HUBUNGAN ILMU HADITS DENGAN HADITS Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah : Al-Qur‟an Hadist Dosen Pengampu

: Sepriyati, S. Ag, MHI

Disusun Oleh : 1. AHMAD SYAFRUDIN 2. ALAN NUARI 3. ALI ARIFIN (11540007) (11540009) (11540011)

JURUSAN SISTEM INFORMASI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN FATAH PALEMBANG 2012

2008. membedakan dan memahami bahwa Hadits-hadits tersebut benarbenar dari Rasulullah SAW yang dikutip dari para Perawi Hadits. pengakuan.2 Ilmu Hadits adalah Ilmu yang berpautan dengan hadits. karena hadits itu menjadi sumber ajaran islam yang ke-dua setelah Al Qur‟an. Jakarta.com/studiilmuhadits. juga masa tersusun dan terbinanya diantara ilmu-ilmu itu sendiri tidak dalam satu periode yang sama. secara sederhana ilmu artinya pengetahuan. ulumul hadis. gerak gerik dan bentuk jasmaniah Nabi SAW. Ilmu yang bersangkut paut dengan hadits itu banyak macamnya. Hasan. knowledge. baik ditinjau dari tingkatan Shohih. III. perbuatan. C. itu di sebabkan karena Ulama yang berkecimpung membahas tentang masalah yang berhubungan dengan hadits itu selain jumlahnya tidak sedikit. Ada beberapa Ilmu Hadits yang dapat kita pelajari. A. di antara para Ulama ada yang menggunakan istilah bagi ilmu yang bertautan dengan hadits itu.html . Ilmu Hadits adalah Ilmu yang membahas tentang Sabda Nabi SAW. bumi aksara. B.I. Ilmu Hadits juga diterjemahkan sebagai ilmu yang membahas tentang bagaimana mengetahui Hadits-hadits Nabi SAW. 1 Dari segi istilah. Dho'if dan Maudhu'.webs. dan science dan hadits artinya sebagaimana dibhasa pada diskusi sebelumnya yakni sesuatu yang disandarkan kepada Nabi Muhammad saw. RUMUSAN MASALAH Pengertian Ilmu Hadits Macam. II. A. hal. Atau untuk mengetahui. 68 2 http://pemudamuslimin.macam Ilmu Hadits Hubungan Ilmu Hadits dengan Hadits PEMBAHASAN Pengertian Ilmu Hadits Dari segi bahasa Ilmu Hadits terdiri dari dua kata yakni ilmu dan hadits. 1 Abdul majid khan. PENDAHULUAN Di era globalisasi ini penting sekali bagi kita untuk mengetahui apa itu Ilmu Hadits. pernyataan atau isyarat.

yaitu: 1. dirayatan/dirayah = pengetahuan. yadri. Faedah mempelajari Ilmu Hadits Riwayah adalah untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam penukilan atau pengutipan sebuah Hadits yang bersumber dari Nabi SAW. Ilmu Hadits Dirayah Ilmu Hadits Dirayah. Ilmu Hadits Riwayah dapat didefinisikan dengan:“Ilmu yang menukilkan segala yang disandarkan kepada nabi saw. Atau “memindahkan sunnah dan sesamanya dan menyandarkan kepada orang yang membawa berita atau yang menyampaikan sunnah tersebut atau yang lainnya”.html 5 Khon.3 Sedangkan secara istilah. tanpa membicarakan nilai shahih atau tidaknya. Macam-macam Ilmu Hadits Dari penjelasan di atas.B. hlm.. ketetapan.com/studiilmuhadits. Tadrib …. perbuatan. 40. Op. baik berupa ucapan. daryan. maupun persetujuan beliau. 4 Objek pembahasan ilmu ini adalah diri Nabi (dzatiyat ar-rasul) baik dari segi perkataan.cit. hlm. Seolah-olah dapat dikatakan periwayatan adalan berita atau menyebutkan berita tertentu kepada orang lain dengan dipertimbangkan/dipintal kebenarannya. Fokus pembahasan Ilmu Hadits riwayah atau penekannya pembahasannya memang matan yang diriwayatkan itu sendiri. 2. maupun sifatnya. perbuatan. Dalam bahasa Indoneia sering disebut riwayat dalam arti memindahkan berita dari sumber berita kepada orang lain. Ilmu Hadits Riwayah Secara bahasa riwayah berasal dari akar kata rawa.webs. dari segi bahasa kata dirayah berasal dari kata dara. maka bisa disimpulkan bahwa Ilmu Hadits itu terbagi menjadi dua.. dan bahkan sifat-sifat beliau yang diriwayatkan secara teliti dan dan berhati-hati.5 3 As-Suyuthi. adz-zikr = penyebutan. 4 http://pemudamuslimin. yarwi. 71 .” Ulama yang merintis lahirnya Ilmu Riwayah ini adalah Muhammad bin Syihab az Zuhri. jadi yang dibahas nanti dari segi pengetahuannya yakni pengetahuan tentang hadits atau pengantar ilmu hadits. Dan juga menukilkan semua yang disandarkan kepada sahabat dan tabi‟in. riwayatan yang berarti an-naql = memindahkan. dan al-fatl = pemintalan.

matan. maupun sifatnya. kedhaifanya dari pada yang lainnya. Oleh karena itu penulis memohon kritik dan saran yang membangun guna perbaikan makalah selanjutnya.. KESIMPULAN Dari pembahasan di atas dapat di simpulkan bahwa Ilmu Hadits adalah Ilmu yang berpautan dengan hadits. apakah diterima atau ditolak. perbuatan. Dan juga menukilkan semua yang disandarkan kepada sahabat dan tabi‟in. serta sanad-sanadnya. Ilmu yang membahas kaidah-kaidah untuk mengetahui kedudukan sanad dan matan. dan ilmu pengetahuan untuk membedakan keshahihan hadits. kehasanannya.6 IV. Kitab yang dianggap paling „mapan‟ menerangkan ilmu Mushthalahul hadits adalah kitab “Al-Kilafah” karangan Al-Khatib Abu Bakar Al-Baghdady (meninggal tahun 463 H). Dan hubungan hadist dan ilmu hadist adalah ilmu yang membicarakan tentang keadaan atau sifat para perawi dan yang diriwayatkannya .Ilmu Hadits Riwayah: Ilmu yang menukilkan segala yang disandarkan kepada nabi saw. Ilmu hadits dirayah ini disebut juga ilmu Mushthalahul hadits. kekurangan. baik matan maupun sanadnya. Dan Ilmu hadits itu di bagi menjadi dua: 1. sifat-sifat rawi dan lain sebagainya. DAFTAR PUSTAKA 6 http://ahmadfaruq. 2.blogdetik. yang menjelaskan keadaan sanad dan matan. baik berupa ucapan. sehingga bisa diterima atau ditolaknya (Hadits). Faedahnya untuk menetapkan ke sahihan suatu hadits dan untuk menetapkan apakah hadits tersebut dapat diterima (maqbul) untuk diamalkan atau ditolak (mardud) untuk ditinggalkan. ketetapan. cara-cara menerima dan menyampaikan hadits. PENUTUP Demikian makalah yang dapat kami paparkan tentang Pengertian Hadist dan Pembagian Ilmu Hadits. Semoga bermanfa‟at.Secara istilah Hadits Dirayah adalah kaidah-kaidah untuk mengetahui hal ihwal sanad. V. dan kekeliruan. Dan tentunya makalah ini tidak terlepas dari kesalahan.Ilmu Hadits Dirayah: Ilmu tentang dasar-dasar atau kaidah-kaidah.com/hadis/ .

Jakarta: Bumi Aksara.html .Khon. http://pemudamuslimin. 2008. Ulumul Hadis.com/studiilmuhadits. Abdul majid .webs.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful