Turunan Fungsi Trigonometri Turunan fungsi aljabar telah kalian kuasai, bagaimana dengan turunan fungsi trigonometri?

mari kita pahami rumusnya serta berlatih di soal dan pembahasan turunan fungsi trigonometri bersama-sama, dijamin sukses dalam ujian kalian….

Untuk menentukan turunan trigonometri sama dengan konsep awal mencari turunan, namun disini langsung kita ambil hasilnya….

dimana

maka

Turunan pada fungsi trigonometri akan mempunyai rumus :

maka maka maka maka contoh: maka

maka

tentukan turunan kedua dari f(x)! jawab. maka turunan pertama dari f(x) adalah f ‘(x) . *perhatikan untuk mempunyai dua suku kita misalkan bahwa sukusuku f ‘(x) adalah a dan b dimana f ‘(x) = a – b untuk mencari turunan kedua akan berlaku f ”(x) = a’ – b’ mari kita cari turunan masing-masing suku… *ambil suku pertama dari f ‘(x) kita misalkan .. berlaku pula untuk mengerjakan turunan fungsi trigonometri maupun gabungan keduanya lets try this…. turunan kedua dari f(x) adalah f ”(x) . tentukan f ‘(x) ! jawab tentukan f ‘(x)! jawab: Turunan ke-n diberikan fungsi f(x).Rumus rumus yang dipakai di turunan fungsi aljabar. turunan ketiga dari f(x) adalah f ”’(x) dst. *kita cari turunan pertama dulu ya.

coba yang lain yuk! tentukan turunan ke-empat dari f(x) ! jawab: mempunyai dua suku kita misalkan a dan b sehingga f ‘(x) = a ‘ + b ‘ cari turunan masing-masing suku dulu ya… maka mempunyai dua suku kita misalkan lagi c dan d sehingga f ”(x) = c ‘ – d ‘ maka .*ambil suku kedua dari f ‘(x) kita misalkan *nah..deh…. kembali ke selesai.

. suku pertama langsung dapat kita turunkan dan turunan suku kedua dapat dilihat telah kita cari di atas maka sehingga mempunyai dua suku.. Jika diketahui jawab: *ingatlah kembali nilai sin x di tiap kuadran buktikan bahwa turunan ke-n yaitu ! … … dst … … dst … … dst .mempunyai dua suku.coba sendiri dengan soal yang lain yah…!! ada yang bertanya soal seperti ini: 3.selesai !!!! begitu seterusnya hingga turunan ke-n …. suku pertama langsung dapat kita turunkan dan turunan suku kedua dapat dilihat telah kita cari di atas maka sehingga waaaaah….

( ) ( ) .Rumus-Rumus Turunan Fungsi Trigonometri Turunan Fungsi Sinus Misalkan diketahui fungsi sinus: ( ) berikut. diperoleh : ( ) Jadi dapat disimpulkan bahwa: ( ) ( ) Turunan Fungsi Cosinus Misalkan diketahui fungsi cosinus: ( ) sebagai berikut. ( ) . dapat ditunjukan bahwa : ( ) Substitusi nilai-nilai tersebut ke ( ). Turunan fungsi cosinus: ( ) ( ) ( ) ditentukan . Tentukan fungsi sinus: ( ) ( ) ( ) ditentukan sebagai ( ) { ( ( ) } ) Berdasarkan perhitungan limit fungsi trigonometri.

{ ( ) ( ) } Jadi. dapat disimpulakn bahwa : ( ) ( ) Turunan Fungsi Tangen Misalkan diketahui fungsi ( ) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful