6. Guru secara sendiri –sendiri ataupun bersama –sama berusaha mengemban dan meningkatkan mutu profesinya.

a. Guru melanjutkan studinya dengan : (1) membaca buku, (2) mengikuti lokakarya, seminar, gerakan kooperasi, dan pertemuan pendidikan dan keilmuan, (3) mengikuti penataran, (4) mengadakan kegiatan penelitian. Contoh perilaku yang tidak / belum melaksanakan kode etik : 1. Guru merasa cukup dengan ilmu yang dimilikinya dan tidak ingin melanjutkan studi. 2. Guru tidak terlibat aktif dalam pertemuan mengenai pendidikan dan keilmuannya. 3. Guru tidak pernah mengikutiprogram peningkatan sumber daya seperti seminar, lokakarya dan lainnya. 4. Guru hanya sekadar mengajarkan materi tanpa mengadakan penelitian didalam kelas yang diajarkannya (PTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya. 5. Guru mengajar secara monoton karena tidak pernah belajar untuk lebih memperdalam ilmu, dan keterampilan mengajar yang dimilikinya. Contoh perilaku yang telah melaksanakan kode etik secara benar : 1. Guru tidak merasa cukup dengan ilmu yang dimilikinya dan terus melanjutkan studi. 2. Guru terlibat aktif dalam pertemuan mengenai pendidikan dan keilmuannya. 3. Guru pernah mengikutiprogram peningkatan sumber daya seperti seminar, lokakarya dan lainnya. 4. Guru tidak hanya sekadar mengajarkan materi, tetapi juga mengadakan penelitian didalam kelas yang diajarkannya (PTK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelasnya. 5. Guru mengajar secara dinamis karena tidak pernah belajar untuk lebih memperdalam ilmu, dan keterampilan mengajar yang dimilikinya.

b. Guru berbicara, bersikap dan bertindak sesuai dengan martabat profesinya. Contoh perilaku yang tidak / belum melaksanakan kode etik : 1. Guru sering memaki siswa. 2. Guru sering menghukum siswa secara berlebihan misalnya memukuli siswa sampai pingsan. 3. Guru bertindak tidak senonoh dengan siswa di dalam kelas. 4. Guru berpakaian terlalu seksi saat mengajar di kelas. 5. Guru sering merendahkan siswa di depan siswa lain. Contoh perilaku yang telah melaksanakan kode etik secara benar : 1. Guru sering memberi motivasi kepada siswa. 2. Guru memberi hukuman kepada siswa secara wajar sesuia dengan kesalahan yang dilakukannya. 3. Guru bertindak wajar dengan seluruh siswa saat pembelajaran di dalam kelas. 4. Guru berpakaian sopan saat mengajar di kelas.

Mencari perhatian kepala sekolah dengan cara menjelek – jelekkan teman – temannya.5. 3. 5. Contoh perilaku yang telah melaksanakan kode etik secara benar : 1. baik secara pribadi maupun secara keseluruhan. Contoh perilaku yang tidak / belum melaksanakan kode etik : 1. Guru sering memberi penghargaan kepada siswa yang berprestasi di depan siswa lain agar membuatnya percaya diri. pendapat. Bersikap individualis dan tidak mau saling membantu. baik berdasarkan lingkungan kerja maupun didalam hubungan keseluruhan. 5. saling menasihati. Bersikap sebagai “teamwork” dan saling membantu. Menceritakan kejelekan guru didepan siswa. 4. Tidak menceritakan kejelekan guru didepan siswa. 2. 4. 7. 5. Saling berbagi informasi kepada guru lain. Guru menciptakan dan memelihara hubungan antar sesama guru. Tidak saling menjelekkan antar guru. Saling mengingatkan agar tidak terjadi kelalaian dalam melaksanakan kewajiban tugas profesi. Saling perduli antar guru. Menceritakan keburukan seorang guru kepada guru lainnya. 3. 4. 2. Tidak perduli dengan guru lain. Tidak mau berbagi informasi kepada guru lain. b. Contoh perilaku yang tidak / belum melaksanakan kode etik : 1. “Sharing” dengan guru lain terutama mengenai hal yang berkaitan dengan profesi guru. Tidak menceritakan keburukan seorang guru kepada guru lainnya. 3. dan para guru lain. Tidak berkelahi sesama guru di lingkungan sekolah di depan siswa. Contoh perilaku yang telah melaksanakan kode etik secara benar : 1. 2. dan bantu membantu satu sama lain. baik dalam hubungan pribadi maupun dalam menunaikan tugas profesi. Tidak saling mengingatkan jika terjadi kelalaian dalam melaksanakan kewajiban tugas profesi. Saling menjelekkan antar guru. dan para guru lain. 3. Terlalu yakin dengan pendapatnya sendiri tanpa mau “sharing” dengan guru lain. Berkelahi sesama guru di lingkungan sekolah di depan siswa. a. 2. Guru tidak melakkukan tindakan – tindakan yang merugikan nama baik rekan – rekan seprofesinya dan menjunjung martabat guru. . 5. Tidak mencari perhatian kepala sekolah dengan cara menjelek – jelekkan teman – temannya. 4. Guru senatiasa saling tukar informasi.

5. Guru senantiasa tunduk terhadap kebijaksanaan dan ketentuan pemerintah dalam bidang pendidikan. 4. Tidak mengamalkan pancasila. Melaksanakan amanat UUD’45. c. Tidak melaksanakan evaluasi nasional (UN) dengan jujur. Mematuhi peraturan perundang – undangan terutama UU Sisdiknas. 4. Mengamalkan pancasila. Contoh perilaku yang tidak / belum melaksanakan kode etik : 1. Banyak menuntu hak sebelum melaksanakan kewajiban dengan baik. Contoh perilaku yang telah melaksanakan kode etik secara benar : 1. 2. Tidak mematuhi peraturan perundang – undangan terutama UU Sisdiknas. 5. 4. Disiplin dalam mengajar. 5. 2. 5. Datang terlambat. Tidak melanggar peraturan yang sudah ditetapkan sekolah. Contoh perilaku yang telah melaksanakan kode etik secara benar : 1. 4. Guru melakukan tugas profesional dengan disiplin dan rasa pengabdian. Menjalankan kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah. Melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan tidak merasa bahwa tugasnya adalah beban. 2. Contoh perilaku yang tidak / belum melaksanakan kode etik : . 3. Tidak melaksanakan amanat UUD’45. Melaksanakan evaluasi nasional (UN) dengan jujur. 2. Guru berusaha menyebarkan kebijaksanaan dan program pemerintah kepada orang tua siswa dan masyarakat. Guru secara bersama –sama memelihara dan meningkatkan mutu organisasi PGRI sebagai sarana perjuangan dan pengabdiannya. Tidak banyak menuntut hak sebelum melaksanakan kewajiban dengan baik. 3. Contoh perilaku yang tidak / belum melaksanakan kode etik : 1. Sering melanggar peraturan yang sudah ditetapkan sekolah. Tidak disiplin dalam mengajar. 3. Datang tepat waktu. Tidak menjalankan kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah.8. a. b. Tidak melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan merasa bahwa tugasnya adalah beban. 3.

Contoh perilaku yang tidak / belum melaksanakan kode etik : 1. Tidak menjadi teladan yang baik di lingkungan sekitar. Sering berinteraksi dengan orang tua siswa. 2. 2. 3. Mengajak dan melibatkan para orang tua dan masyarakat sebagai “stakeholders” pendidikan. 4. Perduli dengan masalah yang dihadapi masyarakat sekitar. Selalu melatih jiwa kepemimpinan dirinya sendiri. a. Tidak pernah berinteraksi dengan orang tua siswa. 3. 3. d. Membiarkan para orang tua dan masyarakat dalam keadaan tidak mengerti mengenai masalah pendidikan. Contoh perilaku yang telah melaksanakan kode etik secara benar : 1. Contoh perilaku yang telah melaksanakan kode etik secara benar : 1. Mempunyai tujuan yang jelas dalam mendidik. 2. dan hanya menjalankan kewajiban mengajar. 4. Contoh perilaku yang tidak / belum melaksanakan kode etik : 1. Bekerja sama dengan masyarakat dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Guru berusaha menunjang terciptanya kepemimpinan pendidikan di lingkungan dan daerahnya sebaik – baiknya. Tidak perduli dengan masyarakat sekitar. Tidak pernah melatih jiwa kepemimpinan dirinya sendiri. 4. Tidak mengajak dan melibatkan para orang tua dan masyarakat sebagai “stakeholders” pendidikan. 2. 5.1. Tidak peka terhadap kehidupan sosial masyarakat. Mampu memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi di lingkungan sekitar. Memberi pengertian dan pemahaman kepada para orang tua dan masyarakat dalam mengenai masalah pendidikan melalui komite sekolah. Menjadi teladan yang baik di lingkungan sekitar. Tidak mematuhi peraturan perundang – undangan terutama UU Sisdiknas secara konsisten. 5. 2. 9. Tidak mampu memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi di lingkungan sekitar. 5. 4. Tidak melaksanakan amanat UUD’45 secara konsisten. Guru melakukan segala ketentuan yang merupakan kebijaksanaan pemerintah dalam bidang pendidikan. Guru senantiasa setia terhadap kebijaksanaan dan ketentuan – ketentuan pemerintah dalam bidang pendidikan. dan hanya menjalankan kewajiban mengajar. . 3. Peka terhadap kehidupan sosial masyarakat. 5. Tidak mempunyai tujuan yang jelas dalam mendidik. Memusuhi masyarakat sekitas sekolah.

Tidak pernah berinteraksi dengan siswa. Tidak mengajak dan melibatkan para siswa dan masyarakat berperan aktiv untuk memajukan pendidikan. Melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan tidak merasa bahwa tugasnya adalah beban. 5. 3. 3. Tidak melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan merasa bahwa tugasnya adalah beban. Tidak disiplin dalam mengajar. Datang tepat waktu. Perduli dengan masalah yang dihadapi masyarakat sekitar. 2. 4. 2. Mematuhi peraturan perundang – undangan terutama UU Sisdiknas secara konsisten. Disiplin dalam mengajar. Tidak mengamalkan pancasila secara konsisten. 5. 5. Membiarkan para siswa dan masyarakat dalam keadaan tidak mengerti mengenai masalah pendidikan. 5. Contoh perilaku yang tidak / belum melaksanakan kode etik : 1. Tidak perduli dengan masyarakat sekitar. Banyak menuntu hak sebelum melaksanakan kewajiban dengan baik. Contoh perilaku yang tidak / belum melaksanakan kode etik : 1. . Melaksanakan amanat UUD’45 secara konsisten. Sering berinteraksi dengan siswa. Guru senantiasa berusaha membantu menyebarkan kebijaksanaan dan program pemerintah dalam bidang pendidikan kepada siswa dan masyarakat sekitarnya. Sering melanggar peraturan yang sudah ditetapkan sekolah. 4. Datang terlambat. 4. Menjalankan kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah secara konsisten. 3. b. Guru melakukan tugas profesinya dengan disiplin dan rasa pengabdian. Tidak banyak menuntut hak sebelum melaksanakan kewajiban dengan baik. Mengamalkan pancasila secara konsisten.3. 2. Melaksanakan evaluasi nasional (UN) dengan jujur. 5. Contoh perilaku yang telah melaksanakan kode etik secara benar : 1. Contoh perilaku yang telah melaksanakan kode etik secara benar : 1. 3. 2. Tidak melanggar peraturan yang sudah ditetapkan sekolah. Contoh perilaku yang telah melaksanakan kode etik secara benar : 1. Tidak menjalankan kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah secara konsisten. Memusuhi masyarakat sekitas sekolah. 2. c. 4. 4. Tidak melaksanakan evaluasi nasional (UN) dengan jujur.

4. 5. Mampu memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi di lingkungan sekitar. . Contoh perilaku yang telah melaksanakan kode etik secara benar : 1. 2. dan hanya menjalankan kewajiban mengajar. Peka terhadap kehidupan sosial masyarakat. d. Tidak pernah melatih jiwa kepemimpinan dirinya sendiri. Tidak peka terhadap kehidupan sosial masyarakat. Menjadi teladan yang baik di lingkungan sekitar. Memberi pengertian dan pemahaman kepada para siswa di dalam kelas. dan hanya menjalankan kewajiban mengajar. Mengajak dan melibatkan para orang tua dan masyarakat berperan aktiv untuk memajukan pendidikan. orang tua dan masyarakat dalam mengenai masalah pendidikan melalui komite sekolah. 4. Selalu melatih jiwa kepemimpinan dirinya sendiri. 5. 4. Tidak menjadi teladan yang baik di lingkungan sekitar. Bekerja sama dengan masyarakat dalam mewujudkan tujuan pendidikan. 2. Tidak mampu memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi di lingkungan sekitar. Tidak mempunyai tujuan yang jelas dalam mendidik. 5. Mempunyai tujuan yang jelas dalam mendidik.3. Guru berusaha menunjang terciptanya kepemmpinan pendidikan di lingkungan atau di daerahnya sebaik – baiknya. 3. Contoh perilaku yang tidak / belum melaksanakan kode etik : 1. 3.