analisis kuantitatif ICP-MS secara akurat menentukan berapa banyak elemen tertentu dalam bahan yang dianalisis.

Dalam analisis kuantitatif yang khas, konsentrasi setiap elemen ditentukan dengan membandingkan jumlah diukur untuk isotop yang dipilih kekurva kalibrasi eksternal yang dihasilkan untuk elemen itu.

Standar kalibrasi cair disusun dengan cara yang sama seperti yang digunakan dalam AA dan ICP-OES analisis. Standar-standar ini dianalisis untuk menetapkan kurva kalibrasi. yang tidak diketahui sampel kemudian jalankan, dan intensitas sinyal dibandingkan dengan kurva kalibrasi untuk menentukan konsentrasi yang tidak diketahui.

H. Contoh Analisis Menggunakan ICP Pendahuluan 1.1 Latar Belakang Inductively Coupled Plasma Spectrometry (ICP) adalah metoda yang berdasarkan ion yang tereksitasi dan memancarkan sinar. Intensitas cahaya yang terpancar pada panjang gelombang tertentu dan mempunyai karakteristik unsur tertentu yang terukur berhubungan dengan konsentrasi dari tiap unsur dari sampel.Inductive couple plasma(ICP) adalah induksi yang diperoleh dari arus bolak-balik pada frekuensi radio melalui kumparan. Berguna untuk mendeteksi kandungan logam dalam sampel dari lingkungan. Prinsip utama dari ICP adalah medapatkan unsur-unsur yang memancarkan karakteristik cahaya pada panjang gelombang yang bisa di ukur.ICP perangkat keras dirancang untuk menghasilkan plasma, yang mana atom dalam berbentuk gas hadir dalam keadaan terionsasi..susunan dasar dari ICP adalah terdiri dari 3 tabung, terbuat dari silika. Tabung ini yaitu : termed outer loop, intermediate loop, and inner loop, yang bersama menyusun obor ICP. Obor di posisikan dalam water-colled coil dari suatu frekuensi radio generator. Gas di alirkan dalam obor, freuensi radio bidang di aktifkan, dan gas di daerah coil di buat secara elektris. Urutan peristiwa ini membentuk plasma. Pembentukan plasma bergantung pada cukup kuatnya intensitas medan magnet dan pola arus gas mengikuti pola putaran simetris tertentu. Plasma dijaga dengan induksi dari pengaliran gas. Bagian yang harus ada pada ICP :

konsentrasi TDS dapat menentukan alir air ke dalam dan ke luar dari suatu sel organisma (Mitchell and Stapp.Intensitas sinyal ini kemudian di bandingkan dengan intensitas yang telah di ketahui.atom dan elektron. dan kemudian di ukur intensitas cahayanya dengan tabung photomultiplier pada panjang gelombang yang spesifik untuk masing-masing garis unsur. batas pengukurannya adalah 1-100 g/L. fosfat.TDS adalah suatu ukuran jumlah dalam air. kombinasi dengan logam berat. ICP-AES menggunakan plasma sebagai sumber atomisasi dan eksitasi dan kemudian pancaran yang di hasilkan unsur di ukur intensitasnya . Cahaya yang dipancarkan oleh atom atau ion di dalam ICP dikonversi ke isyarat elektrik oleh photomultiplier. analisa kuantitatif dapat di lakukan dengan cepat. konsentrasi TDS yang tinggi dapat mengurangi kejernihan air. Masing-masing Unsur akan mempunyai banyak panjang gelombang spesifik di dalam spektrum yang bisa digunakan untuk analisa. Total Dissolved Solid (TDS) Total dissolved solids (TDS) adalah padatan dalam air yang dapat menerobos saringan. 1992).dan mendorong peningkatan temperatur air. material ini dapat meliputi karbonat. Hal ini terpenuhi dengan komponen radiasinya oleh kisi difraksi. ion organik.• ICP torch • Sampel introduction system (nebulizer) • High frequency generator • Transfer optics and spectrometer • Computer interface Unsur-unsur yang akan di analisa dengan ICP harus dalam bentuk larutan.dan kematian bisa terjadi. Plasma adalah suatu gas ionisasi yang terdiri dari ion. Keuntungan dengan menggunakan suatu ICP meliputi : Kemampuan nya untuk mengidentifikasi dan mengukur semua unsur-unsur kecuali Argon. sodium. jika konsentrasi TDS terlalu tinggi atau terlalu rendah. sehingga konsentrasi dapat di hitung. zat kapur. berperan suatu penurunan fotosintesis. bikarbonat. Larutan yang mengandung air lebih di suka daripada larutan organik sebab larutan organik memerlukan perlakuan khusus sebelum penyuntikan kedalam ICP. sulfat. klorid. nitrat. pertumbuhan dari banyak kehidupan dalam air. dan tidak memerlukan sampel yang banyak ICP-AES Inductively Coupled Plasma-Atomic Emission Spectroscopy (ICP-AES) adalah salah satu dari beberapa teknik analisa atomik spektroskopi. TDS dapat dihitung dengan mengukur . dan ion lain.Cahaya yang di pancarkan oleh atom dari unsur dalam ICP di konversi menjadi sinyal elektrik yang dapat di ukur jumlahnya (kuantitasnya).Begitu juga dengan sampel padat. suatu tingkatan tertentu ion ini didalam air sangat penting berhubungan dengan kehidupan dalam air. magnesium. Bagaimanapun.

di ambil pada titik-titik tertentu yang merupakan sumber polutan dari industri (tabel 1) : Alat :   Peralatan ICP –AES Spektrometer Baird ICP 2070 (gambar 1) Peralatan Konduktmeter Hach CO 150 2. Atom atau ion yang tereksitasi kemudian memancarkan sinar pada panjang gelombang tertentu sesuai komposisi sampel Kemudian sinar dideteksi dengan sistem deteksi monokromator berurutan dengan range panjang gelombang 160-800 nm Spektrum dibuat dengan menggunakan computer Hasil Dan Diskusi 3.1 Alat dan Bahan Sampel diambil pada sungai Ialomita. terdiri atas sistem pengenalan sampel.68 Hz. plasma torch.konduktans yang spesifik dari air. Gas yang digunakan pada plasma adalah gas argon serta generator frekuensi radio 40.1 Pengukuran Dengan Menggunakan ICP Konsentrasi (ppm) unsur-unsur dalam sampel dari sungai iaolomita yang diperoleh . plasma power supply. Dambovita area dengan metoda ICP dan TDS. Metodologi Percobaan 2. atom dan ion dalam plasma tereksitasi dan memancarkan cahaya. Sampel dimasukkan dalam sistem pengenalan.2 Tujuan Mempelajari level polusi air akibat kandungan material dari sungai lalomita. dan sistem pengukuran optis.2 Cara Kerja        Peralatan ICP-AES (inductively Coupled Plasma-Atomic Emission Spectroscopy). kemudian oleh sistem diubah menjadi titik-titik air kecil seperti embun Obor Plasma membatasi plasma dengan garis tengah sekitar 18 mm. 1.

tingkat oksigen akan turun yang menyebabkan proses fotosintesis menurun.temperatur air akan meningkat.2 Penentuan TDS.sedangkan yang paling sedikit adalah Br dan Sr. material padat tersebut juga dapat zat-zat toxic dan logam-logam berat. Br dan Sr. Peningkatan total padatan mempunyai pengaruh yang sama dengan tingkat kekeruhan dimana kejernihan air menurun. . unsur yang paling banyak terdapat dalam sampel adalah S dan Cl. Cl. 3. Fe.menggunakan metoda ICP Konsentrasi dari elemen seperti S.dan TDS yang paling besar pada titik p7 dan p8 yaitu targoviste yang merupakan daerah industry. salinity dan kondutivitas dengan CO 150 Conduktometer Konductivity. Jadi hasil dari percobaan yang diperoleh pada kerja ini disiaapkan untuk program penelitian yang selanjutnya pada monitor permukaaan air. Zn. K.salinity .