1.

PURIN

Struktur utama:

Gambar 1. Struktur utama purin Mempunyai 2 cincin karbon dengan 4 atom nitrogen. Banyak ditemukan pada kopi (Coffea arabica) famili Rubiaceae, dan Teh (Camellia sinensis) dari famili Theaceae, Ilex paraguaricasis dari famili Aquifoliaceae, Paullunia cupana dari famili Sapindaceae, Cola nitida dari famili Sterculiaceae dan Theobroma cacao. Purin adalah sebuah senyawa organik heterosiklik aromatik, yang terdiri dari cincin pirimidina dan cincin imidazola yang bergandeng sebelahan. Purina merupakan salah satu dari dua grup basa nitrogen. Purina, termasuk purinapurina bersubstitusi dan berbagai tautomernya, adalah heterosiklik bernitrogen yang paling banyak tersebar di alam. Nama 'purin' (purum uricum) diusulkan oleh kimiawan Jerman Emil Fischer pada 1884. Dia mensintesis purin pertama kalinya pada 1899. Bahan awal dari runtutan reaksinya adalah uric acid, yang diisolasi dari batu ginjal oleh Scheele pada tahun 1776. Uric acid direaksikan dengan PCl5 yang menghasilkan 2,6,8trichloropurine, yang kemudian dikonversi dengan menggunakan HI and PH4I dan menghasilkan 2,6-diiodopurine. Produk ini lalu direduksi menjadi purina dengan menggunakan serbuk timah. Purina ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam daging dan produk daging, terutama organ dalam seperti hati dan ginjal. Makanan dari tumbuhan
1

teri. hering. unggas. C. lentil. Bovril). 3.Contoh makanan yang mengandung banyak purina adalah daging sapi muda (sweetbreads). PREKURSOR Bahan awal dari runtutan reaksinya adalah uric acid. hati. Oxo. daging hewan liar buruan. asparagus. yang bekerja pada susunan syaraf pusat. ikan dan makanan laut lainnya. dan gravy. Meskipun kopi terutama digunakan 2 .6-diiodopurine. ginjal. buncis. Produk ini lalu direduksi menjadi purina dengan menggunakan serbuk timah. dried pea. havermut. ercis. otak.biasanya mengandung sedikit purina. ginjal sapi. sardin. kulit bulir gandum. otot – otot jantung. yang diisolasi dari batu ginjal oleh Scheele pada tahun 1776. dan "mata" bulir gandum 2. kerang.6. kubis bunga. yang kemudian dikonversi dengan menggunakan HI and PH4I dan menghasilkan 2.8-trichloropurine. Uric acid direaksikan dengan PCl5 yang menghasilkan 2. bayam (spinach). jamur. Aksi dari kopi pada prinsipnya di dasarkan pada daya kerja kafein. Liberica (fam: Rubiaceae) mengandung kafein. ekstrak daging (mis. INDIKASI Salah satu derivat alkaloid purin adalah kafein. makerel.Alkaliod ini diperoleh dari biji kopi Coffe arabica.Purina juga cukup banyak terdapat dalam daging babi.

Indikasi lain dari derivate ini adalah. Pembuatan atau sintesis purin juga bisa dilalcukan oleh tubuh sendiri dari bahanbahan seperti: .Glutamin .3 dimetil xantin (isomer Theobromina) yang berguna sebagai bronkodilator dan diuretik).CO. Sembilan puluh delapan persen asam urat extraselluler (di luar sel) akan membentuk garam Mono Sodium Urat (MSU).Glisin .7 Dimetil Xantin) Diperoleh dari biji tumbuhan Theobroma cacao (fam: Sterculaceae) yang berguna sebagai diuretik dan stimulan SSP. cola nitida (fam starculiaceae). sedangkan purin adalah protein yang termasuk golongan nukleo protein.Asam aspartat . AKTIFITAS BIOLOGIS Pada manusia.sebagai minuman. Purin berasal atau didapat dari makanan dan berasal dari penghancuran sel-sel tubuh yang sudah tua. Asam urat adalah asam lemah yang pada pH normal akan terionisasi di dalam darah dan jaringan. 4. Kelebihan asam urat dibuang melalui ginjal dan usus. menjadi ion urat. asam urat merupakan hasil akhir metabolisme purin. lalu mengalami oksidasi menjadi asam urat.3 Dimetil Xantin) Merupakan isomerdari 1. Selain tumbuan kopi ada tumbuhan lain yang juga mengandung caffein seperti camellia sinensis (fam: Theaceae). tetapi dapat juga digunakan sebagai stimulans dan diuretic. Dengan berbagai kation yang ada. Pada arthritis gout terjadi 3 .Theobromina (3. Juga kopi ini digunaskan untuk mengobati keracunan yang mempunyai tanda – tanda adanya deprosi pada susunan syaraf pusat.bentuk garam.Asam folat Diduga metabolit purin diangkut ke hati. ion urat akan mem.Theofilina (1. .

darah tidak mampu lagi menampung asam urat sehingga terjadi pengendapan kristal urat di berbagai organ seperti sendi dan ginjal.ada tidaknya zat yang mempertahankan kelarutan asam urat di dalam cairan sendi (seperti proteolikan) . misal >7 mg/dl. Pada keadaan hiperurisemia ini.pembentukan kristal MSU-Monohidrat (MSUM).berkurangnya jumlah air dalam cairan sendi Kelarutan garam urat dan asam urat amat penting dalam pembentukan kristal. asam urat tersebut harus dikeluarkan dari tubuh. Beberapa faktor yang berperan pada pembentukan kristal MSUM.konsentrasi MSU di tempat terjadinya kristal . maka plasma darah menjadi amat jenuh.urin Kelarutan asam urat di urin akan meningkat bila pH lebih dari 4. Garam urat lebih mudah larut di: . Tetapi bila kadar asam urat plasma melebihi daya larutnya. Untuk mempertahankan konsentrasi asam urat darah dalam batas-batas normal.plasma .temperatur lokal . Keadaan ini disebut hiperurisemia.cairan sendi . antara lain: . Untuk itu asam urat ini melalui aliran darah dan dikeluarkan melalui ginjal. Secara umum darah manusia mampu menampung asam urat sampai tingkatan tertentu. 4 .

5. dan pelarutnya dipisahkan dari filtratnya dengan menggunakan 5 . REAKSI PEMBENTUKAN (SINTESIS) Formamide (45 gram) dipanasi dalam wadah terbuka dilengkapi condenser selama 28 jam dicelup dalam minyak pemanas (oil bath) pada suhu 170-190 oC. Larutan metanol kemudian disaring.1 gram) dengan menggunakan distilasi vakum. Setelah mengeluarkan eksess formamide (32. residunya lalu direflux dengan metanol.

titi leleh 218 oC. Diakses tanggal 4 Maret 2012 Anonim b. Kumpulan Kuliah Farmakologi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC Daniel. 2006.Farmakologi Medis. Orgel. Jakarta: Erlangga 6 . 4.org/wiki/Purine. 2008.93 gram (71% yield dari formamide yang dipakai). yang mana bisa diubah menjadi bentuk-bentuk purin alamiah yang penting. Referensi Sczcehny.distilasi vakum. “Purine” . Hasilnya adalah produk yang hampir murni.wikipedia. Edisi ke-2. menunjukan bahwa empak molekul dari HCN ter-tetramer yang kemudian membentuk diaminomaleodinitrile. Oro. en. Jilid III. Kristalisasi dengan aseton menghasilkan kristal purin yang jernih. dkk. Medicinal Plants: Chemistry and Properties. M. Paris: Elsevier Anonim a. Alkaloids – Secrets of Life. Enfield: Science Publisher Anthony. 2012. Tadeusz. 2007. G Myer.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful