Artikel ilmiah

Konsep & Implementasi Jaringan Komputer

Dosen Pembimbing : M. Rachman Muyandi, MBA

Disusun oleh : Erlita Rasdiana (1114465646)

STMIK RAHARJA
Jl. Jendral Sudirman No. 40 Babakan Cikokol – Tangerang 15117 Telp. 5529692 Kota Tangerang - Banten

Rachman Mulyandi. M. Bapak M. Tangerang. 3. MBA selaku Dosen saya. saya mengucapkan terima kasih atas segala bantuan dan bimbingannya kepada yang terhormat : 1. Abas Sunarya. Drs. Saya menyadari bahwa sebagai manusia biasa yang memiliki keterbatasan.KATA PENGANTAR Segala puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan Rahmat. 5. Saya berharap laporan ini dapat bermanfaat bagi saya khususnya dan pembaca pada umumnya. 21 Maret 2011 Erlita Rasdiana 11144656 . Sehingga saya dapat menyusun Artikel Ilmiah tentang Konsep dan Implementasi Jaringan Komputer. Bpk. untuk itu saya mengharapkan saran serta kritik untuk kesempurnaan laporan saya ini. Rekan-rekan dan semua pihak yang telah membantu penyusunan laporan ini. Kedua orang tua dan kakak yang telah memberi dukungan baik moril dan materil.Si selaku Direktur Perguruan Tinggi Raharja. Artikel ini sangat jauh dari sempurna. tentu hasil karya saya ini tidak luput dari kekurangan. Dalam penyusunan artikel ini. 2. Bapak/Ibu Dosen. serta Hidayah – Nya kepada saya. 4. Po.

2 Tujuan 1.2 Implementasi BAB III PENUTUP .1 Latar Belakang 1.3 Metode Penelitian BAB II PEMBAHASAN 2.DAFTAR ISI Kata Pengantar Daftar Isi Abstrak BAB I PENDAHULUAN 1.1 Konsep 2.

ABSTRAK Saat ini jaringan komputer sudah merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam aktivitas pertukaran data ataupun informasi. Kita sebagai stakeholder teknologi informasi dituntut untuk paham dan mengerti teknologi jaringan komputer ini. Oleh sebab itu maka dalam artikel ini penulis coba paparkan konsep jaringan komputer dan implementasi nyata dalam satu bidang yang penulis dalami yaitu ilmu komputer. .

Dapat dikatakan setiap bidang pekerjaan yang ada di dunia ini memerlukan informasi dalam setiap aktivitasnya. . maka kebutuhan tersebut akan dapat terpenuhi. maka dapat dibuat sebuah aplikasi untuk mengendalikan komputer dalam suatu jaringan secara jarak jauh. Beberapa syarat informasi yang baik adalah available dan uptodate. informasi yang dibutuhkan adalah informasi yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan jaman.1 Latar Belakang Kebutuhan akan informasi sudah menjadi hal yang vital bagi lapisan masyarakat pada umumnya. Teknologi tersebut adalah teknologi jaringan komputer.BAB I PENDAHULUAN 1. khususnya kita sebagai salah satu stakeholder–tak pernah lepas dari kebutuhan ini. agar informasi selalu tersedia dan merupakan informasi yang tepat waktu maka kita memerlukan sebuah teknologi yang menyokong kedua hal tersebut. Salah satu protokol jaringan yang cukup lazim digunakan oleh banyak orang yaitu protokol TCP/IP. Dengan menggunakan protokol TCP/IP sebagai protokol yang paling banyak digunakan saat ini. Seiring dengan berkembangnya jumlah komputer dalam suatu jaringan maka makin bertambah pula tingkat kesulitan untuk mengelola jaringan tersebut. Dengan adanya jaringan komputer dan internet. Oleh karena itu. Dalam bidang akademik.

1. misalkan saja chatting dengan teman di luar negeri. ataupun memasuki situs seseorang tanpa ijin (hack).Terhubung ke internet dapat dianalogikan membuka pintu komputer untuk bisa diakses dari dan ke dunia luar. Namun. Banyak hal dapat dilakukan melalui internet. Keamanan komputer maupun jaringan komputer. terutama yang terhubung melalui internet harus lebih diperhatikan dan dioptimalkan untuk melindungi segala sumber daya yang ada di dalam sistem komputer tersebut.3 Metode Penelitian Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini adalah dengan menggunakan litelatur jurnal lainnya yang berhubungan. penulis dapat mengumpulkan segala informasi yang dibutuhkan pada tulisan artikel ilmiah ini. mengirim email kepada seseorang. dari pintu yang sama itu juga seseorang ataupun malware dapat masuk dan melakukan aksinya memanipulasi sistem komputer. Dapat tergambar dengan mudah.2 Tujuan Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan sebelumnya. Dengan menggunakan metode tersebut. bahwa dari pintu itu kita dapat dengan mudah menjelajahi dunia maya. . 1. tujuan dari pembuatan artikel ilmiah ini adalah untuk lebih memperdalam lagi konsep jaringan komputer dan mengetahui bentuk implementasi nyata dalam bidang ilmu komputer.

BAB II PEMBAHASAN 2. 2. Di dalam suatu jaringan. yaitu server sebagai penyedia layanan informasi dan client sebagai pihak yang meminta layanan informasi tersebut. kita dapat membangun sebuah aplikasi dari protokol jaringan komputer yang telah ada dan telah banyak dipakai oleh kebanyakan orang yaitu protokol TCP/IP. Sesuai dengan jurnal penelitian referensi (IMPLEMENTASI PROTOKOL TCP/IP UNTUK PENGENDALIAN KOMPUTER JARAK JAUH (Rudy Adipranata)). sebagian besar server memiliki konfigurasi hardware yang sangat baik untuk melakukan tugasnya setiap waktu. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah aplikasi yang mampu untuk mengendalikan komputer secara jarak jauh. Agar tidak menyulitkan. Idenya adalah . komputer tidak berdiri sendiri melainkan terhubung antara satu dengan lainnya.2 Implementasi Di dalam sebuah jaringan. Oleh sebab itu. protokol TCP/IP akan digunakan untuk memudahkan pengendalian komputer secara jarak jauh. Tidak jarang dalam suatu jaringan terdapat begitu banyak komputer sehingga cukup sulit untuk mengelola jaringan tersebut.1 Konsep Jaringan Konsep jaringan yang ada merupakan konsep yang cukup sederhana. Server sebagai pihak penyedia dituntut untuk selalu siap ketika client me-request informasi yang diinginkan. Terdapat dua subjek yang terlibat. terdapat aktivitas pertukaran data yang terjadi secara simultan.

Sesuai dengan kaidah jaringan. reboot. melihat tampilan pada layar dan juga mengamati program yang sedang berjalan pada komputer target. Gangguan itu dapat berupa malware . shutdown.menggunakan lapisan Application protokol TCP/IP dan disusun dengan menggunakan bantuan bahasa pemrograman Delphi 5. Dalam aplikasi ini yang bertindak sebagai client adalah komputer remote atau komputer pengendali.0. Komputer remote berperan sebagai client karena sesungguhnya komputer remote hanya meminta request atau dalam hal ini adalah perintahperintah yang akan dijalankan pada komputer target. Konsep dari jaringan dipakai ketika pengendalian sedang berlangsung. akan ada 2 pihak yang akan terlibat yaitu client dan server. Hasil dari aplikasi yang dibangun oleh penulis jurnal tereferensi adalah aplikasi yang dapat menjalankan perintah (secara jarak jauh) yang meliputi: penguncian komputer. kita dapat menggunakan library yang disediakan oleh Windows (Windows API/Application Programming Interface). tetapi pada aplikasi yang dibangun oleh penulis jurnal tereferensi adalah dengan menggunakan komponen dWinsock 2. Setelah kita berhasil membangun aplikasi dengan memanfaatkan protokol TCP/IP sebagai perwujudan konsep jaringan komputer. Tentu saja syarat agar program ini berjalan adalah komputer remote terkoneksi dengan komputer target. Komputer remote hanya meminta (merequest) dan komputer target yang akan melayani (serve) atau menjalankan perintah-perintah tersebut. Untuk dapat berkomunikasi dengan lapisan yang berada di bawahnya (Transport layer). Sedangkan server yang dimaksud adalah komputer target. mengeksekusi suatu program.5. maka langkah berikutnya adalah bagaimana memastikan jaringan yang kita kelola aman dari gangguan pihak luar.7.

kita perlu menentukan policy atau kebijakan yang akan dilakukan oleh firewall. . Menurut salah satu jurnal tereferensi yang penulis lampirkan (OPTIMALISASI FIREWALL PADA JARINGAN SKALA LUAS (Marco Van Basten)). Oleh karenanya dibutuhkan penggunaan sistem yang dapat dipercaya dan sistem yang relatif aman. Menentukan layanan-layanan yang dibutuhkan oleh tiap-tiap individu atau kelompok yang menggunakan jaringan. Kita tentukan apa saja yang akan dikenai kebijakan yang kita buat. Sesuai dengan apa yang kita ketahui sebelumnya. Hanya aktivitas yang telah terdaftar dan telah teridentifikasi oleh firewall dapat melewati atau melakukan hubungan. worm) ataupun orang-orang yang tidak bertanggung jawab (cracker).(virus. Namun firewall menjadi hal yang kritis dikarenakan hanya firewall yang menjadi dinding pemisah antara jaringan lokal dengan dunia luar. 2. penentuan kebijakan tersebut dapat meliputi: 1. Hal ini dapat dilakukan dengan membatasi semua akses terhadap jaringan lokal. Menentukan individu atau kelompok-kelompok yang akan dikenai policy atau kebijakan tersebut. Menerapkan semua policy atau kebijakan tersebut. 3. Langkah preventif yang dapat kita ambil adalah dengan menggunakan firewall. trojan. Berdasarkan setiap layanan yang digunakan oleh individu atau kelompok tersebut akan ditentukan bagaimana konfigurasi terbaik yang akan membuatnya semakin nyaman. 4. Aksi pembatasan dapat dilakukan dengan cara mengatur policy atau konfigurasi keamanan lokal. Menentukan apa saja yang dilayani. 5. Firewall digunakan sebagai pintu masuk antara dunia luar (rest of the internet) dengan jaringan yang kita kelola.

Kita harus terlebih dahulu mengetahui kebutuhan yang jaringan kita kelola butuhkan. . Screened subnet. Terdapat tiga macam konfigurasi yang penulis tereferensi jelaskan yaitu: 1. Untuk dapat lebih mengoptimalkan keamanan jaringan yang kita kelola. Sehingga pemilihan konfigurasi firewall yang tepat dapat menghasilkan tingkat keamanan yang optimal. Oleh karena alasan itulah. kita lakukan proses seleksi terhadap semua port yang akan digunakan. Dual-homed host 2. Ketika kita telah melakukan seleksi terhadap port-port mana saja yang kita gunakan. Screened host 3. maka langkah selanjutnya adalah menganalisis daftar port-port yang digunakan oleh berbagai protokol dan membuka semua port tersebut pada firewall.Setelah kita menerapkan policy pada firewall. Pada dasarnya. maka alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu konfigurasi firewall yang akan kita terapkan. semakin banyak port yang terbuka pada firewall maka semakin tidak aman PC tersebut. maka hanya port yang telah terseleksi yang dapat dilalui oleh data.

Dengan menggunakan protokol TCP/IP kita dapat membangun sebuah program aplikasi yang dapat mengelola jaringan secara jarak jauh. Keamanan merupakan sebuah hal yang sangat penting dalam dunia internet baik keamanan komputer maupun keamanan jaringan yang banyak dipenuhi dengan berbagai ancaman baik dari dalam maupun dari luar. dan karena itu pemahaman dasar tentang jaringan komputer diperlukan. dapat digunakan sebagai wujud implementasi dari konsep jaringan komputer.BAB III PENUTUP 3. .1 Kesimpulan Hingga saat ini jaringan komputer sudah menjadi kebutuhan umum masyarakat. Secara sederhana pulalah kita dapat menggambarkan koneksi antar jaringan sebagai konsep dari hubungan antara manusia yang saling berhubungan satu sama lain. Protokol TCP/IP sebagai protokol yang telah lazim digunakan oleh kebanyakan orang. terutama bagi orang-orang yang berkecimpung dalam dunia teknologi informasi. Hal ini dapat mempermudah ketika kita akan mengelola sebuah jaringan. dan firewall merupakan solusi untuk dapat mengatasi keamanan tersebut. Dan ternyata konsep jaringan cukuplah sederhana. Dengan suatu konfigurasi yang tepat pada firewall maka kemungkinan untuk mengamankan suatu data atau komputer pada jaringan menjadi jauh lebih aman.

Yulia dan Leo Willyanto Santoso. DR. Rudi Adipranata. Jurnal: Informasi Online dalam Dunia Riset dan Pendidikan. 2004.REFERENSI 1. 4. 2009. Marco van Basten. Anto Satriyo Nugroho. 2. 2002. Jurnal: Optimasi Firewall Pada Jaringan Skala Luas. Jurnal Informatika: Implementasi Protokol TCP/IP Untuk Pengendalian Komputer Jarak Jauh. Jurnal Informatika: Studi dan Uji Coba Teknologi Bluetooth Sebagai Alternatif Komunikasi Data Nirkabel. 2004. . 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful