Pembelajaran STAD Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII SMP Negeri

3

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INQUIRY MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN KELAS XI SMAN 1 NGEMPLAK

A. Latar belakang Kegiatan pembelajaran Mata Pelajaran IPA, khususnya Biologi diperlukan strategi pembelajaran yang mampu melibatkan intelektual dan emosional siswa. Oleh karena itu, guru dituntut untuk menguasai strategi-strategi penyampaian materi. Berdasarkan data nilai Ulangan Harian pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Mata Pelajaran Biologi siswa kelas XI SMAN 1 Ngemplak, bahwa kurang lebih 79% siswa memperoleh nilai di bawah nilai KKM (<70). Rendahnya hasil belajar tersebut diduga akibat kurang aktifnya siswa dalamkegiatan pembelajaran, padahal konsep-konsep biologi di kelas XI semester 1sulit dipahami siswa, karena menyangkut struktur organ pada tumbuhan berupagambar anatomis yang rumit dengan istilah Latin yang sulit dihafalkan. Pengajaran berdasarkan inquiry ( inquiry based teaching ) adalah suatu strategiyang berpusat pada siswa ( student centered strategy ) dimana kelompok siswa dibawa ke dalam suatu persoalan atau mencari jawaban terhadap pertanyaanpertanyaan di dalam suatu prosedur dan struktur kelompok yang digariskan secara jelas (Hamalik, 2001). Metode inquiry mengembangkan keterampilan berfikir kritis melalui pengalaman kelompok belajar, dimana siswa berkomunikasi, berbagi tanggung jawab, dan bersama-sama mencari pengetahuan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka untuk meningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar biologi terhadap materi struktur dan jaringan tumbuhan digunakan metode inquiy. Pemilihan metode ini selain didasarkan pada pertimbangan kelebihannya, juga juga metode ini merupakan salah satu cara yang dianjurkan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) di SMAN Negeri I Ngemplak.

PERUMUSAN MASALAH Berdasarkan uraian Apakah penerapan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan kelas Xi SMAN 1 Ngemplak? C. Siswa termotivasi untuk belajar IPA Memudahkan siswa dalam memahami materi Ekosistem Bagi guru 1) Memperoleh pengalaman untuk meningkatkan ketrampilan memilih strategi pembelajaran yang bervariasi 2) Guru termotivasi melakukan penelitian sederhana yang bermanfaat bagi perbaikan dalam proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan itu sendiri. Manfaat Penelitian a. 2. TUJUAN PENELITIAN Sesuai dengan permasalahan yang telah dikemukakan di atas.Dari uraian di atas Penelitian Tindakan Kelas ini mengambil judul “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Inkuiri Materi Jaringan Tumbuhan Kelas Xi Sman 1 Ngemplak” B. maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa Metode Role Playing dapat meningkatkan: 1. Bagi sekolah . D. Hasil belajar kelas X SMAN 1 Ngemplak materi Ekosistem. c. Aktivitas kelas X SMAN 1 Ngemplak materi Ekosistem. Bagi siswa 1) 2) b.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA BAB III METODE PENELITIAN Metode Penelitian 1 . menggunakan strategi pembelajaran.b .Memberikan sumbangan yang baik bagi sekolah dalam rangka perbaikan proses pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari 2kali pertemuan. Selain itu juga diadakan refleksi oleh pengamat yaitu seorangguru biologi untuk membicarakan hal-hal yang ditemui dalam kegiatanpembelajaran pada . menyusun. 2 . h a s i l b e l a j a r . F a k t o r guru: mengukur kemampuan guru dalam m e r e n c a n a k a n . yaitu:a . masing-masing siklusdilaksanakan sesuai dengan tujuan yang ingin. sehingga perlu motivasi khusus untuk meningkatkan kemampuanmereka. dan menilai proses pembelajaran. m e m b a n t u s i s w a mengatasi kesulitan belajar. Dalam penelitian ini ada beberapa faktor yang diamati. d a n k e t u n t a s a n belajar kelompok siswa sasaran setelah diberi perlakuan. S e t t i n g P e n e l i t i a n Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September— November 2007 dikelas XI IPA-3 semester 1 SMA Negeri I Natar Kabupaten Lampung Selatant a h u n a j a r a n 2 0 0 7 / 2 0 0 8 d e n g a n j u m l a h s i s w a 3 9 o r a n g . F a k t o r s i s w a : m e n g u k u r a k t i v i t a s s i s w a . dan tiap selesai satu siklus diadakan tes forma tif untukm e n g e t a h u i p e m a h a m a n s i s w a t e r h a d a p k o n s e p b i o l o g i y a n g s u d a h dipelajari. K e l a s y a n g digunakan dalam penelitian ini adalah yang memiliki nilai rata-rata biologi sedang. P r o s e d u r P e n e l i t i a n Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus.

y a i t u : 1)menyusun rencana pembelajaran sesuaidengan materi yang direncanakan2)mempersiapkan LKS untuk praktikum setiappertemuan3)menyusun instrumen observasi. yang dilaksanakan dalam tiga siklus . Selanjutnya hasil refleksi dijadikanbahan perbaikan pada siklus berikutnya. baik untuksiswa maupun guru4 ) m e n e t a p k a n c a r a r e f l e k s i y a n g d i l a k u k a n o l e h g u r u p e n g a m a t s e t i a p s e l e s a i p e m b e r i a n tindakan pada setiap siklusnyab.Pelaksanaan tindakan kelas ini terinci ke dalam beberapa langkah berikut:a .siklus tersebut.Pelaksanaan tindakan. P e r s i a p a n t i n d a k a n .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful