Kanker Lambung

Tumor jinak di lambung agaknya tidak menimbulkan gejala atau masalah medis. Tetapi kadang-kadang, beberapa mengalami perdarahan atau berkembang menjadi kanker. Sekitar 99% kanker lambung adalah adenokarsinoma. Kanker lambung lainnya adalah leiomiosarkoma (kanker otot polos) dan limfoma. Kankler lambung lebih sering terjadi pada usia lanjut. Kurang dari 25 % kanker tertentu terjadi pada orang di bawah usia 50 tahun. Penyebab Kanker lambung sering dimulai pada sisi dimana lapisan lambung meradang. Tetapi banyak ahli yakin bahwa peradangan adalah akibat dari kanker lambung, bukan sebagai penyebab kanker.kebanyakan penderita ulkus dan kanker lambung, kemungkinan sudah mengidap kanker yang tidak terdeteksi sebelum tukaknya terbentuk. Helicobacter pylori, kuman yang memegang peranan penting dalam ulkus duodenalis, juga bisa berperan dalam terjadinya kanker lambung. Faktor makanan tertentu diperkirakan berperan dalam pertumbuhan kanker lambung. - asupan garam yang tinggi - asupan karbohidrat yang tinggi - asupan bahan pengawet (nitrat) yang tinggi - asupan sayuran hijau dan buah yang kurang. Gejala Pada stadium awal kanker lambung, gejalanya tidak jelas dan sering tidak dihiraukan. Jika gejalanya berkembang, bisa membantu menentukan dimana lokasi kanker lambung tersebut. Sebagai contoh, perasaan penuh atau tidak nyaman setelah makan bisa menunjukkan adanya kanker pada bagian bawah lambung. Penurunan berat badan atau kelelahan biasanya disebabkan oleh kesulitan makan atau ketidakmampuan menyerap beberapa vitamin dan mineral. Anemia bisa diakibatkan oleh perdarahan bertahap yang tidak menyebabkan gejala lainnya. Kadang penderita juga bisa mengalami muntah darah yang banyak (hematemesis) atau mengeluarkan tinja kehitaman (melena). Bila kanker lambung bertambah besar, mungkin akan teraba adanya massa pada dinding perut. Pada stadium awal, tumor lambung yang kecil bisa menyebar (metastasis) ke tempat yang jauh. Penyebaran tumor bisa menyebabkan pembesaran hati, sakit kuning (jaundice), pengumpulan cairan di perut (asites) dan nodul kulit yang bersifat ganas. Penyebaran kanker juga bisa menyebabkan pengeroposan tulang, sehingga terjadi patah tulang.

Diagnosa Gejala kanker lambung bisa dikelirukan dengan tukak lambung.Bila gejala tidak hilang setelah penderita minum obat untuk ulkus atau bila gejalanya meliputi penurunan berat badan, maka dicurigai suatu kanker lambung. Pemeriksaan rontgen yang menggunakan barium untuk menandai perubahan di permukaan lambung sering dilakukan, tetapi jarang bisa menemukan kanker lambung yang kecil dan dalam stadium awal. Endoskopi adalah prosedur diagnostik yang paling baik karena - memungkinkan dokter melihat lambung secara langsung - bisa mencari adanya Helicobacter pylori, kuman yang berperan dalam kanker lambung - bisa mengambil contoh jaringan untuk pemeriksaan mikroskopis. Pengobatan Polip lambung jinak diangkat dengan menggunakan endoskopi.Bila karsinoma ditemukan di dalam lambung, pembedahan biasanya dilakukan untuk mencoba menyembuhkannya.Sebagian besar atau semua lambung dan kelenjar getah bening di dekatnya ikut diangkat. Bila karsinoma telah menyebar ke luar dari lambung, tujuan pengobatannya adalah untuk mengurangi gejala dan memperpanjang harapan hidup. Kemoterapi dan terapi penyinaran bisa meringankan gejala. Hasil kemoterapi dan terapi penyinaran pada limfoma lebih baik daripada karsinoma.Mungkin penderita akan bertahan hidup lebih lama bahkan bisa sembuh total.

Lipoma (sel-sel lemak) .Teknetium radioaktif bisa disuntikkan ke dalam pembuluh darah dan dilihat hasilnya pada foto rontgen. 2.Neurofibroma (sel-sel saraf) . terutama bila tumornya berdarah. Prosedur ini membantu menentukan lokasi dari tumor yang berdarah. limfoma dan tumor karsinoid.Untuk pertumbuhan yang besar. Tetapi tumor yang berukuran besar bisa menyebabkan terdapatnya darah salam tinja. panas atau fototerapi laser. Kanker ini lebih sering ditemukan pada penderita penyakit seliak. bisa tumbuh pada bagian tengah usus halus (jejunum) atau bagian bawah usus halus (ileum). .Fibroma (jaringan ikat) . Tumor ganas yang jarang ditemukan meliputi karsinoma.Leiomioma (sel-sel otot). Bisa dilakukan pemeriksaan endoskopi untuk mengamati tumor dan mengambil contoh untuk pemeriksaan mikroskopik. Karsinoma pada usus halus jarang terjadi.Kanker usus halus Kebanyakan tumor usus halus adalah jinak. Perdarahan kemudian dikoreksi dengan pembedahan.Limfoma bisa menyebabkan bagian usus menjadi kaku dan memanjang. Arteriografi (foto rontgen yang diambil setelah zat warna disuntikkan ke dalam pembuluh darah) bisa dilakukan pada pembuluh darah usus. mungkin perlu dilakukan pembedahan. Kebanyakan tumor jinak tidak menyebabkan gejala.Foto rontgen barium dapat menunjukkan seluruh usus halus dan bisa digunakan untuk menggambarkan keadaan tumor. penyumbatan usus (sebagian atau total). atau penjeratan usus bila satu bagian usus masuk ke usus yang berada di depannya (intususepsi).Pertumbuhan kecil bisa dihancurkan melalui endoskopi dengan elektrokauter. Limfoma adalah kanker yang terjadi pada sistem getah bening.Tetapi lebih sering terjadi pada penderita penyakit Crohn di usus halus. Tumor Ganas 1. Tumor Jinak Tumor jinak pada usus halus meliputi .

pengobatan kanker usus halus dibuat berdasarkan hasil foto rontgen barium. perlu dilakukan pembedahan eksplorasi. .Tumor ini bisa menyebabkan penyumbatan dan perdarahan ke dalam usus yang bisa menimbulkan gejala berupa darah dalam tinja.Sarkoma Kaposi juga bisa muncul sebagai bintik merah keunguan di kulit.3. terutama terjadi di Afrika dan pada penerima organ cangkokan serta penderita AIDS.Tumor ini bisa dimulai di bagian usus mana saja. Tumor karsinoid. sehingga perlu dilakukan pembedahan darurat. usus halus atau di akhir usus besar. Untuk memperkuat diagnosis.Tumor karsinoid bisa mengeluarkan hormon yang menyebabkan diare dan kemerahan di kulit. endoskopi atau pembedahan eksplorasi. Usus halus. Sarkoma Kaposi Sarkoma Kaposi yang sangat ganas. nyeri kram perut. tetapi biasanya dimulai dari lambung. penderita bisa mengalami diare dan tinjanya bisa mengandung protein dan darah. Walaupun biasanya tidak menimbulkan gejala. terutama ileum adalah bagian yang paling sering terkena Tumor karsinoid. perut menggelembung dan muntah.Bisa terjadi intususepsi (masuknya sebagian usus ke dalam usus di dekatnya). cenderung menyumbat usus dan menghentikan aliran darah ke usus. Pengobatan terbaik adalah pengangkatan tumor melalui pembedahan. 4.

Jika polip adenomatosa di kolon tidak diangkat. makin besar resiko terjadinya keganasan. Selain itu. Polip bisa tumbuh dengan atau tanpa tangkai dan ukurannya bervariasi. polip biasanya ditemukan pada pemeriksaan rutin sigmoidoskopi. Diagnosa Pada pemeriksaan colok dubur akan dapat dirasakan oleh jari tangan adanya polip di rektum. Makin besar ukurannya. kemungkinan akan menjadi ganas.Bila pada sigmoidoskopi ditemukan polip. Pemeriksaan ini dilakukan. Sekitar 25% penderita kanker usus besar juga memiliki polip di tempat lain di usus besar. Gejala Kebanyakan polip tidak menyebabkan gejala.Polip Di Usus Besar & Rektum Polip adalah pertumbuhan jaringan dari dinding usus yang menonjol ke dalam usus dan biasanya tidak ganas. Polip yang bertangkai panjang jarang turun ke bawah melalui anus. Polip besar dengan bentuk seperti jari (adenoma vilus) bisa mengeluarkan air dan garam menyebabkan diare cair yang bisa menyebabkan menurunnya kadar kalium darah (hipokalemia). tapi gejala paling sering terjadi yaitu     perdarahan dari rektum. nyeri perut atau penyumbatan usus.Pada kolonoskopi juga dilakukan pengambilan contoh jaringan untuk biopsi dari daerah yang kelihatannya ganas. Jenis polip ini lebih sering berkembang menjadi keganasan (kanker). Polip paling sering ditemukan di rektum dan bagian bawah usus besar (kolon). dan jarang ditemukan di kolon bagian atas. Polip yang besar bisa menyebabkan kram. karena seseorang sering memiliki polip lebih dari satu dan karena polip bisa bersifat ganas. . maka dilakukan kolonoskopi untuk memeriksa keseluruhan usus besar.

. mungkin perlu dilakukan pembedahan perut. seluruh usus besar diperiksa dengan kolonoskopi. Ahli patologi memeriksa polip yang telah diambil.Bila resikonya rendah.Pengobatan Penderita diberi obat pencahar dan enema untuk mengosongkan usus. Bila resikonya tinggi. Lalu polip diangkat selama kolonoskopi dengan menggunakan pisau bedah atau lingkaran kawat yang dialiri arus listrik. Contohnya.Setiap polip yang baru harus diangkat. tidak diperlukan pengobatan lebih lanjut. resiko penyebaran kanker lebih tinggi jika kanker sudah mencapai tangkai polip atau lebih dekat ke tempat pemotongan. pengobatan tergantung kepada faktorfaktor tertentu. Jika polipnya sudah diangkat. Bila polip bersifat ganas. maka digunakan barium enema. bagian usus besar yang terkena diangkat melalui pembedahan dan potongannya disambungkan lagi. Bila polip tidak memiliki tangkai atau tidak dapat diambil selama kolonoskopi. Resiko penyebaran kanker juga bisa didasarkan pada hasil pemeriksaan ahli patologi terhadap penampakan polip di bawah mikroskop. setahun kemudian dan dalam selang waktu yang ditentukan oleh dokternya.Bila pemeriksaan tidak mungkin dilakukan karena telah terjadi penyempitan usus besar.

Pada waktu diagnosa. Komplikasi : adenocarcinoma pada tubuh atau ujung pankreas (bagian tengah pada pankreas dan bagian terjauh dari duodenum) biasanya tidak menyebabkan gejala-gejala sampai tumor tersebut berkembang luas. . Dengan begitu. Jaundice tersebut disertai oleh rasa gatal di seluruh tubuh diakibatkan dari penyimpanan kristal garam empedu di bawah kulit.000 orang setiap tahun. Adenocarcinoma biasanya berasal dari sel kelenjar yang melapisi saluran pankreas. Muntah bisa diakibatkan dari hal-hal ketika kanker di kepala pankreas menyumbat aliran pada isi perut ke dalam usus kecil (penyumbatan pada saluran lambung) atau penyumbatan usus kecil itu sendiri. jika varises vena pecah. mengakibatkan pembesaran limpa (splenomegaly). Gejala Tumor di kepala pankreas bisa berhubungan dengan pembuangan pada empedu (cairan penncernaan yang dihasilkan oleh hati) ke dalam usus kecil. Adenocarcinoma pada pankreas 2 sampai 3 kali lebih sering terjadi diantara para perokok dibandingkan orang yang tidak merokok. Pendarahan hebat bisa terjadi. Adenocarcinoma pada tubuh atau ujung pankreas bisa menghalangi pembuluh mengeringkan limpa (organ yang menghasilkan. Oleh karena itu. Adenocarcinoma pada pankreas telah meningkat kemungkinannya di Amerika Serikat. Adenocarcinoma biasanya tidak terjadi sebelum usia 50. Orang yang menderita penyakit pankreas kronis dan mereka yang kemungkinan menderita diabetes yang berlangsung lama (terutama sekali para wanita) berada dalam resiko yang lebih besar juga. menyimpan. terutama berasal dari kerongkongan. Usia rata-rata pada diagnosa adalah 55.Kanker Pankreas Sekitar 95% tumor yang bersifat kanker (malignant) pada pankreas adalah adenocarcinoma. 90% orang mengalami rasa sakit pada perut-biasanya rasa sakit hebat di perut bagian atas yang tembus ke bagian belakang-dan kehilangan berat badan yang signifikan. Konsumsi alkohol dan kafein tidak tampak menjadi faktor resiko. jaundice (perubahan warna kuning pada kulit dan warna putih pada mata) disebabkan oleh penyumbatan pada aliran empedu biasanya adalah gejala awal. gejala pertama adalah rasa sakit dan kehilangan berat badan. terjadi dalam perkiraan 37. dan menghancurkan sel darah). Tumor ini hampir dua kali terjadinya diantara para lelaki. memantau. bagian yang paling dekat bagian pertama usus kecil (duodenum). Kebanyakan adenocarcinoma terjadi di dalam kepala pankreas. Penyumbatan bisa menyebabkan pembuluh menjadi bengkak dan terpuntir (varicose) di sekitar kerongkongan (varises kerongkongan) dan perut.

Salah satu dari pankreas tunggal atau pankreas dan duodenum diangkat. . pankreas kemungkinan diteliti dengan cara operasi. meskipun begitu. Metode pengobatan alternatif adalah menciptakan pembedahan pada saluran yang dipotong melalui saluran yang menghubungkan perut dengan bagian usus kecil yang melebihi sumbatan. seperti codeine atau morphine digunakan lewat mulut. suntikan ke dalam saraf untuk menghambat rasa sakit bisa menghasilkan keringanan. Pendekatan yang sama kemungkinan digunakan untuk memperoleh contoh biopsi dari hati untuk melihat kanker yang telah menyebar ke pankreas. Jika diabetes terbentuk. Untuk 70 sampai 80% orang dengan rasa sakit yang hebat. pembunuh rasa sakit yang kuat sekali. hanya 15 sampai 20 % orang hidup sampai 5 tahun. Rasa sakit ringan kemungkinan dihilangkan dengan aspirin atau asetaminofen. endoscopic retrograde cholangiopancreatography dan magnetic resonance imaging (MRI). Kemoterapi tambahan dan terapi radiasi biasanya diberikan tetapi tidak mungkin memperbaiki waktu atau tingkat bertahan hidup secara mendasar. Kurang dari 2 % orang yang menderita adenocarcinoma pada pankreas bertahan hidup untuk 5 tahun setelah diagnosa. Penyumbatan pada aliran empedu kemungkinan hilang sementara dengan menempatkan pipa (stent) di bagian bawah perut pada saluran yang mengeringkan empedu dari hati dan kantung empedu. pengobatan insulin kemungkinan diperlukan. prognosisinya sangat rendah. Setelah beberapa operasi. pemeriksaan diagnosa yang paling tepat adalah computed tomography (CT). Untuk memastikan diagnosa. pendekatan ini seringkali tidak terlihat tumor tersebut dan bisa menyebarkan sel kanker ke luar daerah lokal sepanjang lintasan jarum. Meskipun begitu. Seringkali. Harapan satusatunya kesembuhan adalah operasi. jika hasil dari pemeriksaan ini adalah normal tetapi dokter masih menduga keras adenocarcinoma. diperlukan. Ketika adenocarcinoma pada pankreas diduga. Pemeriksaan lain yang umumnya digunakan adalah pemindai ‘ultrasonik’. tumor tersebut kadangkala menyumbat saluran di sebelah atas dan bawah stent. seorang dokter bisa memeperoleh contoh pankreas untuk diteliti di bawah mikroskop (biopsi) dengan memasukkan jarum melalui kulit menggunakan CT atau pemindai ‘ultrasonik’ sebagai panduan. Pada kebanyakan kasus.Diagnosa Diagnosa awal pada tumor di dalam tubuh atau ujung pankreas adalah sulit karena gejala-gejala lambat terjadi dan pengamatan fisik dan hasil tes darah seringkali normal. Kebocoran pada enzim pencernaan pankreas bisa diobati dengan persiapan enzim oral. yang dilakukan pada 10 sampai 20 % orang yang percaya bahwa kanker tersebut tidak menyebar. Pengobatan Karena adenocarcinoma pada pankreas biasanya menyebar ke bagian yang lain pada tubuh sebelum ditemukan.

Diagnosa Rontgen barium dapat memperlihatkan kerongkongan yang terjepit. pada pembuluh yang abnormal.Disfagi Lusoria Disfagia Lusoria adalah kesulitan menelan yang disebabkan oleh penekanan kerongkongan oleh pembuluh darah. Pengobatan Jarang diperlukan tindakan pembedahan. Gejala Kesulitan menelan bisa terjadi pada masa kanak-kanak atau bisa timbul di kemudian hari sebagai akibat dari terbentuknya aterosklerosis. . Penyebab Disfagia Lusoria merupakan cacat bawaan yang paling sering melibatkan kelainan arteri subklavia yang secara abnormal terletak di sebelah kanan. Arteriografi dilakukan untuk memperkuat dugaan bahwa penekanan disebabkan oleh arteri.

perbatasan antara kerongkongan dan lambung. yang merupakan pembatas antara dada dan perut. hernia hiatal biasanya merupakan suatu cacat bawaan. tetapi bagian dari lambung ada yang terdorong ke atas diafragma dan terletak di samping kerongkongan. Penyebab Penyebab hernia hiatal biasanya tidak diketahui. Pada anak-anak.Hernia Hiatal Hernia Hiatal adalah penonjolan dari suatu bagian lambung melalui diafragma. Akibat dari kelainan ini bisa terjadi regurgitasi asam lambung. Pada hernia hiatal paraesofageal.Hernia hiatal sering terjadi. dari posisinya yang normal di dalam perut. menonjol ke atas diagragma. Faktor resiko terjadinya hernia hiatal pada dewasa yaitu    pertambahan usia kegemukan merokok. tetapi bisa terjadi karena adanya kelamahan pada jaringan penyokong. perbatasan antara kerongkongan dan lambung berada dalam tempat yang normal yaitu di bawah diafragma. terutama pada usia diatas 50 tahun. Diafragma adalah lembaran otot yang digunakan untuk bernafas.Hernia hiatal pada bayi biasanya disertai dengan refluks gastroesofageal. yang secara normal berada di bawah diafragma. . juga sebagian dari lambung. Pada sliding hiatal hernia.

Gejala yang terjadi biasanya ringan. Pengobatan Hernia hiatal biasanya tidak membutuhkan pengobatan spesifik. tetapi kebanyakan tanpa gejala. Diagnosa Biasanya.Hernia para esofageal bisa disembuhkan dengan pembedahan untuk mencegah terjadinya strangulasi. .tapi bila disertai dengan refluks asam harus diobati.Kadang terjadi perdarahan mikroskopis atau perdarahan berat dari lapisan hernia yang bisa terjadi pada kedua jenis hernia hiatal tersebut.Gejala Penderita sliding hernia hiatal mencapai lebih dari 40% orang. Bila keadaannya serius dan timbul nyeri disebut penjeratan (strangulasi) yang membutuhkan pembedahan darurat.Tetapi bagian yang menonjol ini bisa terperangkap atau terjepit di diafragma dan mengalami kekurangan darah.Hernia hiatal paraesofageal umumnya tidak menyebabkan gejala. pemeriksaan rontgen bisa menunjukkan adanya hernia hiatal. meskipun harus disertai dengan penekanan yang kuat pada perut.

di dalam usus terdapat dalam bentuk yang menyerupai agar-agar yang lembut. Terdapat 2 jenis serat:  Serat yang larut dalam air.Divertikula bisa muncul di setiap bagian dari usus besar.Perdarahan terjadi karena sebuah pembuluh darah yang kecil di dalam sebuah divertikula menjadi lemah dan akhirnya pecah. tetapi paling sering terdapat di kolon sigmoid. Ukuran divertikula bermacam-macam. Penyebab Penyebab utama dari penyakit divertikulum adalah makanan rendah serat. sehingga akan menyebabkan terjadinya lebih banyak divertikula dan memperbesar divertikula yang sudah ada.5 cm. Sembelit menyebabkan otot-otot menjadi tegang karena tinja yang terdapat di dalam usus terlalu keras.Serat juga mencegah sembelit (konstipasi). Abses. yaitu bagian terakhir dari usus besar tepat sebelum rektum. sayuran dan gandum yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. maka akan terbentuk abses di dalam kolon. Jarang timbul sebelum usia 40 tahun. mulai dari 0.  Serat yang tidak larut dalam air. tetapi juga bisa berhenti dengan sendirinya dan tidak memerlukan penanganan khusus. biasanya pada titik dimana pembuluh nadi (arteri) masuk ke dalam lapisan otot dari usus besar. Hal ini merupakan penyebab utama dari meningkatnya tekanan di dalam usus besar. melewati usus tanpa mengalami perubahan bentuk. Sebuah divertikulum merupakan penonjolan pada titik-titik yang lemah.Divertikulosis Divertikulosis adalah penyakit yang ditandai dengan adanya divertikula.Kejang (spasme) diduga menyebabkan bertambahnya tekanan dalam usus besar.Abses merupakan suatu daerah terinfeksi yang berisi nanah dan bisa menyebabkan  .Divertikula raksasa memiliki ukuran sekitar 2. Gejala  Perdarahan.Tekanan yang berlebihan menyebabkan titik-titik lemah pada usus besar menonjol dan membentuk divertikula. Perdarahan merupakan komplikasi yang jarang terjadi.25-2. Jika sebuah divertikula mengalami perdarahan.5-15 cm.Serat merupakan bagian dari buah-buahan. Seseorang bisa hanya memiliki satu divertikula raksasa. maka darah akan muncul dalam tinja atau di toilet. Infeksi yang menyebabkan terjadinya divertikulitis seringkali mereda dalam beberapa hari setelah antibiotik diberikan. Jika infeksi semakin memburuk. biasanya pada usus besar. seseorang bisa memiliki lebih dari satu divertikula. Pada usia 90 tahun.Perdarahan bisa bersifat berat. Perforasi & Peritonitis. Kedua jenis serat tersebut membantu memperlunak tinja sehingga mudah melewati usus. jarang membentuk kantong yang menonjol keluar.

Fistula merupakan hubungan jaringan yang abnormal diantara 2 organ atau diantara organ dan kulit.Jika infeksi karena divertikulitis menyebar keluar kolon.Metil seluclosa juga dapat membantu.pembengkakan serta kerusakan jaringan. Jika setelah pemberian antibiotik. karena mereka lebih sering mengalami infeksi dan perforasi (perlubangan). absesnya menetap.Jika pada suatu infeksi jaringan yang mengalami kerusakan bersinggungan satu sama lain. bisa ditambah dengan bekatul giling atau mengkonsumsi 3. . maka jaringan kolon bisa menempel ke jaringan di dekatnya. usus halus dan kulit.Penyumbatan total memerlukan tindakan pembedahan segera.  Fistula.Infeksi yang menyebar ke dalam rongga perut disebut peritonitis. sehingga terbentuklah fistula. kadang kedua jaringan tersebut akan menempel. maka untuk mengetahui sumbernya dilakukan pemeriksaan kolonoskopi. abses ini akan mereda.Jika terjadi perdarahan. maka kolon tidak mampu mendorong isi usus secara normal. Fistula ini menyebabkan infeksi saluran kemih yang berat dan menahun. peritonitis bisa berakibat fatal. Diet rendah serat sebaiknya dihindari karena akan lebih banyak membutuhkan tekanan untuk mendorong isi usus. penyumbatan maupun darah. Penyumbatan usus. Jika hal ini terjadi. Bila diet tinggi serat saja tidak akan efektif.Pada pemeriksaan fisik dilakukan colok dubur ke dalam rektum untuk mengetahui adanya nyeri tekan. Divertikulosis tidak membutuhkan pembedahan. maka dilakukan tindakan untuk membuang nanah (drainase).Yang paling sering terbentuk adalah fistula diantara kandung kemih dan kolon. Pengobatan Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat (sayuran. maka abses dengan pemberian antibiotik.Kelainan ini bisa diatasi dengan pembedahan untuk mengangkat fistula dan bagian kolon yang terkena.Hal ini lebih sering ditemukan pada pria.Abses yang besar akan menimbulkan masalah yang serius jika infeksinnya bocor dan mencemari daerah diluar kolon. yang disebut perforasi. Perforasi ini memungkinkan mengalirnya nanah dari kolon dan masuk ke dalam daerah perut. Peritonitis memerlukan tindakan pembedahan darurat untuk membersihkan rongga perut dan membuang bagian kolon yang rusak. Organ yang paling sering terkena adalah kandung kemih. buah-buahan dan sereal) bisa mengurangi gejala dan mencegah terjadinya komplikasi.Kadang divertikula yang terinfeksi akan membentuk lubang kecil. Jaringan parut akibat infeksi bisa menyebabkan penyumbatan kolon parsial maupun total.5 gram psillium dalam 8 ons air 1-2 kali/hari. Tetapi divertikula raksasa harus diangkat.Jika absesnya kecil dan terbatas di dalam kolon.  Diagnosa Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala dan hasil pemeriksaaan fisik. Tanpa pembedahan.Pemeriksaan terhadap contoh tinja dilakukan untuk mengetahui adanya tanda-tanda perdarahan dan pemeriksaan darah dilakukan untuk mencari tanda-tanda infeksi.

Proktitis ulserativa merupakan peradangan dan perlukaan di rektum. Gejala Suatu serangan bisa mendadak dan berat yang menyebabkan          diare hebat demam tinggi sakit perut peritonitis (radang selaput perut) kram ringan pada perut bawah tinja yang berdarah dan berlendir rektum keluar lendir yang mengandung banyak sel darah merah dan sel darah putih Tinja tampak encer dan mengandung nanah.anemia . kolitis ulserativa tidak selalu memperngaruhi seluruh ketebalan dari usus dan tidak pernah mengenai usus halus. penyakit ini akhirnya menyebar ke usus besar.peningkatan laju endap darah. Penyebab Penyebab penyakit ini tidak diketahui.Pada 10-30% penderita. Penyakit ini biasanya dimulai di rektum atau kolon sigmoid (ujung bawah dari usus besar) dan akhirnya menyebar ke sebagian atau seluruh usus besar. dimana usus besar mengalami peradangan dan luka yang menyebabkan diare berdarah. tapi biasanya dimulai antara umur 15-30 tahun. Pemeriksaan darah menunjukan adanya: . Sekitar 10% penderita hanya mendapat satu kali serangan. kram perut dan demam. namun faktor keturunan dan respon sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif di usus. diduga berperan dalam terjadinya kolitis ulserativa.peningkatan jumlah sel darah putih . .Kolitis Ulserativa Kolitis Ulserativa merupakan suatu penyakit menahun. darah dan lendir nafsu makannya menurun dan berat badannya berkurang Diagnosa Diagnosis ditegakkan berdasarkan gejala-gejala dan hasil pemeriksaan tinja. Tidak seperti penyakit Crohn.Kolitis ulserativa bisa dimulai pada umur berapapun.

pemberian obat-obat anti-diare ini harus diawasi secara ketat. Barium enema dan kolonoskopi biasanya tidak dikerjakan sebelum pengobatan dimulai.Rontgen perut bisa menunjukan berat dan penyebaran penyakit.Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui penyebaran penyakit dan untuk meyakinkan tidak adanya kanker. Diet bebas susu bisa mengurangi gejala Penambahan zat besi bisa menyembuhkan anemia yang disebabkan oleh hilangnya darah dalam tinja.Penderita sebaiknya      menghindari buah dan sayuran mentah untuk mengurangi cedera fisik pada lapisan usus besar yang meradang. namun harus difikirkan kanker sebagai kemungkinan penyebab diare berdarah. minum obat-obatan antikolinergik atau dosis kecil loperamide atau difenoksilat. loperamide atau codein. Siklosporin diberikan kepada penderita yang mendapat serangan berat dan tidak memberikan respon terhadap kortikosteroid. karena adanya resiko perforasi (pembentukan lubang) jika dilakukan pada stadium aktif penyakit.     .Sigmoidoskopi (pemeriksaan sigmoid) akan memperkuat diagnosis dan memungkinkan dokter untuk secara langsung mengamati beratnya peradangan. Untuk diare yang lebih berat. dokter menentukan apakah peradangan disebabkan oleh infeksi bakteri atau parasit. Pengobatan Pengobatan ditujukan untuk mengendalikan peradangan. olsalazine atau mesalamine sering digunakan untuk mengurangi peradangan pada kolitis ulserativa dan untuk mencegah timbulnya gejala. Sulfasalazine. mengurangi gejala dan mengganti cairan dan zat gizi yang hilang.Contoh jaringan yang diambil untuk pemeriksaan mikroskopik menunjukan suatu peradangan menahun.Kanker usus besar jarang menyebabkan demam atau keluarnya nanah dari rektum. Bahkan selama masa bebas gejalapun.Obat-obatan ini biasanya diminum namun bisa juga diberikan sebagai enema (cairan yang disuntikkan ke dalam usus) atau supositoria (obat yang dimasukkan melalui dubur) Untuk mempertahankan fase penyembuhandiberikan azathioprine dan merkaptopurin. diberikan pada diare yang relatif ringan. mungkin dibutuhkan dosis yang lebih besar dari difenoksilat atau opium yang dilarutkan dalam alkohol. Peradangan usus besar memiliki banyak penyebab selain kolitis ulserativa. untuk menghindari terjadinya megakolon toksik.Pada kasus-kasus yang berat. Karena itu. usus jarang terlihat normal. Pembedahan darurat Pembedahan non-darurat juga dilakukan karena adanya penyempitan dari usus besar atau adanya gangguan pertumbuhan pada anak-anak.

. ketika terdiagnosis.Tumor ini jarang terjadi sebelum usia 50 tahun dan rata-rata penyakit ini terdiagnosis pada penderita yang berumur 55 tahun.Pada penderita dengan sakit kuning. tumor sudah menyebar keluar pankreas menuju ke kelenjar getah bening di dekatnya atau ke hati atau paru-paru. Jadi. 65% penderita memiliki harapan hidup minimal selama 5 tahun.Hanya 20% kasus yang sudah menyebar ketika dilakukan terapi pembedahan. maka bisa terjadi perdarahan hebat. sehingga gejala awalnya yang khas adalah sakit kuning (jaundice) yang disebabkan adanya penyumbatan pada saluran empedu utama.Resiko terjadinya adenokarsinoma pankreas meningkat pada penderita pankreatitis kronis.Sekitar 95% tumor ganas pankreas merupakan adenokarsinoma.Adenokarsinoma Pankreas Adenokarsinoma Pankreas merupakan tumor ganas yang berasal dari sel-sel yang melapisi saluran pankreas.Bila varises tersebut pecah. tetapi juga di bagian putih mata (sklera) dan jaringan lainnya. Tumor di badan dan ekor pankreas (bagian tengah dan bagian yang paling jauh dari usus dua belas jari). kuning tidak hanya terjadi di kulit. Penyebab Penyebabnya tidak diketahui.Jika kanker belum menyebar dan seluruh pankreas sudah diangkat. tetapi adenokarsinoma pankreas 2-3 kali lebih sering terjadi pada perokok berat. Gejala Adenokarsinoma pankreas secara khusus tidak menyebabkan gejala sampai tumornya tumbuh besar. Kistadenokarsinoma merupakan kanker pankreas yang jarang terjadi dan memiliki prognosis (ramalan penyakit) yang lebih baik. terutama dari kerongkongan. bisa menyumbat pembuluh balik yang berasal dari limpa dan menyebabkan pembesaran limpa dan varises (pembesaran dan pembengkakan pembuluh balik yang berkelok-kelok) di sekeliling lambung dan kerongkongan. Penderita mengalami nyeri perut (biasanya nyeri yang hebat di perut bagian atas yang menjalar ke punggung) dan penurunan berat badan minimal 10% dari berat badan sebelumnya.Gejala pertama yang khas adalah nyeri dan penurunan berat badan.Tumor-tumor ini lebih sering terjadi pada laki-laki dan agak lebih sering menyerang orang kulit hitam.Sakit kuning disertai dengan rasa gatal yang menyeluruh. Sekitar 80% kanker terjadi di kepala pankreas (bagian pankreas yang dekat dengan usus dua belas jari dan saluran empedu utama).

Jika terjadi diabetes (kencing manis). Satu-satunya harapan penyembuhan adalah pembedahan yang dilakukan pada penderita yang kankernya belum menyebar.Untuk 70-80% penderita dengan nyeri hebat. menundukkan kepala dan menekuk lutut atau dengan obatobatan seperti kodein atau morfin per-oral (melalui mulut).Nyeri hebat di perut bagian atas bisa dikurangi dengan posisi membungkuk. mungkin perlu diberikan insulin. pemeriksaan diagnostik yang sering dilakukan adalah USG.Pada pembedahan dilakukan pengangkatan pankreas saja atau pankreas dengan usus dua belas jari.jika dicurigai suatu adenokarsinoma pankreas. maka perlu dilakukan pembedahan untuk mengeksplorasi pankreas. . bisa dikurangi dengan suntikan penghambat nyeri pada saraf. Kurang dari 2% penderita yang bertahan hidup sampai 5 tahun setelah penyakitnya terdiagnosis. Jika dokter mencurigai suatu adenokarsinoma. CT scan dan endoskopi pankreatografi retrograd (tehnik sinar X yang menunjukkan struktur saluran pankreas). Contoh jaringan diambil dengan memasukkan jarum melalui kulit dengan panduan CT scan atau USG. tetapi pemeriksaan-pemeriksaan tersebut hasilnya normal.Bahkan setelah pembedahanpun.Rendahnya kadar enzim pencernaan bisa diobati dengan sediaan enzim per-oral (melalui mulut). Bisa juga diambil contoh dari hati untuk mengetahui penyebaran dari kanker ini. Pengobatan Nyeri yang bersifat sedang. Untuk memperkuat diagnosis. hanya 10% penderita yang bertahan hidup selama 5 tahun. bisa dikurangi dengan aspirin atau asetaminofen. bisa diambil contoh dari pankreas untuk diperiksa dibawah mikroskop.Diagnosa Sulit untuk menegakkan diagnosis dini.

Penggunaan antibiotik tertentu yang merusak bakteri usus normal dan memungkinkan bakteri lainnya tumbuh 5. Bakteri spesifik seperti Salmonella 4. Beberapa kasus sudah memberikan respon terhadap pengobatan.Proktitis (radang lapisan rektum) Proktitis adalah peradangan pada lapisan rektum (mukosa rektum). Terapi penyinaran pada rektum atau di sekitar rektum. yang lainnya menetap atau kambuh dan membutuhkan pengobatan jangka panjang.Beberapa kasus akhirnya berkembang menjadi kolitis ulserativa. infeksi Chlamydia trachomatis. ulkus (luka) muncul pada lapisan rektum yang meradang. Penyakit Crohn atau kolitis ulserativa 2. Hal ini bisa mengenai rektum bagian bawah selebar 2. terutama pada infeksi yang disebabkan oleh virus herpes simpleks atau sitomegalovirus. herpes simpleks. terutama pada laki-laki homoseksual.5-10 cm. Penyebab Proktitis memiliki beberapa penyebab : 1. Gejala    perdarahan yang tidak nyeri pengeluaran lendir dari rektum Jika penyebabnya gonore. Penyakit menular seksual (gonore. 3. herpes simpleks atau sitomegalovirus. . anus dan rektum akan terasa sangat nyeri. sifilis. infeksi sitomegalovirus). Orang-orang dengan gangguan sistem kekebalan memiliki resiko tinggi terhadap terjadinya proktitis.Pada proktitis ulserativa.

Jika proktitis disebabkan karena penggunaan antibiotik yang merusak flora normal usus. Kortison diberikan dalam bentuk busa yang dimasukan dengan bantuan alat khusus Sulfasalazine atau obat serupa bisa diberikan per-oral (melalui mulut) dalam waktu bersamaan Bila pengobatan tersebut tidak mengurangi proses peradangan. jamur atau virus yang menjadi penyebabnya. Bila penyebabnya adalah terapi penyinaran atau tidak diketahui. Pengobatan   Antibiotik merupakan pengobatan terbaik untuk proktitis yang disebabkan oleh infeksi kuman spesifik. bisa digunakan metronidazole atau vancomycin untuk menghancurkan kuman yang merugikan. bisa diberikan kortikosteroid per-oral (melalui mulut).Daerah lain dari usus juga bisa diperiksa dengan menggunakan kolonoskop atau barium enema.Diagnosa Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan dengan proktoskop atau sigmoidoskop dan hasil pemeriksaan dari contoh jaringan lapisan rektum.Pemeriksaan laboratorium bisa menemukan jenis kuman.     . bisa diberikan kortikosteroid (misalnya hydrocortisone dan mesalamine).

Gejala          nyeri perut atau diringankan dengan melakukan buang air besar (defekasi) perubahan pada frekwensi kotoran (seperti sembelit atau diare) atau konsistensi perluasan perut (distention) lendir pada kotoran rasa tidak sepenuhnya kosong setelah buang air besar rasa sakit atau kram yang terus menerus muncul.Irritable Bowel Syndrome (IBS) Irritable bowel syndrome (IBS) adalah gangguan pada seluruh saluran pencernaan yang menyebabkan nyeri perut dan sembelit atau diare. IBS biasanya diklasifikasikan sebagai”gangguan fungsional” karena penyakit ini merusak fungsi aktivitas normal tubuh. yang kemungkinan sulit untuk mengidentifikasi pemicu khusus. Penyebab Penyebab IBS tidak jelas. IBS adalah gangguan paling umum didiagnosa oleh gastroenterologist (dokter yang spesialisasi pada gangguan saluran pencernaan). atau iritan kecil bisa memicu atau memperburuk serangan (penyakit atau serangan) pada IBS. stress. biasanya di sepanjang perut bagian bawah. atau tes darah. makanan kalori-tinggi atau makanan tinggi-lemak kemungkinan bisa memicu karena banyak produk makanan yang mengandung beberapa bahan-bahan. sinar X. Yang lain menemukan bahwa makan terlalu cepat atau makan setelah jangka waktu yang terlalu lama tanpa makanan menjadi pemicu. dan sebagian besar mengalami. Pada beberapa pasien IBS. seperti gerakan usus. gelisah. makanan. Kembungdan mual sakit kepala. IBS diidentifikasi dengan cirri khas dari gejala-gejala dan jika diperlukan hasil tes terbatas.IBS mempengaruhi sekitar 10 sampai 15% populasi umum. tidak semua penderita IBS mengalami kontraksi abnormal. Untuk beberapa orang. Faktor emosional (misal. obat-obatan. seringkali Penyebab IBS muncul tanpa berbagai pemicu yang jelas. Meskipun fungsi normal dirusak. Beberapa tetapi tidak seluruh penelitian menduga wanita dengan IBS lebih mungkin berkonsultasi dengan seorang dokter. tidak ada struktur yang abnormal yang dapat terlihat dengan endoscope (pipa fleksible pelihat). kontraksi abnormal tidak selalu merupakan gejala. lelah depresi. gelisah. Sehingga. Meskipun perubahan gerakan usus besar yang terjadi pada IBS dapat terlihat berhubungan dengan kontraksi usus yang abnormal. sensitivitas saraf usus atau kerja dari otak yang mengontrol beberapa fungsi tersebut. dan takut). depresi. dan sulit konsentrasi . saluran cerna khususnya yang sensitif terhadap rangsangan-penderita dapat mengalami ketidaknyamanan karena gas usus atau kontraksi yang pada orang lain tidak menimbulkan gangguan. hormon.

dan kanker) bisa terbentuk pada seseorang dengan IBS. . seringkali membantu gejala-gejala gas dalam perut dan kram. Gangguan saluran pencernaan lain (seperti radang usus buntu. Pengobatan Obat-obatan anti diare. tes darah. atau colonoscopi-pada orang tua dan pada mereka yang mengalami gejala-gejala yang tidak umum untuk IBS. Uji fisik umumnya tidak menunjukkan apapun yang tidak umum kecuali kadangkala kelembutan di sepanjang usus besar. terutama setelah usia 40 tahun. Antidepresan bisa tidak hanya menghilangkan nyeri dan gejala-gejala lain tetapi juga bisa membantu menghilangkan masalahmasalah tidur dan depresi atau gelisah. seperti minyak pepermin. psiko terapi. Sembelit seringkali dihilangkan bisa dengan mengkonsumsi lebih banyak serat. seperti demam. penelitian lebih lanjut kemungkinan diperlukan. seperti diphenoxylate atau loperamide. membantu orang dengan diare. yang mengurangi efek serotonim. kotoran berdarah. dengan demikian. bisa juga menghilangkan sembelit. dan hypnotis seringkali sangat efektif untuk mengendalikan gejala-gejala pada IBS. jika gejala seseorang berubah secara signifikan atau tidak biasanya untuk IBS. lactulose.Hasil tes ini biasanya normal pada orang dengan IBS. obat pencuci perut terbaru. Lubiprostone. sinar X pada usus.Menambahkan serat makanan bisa membuat gas dalam perut dan kembung. Obat pencuci perut termasuk yang mengandung sorbitol. Kadangkala. dan muntah. meskipun kotoran tersebut kemungkinan berair. Orang yang mengalami sembelit bisa menggunakan satu sendok teh gandum dengan sedikit air dan cairan lain pada setiap makanan. atau mereka bisa menggunakan suplemen psyllium mucilloid dengan 2 gelas air. beberapa gas dalam perut kemungkinan dikurangi dengan mengganti serat sintetis buatan (seperti methylcellulose). Dokter biasanya melakukan tes lagi-seperti ultrasound perut. penghantar bahan kimia di dalam tubuh. Minyak aromatik. atau polyethylene glycol.Diagosa Kebanyakan orang dengan IBS terlihat sehat. tekhik modifikasi perilaku (seperti terapi perilaku kognitif). dan obat pencuci mulut perangsang seperti yang mengandung bisacodyl atau gliserin. penelitian kotoran. borok. Penggunaan jangka panjang pada antidepresan dalam dosis yang rendah atau lebih tinggi yang layak aman. Antidepresan. berat badan hilang. Dokter biasanya melakukan beberapa tesmisal.dan prosedur sigmoidoskopi bisa menyebabkan kejang dan nyeri yang tidak umum. dan sigmoidoskopi. penyakit batu empedu. sebagaimana obat-obatan seperti alosetron.

dan tekanan sosial atau tekanan psikis jelas terlihat. tidak ada kelainan fisik.Sensasi globus bisa terjadi bersamaan dengan seringnya menelan dan keringnya kerongkongan akibat kecemasan. maka diagnosis sensasi globus ditegakkan. pemeriksaan rontgen dada. . sebaiknya ditangani secara khusus. Diagnosa Dilakukan pemeriksaan darah lengkap. emosi kuat lainnya atau pernafasan yang cepat. Gejala Sensasi globus bisa menyebabkan penderitanya enggan untuk makan. bisa membantu penyembuhan.Keadaan ini seringkali bisa disembuhkan dengan makan. Pengobatan Menanamkan keyakinan bahwa tidak ada kelainan fisik yang serius.Bila gejalanya khas. depresi atau masalah psikis lainnya. Penyebab Perasaan tersebut bisa diakibatkan oleh kelainan pada aktivitas atau kepekaan otot kerongkongan.tetapi bisa diberikan obat anti depresi atau obat anti cemas.Tidak ada obat khusus yang menyembuhkan sensasi globus. mungkin dengan bantuan psikiater atau psikolog.Bila masalahnya berupa kecemasan. minum atau menangis. pemeriksaan barium kerongkongan dan pengukuran tekanan di kerongkongan.Sensasi Globus (Histeria globus) Sensasi Globus (dulu disebut Histeria globus) adalah perasaan memiliki sebuah benjolan di tenggorokan. padahal sebenarnya tidak ada.

Penderita tidak boleh makan atau minum apapun sampai krisisnya teratasi. Diagnosa Pada pemeriksaan dengan stetoskop.Cedera pada pembuluh darah usus . Pengobatan Pembentukan gas dan cairan karena ileus harus dihilangkan. . ileus juga menghalangi jalannya isi usus.Obat-obat tertentu .Selang lainnya yang dihubungkan dengan alat penghisap. Gejala . tetapi ileus jarang menyebabkan perforasi.kram perut.muntah .Foto rontgen perut menunjukkan lingkaran usus yang menggembung.Aterosklerosis yang menyebabkan berkurangnya aliran darah ke usus .sembelit yang berat .Suatu infeksi atau bekuan darah di dalam perut .Kadang dilakukan pemeriksaan kolonoskopi (pemeriksaan usus besar) untuk mengevaluasi keadaan.Kelainan di luar usus.Ileus Ileus (Ileus Paralitik. suara bising usus berkurang atau hilang sama sekali. untuk mengurangi tekanan dan peregangan. Penyebab Ileus mungkin disebabkan oleh : .Kadang sebuah selang dimasukkan ke dalam usus besar melalui anus untuk mengurangi tekanan. seperti gagal ginjal atau kadar elektrolit darah yang abnormal (misalnya rendah kalium.kembung . Ileus Adinamik) adalah suatu keadaan dimana pergerakan kontraksi normal dinding usus untuk sementara waktu berhenti.Cairan dan elektrolit diberikan melalui infus. tinggi kalsium) . dimasukan melalui hidung menuju ke lambung atau usus halus.Seperti halnya penyumbatan mekanis.Kelenjar tiroid yang kurang aktif.

dapat dirasakan pembengkakan lembut di rektum. Abses yang terletak lebih tinggi di rektum. bisa terbentuk terowongan abnormal yang menuju ke kulit (fistula anorektal). merah. membuka abses dan mengeluarkan nanahnya.Biasanya. meskipun dari luar tidak tampak adanya pembengkakan.Setelah semua nanah dibuang. lembut dan sangat nyeri. Pengobatan Antibiotik memiliki nilai terbatas kecuali pada penderita yang mengalami demam. Penyebab Masuknya bakteri ke daerah sekitar anus dan rectum. bisa saja tidak menyebabkan gejala. kencing manis atau infeksi di bagian tubuh lainnya. pengobatan terdiri dari suntikan dengan bius lokal. Dengan menggunakan sarung tangan. Gejala Abses di bawah kulit bisa membengkak. . namun bisa menyebabkan demam dan nyeri di perut bagian bawah. Diagnosa Diagnosis ditegakkan berdasarkan hasil pemeriksaan di daerah sekitar anus dan rektum. penderita dirawat dan mendapatkan pembiusan total sebelum dokter membuka dan mengeringkan abses. Kadang-kadang.Abses Anorektal Abses Anorektal merupakan suatu pengumpulan nanah yang disebabkan masuknya bakteri ke ruangan di sekitar anus dan rektum.

com/penyakit/514/Abses_Anorektal. 8.com/penyakit/511/Sensasi_Globus_Histeria_globus.com/penyakit/3124/Kanker_Pankreas.html http://medicastore.com/penyakit/531/Ulkus_Peptikum. 13. 9.html http://medicastore.DAFTAR PUSTAKA 1.com/penyakit/488/Kolitis_Ulserativa.com/penyakit/489/Divertikulosis.html http://medicastore.com/penyakit/521/Disfagi_Lusoria. 10.html http://medicastore.html http://medicastore.html http://medicastore. 7.html http://medicastore. 11.html .com/penyakit/528/Hernia_Hiatal.html http://medicastore.html http://medicastore.html http://medicastore.com/penyakit/500/Kanker_usus_halus. 2. 4.com/penyakit/501/Polip_Di_Usus_Besar_&_Rektum.html http://medicastore. 14.com/penyakit/505/Proktitis_radang_lapisan_rektum. 15. 6. 12.html http://medicastore.com/penyakit/481/Adenokarsinoma_Pankreas. http://medicastore.html http://medicastore. 5.com/penyakit/499/Kanker_Lambung.html http://medicastore.com/penyakit/3285/Irritable_Bowel_Syndrome_IBS. 3.com/penyakit/495/Ileus.

Ulkus gastrikum lebih jarang ditemukan. pada daerah dimana lambung yang tersisa telah disambungkan ke usus.Ulkus Peptikum Ulkus Peptikum adalah luka berbentuk bulat atau oval yang terjadi karena lapisan lambung atau usus dua belas jari (duodenum) telah termakan oleh asam lambung dan getah pencernaan.Ulkus yang dangkal disebut erosi.Ulkus yang terjadi dibawah tekanan karena penyakit berat. terutama pada usia lanjut. luka bakar atau cedera disebut ulkus karena stres. Regurgitasi berulang dari asam lambung ke dalam kerongkongan bagian bawah bisa menyebabkan peradangan (esofagitis) dan ulkus esofagealis.Penyebab dari menurunnya mekanisme pertahanan ini tidak diketahui. biasanya terjadi di sepanjang lengkung atas lambung. Pepsin adalah suatu enzim yang bekerja sama dengan asam klorida (HCl) yang dihasilkan oleh lapisan lambung untuk mencerna makanan. misalnya jika terjadi perubahan dalam jumlah lendir yang dihasilkan. terutama pada lambung dan usus dua belas jari.Obat-obat tertentu (terutama aspirin. . dan bakteri ini diduga merupakan penyebab utama dari ulkus peptikum. Jika sebagian dari lambung telah diangkat. tetapi hanya 1 diantara 10 yang membentuk ulkus. tepat dibawah lambung. terutama protein. Penyebab Ulkus terjadi jika mekanisme pertahanan yang melindungi duodenum atau lambung dari asam lambung menurun.Hampir setiap orang menghasilkan asam lambung. menyebabkan timbulnya erosi dan ulkus di lambung. Ulkus duodenalis. yaitu beberapa sentimeter pertama dari usus halus. terjadi pada duodenum (usus dua belas jari).Ulkus peptikum terjadi pada lapisan saluran pencernaan yang telah terpapar oleh asam dan enzim-enzim pencernaan.Bagaimana peran bakteri dalam terbentuknya suatu ulkus. Banyak penderita ulkus duodenalis yang memiliki bakteri Helicobacter pylori dalam lambungnya. ibuprofen dan obat anti peradangan non-steroid lainnya). merupakan jenis ulkus peptikum yang paling banyak ditemukan. masih belum jelas.Bakteri bisa mempengaruhi pertahanan normal terhadap asam lambung atau menghasilkan racun yang berperan dalam pembentukan ulkus. Setiap orang menghasilkan asam lambung dalam jumlah yang berlainan dan pola pembentukan asam ini cenderung menetap sepanjang hidup seseorang. bisa terjadi ulkus marginalis.

Gejala Penetrasi.Bila ditekan. Pembengkakan atau jaringan yang meradang di sekitar ulkus atau jaringan parut karena ulkus sebelumnya. dan dengan segera menyebar ke seluruh perut. Penyumbatan.Perubahan posisi akan memperburuk nyeri sehingga penderita seringkali mencoba untuk berbaring mematung. 2. yang menyerupai endapan kopi . perut kembung dan berkurangnya nafsu makan. dan seringkali memuntahkan sejumlah besar makanan yang dimakan beberapa jam sebelumnya. sangat hebat dan terus menerus.Pada pemeriksaan endoskopi. Rontgen dengan kontras barium dari lambung dan duodenum (juga disebut barium swallow atau seri saluran pencernaan atas) dilakukan jika ulkus tidak dapat ditemukan dengan endoskopi. Ulkus di permukaan depan duodenum atau (lebih jarang) di lambung bisa menembus dindingnya dan membentuk lubang terbuka ke rongga perut.Penderita akan mengalami muntah berulang. dehidrasi dan ketidakseimbangan mineral tubuh.tinja berwarna kehitaman atau tinja berdarah. Endoskopi adalah suatu prosedur dimana sebuah selang lentur dimasukkan melalui mulut dan bisa melihat langsung ke dalam lambung.Hal ini akan menyebabkan nyeri tajam yang hebat dan menetap. Diagnosa 1. Perdarahan. perut terasa nyeri.Gejala lainnya adalah rasa penuh di perut. mungkin perlu dilakukan pembedahan. Sebuah ulkus dapat menembus dinding otot dari lambung atau duodenum dan sampai ke organ lain yang berdekatan. yang akan bertambah berat jika penderita menghela nafas dalam. . yang bisa dirasakan diluar daerah yang terkena (misalnya di punggung. Lama-lama muntah bisa menyebabkan penurunan berat badan. Perforasi. seperti hati atau pankreas.Demam menunjukkan adanya infeksi di dalam perut.Nyeri akan bertambah jika penderita merubah posisinya.Penderita juga bisa merasakan nyeri pada salah satu atau kedua bahu.Jika pemberian obat tidak berhasil mengatasi keadaan ini. bisa diambil contoh jaringan untuk keperluan biopsi. bisa mempersempit lubang di ujung lambung atau mempersempit duodenum.muntah darah segar atau gumpalan coklat kemerahan yang berasal dari makanan yang sebagian telah dicerna.Nyeri dirasakan secara tiba-tiba. karena ulkus duodenalis telah menembus pankreas). .

alkohol dan nikotin). Pengobatan Salah satu segi pengobatan ulkus duodenalis atau ulkus gastrikum adalah menetralkan atau mengurangi keasaman lambung. Tetapi penderita hendaknya menghindari makanan yang tampaknya menyebabkan semakin memburuknya nyeri dan perut kembung.Proses ini dimulai dengan menghilangkan iritan lambung (misalnya obat anti peradangan non-steroid. tetapi hitung jenis darah bisa menentukan adanya anemia akibat perdarahan ulkus. 4.Prosedur ini dilakukan hanya jika ulkusnya berat atau berulang atau sebelum dilakukannya pembedahan. Analisa lambung merupakan suatu prosedur dimana cairan lambung dihisap secara langsung dari lambung dan duodenum sehingga jumlah asam bisa diukur. . Pemeriksaan darah tidak dapat menentukan adanya ulkus.Makanan cair tidak mempercepat penyembuhan maupun mencegah kambuhnya ulkus.Pemerisaan darah lainnya bisa menemukan adanya Helicobacter pylori.3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful