1.

Provinsi DI Aceh / Nanggro Aceh Darussalam / NAD Tari Tradisional : Tari Seudati, Tari Saman Meuseukat

Tari Seudati, berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh. Tari Saman Meuseukat, di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan, terutama ajaran agama Islam 2. Provinsi Sumatera Utara / Sumut Tari Tradisional : Tari Serampang Dua Belas, Tari Tor-tor

Tari serampang dua belas, tarian khas asal Kasultanan Serdang, Sumatera Utara, ternyata akhir-akhir ini mengalami pendangkalan dalam hal teknik. Pendangkalan itu terjadi karena tari yang mulai populer pada era 1950-an itu banyak ditarikan oleh orang dari berbagai daerah sehingga terjadi pergeseran dari teknik-teknik asli.

Gerakan pada tarian ini sebagian besar meletakkan dua buah piring di atas dua telapak tangan dengan gerakan tari yang cepat. Tari Piring Sumatera Barat melambangkan perasaan gembira karena berhasilnya cocok tanam masyarakat dan juga sebagai simbol kepercayaan.3. Provinsi Sumatera Barat / Sumbar Tari Tradisional : Tari Piring. Tari payung piring. Pada akhir tarian biasanya piring tersebut dilempar ke lantai dan para penari akan menari di atas pecahan . Tarian ini diiringi oleh talempong dan saluang. dengan nuansa warna merah dan kuning khas Minangkabau.tari piring Sumatera Barat dibawakan bersama atau berpasangan. Yang diselingi dentingan piring atau dentingan dua cincin di jari penari terhadap piring yang dibawanya.Pakaian yang digunakan penari haruslah pakaian yang cerah.

Sampai di Kepulauan Melayu Nusantara melalui dua route perdagangan iaitu Hadramaut dan lainnya dari Gujarat. Istilah 'Zapin' berasal dari bahasa Arab 'Al-Zafn' yang artinya ‘langkah tari’ (dance steps). Contoh Rentak Zapin adalah Zapin Tempurung dan Zapin Kipas.4. Zapin dikenalkan kepada pribumi oleh para pedagang dan juru dakwah Arab dan India yang tampaknya juga memboyong sekalian para artist dan musisi langsung dari tanah asal mereka. India. Bentuk adaptasi dari tarian ini dengan memasukkan warna tempatan kemudian juga muncul dan selanjutnya dikenal sebagai Zapin Melayu (Zapin/Jepin/Jepen). Provinsi Riau Tari Tradisional : Tari Tanduk. . Sekitar abad ke-13 dan 14. Tari Joged Lambak. zapin Zapin berasal dari Hadramaut di Jazirah Arab. Zapin pada perkembangannya kemudian berasimilasi dengan budaya Melayu pribumi diskenal sebagai Zapin Arab (Zafin). Yang memang jenis tarian ini banyak bertumpu pada variasi loncatan gerak kaki.

.5. Menyambut dengan hati yang putih muka yang jernih menunjukkan keramahtamahan bagi tetamu yang dihormati. Busana penari tepak atau tanggai ini tidak selengkap busana dan asesoris penari Gending. Provinsi Jambi Tari Tradisional : Tari Sekapur Sirih. Kepada Tamu-tamu besar di Propinsi Jambi 6. Tari Selampit Delapan Tarian ini berasal dari Jambi .Keagungan dalam gerak yang lembut dan halus menyatu dengan iringan musik serta syair yang ditujukan bagi para tamu. Perbedaannya pada jumlah penari dan busananya.Tarian Sekapur sirih merupakan tarian Selamat Datang . Tari Putri Bekhusek Tari tepak atau tari tanggai yang biasa digelarkan untuk menyambut tamu-tamu terhormat. Tari tepak atau tanggai dibawakan oleh 5 penari sedangkan tari Gending Sriwijaya 9 penari. Tarian ini memiliki persamaan dengan tari Gending Sriwijaya. Provinsi Sumatera Selatan / Sumsel Tari Tradisional : Tari Tanggai.

(2) kebaya panjang warna putih. (3) gujeh sebuah. (6) kalung papan jajar. (3) ikat pandan. cengget Tarian cangget yang menjadi ciri khas orang Lampung ini sebenarnya terdiri dari beberapa macam. Tari Tanggai sering dipergunakan dalam acara pernikahan masyarakat Sumatera Selatan. acara-acara resmi organisasi dan pergelaran seni di sekolah-sekolah. dan (5) baju sebelah. (11) anting-anting. (2) bende sebuah. (3) siger. Sanggarsanggar seni di kota Palembang banyak yang menyediakan jasa pergelaran tarian tanggai ini. Peralatan musik yang digunakan untuk mengiringi tari Canget diantaranya adalah: (1) canang lunik 8--12 buah. . dan (6) pepetuk 2 buah.Kelenturan gerak dan lentiknya jemari penari menunjukan betapa tulusnya tuan rumah memberikan penghormatan kepada tamu. 7. (7) buah jarum. Sedangkan busana dan perlengkapan pada penari laki-laki adalah: (1) kain tipis setengah tiang. `Busana yang dikenakan oleh penari perempuan adalah: (1) kain tapis. Cengget Nyambuk Temui. Tari Melinting. Perpaduan gerak gemulai penari dengan harmoni lagu pengiring yang berjudul enam bersaudara melambangkan keharmonisan hidup masyarakat Palembang. (4) gelang burung. (2) bulu seratai. (9) tanggai. (10) peneken. lengkap dengan kemewahan pakaian adat Sumatera Selatan. (5) gelang ruwi. (8) bulu seratai. (4) jubah. (5) gendang sebuah. yaitu: 1. Provinsi Lampung Tari Tradisional : Tari Jangget. dan (12) kaos kaki warna putih. adalah tarian yang dibawakan oleh para pemuda dan pemudi dalam upacara menyambut tamu agung yang berkunjung ke daerahnya. (4) gong 2 buah.

tari andun biasanya digunakan sebagai sarana mencari jodoh setelah selesai panen padi. Sebagai bentuk pelestariannya. Pada zaman dahulu. 9. Provinsi DKI Jakarta Tari Tradisional : Tari Topeng. Provinsi Bengkulu Tari Tradisional : Tari Andun. perkawinan. Tarian ini juga biasanya dipersembahkan pada acara penobatan raja.8. Biasanya dilakukan oleh para bujang dan gadis secara berpasangan pada malam hari dengan diringi musik kolintang. sebagai hiburan keluarga dengan penari-penari tertentu. kelahiran dan penyambutan tamu kraton. Tari Yapong Tari Topeng Kutai hanya disajikan untuk kalangan kraton saja. saat ini dilakukan sebagai salah satu sarana hiburan bagi masyarakat khususnya bujang gadis. Tari Bidadei Teminang Tari Andun merupakan salah satu tarian rakyat yang dilakukan pada saat pesta perkawinan. .

Provinsi Jawa Barat / Jabar Tari Tradisional : Tari Topeng Kuncaran. Tari Merak Tari Topeng Kuncaran.10. sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah dan memukau. Tari Merak. . merupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful