Integrated Circuit

Disusun oleh : 1. Adhirajasa Raitsany

2. Annisa Silvia Tamara 3. Ilham Fuji Utomo 4. Lusita 5. Yudistira Agung Prayuda

Kelas X–5

:

Integrated Circuit (IC)
A. Sejarah Integrated Circuit
IC (Integrated Circuit) adalah nama lain chip. IC adalah piranti elektronis yang dibuat dari material semikonduktor. IC atau chip merupakan cikal bakal dari sebuah komputer dan segala jenis device yang memakai teknologi microcontroller lainnya. IC ditemukan pada tahun 1958 oleh seorang insinyur bernama Jack Kilby yang bekerja pada Texas Intruments mencoba memecahkan masalah dengan

Robert Noyce. Semenjak itu banyak riset yang dilakukan untuk mengembangkan IC (Integrated Circuit) atau Chip hingga saat ini. diharapkan akan tersedia sebuah chip yang terdiri dari 3 milyar transistor pada tahun 2008.memikirkan sebuah konsep menggabungkan seluruh komponen elektronika dalam satu blok yang dibuat dari bahan semikonduktor. Hal ini dapat dilihat pada perkembangan IC. mesin-mesin industri. yang bekerja pada Fairchild Semiconductor Corporation. menemukan hal serupa. Dan microprocessor Intel Pentium 4 terdiri lebih dari 42 juta transistor dan kira-kira terdapat 281 IC didalamnya. Beberapa saat setelah itu. B. komputer. Penemuan itu kemudian dinamakan IC (Integrated Circuit) atau yang kemudian lazim disebut chip. sebuah 64-Mbit DRAM yang pertama kali di pasaran pada tahun 1994. Beberapa rangkaian yang besar dapat . Seorang pendiri Intel. Gorden Moore. IC sendiri dipergunakan untuk bermacam-macam piranti. termasuk televisi. Definisi Integrated Circuit Integrated Circuit (IC) merupakan suatu rangkaian elektronik yang dikemas menjadi satu kemasan yang kecil. Bahkan berdasar pada International Technology Roadmap for Semiconductor (ITRS). telepon seluler. meskipun mereka bekerja pada dua tempat yang berbeda. serta berbagai perlengkapan audio dan video. terdiri dari 3 juta transistor. pada tahun 1965 memperkirakan bahwa jumlah transistor yang terdapat dalam sebuah IC akan bertambah 2 kali setiap 18 bulan sekali. Kecenderungan peningkatan jumlah transistor ini telah terbukti setelah sekian lama dan diperkirakan akan terus berlanjut.

DUAL IN LINE (DIL) . Gambar 2. Gambar 1. bentuk lain adalah segi empat dengan kaki-kaki berada pada ke-empat sisinya. ada yang seperti transistor dengan kaki banyak misalnya LM741. IC SINGLE IN LINE Bentuk IC ada juga yang menyerupai sisir (single in line). Bentuk seperti Transistor Bentuk IC bisa bermacam-macam. akan tetapi kebanyakan IC berbentuk dual in line (DIL). Gambar 3. ada yang berkaki 3 misalnya LM7805.diintegrasikan menjadi satu dan dikemas dalam kemasan yang kecil. Suatu IC yang kecil dapat memuat ratusan bahkan ribuan komponen.

74192 dan sebagainya.IC yang berbentuk bulat dan dual in line. antara lain IC regulator. Jenis TTL ditandai dengan nomor awal 54 atau 74. Kode lain menunjukkan pabrik pembuatnya. MC-741. misalnya operational amplifier type 741 dapat muncul dengan tanda uA-741. 3 atau 4 digit angka mengikuti prefix-nya. Jenis IC yang sekarang berkembang dan banyak digunakan adalah TransistorTransistor Logic (TTL) dan Complimentary Metal Oxide Semiconductor (CMOS). jadi bila nomornya sama maka IC tersebut sama fungsinya. NOR. Suatu kelompok IC disebut IC linear. kaki-kakinya diberi bernomor urut dengan urutan sesuai arah jarum jam. Sedangkan prefix 74 menandakan persyaratan komersial ialah mampu bekerja pada suhu 0 sampai 70o C. Penomoran TTL dilakukan dengan 2. Operational Amplfier. 4050 dan sebagainya. Jenis CMOS banyak terdapat di pasaran ialah keluarga 4000. . Sedangkan kelompok IC lain disebut IC digital misalnya NAND. Prefix 54 menandakan persyaratan militer ialah mampu bekerja dari suhu -54 sampai 125o C. OR. misalnya 7400. Huruf yang berada diantara prefix dan suffix menandakan subfamily-nya. cenderung penggunaan IC lebih praktis dan biayanya relatif ebih ringan. LS (Low Power Schottkey) dan S (Schottkey). audio amplifier dan sebagainya. nomor ini biasanya menunjukkan jenis IC. AND EXOR. misalnya 4049. LM-741. BCD to seven segment decoder dan sebagainya. Misalnya AS (Advance Schottkey). Apabila dibandingkan rangkaian dengan menggunakan transistor dengan rangkaian menggunakan IC. Setiap IC ditandai dengan nomor type. ALS (Advance Low Power Schottkey). kaki nomor SATU diberikan bertanda titik atau takikan. L (Low Speed). H (High Speed). RM-741 SN72-741 dan sebagainya.

jenisnya sampai ratusan sehingga tidak mungkin dibicarakan secara umum. sudah banyak IC yang bisa langsung digunakan). Arti symbol-symbol ini akan kita pelajari bila sudah mulai eksperimen dengan IC digital. bisa digabungkan dengan IC TTL (Transistor-transistor Logic) dan sebagai input jam digital untuk “keperluan yang diinginkan” (kalau hanya untuk jam digital biasa. Setiap jenis IC mempunyai penjelasan sendiri-sendiri mengenai sifatnya dan cara penggunaannya. sebagai penggerak motor DC. Dan masih sangat banyak lagi. Apalagi jika digabungkan dengan teknik modulasi dan beberapa komponen elektronika yang mendukung. C. . fungsi dan aplikasi IC NE555 ini banyak sekali digunakan diantaranya sebagai pengatur alarm. bisa dihasilkan remote control multi channel yang bisa mengontrol beberapa perangkat elektronik lain dalam satu remote (memang jangkauan jaraknya tidak terlalu jauh. kita akan melihat berbagai symbol seperti terlihat pada gambar 16. NE555 ini bisa dijadikan sebagai pemancar atau remote control. paling sekitar 10m – 20m. Beda dengan yang menggunakan frekuensi radio). dan jika digabungkan dengan infra merah ataupun ultrasonic. Fungsi Integrated Circuit Praktisnya. bisa juga dimanfaatkan dalam rangkaian sakelar sentuh. Apabila kita membuka lembaran vademicum IC. Untuk menggunakan IC kita harus mempunyai vademicum IC yang diterbitkan oleh pabrik-pabrik pembuatnya.Pada saat ini sudah berkembang banyak sekali jenis IC.

0 dan 1. Jenis Integrated Circuit IC Digital Dalam IC digital. IC digital dibedakan menjadi dua. IC TTL Pada suatu lingkungan IC TTL logika '0' direpresentasikan dengan tegangan 0 sampai 0. tinggi). suatu titik elektronis yang berupa seutas kabel atau kaki IC. akan mewujudkan salah satu dari dua keadaan logika. Direct Current). sedangkan logika '1' diwakili oleh tegangan DC setinggi 3. yaitu logika '0' (nol. Binary berarti sistem bilangan 'dua-an'.D. Suatu titik elektronis mewakili satu 'binary digit' atau biasa disingkat dengan sebutan 'bit'. . rendah) atau logika '1' (satu.5 sampai 5 Volt. yakni bilangan yang hanya mengenal dua angka.7 Volt arus searah (DC.

000. VLSI (Very Large Scale Integration) adalah chip dengan 100. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan pada IC CMOS sebelum dipasangkan kedalam rangkaian.000 komponen elektronik. 2. 3.000 sampai 100. 4. tegangan input yang melebihi 12 Volt akan memboroskan daya. 5. MSI (Medium Scale Integration) adalah chip dengan 100 sampai 3. SSI (Small Scale Integration) adalah chip dengan maksimum 100 komponen elektronik. ULSI (Ultra Large Scale Integration) adalah chip dengan lebih dari 1 juta komponen elektronik.5 Volt sampai 15 Volt akan tetapi. LSI (Large Scale Integration) adalah chip dengan 3.000 sampai 1. Hal ini perlu dilakukan karena walaupun dari pabrik telah diberi proteksi berupa dioda dan resistor dijalan masuknya namun usaha ini belum menjamin seratus prosen.000 komponen elektronik.IC CMOS (Complementary Metal Oxyde Semiconductor) Mempunyai salah satu ciri dengan tegangan input lebih fleksibel yaitu antara 3. IC sering dikelompokkan berdasar jumlah transistor yang dikandungnya: 1. .000 komponen elektronik.

2. IC CMOS harus selalu disediakan dengan kaki-kakinya ditanam dalam foil plastik menghantar. 3. IC CMOS harus merupakan komponen terakhir yang dipasangkan pada papan rangkaian. bukan pada busa ataupolistrin yang dikembangkan atau dalam bahan pembawa dari aluminium. biasanya IC CMOS akan cepat rusak. Pada papan rangkaian IC CMOS kaki-kaki yang tidak dipergunakan harus tetap diberi kondisi tertentu. Perawatan Integrated Circuit jenis CMOS Tindakan-tindakan untuk menyelamatkan IC jenis CMOS adalah: 1. Berhati-hati untuk tidak menyentuh pin-pin (kaki) IC CMOS sebelum dipasangkan pada rangkaian karena elektrostatik dari tangan manusia dapat merubah dan menambah muatan oksidasi. Jangan dimasukan atau ditanggalkan sementara tegangan catu daya disambungkan. seperti '0' atau '1'. 4. Meskipun IC CMOS tidak memiliki kekebalan sebagaimana IC jenis lainnya. tetapi tidak boleh dibiarkan tidak terhubung. IC merupakan salah satu komponen elektronik yang mudah rusak karena . Masa genting dan mengkhawatirkan hanyalah ketika melepas IC CMOS dari busa foil plastik pelindungnya dan ketika memasangkannya ke dalam rangkaian. 5.E. Gunakan pemegang atau soket IC yang vsesuai untuk menjaga kestabilan oksidasi dan muatan dalam IC CMOS. Apabila dibiarkan tidak terhubung. Setelah kedua pekerjaan itu terlampaui semua akan berjalan biasa-biasa saja. IC CMOS tidak boleh dikeluarkan dari dalam kemasannya sampai ia sudah siap untuk dipasangkan pada rangkaian. Kalau IC CMOS perlu dipasangkan pada papan rangkaian dengan langsung disolder maka pakailah besi solder yang sangat kecil bocorannya serta solder harus dibumikan.

maka pada IC perlu dipasang (ditempelkan) plat pendingin dari aluminium atau tembaga yang biasanya disebut heatsink. baik panas pada saat disolder maupun pada saat IC bekerja. Membuat Simbol IC (Integrated Circuit) Logika Menggunakan DSCH2 Perangkat lunak DSCH2 merupakan editor sekaligus simulator rangkaian logika yang sangat mudah pengoperasiannya. Untuk menghindari kerusakan IC karena panas pada saat disolder maka perlu dipasang soket IC. sehingga yang terkena panas kaki soketnya. DSCH2 menyediakan 2 halaman symbol library.panas. Untuk perancangan rangkaian logika sederhana dengan hanya melibatkan elemen-elemen dasar dengan jumlah input elemen yang terbatas. symbol library tersebut masih dapat melayani penggunanya seperti pada rancangan berikut ini. Sedangkan untuk menghindari kerusakan IC karena panas pada saat IC bekerja. F. . Dalam editor ini telah termuat simbolsimbol elemen logika yang dapat diambil melalui drag and drop dari symbol library seperti pada gambar berikut ini. yakni halaman untuk basic symbol dan halaman advanced symbol.

Y=0). Pastikan rangkaian telah dirancang secara benar dengan mengecek truth table nya sehingga menghasilkan (A=0. Y=1) dan (A=1. DSCH2 menyediakan fitur untuk membangun sendiri simbol-simbol elemen logika sesuai keinginan pengguna yakni schema to new symbol. B=1.Namun. Membuat Simbol Elemen Logika Baru Misalnya kita akan membuat simbol rangkaian komparator jenis non-equality comparator. B=0. (A=1. B=0. . (A=0. untuk rancangan rangkaian dengan melibatkan simbol elemen yang lebih kompleks. user perlu mendisain terlebih dahulu simbol elemen tersebut. B=1. Y=0). gambarkan rangkaian non-equality comparator seperti gambar berikut ini. maka langkah langkah untuk membangun simbol rangkaian ini adalah: Jalankan DSCH2. dengan fitur ini juga dapat dibangun simbol IC logika. 1. Tahap ini saya sebut sebagai perancangan pada level inside symbol. Y=1). Selain simbol yang kompleks.

Klik File>Schema to new symbol seperti berikut: Lakukan pengaturan posisi pin (terminal) dan symbol properties melalui kotak dialog Schema to Symbol seperti berikut ini. .

Perubahan nama pin hanya dapat dilakukan melalui layar editor.Kolom pin name menunjukkan nama-nama pin simbol yang telah kita definisikan saat melakukan perancangan. Side L (left) menunjukkan posisi pin pada sisi kiri kotak simbol dan R (right) pada posisi kanan.dan Title menunjukkan nama yang tercantum pada kotak simbol. lakukan pengaturan pada baris Save in. Ingat! File yang akan dimuat ke dalam DSCH2 adalah file simbol (dengan ekstensi . load file tersebut ke dalam DSCH2. selanjutnya klik Open. dalam hal ini position 1 berada pada posisi paling atas. Untuk menguji apakah simbol yang kita buat sudah benar atau belum. dalam kotak dialog ini anda tidak bisa mengubahnya. Anda dapat melakukan perubahan keduanya. name menunjukkan nama file symbol ketika disimpan. Jadi. position 2 di bawah position 1 dan seterusnya. Pada symbol properties. . maka anda akan memperoleh file pada directory D dengan nama XOR. Position menunjukkan posisi pin. Selanjutnya lakukan klik OK. pin A posisinya di bawah pin B pada sisi kiri dan pin Y berada paling atas pada sisi kanan. untuk pin B posisinya adalah paling atas sebelah kiri. Untuk menentukan letak media penyimpanan.SYM.SYM) sehingga perlu dilakukan pengaturan berikut ini. Melalui kotak dialog ini anda bisa mengubah posisi pin dari simbol yang akan dibuat.

maka anda telah memperoleh simbol baru yang valid/benar. B=0.Anda sekarang telah memperoleh simbol non-equality comparator. B=1. 2. (A=1. Membuat Simbol IC Gerbang OR Salah satu IC yang menyediakan gerbang logika dasar OR adalah seri 7432 yang di dalamnya terkandung 4 buah gerbang OR masing-masing denga2-input. B=0. Y=0). Y=1). Y=1) dan (A=1. B=1. lakukan pengujian seperti saat anda merancang rangkaian ini pada level inside symbol di atas. . Jika pengujian menghasilkan truth table sama dengan pengujian pada level inside symbol seperti di atas yakni (A=0. Y=0). (A=0.

terlebih dahulu harus dibangun rangkaian gerbang OR pada level inside symbol. rangkaian inside dari IC 7432 dapat digambarkan sebagai berikut: Simbol IC 7432 dapat dibangun dengan cara sebagai berikut: Susun rangkaian inside dari gerbang OR seperti gambar berikut ini Lakukan pengecekan rangkaian. Jika semua gerbang telah menunjukkan fungsi OR secara benar maka kita telah memperoleh rangkaian inside OR yang valid. berikan catu daya terlebih dahulu dengan memasang tegangan+5V (tinggi) pada kaki 14 dan 0V (rendah) pada kaki 7.Untuk membangun simbol IC 7432 ini. Ubah rangkaian tersebut menjadi simbol dengan klik File>Schema to new symbol dan lakukan pengaturan: . Berdasarkan datasheet nya. Selanjutnya berikan sinyal tinggi dan rendah ke input gerbang-gerbang OR itu dan amati outputnya.

7(7. Load file 7432.Agar simbol yang dibangun menyerupai bentuk IC 7432 yang sesungguhnya. Jika pengaturan posisi pin selesai dilakukan. Klik tombol Refresh untuk melihat tampilan sementara (preview). Rangkaian pengecekan disusun sebagai berikut. 13(2.L).R).R).R).SYM ke layar edior DSCH2 dan lakukan pengecekan IC 7432 apakah gerbang-gerbangnya sudah sesuai dengan fungsi OR. 3(3. 6(6. 5(5. tulis nama. 2(2. Klik OK untuk menyimpan simbol. .R). 14(1. title dan drive/directory/folder tujuan penyimpanan file simbol. 10(5. pengaturan posisi pin diatur berturut-turut dengan format pin (position.R). 11(4. 4(4.L).L). 9(6.L).R). dan 8(7.L).L). side) sebagai berikut: 1(1.R).L). 12(3.

gunakan datasheet yang dikeluarkan oleh pabriknya untuk memperoleh informasi tentang rangkaian inside dari setiap IC yang akan anda rancang simbolnya. Setelah anda mahir membuat IC 7432.Jika hasil pengecekan menunjukkan bahwa semua gerbang OR yang ada berfungsi dengan baik. Setelah diserahkan. jadi penyearahnya menggunakan penyearah sistem jembatan/bridge supaya di dapat tegangan sekitar 20v). Membuat Adaptor Sederhana Menggunakan IC LM723 Adaptor ini hanya memakai trafo CT 10V (bekas speaker aktif. saya sarankan anda mencoba membuat IC yang lain. G. maka anda telah memperoleh simbol IC 7432 yang valid. . tegangan trafo tadi dimasukkan ke rangkaian regulator LM723.

Untuk mengetahui tegangan keluaran adaptor. maka saya pasangkan vu meter punya bekas stavolt juga yang skalanya saya ubah.Skema regulator LM723: Trafo dan rangkaian regulator LM723 kemudian ditempatkan di boks bekas stavolt. .

Untuk menambah belakang box stavolt rasa aman. sebuah kipas DC saya pasangkan di panel Jadilah stavolt rasa adaptor .

Walaupun tersusun dari komponen-komponen sederhana. output yang dihasilkan oleh amplifier ini cukup untuk menghasilkan dentuman suara yang cukup nyaman ditelinga. Rangkaian Amplifier ini dimotori oleh 2 transistor PNP. Skema Rangkaian Amplifier Sederhana Mini 10W Rangkaian Amplifier berfungsi untuk menguatkan sinyal audio hingga bisa terdengar oleh telinga manusia.H. 2 transistor NPN dan satu buah integrated circuit (IC). . Rangkaian Amplifier yang akan kita bahas kali ini termasuk rangkaian amplifier sederhana dengan output keluaran sebesar 10W dan menggunakan komponen yang banyak ditemukan dipasaran.

.

4.22 4W(wirewound) C1. 5 : 100uF/25V Sedangkan komponen untuk menyusun power suply dalam rangkaian amplifier ini adalah sebagai berikut: R1 Elco D T : 1K5 1/4W : 4700uF/25v : 100V 4A Diode bridge : Centertap tranformer 2A 20V Led merah . 8 R1 R3 R5 gang for stereo) : 100K Log Potemsiometer (Dual gang for stereo) : 820R 1/4W : 4K7 1/4W : 500R 1/2W : 82K 1/4W C3. 4 : 470uF/25V C6 C7 C9 D1 IC 1 Q1 Q2 Q3 Q4 J1 : 47pF 63V ceramic ar polyester capasitor : 10nF 63V polyester capasitor : 100nF 63V polyester capasitor : 1N4148 75V 150mA Diode : NE5532 Low noise Dual Opamp : BC547B 45V 100mA NPN Transitor : BC557B 45V 100mA PNP Transitor : TIP42A 60V 6A PNP Transistor : TIP41A 60V 6A NPN Transistor : RCA audio input socket R6. 7 : 47K 1/4W R9 R10 : 10R 1/2W : 0. 8 : 470nF 63V polyester capasitor C2.Daftar komponen yang dibutuhkan untuk membuat rangkaian amplifier seperti gambar diatas adalah sebagai berikut: : 22K Log Potemsiometer (Dual P1 P2 R2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful