ADAT ISTIADAT

Mengenal dan Penelitian Adat Istiadat Suku Sasak - Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Lombok yang terkenal sebagai tempat wisata yang indah ini, dihuni oleh satu suku yang unik kebudayaannya untuk diketahui lebih dalam lagi.

Bujur

Timur

dan

8o

Dengan letak geografis antara 116o - 117o -9o Lintang Selatan.

Pulau ini berbentuk menyerupai bentuk bulat dan juga berbentuk semacam “ekor” di sisi barat daya yang panjangnya kurang lebih 70 km. Luas pulau ini juga mencapai 5.434 km2. Menurut data dari Kabupaten Lombok Timur, pada tahun 2007 jumlah penduduk 1.067.673 jiwa yang terdiri atas 486.645 jiwa (45,63%) lakilaki dan perempuan 581.028 jiwa. Membahas 7 unsur kebudayaan lebih dalam lagi tentang seluk-beluk kebudayaan dari Suku Sasak: 1. Sistem Teknologi • Rumah Adat • Benda-benda 2. Sistem Religi / Kepercayaan • Sejarah masuknya agama Islam • Ritual-ritual suku sasak • Upacara adat 3. Sistem Bahasa • Dialek bahasa • Tingkatan bahasa • Aksara 4. Sistem Mata Pencaharian

Sistem Kesenian • Ragam kesenian Suku Sasak • Pakaian adat 7. . Kata sasak itu sendiri berasal dari kata sak-sak yang artinya sampan. Karena moyang orang Lombok pada jaman dulu berjalan dari daerah bagian barat Lomboq(lurus) sampai kearah timur terus menuju sebuah pelabuhan di ujung timur pulau yang sekarang bernama Pelabuhan Lombok. mereka menamai keturunannya menjadi suku Sak-sak. sebagai tanda kisah perjalanan dari Jawa memakai sampan (sak-sak). pada jaman Raja yang bernama Rakai Pikatan dan permaisurinya Pramudhawardani.5. Mereka banyak menikah dengan penduduk asli hingga memiliki anak keturunan yang menjadi raja sebuah kerajaan yang didirikan yang bernama Kerajaan Lombok yang berpusat di Pelabuhan Lombok. Sistem Pengetahuan • Waktu 6. yang lama-kelamaan menjadi Sasak. Setelah beranak pinak. Organisasi Sosial • Sistem keluarga • Pelapisan Sosial • Sistem kekerabatan • Penikahan Suku Sasak • Sistem Pemerintahan Nenek moyang Suku Sasak berasal dari campuran penduduk asli Lombok dengan para pendatang dari Jawa Tengah yang terkenal dengan julukan Mataram.

kenceng. gendang.akan tetapi lebih dari itu penyajian gendang beleq merupakan seni tari yang memeliki keunikan dan kekhasan tersendiri sebagai sebuat tarian. Kemudian masuk 4/6 orang penari oncer. ikat pinggang. Penyajian Gendang Beleq ini memiliki bagian-bagian seperti : 1. Bagian pertama ditarikan bersama oleh penari oncer. sedangkan penari oncer mengenakan busana celana tiga perempat. baju krah sanghai lengan panjang. kain tiga perempat.Bagian ini merupakan tari untuk menghibur.Gendang beleq mempunyai arti yaitu Gendang Besar. Gendang Beleq terdiri dari 2 orang penabuh gendang. Diawali dengan masuknya 2 orang penari gendang. Bagian ini merupakan gambaran setelah peperangan selesai. oncer.dengan perkembangan zaman gendang beleq digunakan untuk menyambut kedatangan tamu. 3. Sebagai akhir sari penari oncer keluar pentas diikuti penari gendang. terumpang. baju krah sanghai lengan panjang. gong. .entara penari gendang mengambil posisi di samping kiri kanan sebagai latar belakang. ikat kepala.gendang beleq juga memiliki struktur penyajian seperti : 1. 3. dodos. ikat pinggang. tampak tarian ini sangat gagah dan dinamis. Para penari Gendang Beleq memakai busana celana tiga perempat. gendang baleq dari lombok gendang baleq dari lombok Pada dasarnya Gendang Beleq merupakan alat musik.ini dikarenakan ukurannya yang besar melebihi ukuran gendang pada biasanya.Bagian ini merupakan gambaran keberangkatan para prajurit ke medan perang. pencek. dan ikat kepala. se. Bagian kedua ditarikan oleh penari petuk dengan gerak-gerak yang lucu. gendang dan petuk. 4 atau 6 orang penari oceh/oncer ( disebut demikian karena para penari sambil menari memegang alat musik copeh yang sewaktu-waktu di mainkan mengikuti irama musik ) dan 1 orang penari petuk ( membawa alat musik petuk yang dimainkan mengikuti irama musik). Bagian ketiga ditarikan bersama penari oncer.Gendang Beleq diciptakan untuk mengiringi dan menghibur prajurit menuju medan perang dan menyambut kedatangan dari medan perang. 2. Selain itu masih banyak juga alat musik yang digunakan dalam penyajian gendang beleq ini seperti suling. dan petuk. Penari oncer mengambil posisi clucluk sambil menyanyi lagu Pampang Paoq.KESENIAN DAERAH Gendang Beleq merupakan salah satu alat musik tradisional dari suku sasak di lombok. dan hiasan dada. kain tiga perempat. 2. Selain memiliki bagian-bagian tertentu.Akan tetapi.

gerakangerakannya bersifat improvisasi meskipun terdapat gerak-gerak tertentu yang menjadi ciri khas gerak pada tari tersebut. 3. Penepekan. Ditarikan seorang penari laki-laki yang berbusana wanita. Tangis. pada tahun 1991 diadakan penataan tari gandrung oleh Abdul Hamid dan Dra. gunanya untuk melindungi dari gangguan pasangan menari yang nakal (kurang sopan). penggambaran perasaan rindu pada seseorang untuk diajak berkomunikasi. Luh Putu Sari Ekayani dengan menambah jumlah penari menjadi 5 orang penari wanita dan diberi nama Gandrung Rembak. gelung. diungkapkan Iewat link lagu. ampokampok. pengibingan berasal dari kata ngibing yang berarti menari bersama (antara penari gandrung dan penonton yang ditepek). Penari memakai busana kain panjang. memilih seorang yang disenangi untuk diajak menari. Bapangan. Calon penari yang terpilih dinyatakan dengan sentuhan kipas (nepek) oleh penari gandrung. . Ditampilkan di arena terbuka yang dikelilingi penonton. yaitu : 1. Untuk mengangkat tad gandrung pada panggung prosenium. baju lengan panjang. Gandrung merupakan tari pergaulan muda-mudi dan bersifat hiburan. dan tindak barong. Gandrung rembak berarti gandrung banyak. bapang dan membawa property kipas.TARI GANDRUNG Tari kreasi ini berasal dari daerah Lombok. menggambarkan seorang gadis yang ingin menarik perhatian lawan jenisnya dengan memperlihatkan kemampuannya sendiri. 5. kemben. Struktur penyajiannya terbagi menjadi 4 bagian. Pada bagian gelung dilengkapi dengan semacam senjata dari bambu yang diruncingkan. Pengibingan. dengan waktu penyajian yang panjang yaitu lebih kurang 3 jam. 4. 2. yaitu ngindang. Pada awalnya gandrung adalah seni pertunjukan rakyat yang hidup berkembang di tengah-tengah masyarakat Lombok. maksudnya tari gandrung yang ditarikan oleh beberapa orang penari. dengan waktu penyajian 7 menit. gabor seriak. ngecok.

Loombo' artinyalurus. Aji krama ( tingkat keutamaan ) golongan bangsawan mempunyai nilai yang tinggi dibandingkan golongan kaula dan pelaksanaan tata upacara lebih rumit dibandingkan tata cara perkawinan kalangan masyarakat biasa. Sasak dan Lombok mempunyai kaitan yang sangat erat sehingga tidak dapat dipisahkan.SUKU BANGSA Suku bangsa sasak yang memdiami pulau Lombok menggunakan bahasa daerah sasak. Perbedaan stratifikasi sosial sangat terlihat dalam prosesi upacara. Berikut adalah salah satu suku bangsa yang ada di pulau Lombok : Suku Sasak Penduduk asli pulau Lombok di dominasi oleh suku Sasak yang mendiami daerah bagian selatan dan utara Pulau Lombok dan sebagian besar penduduk asli pulau Lombok berdomisili di perbukitan dan pegunungan. Di Gumi Sasak inilah mereka menggantungkan harapan dan kehidupannya. Suku bangsa adalah suatu kelompok sosial yang memiliki corak kebudayaan yang khas. Sedangkan bahasa jamaq digunakan dalam bahasa sehari – hari terutama dalam pergaulan masyarakat biasa. Masyarakat Suku Sasak menyebut Pulau Lombok dengan Gumi Sasak. Pada umumnya bahasa daerah sasak dibagi dua yaitu bahasa halus dan bahasa jamaq. Dengan demikian. seperti pada upacara sorong serah aji krama yaitu salah satu bagian dari upacara perkawinan adat sasak. Bahasa halus digunakan untuk berbicara dengan yang lebih tua. Sa' berarti satu. dimana keduanya terjalin menjadi satu satu yang berasal dari kata Sa'sa' Loombo. orang tua dan dengan golongan bangsawan sasak. . atau "satu-satunya kelurusan". Namun pada saat ini perbedaan stratifikasi sosial tidak seketat dulu hal ini tidak lepas dari pengaruh modernisasi. Sasak Lombok berarti satunya lurus. menjalani rangkaian proses kehidupan dari generasi ke generasi. Masyarakat suku sasak dalam stratifikasi sosialnya dibagi dua kelompok yaitu golongan bangsawan atau permenak dan kelompok rakyat biasa yang disebut jajar karang atau kaula.

" . Selain itu dengan banyaknya penduduk suku Bali yang berdiam di Lombok di beberapa tempat terutama di Lombok Barat dan Kotamadya Mataram dapat dijumpai perkampungan yang menggunakanbahasa Bali sebagai bahasa percakapan sehari-hari. mamben lauq. misalnya pohon asam. timur laut dan tenggara. maka dusun yang dicarikan nama itu. Bahasa Sasak adalah bahasa yang sangat sederhana. penduduk pulau Lombok (terutama suku Sasak) menggunakan bahasa Sasak sebagai bahasa utama dalam percakapan sehari-hari.BAHASA DAERAH Disamping bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. cukup dinamakan dengan "Dasan Bagik" (bagik = asam). Misal. tengah. paling banyak terdiri dari dua suku kata. Cukup dengan menambahkan kata "timur" atau "barat". Kemudian apabila di tempat tersebut berdiri sebuah pohon. dan "utara" atau "selatan". mamben daye. Bahasa Sasak dapat dijumpai dalam empat macam dialek yang berbeda yakni dialek Lombok utara .

4. adik. anak. paman. ibu. seorang ibu dan seorang anak. Toker dari inaq dan amaq. Baloq dari inaq dan amaq. menantu.SISTEM KEKERABATAN Suku sasak yang mendiami gumi Selaparang ini menggunakan bahasa daerah Sasak. Pada umumnya bahasa daerah Sasak tersebut dibagi dua yaitu bahasa alus dan bahasa jamaq. kakek. Sistem kekerabatan suku sasak terdiri dari : Keluarga inti. dan merupakan Baloq dari ego ) Tata ( Orang tua dari Baloq. Baloq dari Baloq. sepupu. 5. mertua. Goneng dari inaq dan amaq. Bahasa alus digunakan untuk berbicara dengan orang yang lebih tua dan dengan golongan bangsawan sasak sedangkan bahasa jamaq digunakan dalam pergaulan sehari hari. papuq dari inaq dan amaq. Keluarga luas Keluarga ini terdiri ayah. kakak. dan merupakan Tata dari ego ) Toker (Orang tua dari Tata. Tata dari inaq dan amaq. Papuq dari Papuq Nina dan Papuq Mama. dan merupakan Kleoq dari ego )    1. dan merupakan Goneng dari ego ) Kleoq (Orang tua dari Goneng. papuq dari Baloq. bibi. Tata dari Papuq Nina dan Papuq Mama. 8. . papuq dari Tata. 2. Baloq dari Papuq Nina dan Papuq Mama. nenek. 3. baloq dari Tata. Toker dari Papuq Nina dan Papuq Mama. dan merupakan Toker dari ego ) Goneng (Orang tua dari Toker. 7. Keluarga besar Terdiri dari : Ego Inaq dan Amaq (Orang tua dari Ego) Papuq Nina dan Papuq Mama (Orang tua inaq dan amaq atau papuq dari ego) Baloq ( Orang tua dari Papuq Nina dan Papuq Mama. 6. tata dari Baloq. papuq dari Toker. Terdiri dari seorang ayah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful