BAB 1 6. Apakah computer merupakan sistem fisik, system virtual atau keduanya ?

Bila ditinjau dari wujudnya, computer merupakan suatu system fisik. Tetapi bila ditinjau dari fungsinya, computer dapat dikategorikan sebuah system virtual. 16. Sebutkan 5 fungsi manajemen utama, seperti yang diuraikan oleh Henry Fayol ! 1. merencakan apa yang akan dilakukan 2. berorganisasi untuk menjalankan rencana 3. mengisi organisasi dengan SD yg dibutuhkan 4. mengarahakan SD untuk melaksanakan rencana 5. mengendalikan SD, agar tetap pada jalurnya BAB 2 6. Apa yang dimaksud dengan rantai nilai itu ? Rantai nilai adalah sesuatu yang harus diciptakan perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif yang terdiri atas aktivitas-aktivitas utama dan pendukung yang memberikan kontribusi kepada margin (nilai dari barang dan jasa perusahaan setelah dikurangi harga pokoknya). 16. sebutkan tujuh jenis sumber daya informasi. Berikan tanda bintang disamping jenis sumber daya yang selalu terdapat dalam layanan informasi  Peranti keras computer  Peranti lunak computer  Spesialis informasi  Pengguna  Fasilitas  Database  Informasi *

BAB 3 6. Berapakah nilai dolar e-commerce di amerika serikat pada tahun 2003 ? jika tren-tren lampau terus berlangsung, berapakah proyeksi anda untuk tahun 2010 ? Pada tahun 2003 hampir sebesar $1,7 triliun. Dengan pertumbuhan 15% setiap tahun maka pada tahun 2010 dapat mencapai hampir sebesar $4,5 triliun 16. bagaimana jepang memperluas aplikasi bisnisnya bagi para pelanggan yang memiliki telepon seluler 3G ? Penyedia layanan telekomunikasi jepang NTT DoCoMo,Inc telah membeli lebih dari 30% bisnis kartu kredit kelompok keuangan

BAB 4 6. Agar seseorang dapat terlibat dalam komputasi penggunaan akhir, apa yang harus ia lakukan ? Untuk terlibat dalam komputasi penggunaan akhir, maka seseorang harus mengerti mengenai computer dan memiliki keahlian dalam mengoperasikannya. Dan arus informasi mengenai tren terbaru/ informasi terbaru harus dimiliki untuk menunjang pengetahuan dan keterlibatannya dalam komputasi pengguna akhir. Informasi juga merupakan suatu sumber daya yang harus dikelola seorang pengguna. Selain itu, seorang pengguna juga sebaiknya memiliki peranti keras dan peranti lunak siap pakai untuk membantu dan menunjang pekerjaannya, misalnya untuk pengambilan keputusan.

BAB 5 6. Apakah arti jika sebuah monitor memiliki resolusi layar sebesar 1600 x 1200 ? Artinya terdapat 1600 titik pada setiap 1200 garis pada layar.

BAB 6 6. Bagaimana hubungan antar table untuk basis data relasional dibuat ? Untuk relasi data relasional adalah implicit. Relasi implicit ini secara tidak langsung berasal dari data. Ketika ada satu field data yang sama dalam dua table, maka record dari kedua table tersebut akan dapat digabungkan ketika nilainya sama. Konsep dari suatu struktur basis data yang terdiri atas table-tabel dimana relasi terbentuk secara implicit dengan mencocokkan nilai-nilai dalam field data yang sama, akan mudah untuk dipergunakan dan dipahami.

BAB 7 6. Apa perbedaan antara prototype evolusioner dengan persyaratan ? Prototype evolusioner terus menerus disempurnakan sampai memiliki seluruh fungsionalitas yang dibutuhkan pengguna dari system yang baru. Protoyipe evolusioner selalu menjadi system actual. Protipe persyaratan dikembangkan sebagai satu cara untuk mendefinisikan persyaratanpersyaratan fungsional dari system baru ketika pengguna tidak mampu mengungkapkan dengan jelas apa yang mereka inginkan. Protoyipe persyaratan tidak selalu menjadi system actual. 16. Berapa banyak symbol proses yang terdapat pada diagram konteks ? Diagram konteks terdiri terdiri atas satu symbol proses tunggal yang melambangkan keseluruhan system.

BAB 8 6. Apa saja tiga jenis subsistem input yang terdapat dalam system informasi suatu area bisnis? Tiga jenis subsistem input pada suatu area bisnis.  System pemrosesan transaksi  Subsistem riset bisnis  Subsistem intelegensi bisnis 16. Apakah yang membentuk hubungan antara paket informasi dengan berbagai table dimensi dalam suatu skema bintang ? Untuk menghubungkan antara paket informasi dengan berbagai table dimensi dalam suatu skema bintang dibutukan suatu kunci. Kunci-kunci dalam tiga table dimensi dihubungkan ke kunci-kunci di dalam paket informasi yang berada di tengah.

BAB 9 6. Sebutkan 5 contoh malware      16. Virus, Worm, Keylogger, Trojan Horse, Spyware

Apa saja kelebiha kriptografi Kriptografi merupakan penggunaan kode yang menggunakan proses matematika. Data dan informasi yang dienkripsi dalam penyimpanan dan juga ditransmisikan kedalam jaringan. Jika seseorang yang tidak memiliki otorisasi memperoleh akses, enkripsi tersebut akan membuat data dan informasi yang dimaksud tidak berarti apa-apa dan mencegah kesalahan penggunaan.

BAB 10. 6. Dalam menerapkan suatu budaya etika, dilaksanakan tiga tindakan. Apa sajakah tindakantindakan itu ?  Menerapakan kredo perusahaan. Yaitu pernyataan singkat mengenai nilai-nilai yang ingin dijunjung perusahaan untuk memberitahu individu dan organisasi baik di dalam maupun diluar perusahaan, akan nilai-nilai etis yang dianut perusahaan tersebut.  Menetapkan program etika. Yaitu upaya yang terdiri atas berbagai aktivitas yang didesain untuk memberikan petunjuk kepada para karyawan untuk menjalankan kredo perusahaan.  Menetapkan kode etik perusahaan. Kode etik sesuai dengan yang telah dirancang suatu perusahaan. Umumnya merupakan adaptasi dari kode etik profesi. 16. Bagaimanakah seorang CIO terpengaruh oleh sarbanes-Oxley ? Seorang CIO dapat terpengaruh oleh Sarbanes-Oxley karena pada dasarnya CIO adalah mercusuar integritas informasi dalam suatu perusahaan yang tentunya memberikan kontribusi besar terhadap operasional perusahaan. Dan Sarbanes-oxley sebagai undangundang perlindungan investor dan reformasi akuntansi perusahaan public tentu akan mengikat dan memeberikan batasan-batasan terhadap informasi yang akan mempengaruhi system kerja seorang CIO.

BAB 11 6. Kelemahan SIM apakah yang ingin diatasi oleh Gorry dan Scott-Morton ? Pada awalnya penggunaan computer didunia usaha terbatas pada pemrosesan transaksi. Hal inilah yang ingin diatasi oleh Gorry dan Scott Morton.

16.

Apa sajakah empat bagian utama dari sebuah system pakar ?     Antarmuka pengguna Basis pengetahuan Mesin inferensi Mesin pengembangan