EKONOMI POLITIK PEMBANGUNAN I: DEMOKRASI DAN PEMBANGUNAN EKONOMI

1.

PENGANTAR

DEMOKRASI DAN PEMBANGUNAN EKONOMI Dunia saat ini terbagi menjadi dua bagian, yakni negara maju dan negara berkembang, negara maju lebih mapan dari sisi politik, ekonomi, budaya dan sosialnya, sedangkan negara berkembang masih dalam masa transisi menuju good governance dalam berbagai hal. Di negara maju sistem pemerintahan yang digunakan adalah sistem yang demokratis sehingga menimbulkan perekonomian yang liberal, budaya yang makin terbuka satu dan lainnya serta kebebasan bagi tiap-tiap individu untuk menentukan haknya. Seperti yang di ungkapkan oleh Robert Dahl, keunggulan demokrasi diantaranya: a. demokrasi membantu mencegah tumbuhnya pemerintahan kaum otokrat yang kejam dan licik, b. demokrasi menjamin bagi warga negaranya sejumlah hak asasi yang tidak diberikan dan tidak dapat diberikan oleh sistem-sistem yang tidak demokratis, c. demokrasi menjamin kebebasan pribadi yang lebih luas bagi warga negaranya, d. pemerintah demokratis yang dapat membantu perkembangan kadar persamaan politik yang relative tinggi, dan e. negara-negara dengan pemerintahan demokratis cenderung lebih makmur daripada negara-negara dengan pemerintahan yang tidak demokratis. Berbeda dengan negara berkembang yang masih dalam tahap transisi menuju sistem pemerintahan yang ideal contohnya seperti negara berkembang tersukses yakni Brazil, Rusia, India, China. Dalam hal ini keempat negara maju selaras dalam demokrasi dan ekonomi pembangunan negara, kecuali China. Dua Puluh Tahun yang lalu, sebuah tragedi kemanusiaan terjadi di negeri China. Puluhan ribu mahasiswa yang menuntut demokratisasi di lapangan Tiananmen ditindak represif, sejumlah tank pasukan Tentara Merah menggilas mereka, ribuan mahasiswa tewas, ribuan mahasiswa ditangkap ke penjara, ratusan lainnya hilang entah ke mana. Sampai sekarang para aktivis mahasiswa masih ada yang berada di penjara dan mereka yang berhasil melarikan diri terus memperjuangkan demokrasi di negeri itu.
1

pemerintah China selalu sibuk mengamankan lapangan Tiananmen. Namun bersamaan dengan peningkatan kemajuan ekonomi yang rata-rata tumbuh 10 persen sejak 1980-an. adanya partai politik. Siapa pun yang mempersoalkan kembali tragedi berdarah itu ditindak.Peristiwa Tiananmen yang terjadi pada 4 Juni 1989 adalah sejarah kelam pemerintahan komunis China setelah Revolusi Kebudayaan. yang kini menjadi arus-utama percaturan global. serta kebebasan individu dan kelompok). namun ada juga yang berpendapat demokrasi bersifat indirect impact terhadap pertumbuhan ekonomi. seperti politik. China bergeming. Di dalam sebuah negara yang demokrasi segala macam kegiatan yang berkaitan dengan kekuasaan sepenuhnya berada di tangan rakyat. Dalam hal ini. Namun. Dampak dari sistem negara yang demokrasi dapat berimbas ke berbagai macam hal. Pemimpin yang berkuasa tidak lepas dari kontrol rakyat yang di representatifkan melalui sebuah lembaga legislatif. hukum. Seorang fotografer dari Assosiated Press sempat ditangkap ketika mengambil gambar di lokasi pembantaian mahasiswa itu. budaya. seperti diingatkan Joel Rocamora (2002). pemilu. selain mengandung bias ideologis-dominasi dan hegemoni. Telah menjadi perdebatan dikalangan ilmuwan politik dan ilmuwan ekonomi mengenai pandangan dan kesimpulan demokrasi dan pertumbuhan ekonomi. Kembali ke Demokrasi yang merupakan sistem yang dianggap ideal oleh sejumlah besar negara untuk model suatu pemerintahan yang baik. sebagian lagi menyatakan keduanya tidak ada hubungan kausalitas. China menjadi super power baru yang secara geopolitik berpotensi menjadi ancaman negara-negara industri maju. dan lain sebagainya. Seminggu menjelang tanggal 4 Juni. memilih dan menjalankan suatu demokratisasi negara. teguh menempuh jalan politik sendiri yang lebih cocok dengan kebutuhan domestik. dalam mengaitkan berbagai macam elemen-elemen suatu negara yang demokrasi. Adapun persoalan Cina ini akan dibahas dalam studi kasus. Ekonomi suatu negara bergantung terhadap kebijakan yang diambil oleh pihak pemerintah yang memimpin dan ideologi suatu negara. China tidak serta-merta mengadopsi ide-ide demokrasi dan HAM yang disuarakan Barat karena sarat kepentingan politik-ekonomi. pasukan Tentara Merah dalam posisi siaga berjaga-jaga di sekitar lapangan itu. ekonomi. 2 . pemakalah memfokuskan pembahasan mengenai demokrasi pembangunan ekonomi negara. rakyatlah yang memiliki kewenangan sepenuhnya untuk mengontrol. (seperti. Isu demokrasi dan HAM sekadar kamuflase untuk menyembunyikan kepentingan ekonomi Barat atas negara berkembang. Tak heran. Meskipun sudah dua puluh tahun berlalu. dosa sejarah ini sepertinya terus membayangi. sosial. Barat gencar melancarkan propaganda agar China mempromosikan demokrasi dan HAM sebagai bagian agenda pembangunan. Para wisatawan yang mengambil gambar juga dipaksa untuk menghapus dari kameranya. Ada ilmuwan yang meyakini demokrasi dapat mendorong dan berpengaruh signifikan pada pertumbuhan ekonomi.

dan Amerika Latin. Robert e Baldwin.Meir. dalam menganalisa demokrasi dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Afrika. Gerald M. talcott person. namun liberalis percaya bahwa kemajuan ekonomi di masa depan dapat mengarah pada persamaan tingkat ekonomi. pendekatan inilah yang harus digunakan negara-negara berkembang dalam mencapai pembangunan ekonomi yang maju. Ragnar Nurske. Dalam pembangunan teori ini penulis menggunakan analisa teori yang dikemukakan oleh Syzmon Chodak yang melibatkan lima pendekatan dalam melaksanakan teori pembangunan ekonomi. Henry J. Sebagai yang di ungkapkan oleh Adam Smith bahwa hal tersebut dapat terjadi dengan adanya intervensi pemerintah dalam mekanisme pasar. sebagai salah satu upaya menjawab keterbelakangan ekonomi dan pembangunan bangsa-bangsa yang baru merdeka secara meluas di Asia. seperti: pembangunan ekonomi dan pembangunan politik. Huntington dan lain-lain. Teori tentang proses pembangunan ekonomi sepert teori modernisasi. Teori pembangunan ekonomi muncul dan berkembang pesat pada awal dasawarsa 1950-an. Dari pemaparan teori yang dikemukakan oleh Chodak. Pada umumnya para tokoh ini menggali hubungan antar faktor ekonomi dan faktor politik dalam pembangunan ekonomi yang saling terkait dan tidak terpisahkan. Dalam teori pembangunan ini perspektif liberal mengungkapkan pendapatnya bahwa ekonomi dunia merupakan faktor yang menguntungkan dalam pembangunan ekonomi interdependensi. Liberalis sadar bahwa kemajuan ekonomi tidak seragam dalam ekonomi domestik maupun ekonomi internasional. Syzmon Chodak. Liberalis beranggapan bahwa ekonomi yang interdependensi berdasarkan perdagangan bebas.Bruton. KERANGKA TEORI Dalam makalah ini penulis akan menjelaskan tentang perspektif liberalis dalam pembangunan ekonomi dan teori pembangunan ekonomi. Hubungan kuat antara ekonomi dan politik dapat dilihat dengan adanya penguasa yang menentukan arah sistem politik dalam kelembagaan masyarakat yang mempermudah pembangunan ekonomi dan pengusaha membuat perencanaan sistemik bagi proses pembangunan ekonomi suatu negara.1. Dalam konsep ekonomi politik yamg 3 . karena perdagangan dapat menjadi "mesin pertumbuhan" ekonomi suatu negara. Tokoh-tokoh yang mengemukakan teori pembangunan seperti Profesor Rostow. • • • • • Teori pembangunan berupa evolusi Teori pembangunan yang menekankan proses menuju pada saling ketergantungan ( interdependensi) Teori motivasi yang mendorong aktivitas pembangunan Teori tentang aspek-aspek tertentu dari proses pembangunan masyarakat. Schumpter.

Kelima criteria tersebut adalah: a. artinya bahwa pemerintahan demokrasi bertujuan mengurangi ketidakpastian dan instabilitas serta menjamin warga negara dalam mendapatkan kesempatan yang berkala. partisipasi yang efektif. b. Pemerintahan demokrasi ialah pemerintahan yang di impikan oleh berbagai negara karena system pemerintahan ini dianggap baik untuk kestabilan suatu bangsa dalam menjalankan roda pemerintahan negara. Ekonomi liberal adalah teori ekonomi yang diuraikan oleh tokoh-tokoh penemu liberal klasik seperti Adam Smith atau French Physiocrats. Berdasarkan teori di atas penulis berpendapat bahwa pembangunan ekonomi dapat maju dengan adanya interdependensi ekonomi dalam suatu negara yang baru berkembang dengan melakukan sistem liberal ekonomi dalam melakukan kebijakan ekonomi mereka. Segala sesuatu berasal dari. d. persamaan dalam memberikan suara. sehingga dapat menjamin kebebasan masing-masing individu dalam suatu negara untuk bergerak mengembangkan dan melakukan hal yang mereka inginkan. pemahaman yang jernih dari warga negara atau kelompok asosiasi. mencakup orang dewasa.modern saat ini tidak mungkin mengabaikan unsur pemerintah dalam melakukan kebijakan ekonomi interdependensi untuk mencapai pertumbuhan ekonomi. PEMBAHASAN 1. oleh dan untuk rakyat adalah inti dari konsep pemerintahan yang demokratis. REZIM DEMOKRASI Berbagai macam bentuk pemerintahan yang terjadi di negara dunia ini mengalami perubahan dengan mencoba memformulasikan konsep tatanan pemerintahan yang baik yang juga dapat mengembangkan pembangunan ekonomi yang stabil di masingmasing negara. sistem ekonomi didalam negara yang demokrasi berjalan menuju perekonomian yang liberal. Robert Dahl menyatakan bahwa setidaknya ada lima standar yang dapat digunakan untuk mengukur apakah suatu proses politik berlangsung secara demokratis atau tidak. Sistem ekonomi liberal tersebut mempunyai kaitannya dengan "kebebasan 4 . pengawasan agenda dan. Dalam pembangunan ekonomi adanya kerjasama yang kompak antara pemerintah dan pengusaha menjadikan pembangunan ekonomi akan berjalan dengan cepat. Ekonomi politik internasional yang terjadi saat ini tidak dapat dipisahkan dalam melakukan rencana pembangunan ekonomi yang merupakan keyakinan bulat dalam mencapai ekonomi pasar yang efisien. Secara tradisional. Dalam hal perekonomian. c. e. Demokrasi sebagaimana dikemukakan Winston Churchill sebagai 'least bad' form of government. tujuan penyelenggaraan pemerintahan demokrasi adalah untuk mencegah akumulasi kekuasaan kedalam satu atau beberapa orang.

Konsep dari ekonomi liberal ialah bergerak kearah suatu sistem ekonomi pasar bebas dan sistem berpaham perdagangan bebas. Pilihan itu adalah benar. 24. pemerintah Indonesia pernah menerapkan kebijakan deregulasi ekonomi yang menyangkut 3 aspek. 1. melihat kebijakan keluar lebih mengandalkan intensif ekonomi dan peran yang lebih besar pada mekanisme pasar perdagangan luar negeri. contohnya dengan adanya ACFTA (Asean-China Free Trade Area). Sebaliknya. Selanjutnya. Kebijakan ke dalam berhubungan dengan intervensi negara yang besar dalam wilayah ekonomi yang dihubungkan dengan kebijakan ekonomi yang direncanakan. Selain itu. Kebijakan rezim suatu negara dalam memajukan ekonomi memiliki dua tipe kebijakan didalamnya. seperti pemerintahan China yang masih berideologikan Komunis. Boedion. Februari. dengan memenuhi permintaan pasar dalam negeri. mengurangi campur tangan pemerintah dalam hal pengelolaan badan usaha dan pengambilan keputusan produksi maupun harga. dengan menarik pelajaran dari pengalaman sendiri dan pengalaman negara-negara lain yang mengikuti jalur ini. KEMAJUAN EKONOMI DAN DEMOKRASI "Bangsa Indonesia telah memilih jalur demokrasi untuk membangun negara ini." (Prof. rezim suatu negara memiliki kekuasaan penuh dalam menentukan sistem ekonomi yang diinginkan. menurut Mynt yang pertama kebijakan melihat keluar (outward looking policy) dan kedua kebijakan melihat ke dalam (inward looking policy). Dengan demikian pemeintah Indonesia secara langsung telah menerapkan kebijakan ekonomi yang liberal meskipun tidak diimbangi dengan kestabilan industry dalam negeri. secara tidak langsung mereka sudah menjadi negara yang kapitalis dalam menekankan pasar bebas bagi negaranya dan kawasan ASEAN khususnya. Kemajuan ekonomi suatu negara pasti memiliki keterkaitan rezim disuatu negara karena. KAITAN TINGKAT NEGARA ?? KEMAJUAN EKONOMI DAN REZIM DI SUATU Sikap suatu pemerintah dapat terlihat dari kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintahan tersebut untuk mencapai kepentingan nasional negaranya. Termasuk didalamnya adalah hal perekonomian. diantaranya: untuk menyehatkan persaingan pasar dengan membuka kesempatan bagi pendatang baru.alami". 2007) 5 . 1. namun dari sektor ekonomi dapat kita analisa bahwa mereka telah menerapkan kebijakan sistem ekonomi yang liberal. pemerintah telah mulai merombak status BUMN menjadi persero dan mengalihkan saham dari perusahaan negara pada sektor swasta. bangsa Indonesia memperoleh gambaran mengenai jalan yang kemungkinan akan dilalui ke depan.

penulis akan menggunakan pemaparan dari Prof. Adelman menyebut Singapura sebagai "sebuah kekuatan konstruktif di dunia" 6 . tahun 2006 penghasilan per kapita Indonesia diperkirakan sekitar 4. Kemungkinan kegagalan demokrasi sangat tinggi pada tingkat penghasilan per kapita rendah dan secara progresif akan menurun dengan kenaikan penghasilan. demokrasi bukan penentu utama prestasi ekonomi. Perdagangan dapat menjadi "mesin pertumbuhan dan negara kurang berkembang mendapat modal. Dalam menjawab persoalan seperti ini. Boediono yang saat pengukuhan guru besarnya menyampaikan makalah ilmiahnya berjudul Dimensi Ekonomi-Politik Pembangunan Indonesia.Apakah terbukti ekonomi liberal mendukung demokrasi. Kita belum dua pertiga jalan menuju batas aman bagi demokrasi" ucapnya. David Adel-man.000 dolar AS. Boediono. demokrasi akan makin 'diminta' oleh masyarakat". Sejumlah studi empiris lain. dijelaskanan bahwa Politisi Demokrat yang baru menjabat menjadi Duta Besar Amerika Serikat untuk Singapura. SINGAPURA Dalam sebuah berita internasional di Agence France-Presse (AFP) pada Februari 2010. meskipun mereka belum siap menerapkan demokrasi. "Apabila kita hitung. STUDI KASUS DEMOKRASI EKONOMI di SINGAPURA dan CHINA 1. Aliran liberalisme menganggap bahwa ekonomi dunia yang interdepensi berdasar perdaganagan bebas. dengan meningkatnya kemakmuran. menegaskan dirinya akan mempromosikan demokratisasi dan reformasi di negara pulau itu. sedangkan batas kritis bagi demokrasi sekitar 6. Seperti telah dibahas sebelumnya. Kenapa perubahan ekonomi dapat mendorong perubahan rezim ?. Bagi negara-negara berpenghasilan rendah. "Tetapi. serta keterkaitan ekonomi yang maju dan ekonomi yang kurang berkembang akan cenderung berpihak pada yang kurang berkembang. dan masuk kedalam pasar dunia. pada tahap awal faktor ekonomi sangat menentukan pelaksanaan demokrasi.600 dolar AS. maka negara-negara berpenghasilan rendah dapat memacu pertumbuhan ekonominya.. tekhnologi. spesialisasi dan divisi tenaga kerja internasional mendorong pembangunan domestik. prespektif liberal menganggap ekonomi dunia adalah faktor-faktor yang dapat menguntungkan pada pembangunan ekonomi yang interdependensi. asalkan dapat memperbaiki penegakan hukum. Dalam hal tersebut Prof. Boediono menambahkan. terutama oleh para ekonom menyimpulkan. Apabila kesimpulan ini benar. lanjut Prof. seperti yang saya singgung tadi. penegakan hukum lebih menentukan kinerja ekonomi daripada demokrasi.

tetapi bersamaan dengan peningkatan kemajuan ekonomi yang menjadi ancaman negara-negara industri maju. politisi veteran JB Jeyaretnam yang dimusuhi PAP dan beberapa lama mendekam di penjara sebelum meninggal dunia tahun lalu. Ketika tidak lagi menjabat perdana menteri. Ia mendesak politisi AS itu membuktikan kata-katanya dengan mendorong pemberlakuan demokrasi multipartai secara murni di Singapura. Lee langgeng di kekuasaannya hingga dekade 1990-an.Ditanggapi positif oleh tokoh oposisi Singapura Kenneth Jayaretnam. yakni Partai Aksi Rakyat (Peoples Action Party/PAP) yang didirikan dan dipimpin oleh Bapak Pendiri Singapura. CHINA "Bila seorang Jenderal memperlakukan pasukannya seperti anak kesayangannya. 1. mereka bersedia mendukung dan mati bersamanya" (Sun Zi. Sejak berdiri pada 1959. Dengan sistem itu. seperti Indeks Demokrasi Ekonomi serta laporan Freedom House. Namun. Lee Kuan Yew. Singapura selalu dalam kangkangan kekuasaan satu partai. digantikan Goh Chok Tong. memang berhasil berubah dari kota pelabuhan kecil menjadi negara terkaya di Asia. Jenderal Perang Kuno China) Meski Cina masih menutup-nutupi peristiwa Tiananmen. Sun Zi mengajarkan strategi humanis yang tampak begitu kelihatan tatkala China teguh menempuh jalan politik sendiri yang lebih cocok dengan kebutuhan domestik." Menurut tokoh politik yang kerap kali memerahkan kuping rezim Singapura itu. ada pelajaran penting yang dimainkan China yang tak lepas dari strategi Seni Perang Sun Zi. Lee Hsien Long. "Partai Reformasi menyambut baik pernyataan calon Duta Besar yang ingin bekerja bagi pemberlakuan sistem multipartai secara murni di Singapura. harga untuk itu adalah pengekangan terhadap hak-hak sipil dan kebebasan politik. Singapura sama sekali bukan negara demokrasi sesuai terminologi aslinya. 7 . Sebagai Ketua Partai Reformasi. Jeyaretnam merupakan seorang pakar ekonomi yang mengambil alih kepemimpinan Partai Reformasi dari ayahnya. Lee tetap mempertahankan pengaruhnya dengan menduduki jabatan Menteri Senior. Jabatan yang ia genggam hingga kekuasaan kini berada di tangan putranya. Singapura di bahwa sistem politik yang diciptakan Lee. berdasarkan sejumlah indikator. Jayaretnam menegaskan dirinya sangat senang dengan niat Adelman. Dengan prinsip stabilitas dan peraturan serbaketat.

" DAFTAR PUSTAKA • • Winarno. karena jalan pragmatisme China ini sangat menginspirasi pembangunan perekonomian. China menempuh jalan pragmatis dengan menyerap unsur-unsur pokok kapitalisme pasar. Refika Aditama. Afrika. bagi negara yang menganut sistem demokrasi liberal. sementara peluang untuk menang bergantung pada musuh. efektivitas regulasi. Karena itu. Pemerintah China yakin. Bnadung. dan Banglades. Dengan mempelajari Gerak Ekonomi-China ini tentunya dapat dijadikan model. tetapi berpendapatan per kapita rendah seperti Indonesia. Budi. ekonomi. Bahkan. seperti Vietnam dan Laos. mereka lebih mengutamakan reformasi kelembagaan pemerintahanefisiensi birokrasi. Jalan pragmatisme China memberi inspirasi negara-negara serumpun di Asia Timur dalam membangun ekonomi.tetapi tetap memelihara nilai-nilai ideologi sosialisme yang berakar kuat dalam tradisi politik mereka. Mereka mengundang ahli hukum. 8 . para investor asing lebih memilih jaminan stabilitas politik dan keamanan serta kepastian hukum dalam berinvestasi ketimbang memilih tipe pemerintahan: otoriter atau demokrasi. Saksikan. Filipina. langkah ganjil dan penuh paradoks. akademisi. "Kemampuan untuk mencegah kekalahan bergantung pada diri sendiri. China mengabaikan pertentangan ideologis dan menjalankan modernisasi dengan memeluk kapitalisme meski tetap setia pada sosialisme. akuntabilitas dan transparansi. Karena apa yang diajarkan China tetap menyerap unsur-unsur pokok kapatalisme pasar dengan tetap memelihara nilai-nilai ideologi sosialisme yang berakar urat dalam tradisi politik. Iran. Yogyakarta. dan Amerika Latin juga tertarik pendekatan dan strategi China. Apalagi. penegakan hukum dan perkuatan peradilan. mengadopsi strategi pembangunan ekonomi China dan menjadikannya model. 2007. Globalisasi dan Krisis Demokrasi. yang lebih dibutuhkan guna memfasilitasi investasi asing ketimbang demokratisasi. Hal ini selaras dengan apa yang diajarkan Sun Zi. Media Pressindo. Pt. Yanuar ikbar. 2002. yakni bagaimana mengakumulasi kapital dan mengeruk keuntungan bahkan untuk satu dollar investasi sekalipun.Para penguasa China paham betul hukum ekonomi kapitalisme pasar. dan pengamat bagaimana menjalankan state-led economic development with limited political reforms itu. negara-negara berideologi serupa. ekonomi politik internasional 2. dan politik China untuk menyampaikan public lecture bagi pejabat pemerintahan.MA. peningkatan mutu pelayanan publik.

pdf bataviase. Yayasan Paramadina.okezone.id/node/85989 www.pksm. Kamis 06 Agustus 2009.hariansumutpos.co.mercubuana.detiknews.• • • • • • • • Anwar Nasution. demokrasi dan pertumbuhan ekonomi dalam economy.com/opini-media/internasional/6226-modernisasiekonomi-politik-china. Pembangunan dan Demokratisasi Sistem Ekonomi Indonesia.ahmadheryawan.blogdetik. Hal 60 www.pdf di cetak pada Harian Kompas..com/2010/01/24837/mempelajari-gerak-ekonomi-politikchina.html www. dalam Demokratisasi.php/detik. Jakarta. Budaya.com/read/2010/108/279/380384/demokrasi-danpertumbuhan-ekonomi www.read/tahun/2007/bulan/02/tgl/24/time/11312 8/idnews/746500/idkanal/10 qnoyzone./31001-5-705639038228.php/2009/02/25/opini-prof-dr-boediono-ekonomipenentu-demokrasi/ Amihalhumami. 9 . Politik.com/index. dan Ekonomi. 1994.id/new/elearning/..ac.com/index.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful