APLIKASI KOMPUTER HOSPITAL MANAGEMENT SYSTEM TEKNOLOGI INFORMASI

DISUSUN OLEH : NAMA NIM : Ismail Rifqi Pratama : 21060111130068

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG 2012

1

KATA PENGANTAR Teknologi Informasi di Bidang Kesehatan sangat memiliki peran yang sangat signifikan untuk menolong jiwa manusia serta riset-riset di bidang kedokteran. Teknologi Informasi digunakan untuk menganalisis organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat, untuk mendiagnosa penyakit, menemukan obat yang tepat untuk mengobati penyakit, dan masih banyak lagi. Dengan adanya Teknologi Informasi dapat mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah, memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer. Teknologi informasi berupa Sistem Computerized Axial Tomography (CAT) digunakan untuk menggambar struktur bagian otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X. Sedangkan untuk yang bergerak menggunakan sistem Dynamic Spatial Reconstructor (DSR) yang dapat digunakan untuk melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh. Single Photon Emission Computer Tomography (SPECT) merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radioaktif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar. Bentuk lain adalah Position Emission Tomography (PET) juga merupakan sistem komputer yang dapat menampilkan gambar yang menggunakan isotop radioaktif. Selain itu Nuclear Magnetic Resonancemerupakan teknik mendiagnosis dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hidrogen. Saat ini telah ada temuan baru yaitu komputer DNA, yang mampu mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat. Ehud Shapiro beserta timnya dari institut Sains Weizmann, Rehovot, Israel, telah membuat komputer DNA ultrakecil yang mempu mendiagnosis dan mengobati kanker tertentu. Komponen penyusun komputer DNA adalah materi genetik yang diketahui urutan basanya. Seperti diketahui bahwa urutan gen secara intrinsik mempunyai kemampuan inheren untuk mengolah informasi layaknya komputer. Oleh karena itu trilyunan mesin biomolekul yang bekerja dengan ketepatan lebih dari 99,8% itu, dapat dikemas dalam setetes larutan. Komputer DNA menggunakan untai nukleotida sebagai masukan data, dan molekul biologi aktif sebagai larutan data dapat menghasilkan sistem kendali logis dari proses-proses biologi. Mesin ini bahkan mampu mengerjakan soal-soal matematik.

2

.......................................DAFTAR ISI Cover ...................................................................................................... 1 Daftar Isi............................................................................................................................................................................ 4 Deskripsi Hospital Management System .......................................................................................................................................................................................................................................................................... 2 Pendahuluan ................................................................. 19 Penutup............................................................................ 16 Picture archiving and communication system ........................................................................................................................................................................................ 5 Electronic Health Record .......... 7 Laboratory information system ........... 21 3 . 12 Radiology information system .................................... 17 ICU quality and management tools ............................................................................................................................................................................. 3 Pembahasan ................................................................................... 20 Referensi ..............................................

BAB 1 PENDAHULUAN 1.1 Latar belakang 4 .

Posisi pekerjaan yang paling untuk HIS saat ini adalah jenis penduduk. keuangan dan hukum rumah sakit dan pengolahan pelayanannya.1.1 ARSITEKTUR Umumnya semuanya didukung dalam arsitektur client-server untuk jaringan dan pengolahan. 2. Healthcare Information System. sebagai :     Hospital Information System (HIS). HIS dapat terdiri dari satu atau beberapa komponen perangkat lunak dengan spesialisasi khusus ekstensi serta dari berbagai macam sub-sistem di spesialisasi medis. 5 . seperti misalnya Laboratorium Sistem Informasi (LIS). CISS kadang-kadang dipisahkan dari HiSS dalam satu yang memfokuskan pengelolaan arus dan klinis-negara yang berhubungan dengan data dan yang lainnya berfokus pada data pasien terkait dengan surat dokter dan catatan pasien elektronik. karena keamanan data pelayanan pasien catatan individu tidak diterima dengan baik oleh public. Komputasi mobile mulai dengan berdiri PC roda dan sekarang datang untuk usia dengan aplikasi tablet PC dan smartphone. Namun.1 Deskripsi Hospital Management System Ada berbagai judul dan akronim yang semua menyatakan pendekatan serupa untuk mengelola arus informasi dan penyimpanan dalam pelayanan rutin rumah sakit. Patient Data Management System (PDMS) yang komprehensif. Pendekatan tradisional mencakup berbasis kertas pengolahan informasi serta posisi kerja penduduk dan akuisisi data dan presentasi. Clinical Information System (CIS).BAB 2 PEMBAHASAN 2. Sampai dengan tanggal alternatif komputasi awan tidak direkomendasikan. administrasi. Radiologi Sistem Informasi (RIS) atau Gambar pengarsipan dan sistem komunikasi (PACS). penamaan bervariasi dari vendor ke vendor dan dari rumah sakit ke rumah sakit. sistem informasi terpadu yang dirancang untuk mengelola aspek medis.

Pelatih melatih dan karyawan baru berlatih kembali di rumah sakit. Tergantung pada set-up dan tingkat komputerisasi dan kecanggihannya. departemen mungkin memiliki beberapa atau semua staf berikut selain kepala departemen.  Spesialis Aplikasi dan Trainer Aplikasi spesialis rumah sakit bersama-sama dengan vendor perangkat lunak yang terlibat dalam semua kegiatan yang diperlukan untuk mengimplementasikan perangkat lunak aplikasi. Mereka melakukan semua kegiatan pemecahan masalah yang mungkin diperlukan.2.  Hardware / jaringan Insinyur Hardware / Jaringan insinyur bertanggung jawab untuk menjaga perangkat keras dan sistem jaringan di rumah sakit. 6 .2 Organisasi Sebagai daerah informatika medis tujuan dari HIS adalah untuk mencapai dukungan terbaik dari perawatan pasien dan hasil dan administrasi dengan menyajikan data di mana diperlukan dan memperoleh data bila dihasilkan dengan pengolahan data jaringan elektronik.1.  Struktur Organisasi Kepala departemen HIS adalah orang yang berkualitas dan berpengalaman dalam sistem komputer. Sarjana dan pascasarjana komputer diploma / gelar pemegang tersedia.  Sistem Administrator / Database Administrator Sistem administrator-cum-database administrator bertanggung jawab untuk sistem administrasi untuk memastikan uptime yang tinggi dari sistem dan untuk menangani semua database back-up dan kegiatan restorasi.

EHRs dapat mencakup berbagai data.2. 2. tanda-tanda vital.1. pengobatan dan alergi.1 Terminologi Istilah EHR. hasil uji laboratorium. dan informasi penagihan. statistik pribadi seperti usia dan berat badan.2.1 Electronic Health Record Catatan kesehatan elektronik (EHR) merupakan konsep yang berkembang didefinisikan sebagai kumpulan sistematis informasi kesehatan elektronik tentang pasien individu atau populasi. Dalam beberapa kasus berbagi ini dapat terjadi dengan cara yang terhubung ke jaringan perusahaanlebar sistem informasi dan jaringan informasi lainnya atau pertukaran. meskipun perbedaan antara mereka dapat 7 . Laboratory Information System. termasuk demografi.2. Ini adalah catatan dalam format digital yang secara teori dipakai melalui pengaturan perawatan kesehatan yang berbeda. status imunisasi. riwayat medis.2 Bagian dari HMS Banyak bagian-bagian yang mendukung Hospital Management System dan diantaranya adalah Electronic Health Record(EHR). EPR (catatan pasien elektronik) dan EMR (catatan medis elektronik) sering digunakan secara bergantian. Electronic Medical Record (EMR). gambar radiologi. Gambar 1 Gambar sample 2.

dalam kehidupan nyata. EHRs meningkatkan kualitas perawatan pada 2009 dihasilkan beberapa artikel meningkatkan keraguan tentang manfaat EHR. dokter dan penyedia perawatan kesehatan lainnya.2. umumnya didefinisikan sebagai EHR kontrol individu pasien. dan yang dapat berfungsi sebagai sumber data untuk EHR.didefinisikan. dan wajib atau asuransi akses ke catatan medis pasien di fasilitas. 2. dalam bahasa modern. Sebuah catatan kesehatan pribadi (PHR) adalah.Pengguna akhir dan pertimbangan pasien Gambar 2 Gambar sample  Kualitas Studi mempertanyakan apakah. untuk memberikan pasien.Penting untuk dicatat bahwa EHR dihasilkan dan dipelihara dalam institusi seperti rumah sakit. didefinisikan sebagai catatan pasien dibuat dalam rumah sakit dan lingkungan rawat jalan. EMR dapat.1. 8 .2 Implementasi. pengusaha. jaringan pengiriman yang terintegrasi. misalnya. klinik. atau kantor dokter.

mungkin mengurangi pendapatan nya. Kantor Anggaran Kongres AS menyimpulkan bahwa penghematan biaya dapat terjadi hanya pada lembaga terintegrasi besar seperti Kaiser Permanente. Wharton School dari University of Pennsylvania.. The US National Institute of Standar dan Teknologi dari Departemen Perdagangan 9 . dan bukan di kantor dokter kecil. bahwa perbaikan dalam efisiensi akan tidak mungkin untuk meningkatkan pendapatan dari banyak dokter. adalah kurangnya efisiensi dan kegunaan dari EMRs saat ini tersedia ".  Perangkat Lunak kualitas dan kekurangan kegunaan Informasi Kesehatan dan Manajemen Sistem Masyarakat (HIMSS). "Salah satu CEO perusahaan EHR berpendapat jika seorang dokter melakukan tes di kantor." Mengingat kemudahan di mana informasi dapat dipertukarkan antara kesehatan sistem TI . dan lain-lain . selain dari biaya awal dan kehilangan produktivitas selama pelaksanaan ESDM. A alasan utama. surveyor menemukan bahwa rumah sakit administrator dan dokter yang telah mengadopsi EHR mencatat bahwa setiap keuntungan dalam efisiensi diimbangi oleh penurunan produktivitas sebagai teknologi dilaksanakan. khususnya dibandingkan dengan sektor industri lain dan negara maju lainnya.. "Kantor berbasis dokter khususnya mungkin melihat tidak bermanfaat jika mereka membeli suatu produk-dan bahkan mungkin menderita kerugian keuangan Meskipun penggunaan TI kesehatan bisa menghasilkan penghematan biaya untuk sistem kesehatan pada umumnya yang mungkin mengimbangi biaya EHR itu. Mereka menantang Rand Corp perkiraan tabungan. Stanford University. serta kebutuhan untuk meningkatkan staf teknologi informasi untuk mempertahankan sistem. pasien yang dokter menggunakannya mungkin merasa bahwa privasi mereka lebih berisiko daripada jika catatan kertas yang digunakan. Banyak dokter tidak mungkin dapat mengurangi biaya kantor mereka atau meningkatkan pendapatan mereka cukup membayar untuk itu Misalnya. " Keraguan telah dibesarkan tentang penghematan biaya dari EHRs oleh para peneliti di Harvard University. industri kesehatan AS TI kelompok perdagangan yang sangat besar. Dalam sebuah proyek yang diprakarsai oleh Kantor Koordinator Nasional untuk Informasi Kesehatan (ONC ). Biaya Harga yang curam ketidakpastian EHR dan penyedia mengenai nilai mereka akan berasal dari adopsi dalam bentuk pengembalian investasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap adopsi EHR. penggunaan TI kesehatan dapat mengurangi jumlah tes diagnostik diduplikasi. mengamati bahwa EHR tingkat adopsi "lebih lambat dari yang diharapkan di Amerika Serikat. Namun.

(3) kesalahan dalam analisis data (EDA). organisasi yang mengakreditasi rumah sakit Amerika untuk memberikan layanan kesehatan. Dalam memo FDA juga mencatat "tidak ada penegakan hukum pelaporan wajib H-TI masalah keamanan membatasi jumlah laporan perangkat medis (MDRs) dan menghambat pemahaman yang lebih komprehensif tentang masalah aktual dan implikasinya.mempelajari kegunaan pada tahun 2011 dan daftar nomor masalah spesifik yang telah dilaporkan oleh pekerja perawatan kesehatan . (2) kesalahan dari kelalaian atau transmisi (EOT). informasi dan komunikasi (ICT) penggunaan dapat mengakibatkan konsekuensi baik yang dimaksudkan dan tidak disengaja A 2008 Sentinel Acara Pemberitahuan dari AS Bersama Komisi.372) melibatkan beberapa aspek teknologi komputer sebagai setidaknya salah satu penyebab kesalahan. Ini efek samping yang tidak diinginkan biasanya berasal dari manusia-mesin interface atau organisasi / sistem desain ".409 catatan kesalahan obat untuk 2006. Dalam Februari 2010 US Food and Drug Administration (FDA) nota. pengguna harus sadar akan risiko keselamatan dan efek samping dicegah bahwa implementasi tersebut dapat membuat atau mengabadikan. Komisi Bersama mengutip sebagai contoh Amerika Serikat Pharmacopeia MEDMARX database di mana dari 176. sekitar 25 persen ( 43. dan (4) ketidakcocokan antara multi-vendor aplikasi perangkat lunak atau sistem (ISMA) dan contoh mengutip. Teknologi kejadian buruk terkait dapat dikaitkan dengan semua komponen dari sistem teknologi yang komprehensif dan mungkin melibatkan baik kesalahan atau kelalaian. FDA mencatat EHR konsekuensi yang tidak diinginkan termasuk EHR terkait kesalahan medis karena (1) kesalahan dari komisi (EOC)." 10 . menyatakan bahwa "Sebagai teknologi informasi kesehatan (HIT) dan 'konvergen technologies'-keterkaitan antara perangkat medis dan HIT-semakin diadopsi oleh kesehatan organisasi perawatan.  konsekuensi yang tidak diinginkan Per penelitian empiris di informatika sosial. The National Health Service (NHS) di Inggris melaporkan contoh-contoh spesifik potensi dan aktual konsekuensi yang tidak diinginkan EHR-disebabkan pada tahun 2009 dokumen mereka pada manajemen risiko klinis yang berkaitan dengan penyebaran dan penggunaan perangkat lunak kesehatan. EHR Militer AS "AHLTA" dilaporkan memiliki masalah kegunaan signifikan.

pendidikan etika bagi pembeli dan pengguna.831 "individu yang terkena. adopsi praktik terbaik.059. transparansi. 11 . dari pertama dinding posting pada bulan September 2009 melalui terbaru pada 8 Desember tahun ini. dan pemeriksaan ulang pengaturan aplikasi kesehatan elektronik .  Privasi dan kerahasiaan Di Amerika Serikat pada tahun 2011 ada 380 besar data pelanggaran yang melibatkan catatan 500 atau lebih pasien terdaftar di situs web disimpan oleh Amerika Serikat Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) Kantor Hak Sipil.Sejauh ini." dan bahkan sejumlah besar adalah mengurangi hitungan dari masalah pelanggaran.Sebuah Kertas Posisi 2010 Dewan oleh American Medical Informatics Association (AMIA) berisi rekomendasi mengenai EHR terkait keselamatan pasien. Kantor hak-hak sipil belum merilis catatan puluhan ribu pelanggaran itu telah menerima di bawah mandat federal pada pelaporan pelanggaran yang mempengaruhi kurang dari 500 pasien per insiden. ada 18.

mencurigai anemia.2. darah atau air seni). ini mencakup laboratorium klinis yang mencakup hematologi. memberikan bantuan spesimen pengolahan. Beberapa vendor menawarkan solusi layanan lengkap yang mampu menangani kebutuhan laboratorium rumah sakit besar itu. 2. interaksi LIS sering dimulai setelah dokter telah sampai pada diagnosis awal. patologi bedah. setiap pesanan dilacak dengan sebuah identifikasi unik. seorang pasien masuk rumah sakit tampak pucat dan mengeluh kelelahan.2. imunologi. Penggunaan LIS adalah bagian yang penting dari spektrum TI klinis dari sistem dan memberikan kontribusi signifikan terhadap perawatan secara keseluruhan diberikan kepada pasien. Misalnya. proses. yang lainnya mengkhususkan diri pada modul tertentu.2 Laboratory information system Sistem informasi laboratorium ("LIS") adalah kelas perangkat lunak yang menerima.2. LIS ini digunakan dalam rawat inap dan rawat jalan pengaturan dan dalam banyak kasus dirancang untuk mendukung keduanya. bank darah (Donor dan Transfusi Manajemen).  Aturan masuk dan check-in Pesanan ditempatkan dalam sistem biasanya oleh dokter atau ilmuwan laboratorium. cytometry aliran dan mikrobiologi. Disiplin ilmu laboratorium didukung oleh Liss termasuk hematologi. kimia. Ada sebagai banyak variasi Liss karena ada jenis pekerjaan laboratorium. Menentukan sebuah vendor LIS merupakan tanggung jawab utama untuk semua laboratorium.2. Dokter. sistem ini digunakan untuk tes ketertiban. Instalasi memakan waktu dari beberapa bulan sampai beberapa tahun tergantung pada kompleksitas organisasi. Dalam banyak kasus. Sistem ini seringkali harus antarmuka dengan instrumen dan sistem informasi lain seperti sistem informasi rumah sakit (HIS). menerima hasil dari analisis dan memberikan laporan laboratorium kepada dokter yang hadir. Dalam pengaturan rawat inap ketika pasien yang mengakui ke rumah sakit. kimia dan imunologi. LIS adalah aplikasi yang sangat dapat dikonfigurasi yang disesuaikan untuk memfasilitasi berbagai macam model alur kerja laboratorium.1 Operasi Dasar Sistem Informasi Laboratorium sering bagian dari solusi informatika terpadu yang melibatkan banyak aplikasi yang berbeda. Dalam kasus hipotetis. Permintaan pesanan atau laboratorium berisi daftar tes yang akan dilakukan pada satu atau lebih spesimen pasien (misalnya. Ini identifier (yang biasanya angka) sering disebut sebagai Lab ID. Seleksi vendor biasanya berlangsung bulan penelitian dan perencanaan. dan menyimpan informasi yang dihasilkan oleh proses laboratorium medis. Dari perspektif rawat jalan / rawat jalan. mungkin memutuskan untuk memesan hitung darah lengkap (CBC). patologi anatomi. CBC memerintahkan 12 .

di mana instrumen membaca barcode pada spesimen dan "permintaan" yang LIS untuk pesanan tes. Para LIS akan mencetak label barcode (dengan ID laboratorium unik) untuk tabung imbang. Terbaru dari sistem ini menggunakan RFID untuk menghilangkan kesalahan manusia dan mengotomatisasi data capture.yang merupakan panel sub-tes termasuk jumlah sel darah putih. sehingga memberikan tabung yang berbeda (masing-masing dengan warna topi yang spesifik) untuk setiap analisa yang akan memproses sampel. Phlebotomist A akan dipanggil untuk mengumpulkan spesimen (s) dari pasien. dikirim / dibawa ke laboratorium untuk memproses biasanya dalam batch. Dalam kasus lain. dilakukan oleh analisis otomatis. Pada penerimaan spesimen di lab pengujian. Data serial melalui barcode atau RFID menyediakan kemampuan untuk melacak rantai spesimen balak dari titik itu diambil dari pasien untuk titik yang akan dibuang. spesimen yang berbeda akan dikumpulkan. Dalam kasus di mana LIS mentransmisikan data seperti perintah atau pesan uji kontrol untuk analisis komunikasi sudah diatur menjadi dua arah.  Spesimen menerima Setelah spesimen dikumpulkan. Dalam beberapa kasus. Ketika barcode spesimen dibaca oleh instrumen. Para LIS akan mendengarkan pada port komunikasi untuk permintaan dan akan men-download permintaan hanya jika diperlukan.  Kirim pesanan uji untuk analisa Sistem LIS Kebanyakan dapat dikonfigurasi untuk men-download data spesimen ke sebuah analisa baik setelah pesanan ditempatkan atau ketika spesimen yang diterima di laboratorium pengujian. Sebuah sistem yang lebih efisien disebut "Pertanyaan Host". Acara ini harus dicatat dalam LIS. Banyak tes. Seringkali. Sistem ini sering disebut "Batch Download". seperti CBCS atau profil Kimia. produk LIS lebih maju juga akan memberikan pengenal unik untuk setiap spesimen.  Hasil entri 13 . spesimen yang sesuai (menggunakan tabung vacutainer dengan atasan lavender) diambil dari pasien dan diberi label dengan label kode bar spesimen yang dihasilkan oleh LIS. jumlah sel darah merah dan darah lainnya yang berhubungan dengan tes. ID unik dari label spesimen yang cocok dengan urutan sebelumnya download ke instrumen. baik praktikum manual atau otomatis dapat dimulai. Dalam hal ini. pasien diidentifikasi dengan ID Lab terkait dengan catatan demografis pasien melalui nomor Hospital. Hirarki spesimen-aksesi-pasien terkait di pohon seperti struktur numerik.

interaksi LIS primer dengan profesional kesehatan di luar laboratorium.  Lab pelaporan Laporan Lab adalah hasil akhir dari semua sistem LIS dan.2.Bila hasil tes laboratorium yang tersedia.2. mereka dimasukkan ke dalam sistem secara manual atau secara otomatis download dari instrumen. Laporanlaporan dapat dicetak atau fax di koran berbasis laboratorium. mereka dilepaskan. Hasil yang dirilis sering secara otomatis dicetak atau ditulis di laporan laboratorium yang dikirim ke dokter yang hadir atau klinik. Setelah hasil ini dua kali diperiksa oleh Ilmuwan Laboratorium Medis atau autoverified. Hasil harus diverifikasi dan dirilis ke menghadiri dokter sesegera mungkin. mereka dapat disampaikan melalui email atau file dalam paperless laboratorium.2 Fitur Dasar Sistem Informasi Laboratorium umumnya mendukung beberapa fitur dasar :        Patient Check In Order Entry Specimen Processing Result(s) Entry Reporting Patient Demographics Physician Demographics Fitur tambahan :          Web-based order entry Web-based results inquiry Faxing and emailing of lab reports Custom report creation HL7 interfaces with reference labs and EMRs Preliminary reporting Final reporting Med tech worksheets Workload balancing 14 . dalam banyak kasus. Tingkat dimana LIS mendukung sebuah laporan laboratorium disesuaikan dan fleksibilitas dalam mode pengiriman hasil adalah salah satu faktor utama dalam menentukan keberhasilan di pasar. 2.

Ini termasuk :            Hematology Chemistry Immunology Blood bank donor center Blood bank transfusion Surgical Pathology Pathology Cytology (Cytopathology) Microbiology Flow cytometry TB 15 .2.3 Tipe Ada banyak disiplin laboratorium yang memerlukan informasi terkomputasi.2.     Medicare medical necessity checking Billing Public health reporting Rule engines Report check by reputed pathologist and senior technologist 2.

2.1 Fitur Dasar Beberapa fitur dasar yang biasa dalam RIS :             Patient Registration and scheduling Patient List Management Interface with modality via Worklist. 16 . Sistem ini umumnya terdiri dari pelacakan pasien dan penjadwalan. memanipulasi. dan sangat penting untuk alur kerja yang efisien untuk praktek radiologi.2. RIS melengkapi HIS (Hospital Information Systems). Radiology Department workflow management Request and document scanning Result(s) Entry Reporting and printout Result(s) Delivery including faxing and e-mailing of clinical reports Patient Tracking Interactive Documents Technical Files Creation Modality and Material management. pelaporan hasil dan kemampuan gambar pelacakan. 2.3.3 Radiology information system Sistem informasi radiologi (RIS) adalah database terkomputerisasi digunakan oleh departemen radiologi untuk menyimpan. dan mendistribusikan data pasien radiologi dan citra.2.

distribusi. interpretasi. Dikombinasikan dengan teknologi web yang tersedia dan muncul. Sebuah PACS terdiri dari empat komponen utama: modalitas pencitraan seperti X-ray computed tomography (CT) dan Magnetic Resonance Imaging (MRI). setelah dikemas dalam DICOM.2. dapat dimasukkan dengan menggunakan format standar seperti industri konsumen PDF (Portable Document Format). PACS memecah hambatan fisik dan waktu yang terkait dengan pengambilan gambar tradisional berbasis film. mengambil.4 Picture archiving and communication system Pengarsipan gambar dan sistem komunikasi (PACS) adalah teknologi pencitraan medis yang menyediakan penyimpanan ekonomis.2. workstation untuk menafsirkan dan meninjau gambar. dan akses mudah ke.1 Tipe Gambar Gambar 3 Gambar sample X-Ray 17 . PACS memiliki kemampuan untuk memberikan akses yang tepat dan efisien untuk gambar.2. gambar dari beberapa modalitas (sumber jenis mesin) [1] gambar Elektronik dan laporan yang ditransmisikan secara digital melalui PACS. dan arsip untuk penyimpanan dan pengambilan gambar dan laporan. dan data terkait. atau mengangkut jaket film. 2. jaringan dijamin untuk transmisi informasi pasien. seperti dokumen yang dipindai. dan layar. Non-data gambar.4. Format universal untuk penyimpanan gambar PACS dan transfer DICOM (Digital Imaging dan Komunikasi di Pengobatan). ini menghilangkan perlu secara manual file.

telediagnosa). seperti arsip film. Hal ini memungkinkan praktisi di lokasi fisik yang berbeda untuk mengakses informasi yang sama secara simultan untuk teleradiology. dan Sistem Informasi Radiologi (RIS). mammogram (MG). 18 . PACSs memberikan biaya tumbuh dan keuntungan lebih ruang arsip film di samping akses cepat ke gambar sebelumnya di lembaga yang sama. magnetic resonance (MR). onkologi. Radiologi Workflow Manajemen: PACS digunakan oleh personil radiologi untuk mengelola alur kerja ujian pasien. Salinan digital ini disebut sebagai Soft-copy. Electronic Medical Record (EMR).PACSs Kebanyakan menangani gambar dari berbagai instrumen pencitraan medis. computed radiography (CR) oftalmologi.2 Penggunaan PACS memiliki empat kegunaan utama: Salinan pengganti Drive: PACS mengganti hard copy sarana berbasis mengelola gambar medis. Remote akses: Ini memperluas kemungkinan sistem konvensional dengan memberikan kemampuan off-situs melihat dan pelaporan (pendidikan jarak jauh. Daerah klinis di luar radiologi. 2. perusahaan IT medis dan banyak perusahaan software independen. Dasar PACS perangkat lunak dapat ditemukan bebas di Internet. tomografi emisi positron (PET). termasuk ultrasound (US). PACS ditawarkan oleh hampir semua pabrikan besar peralatan pencitraan medis.2. Gambar platform integrasi elektronik: PACS menyediakan platform elektronik untuk gambar radiologi interfacing dengan sistem otomatisasi medis seperti Sistem Informasi Rumah Sakit (HIS). endoskopi (ENDO). Digital radiografi (DR) . kardiologi. gastroenterologi dan bahkan laboratorium sedang menciptakan gambar medis yang dapat dimasukkan ke dalam PACS.4. Software Praktek Manajemen. computed tomography (CT). dll jenis tambahan dari format gambar selalu ditambahkan. Dengan harga penurunan penyimpanan digital.

Kepatuhan terhadap intervensi sebagai profilaksis trombosis vena pengurangan dalam. penyakit penyerta dan aspek klinis lain yang sering dicari.1 Peralatan Monitoring Beberapa ukuran kinerja ICU telah diusulkan dalam 30 tahun terakhir. Sistem penilaian adalah alat yang menarik untuk menggambarkan populasi ICU dan menjelaskan hasil yang berbeda. skor yang lebih baru seperti APACHE IV dan III SAPS telah baru-baru diperkenalkan dalam praktek klinis. Meskipun beberapa 19 . tingkat kematian kasar tidak mempertimbangkan aspek tunggal dari masing-masing populasi pasien tertentu yang dirawat di sebuah wilayah geografis tertentu. Tugas kompleks mengumpulkan dan menganalisis data tentang ukuran kinerja yang dibuat lebih mudah ketika sistem informasi klinis yang tersedia. Oleh karena itu pendekatan mencari rasio mortalitas standar yang disesuaikan dengan tingkat keparahan penyakit. dan benar. Kekurangan tempat tidur ICU merupakan masalah penting. namun bahkan ketika tempat tidur ICU adalah variabilitas yang signifikan tersedia dalam pengobatan dan dalam kepatuhan terhadap intervensi berbasis bukti tidak terjadi. meskipun banyak kemajuan yang signifikan dalam berbagai bidang sebagai ventilasi mekanis. ICU bedah. pemulihan perawatan dan penuh banyak pasien klinis sakit parah seperti yang dilakukan dengan infeksi yang mengancam jiwa terjadi sebagai akibat dari perawatan intensif. rejimen sedasi memadai dan penurunan dan pelaporan efek samping yang serius sangat penting dan telah diterima sebagai pembandingan kualitas.5 ICU quality and management tools unit perawatan intensif (ICU) adalah salah satu komponen utama dari sistem perawatan kesehatan saat ini. terapi antimikroba dan pemantauan hemodinamik ini peningkatan pengetahuan dan penggunaan bijaksana teknologi tersebut tidak tersedia untuk semua pasien. Lebih dari hanya menggunakan sistem penilaian. Yang paling sering digunakan adalah APACHE II. Keparahan penyakit biasanya dievaluasi dengan sistem skoring yang mengintegrasikan klinis. kita harus mencari tingkat tinggi kepatuhan terhadap intervensi klinis efektif. untuk menganggap bahwa kematian ICU dapat menjadi penanda yang berguna kualitas.2. Ini adalah intuitif. 2. Kemajuan dalam perawatan dukungan dan pemantauan menghasilkan peningkatan signifikan dalam perawatan pasien bedah dan klinis.2.2.5. Namun. Namun. Saat ini terapi bedah agresif serta transplantasi dibuat lebih aman dengan pemantauan dalam lingkungan tertutup. rumah sakit atau ICU. SAPS II dan MPM. Selain itu. terapi pengganti ginjal. Namun. infeksi yang didapat di ICU. pada periode pasca operasi. variabel fisiologis dan demografis.

keparahan penyakit. Sistem-sistem tersebut (misalnya: Monitor Epimed) yang tersedia untuk penggunaan klinis dan dapat memfasilitasi proses perawatan setiap hari dan menyediakan data untuk analisis mendalam tentang kinerja ICU. beberapa telah mencoba untuk mengumpulkan informasi klinis menghasilkan laporan lengkap yang memberikan panorama kinerja ICU dan data rinci tentang beberapa domain sebagai kematian. infeksi nosokomial. panjang tinggal. meningkatkan kualitas pelayanan dan keselamatan pasien adalah tujuan utama dan layak. skor klinis. 20 . efek samping dan kepatuhan terhadap praktek klinis yang baik.sistem informasi klinis berfokus pada aspek-aspek penting seperti komputerisasi sistem entry order dokter dan informasi pasien pelacakan individu. Melalui pelaksanaan inisiatif kualitas.

BAB 3 PENUTUP 3.Pengambilan gambar. 21 . Kemajuan teknologi dapat mempunyai pengaruh buruk yaitu makin mahalnya biaya perawatan.Komunikasi antar elemen dalam rumah sakit. 3. Kemajuan teknologi di bidang kesehatan mempunyai efek yang sangat baik salah satunya adalah makin baik mutu kesehatan dan harapan kehidupan 2.1 kesimpulan 1. Aplikasi Teknologi informasi di bidang kesehatan meliputi Management database.

org/wiki/Radiology_information_system http://en.wikipedia.org/wiki/PACS_(medical_imaging) 22 .org/wiki/ICU_quality_and_management_tools http://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_medical_record http://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_health_record http://en.Referensi        http://en.org/wiki/Hospital_information_system http://en.wikipedia.wikipedia.org/wiki/Laboratory_information_system http://en.wikipedia.wikipedia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful