BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Kehamilan yang sehat dan kondisi fisik yang aman dan keadaan emosi yang memuaskan baik bagi ibu maupun janin adalah hasil akhir yang diharapkan dari asuhan kebidanan. Supervise dan pengawasan kesehatan yang konsisten sangat penting. Banyak adaptasi selama kehamilan yang tidak diketahui ibu hamil dan keluarganya. Bidan yang memiliki pengetahuan dapat membantu ibu hamil mengenali hubungan antara status fisik dan rencana perawatannya. Berbagai informasi membangkitkan semangat ibu hamil untuk berpartisipasi dalam perawatannya sendiri. hal ini bergantung kepada keingintahuannya, kebutuhannya akan pengetahuan, dan kesiapannya untuk belajar. Kehamilan merupakan suatu proses kehidupan seorang wanita, dimana dengan adanya proses ini terjadi perubahan-perubahan. Perubahan tersebut meliputi perubahan fisik, mental dan sosial. Selain kebutuhan psikologis, kebutuhan fisik juga harus diperhatikan agar kehamilan dapat berlangsung dengan aman dan lancar. Kebutuhan fisik yang diperlukan ibu selama hamil meliputi oksigen, nutrisi, peronal hygiene, pakaian, eliminasi, seksual, mobilisasi & body mekanik, exercise/senam hamil, istirahat/tidur, imunisasi, traveling, persiapan laktasi, persiapan kelahiran bayi, memantau kesejahteraan bayi, ketidaknyamanan dan cara mengatasinya, kunjungan ulang, pekerjaan, tanda bahaya dalam kehamilan. Namun dalam makalah ini kami akan membahas tentang Eliminasi pada ibu hamil trimester I, II, dan III. Kebutuhan Eliminasi Ibu Hamil adalah permasalahan yang terjadi yang berhubungan dengan Buang air Kecil dan Buang air Besar selama masa kehamilan. Masalah BAK dan BAB selama masa kehamilan bisa terjadi menjadi tidak lancar jika hal yang menjadi mandatory selama masa kehamilan tidak dijaga dengan baik. Maka dengan itu perlunya para ibu – ibu untuk mengetahui apa itu Kebutuhan Eliminasi Pada Ibu Hamil yang di perlukan.

sehingga permasalahan eliminasi tersebut bisa diatasi dengan baik. Manfaat 1. Dapat mengetahui perubahan-perubahan fisiologi pada ibu hamil seperti kebutuhan eliminasi . C. Dan semoga bisa bermanfaat untuk Mahasiswa dan Dosen yang membaca makalah ini. Dapat memudahkan kita untuk mempelajari tanda-tanda fisiologis ibu hamil 2. Menambah wawasan tentang kebutuhan fisiologis pada ibu hamil 3.B. Tujuan Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah untuk menambah pengetahuan pada ibu selama hamil.

Karena pengaturan alat-alat di dalam tubuh berbeda pada setiap orang. yang masih terletak di ronga panggul di sebelah kandung kemih. Kadang-kadang efek anti insulin ini begitu kuat sehingga sehingga terdapat gula yang lebih dari cukup di dalam darah untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin. maka derajat seringnya pengeluaran air kemih pada kehamilan juga bisa berbeda-beda. Karena selama ini insulinlah yang mengatur kadar glukosa di dalam darah dan menjamin bahwa cukup banyak jumlah yang diambil oleh sel-sel tubuh sebagai makanannya. pada sekitar bulan keempat. dan ini bukan merupakan hal yang aneh pada kehamilan. yang membantu produk sisa dari tubuh dengan cepat. Salah satu alasan akan meningkatnya pembuangan air kemih adalah meningkatkan volume cairan tubuh dan membaiknya efisiensi ginjal. jauh lebih baik dari jumlah yang dapat ditangani oleh ginjal. mendapatkan cukup glukosa. kira-kira separuh dari ibu hamil menunjukan adanya gula di dalam air kemih mereka pada beberapa waktu pada kehamilan mereka. Mungkin hal ini tidak akan kembali sampai bayi kembali turun ke rongga panggul pada bulan kesembilan. Kadar Gula Dalam Air Kemih Terdapa sejumlah kecil gula dalam air kemih pada suatu saat pada kehamilan.BAB II ISI Kebanyakan ibu hamil lebih sering ke kamar mandi untuk melakukan tindakan eliminasi. yang biasanya sudah akan menghilangkan kelebihan gula pada . Alasan lainnya adalah adanya penekanan dari Rahim yang berkembang. Bahkan pada kenyataannya. maka selama hamil tubuh membentuk mekanisme anti insulin untuk memastikan bahwa akan cukup banyak gula yang tinggal di dalam aliran darah untuk memberi makan janin. Tekanan pada kandung kemih ini seringkali mereda setelah Rahim naik ke rongga perut. bukanlah berarti ibu hamil abetes (sakit gula). Maka kelebihan ini tumpah ke dalam air kemih. Ini adalah ide yang sempurna meskipun tidak selalu bisa berjalan dengan mulus. terutama pada trimester kedua dimana efek anti insulin meningkat. Pada beberapa wanita respon tubuh terhadap meningkatnya gula darah adalah dengan meningkatkan produksi insulin. Mungkin tubuh anda justru sedang melakukan apa yang seharusnya ia lakukan: yaitu memastikan bahwa janin yang menggantungkan kebutuhan bahan bakarnya pada sang ibu.

atau mereka tidak mampu menggunakan insulin yang mereka buat secara efisien. pada antara minggu ke 24 sampai 28 kehamilan. Bila kunjungan berikutnya masih terdapat gula dalam air kemih anda. maka banyak dokter yang sekarang melakukan tes gula darah sebagai pemeriksaan kehamilan secara rutin.kunjungan anda selanjutnya. . Yang termasuk berisiko tinggi adalah ibu hamil yang berusia lanjut (karena kecendrungan terhadap diabetes meningkat dengan sejalannya usia) dan wanita dengan riwayat diabetes militus di dalam kesehatan keluarganya. atau wanita yang mempunyai riwayat obstetric yang buruk (termasuk mengalami diabetes pada kehamilan yang sebelumnya. Tetapi pada beberapa wanita. cairan amnion yang berlebihan. atau pernah memiliki bayi yang terlalu besar pada kehamilan sebelumnya. infeksi saluran kemih yang berulangulang. Dalam keadaan seperti ini. toksemia. dan menaikannya tekanan darah. atau bayi yang mengalami kelainan bawaan). ibu hamil menunjukan kadar gula yang tinggi. mungkin tidak mampu sekalipun membentuk insulin pada jumlah yang cukup untuk menangani meningkatnya gula darah. Karena begitu seringnya. keguguran yang berulang kali. maka dokter anda mungkin akan memeriksakan kadar gula darah dan menganjurkan dilakukannya tes toleransi glikosa. kematian janin yang tidak diketahui penyebabnya. Pada mereka yang sebelumnya tidak diabetes.5 kg). Wanita yang terlalu gemuk. baik di dalam darah maupun di dalam air kemih. atau mereka tidak mampu sekaligus membentuk insulin dalam jumlah yang cukup untuk menangani meningkatnya gula darah. Kira kira 1% sampai 2% (perkiraan lain menduga sampai 10%) dari ibu hamil mengalami kondisi ini. sering buang air kecil. terutama yang sudah diabetes atau mempunyai kecendrungan terhadap diabetes. bahkan pada trimester kedua infeksi monilia pada vagina yang hilang timbul. yang dulunya lahir terlalu besar (lebih dari 4. Gejala-gejala yang menunjukan kemungkinan adanya diabetes kehamilan antara lain: rasa lapar dan haus yang berlebihan. keadaan ini dikenal sebagai diabetes kehamilan. wanita yang pernah mengalami adanya gula dalam air kemih pada kehamilan sebelumnya atau intoleransi terhadap gula di luar kehamilan. yang mungkin lebih tepat disebut intoleransi karbohidrat pada kehamilan daripada istilah diabetes pada kehamilan yang terdengar menakutkan sehingga dapat dianggap sebagai komplikasi kehamilan yang paling sering terjadi. Calon ibu yang akan berisiko lebih tinggi akan dites lebih awal dan lebih sering. yaitu sebuah prosedur dengan tepat mencerminkan respon tubuh terhadap gula pada aliran darah dan menentukan adanya diabetes pada seseorang.

bila anda mengalami wasir. perdarahan pada anus bukanlah tanda ancaman bahaya bagi kehamilan. harus mengambil langkah-langkah pencegahan: mendapatkan pemeriksaan kesehatan yang teratur. dan bila perlu diobati. begitupula vena pada anus. Wasir atau yang disebut ambeyen atau hemoroid. sebenarnya adalah varises pada anus. maka wanita dengan diabetes bisa mendapatkan kehamilan yang normal dan bayi-bayi yang sehat. Celah-celah ini biasanya sangat menyakitkan. Pada kehamilan.Walaupun dimasa lampau diabetes pada calon ibu dan janinnya merupakan risiko besar. diet yang sehat. pendarahan ini biasanya disebabkan oleh wasir yang terletak di luar. dan menyerang 20%-50% wanita hamil. Seperti vena kaki yang lebih peka terhadap varises pada saat ini. kebiasaan berolahraga. disamping adanya pendarahan. Perdarahan dari anus kadang-kadang merupakan tanda dari penyakit yang serius dan selalu harus diperiksakan. tetapi dari beberapa wanita ini. . Tetapi. Wasir (juga disebut tumpukan karena kadang-kadang vena yang membengkak membentuk seperti tumpukan buah anggur atau gundu) dapat menimbulkan rasa gatal dan nyeri. Perawatan diri yang baik dapat mengurangi kebutuhan perawatan medis yang radikal. peran anda sendirilah yang paling penting dalam mengobatinya. Jangan coba-coba mendiagnosa sendiri wasir anda. lebih jarang disebabkan oleh wasir yang terletak di dalam. Tetapi tidak seperti perdarahan pada vagina. dan terutama pada daerah tubuh yang begitu dekat dengan saluran lahir. dan mempelajari gejala-gejala dari penyakit sehingga bila muncul dapat segera diperiksakan. Untuk mengurangi risiko ini. mereka yang mengalami diabetes pada kehamilan. Perdarahan pada anus dapat juga berasal dari celah-celah retakan pada anus yang disebabkan oleh sembelit. Bila gula darah terkontrol dengn ketat melalui diet. Ketidaknormalan gula darah menghilang setelah persalinan pada 97% sampai 98% kasus. Keadaan sembelit sering menyebabkan atau memperparah keadaan. apalagi dalam masa kehamilan. Perdarahan Pada Anus Dan Wasir Perdarahan selalu merupakan gejala yang mengerikan. mempertahankan berat badan yang idea. terutama yang terlalu gemuk dapat mengalami diabetes di kemudian hari. yang menyertai wasir atau timbul secara terpisah.

Mereka dapat bertambah parah dengan adanya persalinan. bila cara cara pencegahannya tetap dilakukan. latihan ini memperbaiki perdarahan di daerah anus Mandi duduk berendam di dalam air hangat dua kali sehari Aplikasikan kompres (hazel) atau es pada wasir Gunakan obat oles atau supositoria hanya bila dianjurkan oleh dokter yang tahu bahwa anda sedang hamil Selalu mengusahakan agar perianeal ( dari vagina sampai anus ) tetap bersih. duduk dengan kaki sedikit diangkat (diletakan di atas kursi kecil) akan membantu proses ini Lakukan latihan kegel dengan teratur. selalu menyeka dari arah depan ke belakang. hindari berdiri dan duduk yang terlalu lama Jangan mengejan pada saat buang air besa. sembelit bukan merupakan factor yang harus dialami selama kehamilan (mencegah sembelit sejak awal kehamilan adalah cara yang terbaik untuk mencegah wasir)        Tidur dengan posisi miring/tidak terlentang untuk menghindari terjadinya tambahan tekanan pada vena anus. terutama bila tahap mengejannya panjang.membaca atau berbincang bincang dengan pasangan anda dalam posisi ini. . wasir dapat dicegah untuk menjadi khronis. Hindari sembelit. tetapi biasanya wasir akan menghilang setelah persalinan. Gunakan kertas pembersih yang tidak berwarna   Bila terasa nyeri pada posisi duduk. Cuci area ini dengan air hangat setelah buang air besar. Dengan pemeliharan yang baik. anda dapat menggunakan bantalan khusus yang ditiup dan berbentuk seperti ban dalam mobil Berbaringlah beberapa kali sehari bila mungkin dengan posisi miring. Nontonlah TV.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful