Insiden suaka politik GAM

Belum Diperiksa Insiden suaka politik GAM terjadi pada tahun 2003 ketika pemerintah Malaysia hendak memberikan suaka politik kepada 238 orang dari sekitar 35.000 orang pengungsi dari Aceh. Mereka adalah anggota kelompok separatis Gerakan Aceh Merdeka (oleh pemerintah Indonesia waktu itu disebut sebagai "Gerakan Separatis Aceh" (GSA) yang melarikan diri sewaktu TNI melakukan operasi terpadu atas beberapa titik pertahanan mereka.[1] Deputi Perdana Menteri Malaysia waktu itu, Abdullah Ahmad Badawi, mengatakan mengenai kemungkinan bagi Malaysia untuk memberi izin sementara untuk warga Aceh yang meminta suaka politik. Hal ini dilakukan sebagai tanggapan atas pernyataan UNHCR untuk memberikan perlindungan hukum bagi para pengungsi yang datang dari Aceh.[2] Pernyataan ini mendapat reaksi penentangan keras dari pihak Indonesia[3][4]. Menanggapi keberatan Indonesia, PM Malaysia kala itu, Mahathir Mohammad, menegaskan bahwa pemerintahnya tidak akan memberikan suaka politik bagi pengungsi dari Aceh dan mereka dianggap sebagai imigran gelap.[1][2] Ambalat adalah blok laut luas mencakup 15.235 kilometer persegi yang terletak di Laut Sulawesi atau Selat Makassar dan berada di dekat perpanjangan perbatasan darat antara Sabah, , Malaysiadan Kalimantan Timur, Indonesia. Penamaan blok laut ini didasarkan atas kepentingan eksplorasi kekayaan laut dan bawah laut, khususnya dalam bidang pertambangan minyak. Blok laut ini tidak semuanya kaya akan minyak mentah.

Korea yang terbagi menjadi Korea Utara (komunis) dan Korea Selatan (liberal). 2. Malaysia. 4. 3. dan Vietnam. Kedua blok tersebut. Kamboja. Segi Batas Wilayah Laut (Laut Teritorial dan Alam Daratan) Adanya ketidakjelasan batas laut teritorial antara Indonesia dengan Malaysia tentang Pulau Sipadan dan Ligitan (di Kalimantan).Sengketa India dan Pakistan mengenai status wilayah Kashmir.Konflik perebutan wilayah antara Filipina dengan Malaysia mengenai klaim Filipina atas wilayah Kesultanan Sabah Malaysia Timur. hingga akhirnya pada tahun 2003 sengketa tersebut dimenangkan oleh Malaysia.Konflik laten antara Cina di satu pihak dengan Indonesia.Sengketa berlarut antara Rusia dengan Jepang mengenai status pemilikan Kepulauan Kuril Selatan. Vietnam.Sengketa antara Cina dan Vietnam tentang pemilikan wilayah perairan di sekitar Kepulauan Paracel. krisis Kuba. sampai sekarang masih diperebutkan oleh negara Filipina.1. saling berebut pegaruh di bidang ideology dan ekonomi serta saling berlomba memperkuat senjata. Vietnam dan Taiwan mengenai status pemilikan wilayah perairan Kepulauan Spratly. Akibatnya sering terjadi konflik (sengketa) di bernagai negara yang menjadi korban. 11. Brunei. 10. 9. dan sebagainya.Konflik antara Cina dengan Jepang mengenai pemilikan Kepulauan Senaku (Diaoyutai).Konflik berlarut antara Myanmar dan Bangladesh di wilayah perbatasan. 5.Konflik antara Singapura dengan Malaysia tentang perebutan Pulau Batu Putih di Selat Johor.Sengketa antara Cina dengan Korea Selatan mengenai pemilikan Liancourt Rocks (Take-shima atau Tak do) dibagian selatan laut Jepang. . Demikian juga masalah perbatasan di Kasmir yang hingga kini masih diperdebatkan antara India dan Pakistan. Thailand. Vietnam di lain pihak sehubungan klaim cina atas seluruh perairan Laut Cina Selatan. Misalnya. RRC.Konflik intensitas rendah (Low intensity) antara Cina dengan Filipina. Masalah kepulauan “Spartly’s dan Paracel” di laut Cina Selatan. 6. Sebab-Sebab Timbulnya Sengketa Internasional: Segi Politis (Adanya Pakta Pertahanan atau Pakta Perdamaian) Pasca perang dunia kedua (1945) muncul dua blok kekuatan besar. Sengketa tersebut diserahkan ke Mahkamah Internasional. Malaysia. 7. barat (liberal membentuk pakta pertahanan NATO) di bawah pimpinan Amerika dan timur (komunis membentuk pakta pertahanan Warsawa) dipimpin Uni Soviet. Filipina.Perbedaan pendapat antara Malaysia dan Brunei mengenai batas wilayah tak bertanda di daratan Sarawak Malaysia Timur serta batas wilayah perairan Zona Ekonomi Eksklusif. 8.

Perebutan kepemilikan Pulau Daioyu/Senkaku antara China-Jepang telah berlangsung sejak tahun 1969. tetapi juga oleh Timor Leste. karena menyangkut persoalan batas negara Sengketa Internasional Antara Jepang Dan Korea. Haumeniana. Nimlat. Klaim wilayah Indonesia ini dilakukan oleh sebagian warga Timor Leste tepatnya di perbatasan wilayah Timor Leste dengan wilayah Indonesia. pemerintah Indonesia dan Timor Leste sepakat batas kedua negara adalah alur sungai terdalam. Lima titik tersebut adalah Imbate. khususnya di lima titik yang hingga kini belum diselesaikan akan dibawa ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Semula.301 hektare (ha) dan sedang dikuasai warga Timor Leste.Masalah perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste. Klaim wilayah Indonesia. Jika sapi melewati batas sungai terdalam. yang memiliki luas 1. Kemudian pada tahun 1970. dan persoalan pembagian tanah. karena China merasa bahwa pulau tersebut adalah miliknya. Secara resmi . namun tahun 1990an Jepang kembali memperbaiki mercusuar yang telah dibangun oleh kelompok kanan Jepang di Daiyou. ternak milik warga di perbatasan tersebut minum air di sungai yang berada di tapal batas kedua negara. karena melanggar batas negara.Sengketa internasional antara Indonesia dan timor leste. Sumkaem. negara yang baru berdiri sejak lepas dari Negara KesatuanRepublik Indonesia pada tahun 1999. karena alur sungai selalu berubah-ubahSelain itu. Meskipun protes yang terus menerus dari China maupun Taiwan. termasuk pulau Daioyu/Senkaku kepada Jepang. ketika Jepang membangun mercusuar di Pulau Daioyu untuk melegitimasi pulau tersebut. Di lima titik tersebut.Sengketa ini semakin berkembang pada tahun 1978. Hal inilah yang kemudian diprotes China.Berlarutnya penyelesaian lima titik di perbatasan tersebut mengakibatkan penetapan batas laut kedua negara belum bisa dilakukan. yaitu perbatasan antara Kabupaten Timor Tengah Utara (RI) dengan Timor Leste. Jepang dan Amerika Serikat menandatangani perjanjian pengembalian Okinawa. ternyata bukan hanya dilakukan oleh Malaysia. Sengketa ini diawali ketika ECAFE menyatakan bahwa diperairan sekitar Pulau Daioyu/Senkaku terkandung hidrokarbon dalam jumlah besar. Ketegangan ini berlanjut ketika Jepang mengusir kapal Taiwan dari perairan Daioyu. warga tidak bisa menghalaunya kembali. tetapi tidak disepakati warga. Penyelesaian sengketa Permasalahan perbatasan antara RI dan Timor Leste itu kini sedang dalam rencana untuk dikoordinasikan antara Pemerintah RI dengan Pemerintah Timor Leste dan kemungkinan akan dibawa ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mendapatkan penyelesaian.warga kedua negara yang bermukim di perbatasan harus rela membagi tanah ulayat mereka. ada dua hal yang belum disepakati warga dari kedua negara yakni: Penetapan batas apakah mengikuti alur sungai terdalam. dan Tubu Banat. Tiga titik diantaranya terdapat di perbatasan Kabupaten Belu dan dua di perbatasan Timor Leste dengan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Kedua. Malaysia. Selain itu di pulau ini juga masih sering ditemui penyupenyu meletakkan telurnya.dan menjadi terkenal karena keindahan alamnya. Malaysia mengklaim bahwa Inggris kemudian Malaysia telah melakukan penguasaan damai secara berkesinambungan sejak tahun 1878. Pulai ini dari sejarahnya merupakan wilayah kesatuan Republik Indonesia dan menjadi sengketa wilayah antara Indonesia dan Malaysia. Sementara itu. Malaysia. kemudian Indonesia. Dalam hukum internasional memang hak atas wilayah dapat diperoleh pihak ketiga apabila wilayah tersebut ditelantarkan untuk kurun waktu tertentu oleh pemilik aslinya. telah lama menelantarkan kedua pulau tersebut. . Perolehan wilayah semacam ini disebut daluwarsa atau prescription. Namun. karena lemahnya argumentasi hukum Indonesia.6 mil (93 km) dari pantai Pulau Sebatik diujung timur laut pulau Kalimantan / Borneo ini luasnya 7. hak dari kedua pulau tersebut didasarkan pada beberapa transaksi dari Sultan Sulu hingga Inggris dan terakhir Malaysia. dengan pertimbangan effectivities Malaysia dianggap lebih dominan daripada Indonesia dalam mengelola pulau ini dengan baik sehingga pulau ini diserahkan pada Malaysia akan tetapi ICJ gagal dalam menentukan batas di perbatasan laut antara Malaysia dan Indonesia di selat Makassar. Belanda. Pulau yang terletak 21 mil (34 km) dari pantai daratan Sabah dan 57.Pulau Ligitan Ligitan adalah sebuah pulau di negara bagian Sabah.9 Ha. pulau ini beserta Pulau Sipadan diputuskan menjadi wilayah Malaysia pada tanggal 17 Desember 2002 oleh Mahkamah Internasional. [1] Akhirnya. dalam sengketa ini memberikan bukti-bukti: pertama.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful