KATA PENGANTAR

Puji dan syukur dipanjatkan kepada Tuhan yang maha Esa karena pembutan makalah ini dapat diselesaikan dengan baik . Walaupun ada beberapa hambatan yang menyertai pembuatan makalah ini, namun itu sudah menjadi hal biasa, tetapi itulah yang membuat penulis menjadi lebih semangat untuk menyusun tugas yang telah menjadi kewajiban penulis. Semoga para pembaca dapat memahami materi yang kami susun dan dapat menyumbangkan pemikiran demi kelancaran proses perkuliahan. kami sangat berharap makalah ini dapat diterima dengan baik oleh dosen pembimbing dan pembaca sekalian serta dapat bermanfaat bagi siapa saja. Tak lupa kritik dan saran yang konstruktif dari pembaca untuk perbaikan makalah ini. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Kejadian inilah yang merupakan dasar dari ikatan ionik. maka atom tersebut menjadi ion negatif atau dikenal dengan istilah anion.BAB I PENDAHULUAN Seberapa penting struktur gas mulia adalah terletak pada struktur elektronik gas mulia seperti neon atau argon yang memiliki delapan elektron pada tingkat energi terluarnya (atau dua elektron pada kasus helium). . sedangkan atom yang kehilangan elektron akan bermuatan positif. maka ion positif dan negatif akan saling tarik menarik oleh gaya elektrostatik. Kamu mungkin akan menangkap kesan yang kuat bahwa ketika atom-atom bereaksi. terjadi transfer elektron dari satu atom ke atom lainnya. Jika atom ketambahan elektron. Struktur gas mulia tersebut merupakan gagasan secara keseluruhan dalam suatu cara “yang diinginkan― untuk menjelaskan atom supaya dimengerti. maka ada atom yang kedapatan elektron menjadi bermuatan negatif. Karena adanya perbedaan muatan antar ion (ion positif dan ion negatif). maka atom tersebut menjadi ion positif atau kation. Sedangkan jika atom kehilangan elektron. Oleh karena berpindahnya elektron. Pada ikatan ionik. atom-atom tersebut berusaha untuk mengorganisasi sesuatu hal tertentu seperti tingkat energi terluarnya supaya terisi penuh atau kosong sama sekali.

sedangkan klorin tumbuh lebih besarketika memperoleh sebuah elektron valensi tambahan. Ion positif cenderung lebih kecil dari atom induknya sementara ion negatif cenderung lebih . Sebagai contoh. Reaksi natrium dengan klor Konsep simulasi .Reenacts reaksi natrium dengan klor. selama reaksi natrium dengan klor: natrium (di kiri) kehilangan satu elektron valensi untuk klorin (dikanan). atom bereaksi membentuk ion. Perhatikan bahwa ketika natrium kehilangan satu elektron valensi itu akan lebih kecil ukurannya.BAB II ISI Dalam ikatan ion. Ion-ion malah dibebankan tertarik satu sama lain dengan gaya elektrostatik. Dalam proses baik kehilangan atau mendapatkan elektron bermuatan negatif. yangmerupakan dasar dari ikatan ionik. elektron-benar ditransfer dari satu atom ke yang lain. Menjadi ion natrium bermuatan positif (kiri) dan ion klor bermuatan negatif(kanan). Ini adalahkhas dari ukuran relatif dari ion untuk atom.

Padatan ionikmembentuk kristal dengan titik leleh tinggi karena kekuatan yang kuat antara ion tetangga. -Senyawa ionik cenderung membentuk padatan kristal dengan suhuleleh tinggi. Senyawa ionik berbagi banyak fituryang sama: -Ikatan ionik terbentuk antara logam dan bukan logam. Ikatan ionik yang terbentuk lebih kuat dibandingkan dengan ikatan ionik pada natrium klorida karena pada kondisi ini kamu memiliki ion 2+ yang . senyawa ionik dengan mudah menghantarkan listrik. terbentuk struktur gas mulia. fakta bahwa senyawa ionik padat. Fitur terakhir. dan juga untuk klorin untuktarik natrium. ion natrium dan klorin disusun dalam mode bergantianseperti yang ditunjukkan dalam skema. Setelah reaksi berlangsung. -Dalam larutan. kedua bukan logam (misalnya natrium klorida). hasil dari gaya antarmolekul (gaya antar molekul) dalam padatan ionik. -Dalam penamaan senyawa ionik sederhana. Na bermuatan +dan Cl-ion yang diselenggarakan bersama oleh gaya elektrostatik. -Senyawa ion larut dalam air dan pelarut polar lainnya. sehingga membentuk ikatan ion. dan magnesium oksida berikatan satu sama lain melalui dayatarik yang sangat kuat antara kedua ion. padatan terdiri dari banyak ion natrium bermuatan positif (gambar dibawahsebagai bola abuabu kecil) dan jumlah yang sama ion klorinbermuatan negatif (bidang hijau). logam selalu pertama. Konsep satu molekul tidak berlaku untuk kristal ionikkarena zat padat ada sebagai satu sistem kontinyu. Setiap ion natrium tertariksama ke semua tetangganya ion klorin. Jika kita mempertimbangkan kristal padat natrium klorida. Cl-1 Na+1 Cl-1 Na+1 Sodium Chloride Crystal Na+1 Cl-1 Na+1 Cl-1 Cl-1 Na+1 Cl-1 Na+1 Na+1 Cl-1 Na+1 Cl-1 Cl-1 Na+1 Cl-1 Na+1 NaCl Crystal Schematic Contoh magnesium oksida yang lain mengenai ikatan ionik Sekali lagi.besar dari induknya. Karena interaksi dari ionbermuatan.

oksida dayatarik adalah lebih besar. . Banyak sekali ion yang tidak memiliki struktur gas mulia dibandingkan dengan yang memiliki struktur gas mulia. terbentuk struktur gas mulia. tetapi tidak satupun yang memiliki struktur gas mulia. kimia Muatan lebih besar. Beberapa ion yang lazim dijumpai yang tidak memiliki struktur gas mulia Kamu dapat menjumpai beberapa ion berikut pada pelajaran tingkat dasar. magnesium kalsium klorida Saat ini kamu membutuhkan dua atom klor untuk digunakan oleh dua elektron terluar pada kalsium. Tinjauan Mengenai Ikatan Ionik  Elektron ditransferkan dari satu atom ke atom yang lain sebagai hasil pembentukan ion positif dan ion negatif. Semua ion tersebut bersifat sangat stabil. Karena itu rumus kimia kalsium klorida adalah CaCl2. Dibutuhkan dua atom kalium untuk mensuplai kebutuhan elektron oksigen. MgO.  Dayatarik elektrostatik antara ion positif dan ion negatif mengikat senyawa secara bersamasama. kalium oksida Sekali lagi. Rumus kimia kalium oksida adalah K2O. Yang perlu diubah adalah tinjauan dimana terdapat suatu yang menarik mengenai struktur gas mulia. Jadi apa yang baru? Pada intinya – tidak.menarik Rumus ion 2-.

sebagai contohnya) akan memiliki struktur seperti yang disebutkan diatas.Fe3+ Cu2+ Zn2+ Ag+ Pb2+ [Ar]3d5 [Ar]3d9 [Ar]3d10 [Kr]4d10 [Xe]4f145d106s2 Gas mulia (kecuali helium) memiliki struktur elektronik terluar ns2np6. maka lebih banyak energi yang dilepaskan ketika ion-ion bergabung. Pada akhirnya energi ionisasi total yang dibutuhkan menjadi sangat besar yang mana energi yang dilepaskan . total energi ionisasi menjadi semakin besar. Bagaimana cara menentukan muatan yang terdapat pada ion? Unsur-unsur bergabung untuk membentuk senyawa yang se-stabil mungkin – senyawa yang menghasilkan energi paling besar pada saat proses pembentukannya. Daya tarik yang lebih besar. Ion negatif lebih teratur! Unsur-unsur yang terletak pada golongan 5. semua unsur transisi dan setiap logam mengikuti deret transisi (seperti timah dan timbal pada golongan 4. bagaimana cara menentukan seberapa banyak elektron yang ditransferkan? Jawabannya terletak pada proses energetika pembentukan senyawa. Lebih besar muatan ion positif yang dimiliki. Semakin banyak elektron yang kamu hilangkan. Hal itu berarti bahwa hanya unsur-unsur yang terletak pada golongan 1 dan golongan 2 pada tabel periodik (terlepas dari hal aneh seperti skandium) dan alumunium pada golongan 3 saja yang dapat membentuk ion positif dengan struktur gas mulia (boron pada golongan 3 tidak dapat membentuk ion). menghasilkan dayatarik yang lebih besar terhadap ion negatif. Energi ini disebut dengan energi ionisasi. Dibutuhkan energi untuk menghilangkan elektron dari atom.6 dan 7 yang membentuk ion negatif sederhana semuanya memiliki struktur gas mulia. Hal ini berarti bahwa selama unsur membentuk ion positif akan cenderung untuk memberikan elektron sebanyak mungkin. sebagai contohnya). Jika unsur-unsur tidak membentuk struktur gas mulia ketika membentuk ion. Selain beberapa unsur pada permulaan deret transisi (skandium membentuk Sc3+ dengan struktur argon.

Hal ini menjadikan senyawa menjadi sangat tidak stabil.dibandingkan ion O. Karena elektron lebih dekat ke inti dibandingkan dua elektron pertama yang dihilangkan. karena senyawa yang mengandung ion O2-menjadikan senyawa tersebut paling stabil secara energetik.ketika terjadi dayatarik antara ion positif dan ion negatif tidak cukup besar untuk menutupinya. hal ini menghasilkan tarikan yang lebih kuat. Bagaimana dengan CaCl3 (mengandung ion Ca3+)? Untuk membuat satu mol senyawa ini. kenapa kalsium klorida CaCl2 lebih mudah terbentuk dibandingkan dengan CaCl atau CaCl3? Jika satu mol CaCl (mengandung ion Ca+) terbentuk dari unsurnya. kamu dapat memperkirakan bahwa kamu membutuhkan 1342 kJ. sesuatu hal yang memungkinkan untuk memperkirakan bahwa dihasilkan kalor sekitar 171 kJ.atau ion O3-. Argumentasi yang sama digunakan untuk ion negatif. Kelebihan jumlah kalor yang dihasilkan menjadikan senyawa lebih stabil. oksigen dapat lebih mudah membentuk ion O. Kamu dapat memperoleh 795 kJ. Akan tetapi. pembuatan CaCl2 (mengandung ion Ca2+) melepaskan lebih banyak kalor. Sebagai contoh. Unsur-unsur membentuk ion yang menghasilkan senyawa yang paling stabil – yaitu senyawa yang melepaskan energi paling banyak secara keseluruhan (over-all). hal inilah yang menyebabkan kenapa kamu akan lebih mudah memperoleh CaCl2dibandingkan CaCl. . Kenapa begitu banyak energi yang dibutuhkan untuk membuat CaCl3? Hal ini karena energi ionisasi ketiga (energi yang diperlukan untuk menghilangkan elektron yang ketiga) sangat tinggi (4940 kJ mol-1) karena elektron yang dihilangkan berasal dari tingkat-3 dibandingkan daripada elektron dari tingkat-4. Sebagai contoh.

kami sebagai penyusun menyampaikan terima kasih.org/materi_kimia/struktur_atom_dan_ikatan/ikatan_kimia/ikatan_ionik_elektrovalen/kamis 2012 1-3- . DAFTAR PUSTAKA http://www.uk/atoms/bonding/ionic.chemguide.chem-istry. Saran Saran dari kami sebagai penyusun makalah yaitu agar setiap mahasiswa yang mengikuti proses pembelajaran ini dapat menyikapi dengan serius untuk bisa memahami materi ini.php?mid=55/Kamis 1-3-2012 http://www.visionlearning. Hal ini sangat penting untuk dipelajari karena merupakan salah satu unsur penting dalam memahami dan mempelajari kimia. Atas perhatiannya.com/library/module_viewer.co.html/kamis 1-3-2012 http://www.BAB III PENUTUP Kesimpulan Dari makalah yang di buat in maka disimpulkan bahwa ikatan ionic adalah proses kehilangan atau mendapatkan electron. kiranya dosen pembimbing dapat memberikan klarifikasi agar tidak ada pemahaman yang keliru seputar materi ini. Selain itu.

IKATAN IONIK KIMIA ANORGANIK II Oleh David Jeri Tumurang 10 310 946 B UNIVERSITAS NEGERI MANADO FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM PENDIDIKAN KIMIA 2012 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful