Nama : Biondi Tampanguma NIM : 100513002 Tugas : Pengantar Teknologi Penangkapan Ikan

Rawai (Long Line)
Rawai (Long Line) terdiri dari rangkaian tali utama dan tali pelampung, dimana pada tali utama pada jarak tertentu terdapat beberapa tali cabang yang pendek dan berdiameter lebih kecil dan di ujung tali cabang ini diikatkan pancing yang berumpan. Rawai yang dipasang di dasar perairan secara tetap dalam jangka waktu tertentu disebut Rawai Tetap atau Bottom Long Line atau Set Long Line digunakan untuk menangkap ikan-ikan demersal (Gambar 4.18). Ada juga Rawai yang hanyut biasa disebut Dript Long Line digunakan untuk menangkap ikanikan pelagis. Bahan tali pancing dapat terbuat dari bahan monofilament (PA) atau multifilament (PES seperti terylene, PVA seperti kuralon atau PA seperti nylon). Beberapa perbedaan dari ke dua jenis bahan tersebut dilihat dari segi teknis diantaranya Bahan multifilament lebih berat dan mahal, mudah dalam perakitannya dan lebih sesuai untuk kapalkapal kecil; Bahan multifilament lebih tahan dan mudah ditangani, sehingga dalam jangka panjang harganya relatif lebih rendah; Monofilament lebih kecil, halus dan transparan, sehingga dalam pemakaiannya akan memberikan hasil tangkapan yang lebih baik. Pelepasan pancing (setting) dilakukan menurut garis yang menyerong,, atau tegak lurus pada arus. Waktu pelepasan tergantung jumlah basket yang akan dipasang, diharapkan pada dini hari sehingga settingan selesai pada pagi hari dimana saat ikan sedang giatnya mencari mangsa. Umpan yang umum dipakai adalah jenis ikan yang mempunyai sisik mengkilat, tidak cepat busuk Berta mempunyai rangka yang kuat tidak mudah lepas pada saat disambar ikan.

Beberapa jenis ikan yang digunakan sebagai umpan diantaranya ;Ikan Bandeng, ikan Saury, Ikan Tawes, ikn Kembung, - Ikan Layang dan Cumi-cumi Panjang umpan berkisar antara 15 - 20 cm dengan berat antara 80 - 150 gram.

Untuk mencegah supaya antara pancing yang satu dengan pancing yang lain berbelit maka dipasang cutet (kayu kecil untuk makan mie). Untuk rawai unjem yang dipasang pada anak sungai atau rawa-rawa kecil menggunakan tiang yang pendek sekitar 30 cm. Satu pelampung menggunakan satu mata pancing. .Rawai ada beberapa jenis. Rawai Senggol Rawai jenis ini menggunakan pelampung dan kili-kili. Rawai Unjem Rawai jenis ini memakai tiang atau kayu. dipasang kira-kira 1 meter dari dasar sungai atau umpannya menggantung. Rawai unjem yang dipasang di pinggir sungai-sungai besar menggunakan kayu yang panjang sekitar 3 meter dan panjang tali disesuaikan dengan panjang tiang dan kedalaman air. antara lain : 1. 3. terkadang dipasang di tengah tali utama. Pada kedua ujung dipasang pelampung. 2. tali pelampung . Aris Jenis ini terdiri dari rangkaian tali utama. dimana pada tali utama pada jarak tertentu terdapat beberapa tali cabang yang pendek dan lebih kecil diameternya dan di ujung cabang ini diikatkan pancing yang jumlahnya bisa mencapai ratusan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful