Tipe-Tipe Rubrik Rubrik Holistik Rubrik Analitik

Penilaian Rubrik

Pengertian

Model-Model Rubrik

Model presentation
Dalam model ini mulai dari tahap refleksi, listing, sampai dengan grouping dan labeling semua dilakukan oleh pengajar/dosen.

Arens : “Deskripsi terperinci tentang tipe kinerja tertentu dan kriteria yang akan digunakan untuk menilainya “(2008: 244). Bernie Dodge dan Nancy Pickett : “Adalah alat skoring untuk assesmen yang bersifat subjektif, yang didalamnya terdapat satu set kriteria dan standar yang berhubungan dengan tujuan pembelajaran yang akan diakses ke anak didik.” (http://en.wikipedia.org/wiki/)

Mertler (2001) mengatakan bahwa “rubrics holistik lebih cocok bila tugas kinerjanya menuntut mahasiswa untuk membuat respons tertentu dan tidak ada jawaban yang mutlak benar.”

Mertler (2001) mengatakan bahwa “Rubrics analitik biasanya lebih disukai bila yang dituntut adalah tipe respons yang agak terfokus”

Model Feedback
Dalam model ini mulai dari tahap refleksi, listing, sampai dengan grouping dan labeling semua dilakukan oleh pengajar/dosen.

Gissele O. Martin-Kniep (2000: 34-35) mengatakan bahwa Rubric holistik adalah rubric yang menggunakan skor tunggal dalam menilai produk, proses, dan penampilan. Rubric holistik terdiri dari beberapa kriteria namun tetap merujuk dalam satu klausa atau paragraf.

Gissele O. Martin-Kniep (2000: 34-35) mengatakan bahwa rubric analitik menilai produk, proses, dan penampilan dalam atribut atau dimensi yang terpisah dan mempunyai deskriptor untuk tiap dimensinya.

Model Pass-the hat
Dalam model ini refleksi dilakukan oleh dosen, listing bisa dilakukan oleh dosen atau mahasiswa, grouping dan labeling dilakukan oleh dosen dan sekelompok mahasiswa ikut berkontribusi didalamnya.

Nitko : “adalah suatu alat yang berisi seperangkat aturan yang digunakan untuk mengases kualitas dari performansi/kinerja mahasiswa/ peserta didik ”. (1996: 241)

Nitko (1996: 266) mengemukakan bahwa rubric holistik, yaitu rubric yang menilai proses secara keseluruhan tanpa adanya pembagian komponen secara terpisah

Nitko (1996: 266) mengemukakan bahwa rubric analitik, yaitu rubric yang menilai proses secara terpisah dan hasil akhirnya adalah dengan menggabungkan penilaian dari tiap komponen

Post-it

TM

model 4x4
Dalam model ini refeksi dilakukan oleh dosen, selanjutnya mulai dari tahap listing sampai dengan aplikasi semuanya dilakukan oleh mahasiswa.

Dalam model ini refleksi dilakukan oleh dosen, listing dilakukan oleh mahasiswa, grouping dan listing dilakukan oleh dosen dan mahasiswa yang sebelumnya sudah dibentuk dalam kelompok untuk memfasilitasi mereka dalam mengembangkan berdasarkan fakta yang mereka miliki.

Heidi Goodrich Andrade : “suatu alat penskoran yang terdiri dari daftar seperangkat kriteria atau apa yang harus dihitung.” Zainul (2003: 5.17)

Nama NIM Kelas/Smstr

: Chelfiani : 59461160 : IPA-Biologi-A / 6

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful