGKAP tanpa dikenakan biaya apapun sepanjang DSS UMKM tidak disertakan bersama dengan materi yang melanggar hukum dan ketentuan program seperti yang akan dijelaskan pada bagian ini ditaati. Program ini juga diizinkan untuk pemakaian di komputer pribadi/rumah, lembaga nirlaba atau lembaga pendidikan yang dibiayai sepenuhnya oleh negara/lembaga nirlaba.

DILARANG KERAS MENGGUNAKAN DAN ATAU MEMANFAATKAN DSS UMKM VERSI INI DI SATU LOKASI BANGUNAN SEBUAH INSTITUSI BISNIS ATAU BADAN YANG BERORIENTASI PROFIT TANPA MEMILIKI TANPA SEIZIN KEMENTRIAN NEGARA KOPERASI DAN UKM RI.

PENGGUNAAN DAN ATAU PEMANFAATAN DSS UMKM INI TANPA IZIN UNTUK TUJUAN ATAUPUN KEPENTINGAN KOMERSIAL SAMA SEKALI TIDAK DIPERKENANKAN. Dengan memanfaatkan/menggunakan DSS UMKM berarti Anda mengerti dan setuju dengan seluruh ketentuan ini.

2

.........5 Memulai Aplikasi Pembuatan Studi Kelayakan .................................... 4 Installasi Sistem .........3 Fitur-fitur Sistem ...................................................7 Menyimpan dan mengedit File Studi Kelayakan ......................................................................................................................................................................Daftar Isi Pendahuluan ..........................3 Kebutuhan dasar hardware . 21 3 ...........................................................

pelaku usaha dan lembaga intermediary dalam melakukan pengambilan keputusan untuk mengembangkan bisnis UMKM. restoran untuk perencanaan dan pengambilan keputusan kelayakan ekonomi dan keuangan. yang dapat mendukung para penggunanya dalam perencanaan dan pengambilan keputusan kelayakan ekonomi dan keuangan yang dalam hal ini untuk usaha mikro kecil. jasa. Mendukung user UMKM pada sektor perdagangan. manufaktur. dengan tampilan yang menarik dan mampu menghasilkan output kelayakan ekonomi dan finansial dalam format pdf yang siap di cetak maupun dalam format doc untuk proses pengeditan lebih lanjut. Aplikasi software DSS UMKM diharapkan dapat memberikan efektivitas dan efesiensi bagi pihak pemerintah. DSS dapat memberikan kemudahan dalam melakukan perhitungan. 2. Fitur-Fitur Sistem DSS UMKM Aplikasi Software DSS UMKM ini memiliki fitur-fitur (fasilitas) yang dapat dimanfaatkan bagi setiap user (pengguna) sebagai berikut: 1. Aplikasi ini dijalankan diatas windows. Mampu melakukan ekspor dokumen menjadi file doc (Microsoft Word) siap cetak. dan menengah (UMKM). ketelitian dalam perhitungan dan pemeriksaan. tetapi dapat bertahap yang pada akhirnya menghasilkan sebuah perencanaan bisnis yang lengkap dan akurat. Fasilitas yang disedikan mengarahkan para pengguna yang awam akan perencanaan usaha untuk mampu membuat perencanaan ataupun pengambilan keputusan kelayakan usaha dengan mudah dan sederhana. Aplikasi juga memiliki beberapa fitur yang salah satu diantaranya adalah fasilitas untuk me-review perencanaan bisnis yang dibuat. pertanian. Selain itu. 3. Memiliki fasilitas yang memberikan informasi dan wawasan berkaitan dengan peristilahan dan teknik-teknik pembuatan perencanaan maupun pengambilan keputusan kelayakan ekonomi dan keuangan. 4 .Pendahuluan Software (Piranti lunak) DSS UMKM adalah sebuah kelas sistem komputerisasi informasi. proses pengisian langkah-langkah studi kelayakan tidak harus sekaligus dimasukkan dalam satu saat.

Proses pengisian untuk pembuatan studi kelayakan ekonomi dan keuangan tidak harus dilaksanakan pada satu waktu dan dapat disimpan kapan saja.4.5 atau diatasnya Office 2003 atau Office 2007 Software : 5 .Net Framework 3. Kebutuhan Dasar Hardware(Perangkat Keras) Aplikasi DSS UMKM ini akan berjalan baik pada komputer dengan konfigurasi hardware dan dukungan software sebagai berikut: Hardware : ✔ ✔ ✔ Komputer dengan prosesor Intel Pentium IV ataupun yang setara RAM minimum 512MB atau lebih Monitor dengan resolusi minimum 800x600 Sistem Operasi Windows XP SP2 atau Windows Vista .

Proses installasi ini dapat dimulai dengan mengikuti langkah-langkah installasi di bawah ini. Masukan CD DSS ke dalam komputer. anda harus melakukan proses installasi sistem ke dalam komputer. kemudian tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan sebagai berikut : Proses installasi ini dapat dimulai dengan mengikuti langkah-langkah installasi di bawah ini.Instalasi Sistem DSS Sebelum menjalankan aplikasi DSS. 6 .

Klik / pilih Ihave read and ACCEPT the the terms of the License Agreement Perhatian : tunggu beberapa saat sekitar 15-20 menit untuk proses instalasi DotNetFX35 7 .Net Framework Setup . untuk Windows 7 langkah ini diabaikan saja.Net Framework (Langkah ini dilakukan apabila Operating System / Windows anda dibawah Windows 7 (XP dan Vista). Langkah Pertama : Klik Setup .1. langsung kelangkah berikutnya) Selenjutnya.

Langkah Kedua : Klik Setup DSS Setup DSS Untuk mengoperasikannya cukup dengan meng-klik 2 kali pada shortcut yang ada di desktop yang berwarna hijau. 8 .2.

Pertanian. sekarang user dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat perencaan dan pengambilan keputusan kelayakan ekonomi dan keuangan usaha. maka akan tampil interface ( layar utama) DSS UMKM untuk pilihan bidang usaha perdagangan. Pada saat shortcut DSS UMKM di klik dua akali akan muncul menuh pilihan bidang usaha yang akan dibuat perencaan dan pengambilan keputusan kelayakan ekonomi dan keuangan usaha. Bidang usaha yang dapat dipilih pada software versi ini adalah : Perdagangan. Jasa dan Restouran. Untuk mempermudah penggunaan. Manufaktur. Ilustrasi Klik 1 kali pada gambar untuk pilihan bidang usaha perdagangan Sebagai contoh diklik pilihan bidang usaha perdagangan. 9 . Sebagai ilustrasi dapat dilihat pada Gambar berikut ini: No 1 Memulai Program DSS Pembuatan Studi Kelayakan Pilih Bidang Usaha. berikut penjelasan dari masing-masing tombol toolbar yang terdapat dalam aplikasi.Memulai Aplikasi Pembuatan Studi Kelayakan Setelah aplikasi sukses terpasang di komputer dan sudah berjalan dengan baik.

Klik Gambar burung garuda Klik Baru untuk memulai aplikasi 10 .Pada tampilan ini semua fungsi toolbar belum bisa digunakan. maka akan keluar menu pembuatan perencanaan bisnis.. untuk itu klik gambar garuda (toolbar bulat pojok kiri atas). lalu klik “baru” untuk memulai aplikasi.

Toolbar ini dapat di klik untuk membantu user mendeskripsi perusahaan dan usaha yang dijalankan. Untuk menggunakannya klik kanan dan tahan lalu tarik/geser naik atau turunkan Scroll bar.Layar Bantuan dan form identitas perusahaan dapat di scroll (penggulung) ke atas dan ke bawah.2 Profil Perusahaan. Untuk pengisian langsung di klik pada tabel (ruang isian) yang tersedia. Form isian. Tampilan form dilengkapi: Bantuan. Scroll bar . untuk menggulung ke atas & ke bawah Toolbar dari kiri ke kanan mengilustr asikan tahapan proses pembuatan studi kelayakan. Isian pada profil perusahaan terdiri dari dua form. Aplikasi program DSS kemudian langsung mengarahkan pengguna untuk melakukan pengisian data berkaitan dengan profil perusahaan. yaitu : form Identitas perusahaan dan Konsep Awal. klik & ketik di sini Bantuan 11 . Pada bagian sebelah kiri tampilan diberikan bantuan untuk memandu para pengguna aplikasi software dalam mengisi setiap pertanyaan yang diajukan.

Untuk kepentingan penjelasan pada setiap pertanyaan. lanjutkan pada tahap pengisian profil usaha.Setelah terisi isian identitas perusahaan. klik dan ketik di sini Klik Tab Konsep awal Setelah selesai melakukan pengisian. klik tab form konsep awal (tengah tampilan) untuk melakukan pengisian selanjutnya. Form isian. Bantuan 12 . pengguna dapat melihat penjelasannya pada kotak bantuan (sebelah kiri).

Pada bagian bawah tampilan juga disediakan Scroll bar untuk menggulung ke kanan dan ke kiri. User dapat langsung meng-klik icon profil usaha. Isian pada profil usaha terdiri dari dua form. Untuk mempermudah pengisian. 13 . klik dan ketik di sini Scroll bar. Klik Profil Usaha Isilah form kondisi perusahaan satu persatu dan gunakan scroll bar untuk melihat seluruh pertanyaan. yaitu : form Kondisi Perusahaan dan Pola Pembiayaan Bank.3 Profil Usaha. Form isian. pengguna juga dapat memanfaatkan bantuan pada sebelah kanan tampilan layar. untuk menggulung ke atas & ke bawah Setelah selesai melakukan pengisian. lanjutkan pada tahap pengisian pola pembiayaan.

Setelah terisi isian Kondisi Perusahaan. Klik tab Pola Pembiayaan Bank Form isian. pengguna dapat melihat penjelasannya pada kotak bantuan (sebelah kiri). klik dan ketik di sini 14 . Untuk isian tertutup cukup langsung di klik pada lingkaran isian yang tersedia. klik di sini Form isian. klik tab form Pola Pembiayaan Bank (tengah tampilan) untuk melakukan pengisian selanjutnya. Isian form ada yang bersifat tertutup dan terbuka. Untuk kepentingan penjelasan pada setiap pertanyaan.

Klik Icon tool bar Aspek Produksi Form isian. Untuk kepentingan penjelasan pada setiap pertanyaan. user dapat melihat penjelasannya pada kotak bantuan (sebelah kiri). Aspek Produksi .4 Aspek. pemasaran. manajemen dan SDM dan Aspek Lingkungan. terkait dengan aspek produksi. Toolbar ini dapat di klik untuk membantu user mendeskripsikan aspek ekonomi dan keuangan perusahaan dan usaha yang dijalankan. keuangan. klik di sini 15 . User dapat langsung meng-klik icon toolbar aspek produksi. Lalu isilah setiap pertanyaan yang tersedia pada tampilan form aspek produksi. Setelah di-klik akan muncul layar tampilan bantuan dan form isian aspek produksi. Isian form terletak pada layar paling kanan.

Untuk kepentingan penjelasan pada setiap pertanyaan. lanjutkan pada tahap pengisian aspek Manajemen dan SDM.5 Aspek Pemasaran. User dapat langsung meng-klik icon toolbar aspek pemasaran. Lalu isilah setiap pertanyaan yang tersedia pada tampilan form aspek Pemasaran. Bentuk isian tertutup. klik di sini 16 . Setelah selesai melakukan pengisian. cukup langsung di klik pada lingkaran isian yang tersedia Klik icon tool bar Aspek Pemasaran Isian form terletak pada layar paling kanan. Setelah di-klik akan muncul layar tampilan bantuan dan form isian aspek Pemasaran. user dapat melihat penjelasannya pada kotak bantuan (sebelah kiri). Form isian.

klik di sini 17 . Lalu isilah setiap pertanyaan yang tersedia pada tampilan form aspek manajemen dan SDM. Isian form terletak pada layar paling kanan. user dapat melihat penjelasannya pada kotak bantuan (sebelah kiri). Bentuk isian tertutup. User dapat langsung meng-klik icon toolbar aspek manajemen dan SDM. cukup langsung di klik pada lingkaran isian yang tersedia Klik icon toolbar Aspek Manajemen dan SDM Untuk kepentingan penjelasan pada setiap pertanyaan. Setelah selesai melakukan pengisian. Setelah di-klik akan muncul layar tampilan bantuan dan form isian manajemen dan SDM.6 Aspek Manajemen dan SDM. lanjutkan pada tahap pengisian aspek lingkungan Form isian.

7 Aspek Lingkungan. klik di sini 18 . Lalu isilah setiap pertanyaan yang tersedia pada tampilan form Lingkungan. cukup langsung di klik pada lingkaran isian yang tersedia Klik Icon tool bar Aspek Lingkungan Untuk kepentingan penjelasan pada setiap pertanyaan. Isian form terletak pada layar paling kanan. Setelah selesai melakukan pengisian. lanjutkan pada tahap pengisian aspek Keuangan Form isian. Setelah di-klik akan muncul layar tampilan bantuan dan form isian Lingkungan. User dapat langsung meng-klik icon toolbar aspek Lingkungan. Bentuk isian tertutup. user dapat melihat penjelasannya pada kotak bantuan (sebelah kiri).

Jumlah isian form keuangan berbeda antara setiap sektor. Setelah di-klik akan muncul layar tampilan bantuan dan form isian kinerja keuangan yang terdiri dari tujuh form. klik 2 kali dan ketik di sini Form isian. klik 2 kali dan ketik di sini (cell tabel) Form isian. H2Tenaga Kerja dan seterusnya. klik 2 kali dan ketik di sini 19 . User dapat langsung meng-klik icon toolbar aspek keuangan. Cell tabel yang berwarna kuning tidak perlu diisi. Setelah mengisi satu form dapat dilanjutkan mengisi form lainnya dengan meng klik tab H2 dan seterusnya. karena sistim aplikasi yang akan mengisi secara otomatis. Klik icon tool bar Aspek Keuangan Tab Form Isian Aspek Keuangan Form isian. klik pada bagian tengah layar yang tertulis H1-jenis investasi. Lalu isilah setiap pertanyaan yang tersedia pada setiap tampilan form aspek keuangan.8 Aspek Keuangan. tergantung dari isian yang diberikan oleh pengguna pada cell tabel yang berwarna putih. Untuk mengisi masing-masing form.

lanjutkan pada tahap pengisian aspek manjemen dan SDM. Untuk kepentingan penjelasan pada setiap pertanyaan.Berikut contoh tampilan form tenaga (klik tab H2-Tenaga Kerja) Isian form terletak pada layar paling kanan. Setelah selesai melakukan pengisian. klik dua kali dan ketik di sini (cell tabel) 20 . Tab Form Isian tenaga kerja Catatan : Kelengkapan dan keakuratan hasil analisis keuangan sangat bergantung pada isian dari masing-masing form aspek keuangan Form isian. user dapat melihat penjelasannya pada kotak bantuan (sebelah kiri).

kelayakan sedang dilustrasikan dengan warna kuning dan kelayakan rendah diilustrasikan dengan warna merah. Hasil analisis akan ditampilkan dalam image angka skor. Pada layar ditunjukkan hasil analisis perindikator dan analisis secara komulatif keseluruhan indikator. grafik warna dan deskripsi hasil analisis. Klik icon toolbar Analisis bisnis Tab hasil analisis berdasarkan aspek Hasil analisis perindikator Hasil analisis komulatif seluruh indikator 21 .9 Analisis bisnis. sistim akan secara otomatis melakukan analisis setelah user melakukan pengisian pertanyaan yang diajukan/tersedia pada toolbar profil dan aspek. Untuk melihat hasil analisis dari masing-masing aspek dapat langsung di klik tab hasil analisis pada bagian tengah aplikasi. Untuk hasil analisis dengan kelayakan tinggi diilustrasikan dengan warna hijau. pada toolbar ini. Pada gambar disamping diberikan contoh hasil analisis produksi.

toolbar ini disedikan untuk memprint hasil studi kelayakan dalam format dokumen Ms Word (doc).10 Print. Untuk ekspor dokumen DSS Kelayakan ekonomi dan keuangan menjadi dokumen Microsoft Word (doc) yang dapat langsung dicetak atau di proses lebih lanjut dapat dilakukan dengan menekan tombol Print pada toolbar Perlu ditekankan bahwa ekspor berfungsi untuk memudahkan pencetakan dokumen. Untuk menyimpan pekerjaan yang telah dibuat. Ekspor tidak akan secara otomatis menyimpan pekerjaan yang telah dibuat. Klik icon toolbar print untuk merubah hasil isian aplikasi kedalam output dalam format ms word 22 . gunakan fitur Simpan dengan cara yang akan dijelaskan.

Menyimpan dan Meng-edit File Studi Kelayakan Studi kelayakan yang telah selesai dibuat kemudian dapat disimpan ke dalam sebuah file kelayakan ekonomi dan bisnis dengan file extention DSS. Berikut langkah –langkah dalam menyimpan file : No 1 Langkah-Langkah Menyimpan File Klik gambar garuda. Ilustrasi Klik Simpan atau Simpan Sebagai Setelah di klik menu Simpan.. lalu pilih dan klik simpan atan Simpan Sebagai untuk file yang pernah disimpan sebelumnya. Akan muncul tanpilan lokasi untuk menyimpan file dan menuliskan nama file Jika file kelayakan ekonomi dan 23 .

kemudian ketikan nama file-nya DSS UMKM1 dan tekan tombol Save untuk menyimpannya.lalu kemudian dilain waktu ingin melanjutkan dapat dibuka kembali filenya melalui fasilitas menu perencanaan bisnis. maka yang perlu anda lakukan adalah memilih drive C: dari combobox Save in. kemudian masukkan nama file-nya. jika pengguna aplikasi keluar dari aplikasi tanpa menyimpan. jika anda ingin menyimpan file business plan di drive C:\ DSS UMKM dengan nama DSS UMKM1. Lokasi penyimpa nan file Klik disini setelah mengetik nama file Ketik nama file 24 . aplikasi akan menanyakan dimana anda akan menyimpan file kelayakan ekonomi dan keuangan. Sebagai contoh.lalu klik buka file dan klik dua kali pada file yang tersedia pada kotak open file. Catatan: Penyimpanan Sementara.. pada dasarnya aplikasi ini dilengkapi dengan fasilitas penyimpanan sementara.bisnis belum pernah disimpan sebelumnya.. Tunjuk lokasi yang diinginkan.

Klik dua kali pada nama file Atau Klik disini setelah mengetik nama file 25 . klik tombol Buka dari toolbar. hal yang pertama harus dilakukan adalah membuka file yang pernah disimpan sebelumnya.2 Untuk dapat mengedit output dokumen studi kelayakan yang sudah dibuat. Untuk melakukan hal ini. Klik buka file d e n g a n Aplikasi kemudian akan mengeluarkan dialog Open File yang akan meminta anda memasukan lokasi dan nama file dokumen kelayakan ekonomi dan keuangan yang akan di edit. Atau klik satu kali lalu klik open. Klik dua kali pada file yang kita inginkan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful