PERANGKAT LUNAK KOMPUTER (SOFTWARE) Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Teknologi Informasi pada semester VI

Disusun oleh: Kelompok 4

1. 2. 3. 4. Fiska Widiana 5. Srirahayu

(082110101) (082110101) (082110101) (092110101105) (092110101109)

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS JEMBER 2011

material maupun spiritual. Oleh karena itu.KATA PENGANTAR Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Bapak selaku dosen mata kuliah TI. berkat rahmat.Nya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Perangkat Lunak Komputer (Software)” ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Penulis juga manarima segala kritik dan saran guna menyempurnakan makalah ini. Ayah dan ibu yang telah memberikan dukungan moral. penulis menyampaikanan terima kasih kepada: 1. Akhirnya penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Jember. Semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Maret 2011 Penulis . 2. Penyusunan karya ilmiah ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. 4. 3. Teman-teman yang telah bersedia membantu dalam penyelesaian karya ilmiah ini.

Pengertian Perangkat Lunak B. Macam.macam Perangkat Lunak BAB III PENUTUP A. Latar Belakang B. Rumusan Masalah C. Tujuan BAB II PEMBAHASAN A.DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN A. Saran DAFTAR PUSTAKA . Kesimpulan B.

BAB I PENDAHULUAN .

BAB II PEMBAHASAN A. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer. logika yang disusun ini diolah melalui perangkat lunak. Pengeloahan pada software ini melibatkan beberapa hal. maupun catatancatatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya. perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah. Pengertian Paerangkat Lunak Perangkat Lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. program. data yang disimpan ini dapat berupa program atau instruksi yang akan dijalankan oleh perintah. Perangkat Lunak (software) merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri. Perangkat Lunak (software) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Software ini mengatur sedemikian rupa sehingga logika yang ada dapat dimengerti oleh mesin komputer. berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut. diantaranya adalah sistem operasi. Software komputer adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer. maupun dokumen serta arsip lainnya. Perangkat Lunak adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. . yang disebut juga dengan program beserta data-data yang diolahnya. Untuk mencapai keinginannya tersebut dirancanglah suatu susunan logika. dan data. data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah.

mampu melayani banyak pengguna. dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. setiap pengguna yang ingin menggunakan atau mendapatkan software tersebut dengan cara membeli atau membayar pada pihak yang mendistribusikannya. yaitu software berbayar. Dengan kata lain. bagian sistem komputer yang tidak berwujud. dokumentasinya. mulai dikenal sistem basis data yang memisahkan program degan data  Era Mikro Perangkat lunak mulai dibedakan menjadi 2. Sejarah Perangkat Lunak  Era Pioner Perangkat lunak merupakan satu kesatuan dengan perangkat keras  Era Stabil Perangkat lunak dapat mejalankan beberapa fungsi. termasuk program komputer.Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital. software gratis atau free ( Freeware. pengguna yang menggunakan software berbayar umumnya . yaitu : 1. perangkat lunak aplikasi : digunakan untuk keperlua tertentu  Era Modern Mulai mengenal masukan berbentuk suara dan gambar Software atau perangkat lunak komputer berdasarkan distribusinya dibedakan menjadi beberapa macam. free software. adware) . Software berbayar merupakan perangkat lunak yang didistribusikan untuk tujuan komersil. perangkat lunak sistem : menangani maslah internal 2. shareware.

Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak antivirus. adobe photo shop. microsoft office. namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan di sanalah letak inti dari kebebasan: program-program di bawah GPL. Pada kenyataannya. shareware atau Adware. juga didistribusikan di bawah GPL (Free Software). sekali diperoleh dapat digunakan. disalin. perusahaan-perusahaan ini biasanya . Dengan demikian. Sebuah contoh utama adalah suite browser dan mail client dan Mozilla News. tanpa biaya tambahan. dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Shareware adalah program terbatas didistribusikan baik sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari) . Klasifikasi ini mempengaruhi cara di mana program dipasarkan. contoh software berbayar ini misalnya adalah sistem microsoft windows. Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Begitu keluar dari lisensi kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak. dan lain-lain. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis. dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal. Freeware atau perangkat lunak gratis adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis digunakan tanpa batasan waktu. berbeda dari shareware yang mewajibkan penggunanya membayar (misalnya setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk memperoleh fungsi tambahan). namun juga tetap ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”.tidak diijinkan untuk menyebarluaskan software tersebut secara bebas tanpa ijin ada penerbitnya. Jadi free software tidak mengarah kepada gratis pembelian tetapi penggunaan dan distribusi. termasuk freeware.

namun termasuk dalam program periklanan. Sistem Operasi (Operating System). program akan berhenti bekerja dan Anda perlu membeli produk jika Anda ingin tetap menggunakannya. output.memudahkan pelepasan produk evaluasi yang hanya berlaku untuk jumlah hari tertentu. Macam-macam Perangkat Lunak Perangkat lunak terbagi menjadi 4 macam. . B. memori. distribusi jenis ini disebut Adware. Program Bantu (Utility) 1. Setelah melewati maksimum. Mengidentifikasi program Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat komputer terkontrol. Bahasa Pemrograman (Programming Language). Sistem Operasi perangkat lunak yang mengatur seluruh proses. 4. Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien. Program Aplikasi (Application Programs). Perangkat lunak komputer berfungsi untuk : 1. penjadwalan prosesor. Sistem Operasi (Operating System) Sistem Operasi yaitu program yang berfungsi untuk mengendalikan sistem kerja yang mendasar sehingga mengatur kerja media input. 3. 3. menerjemahkan masukkan. yaitu : 1. 2. Sebuah contoh yang jelas adalah program Messenger dari Microsoft yang memungkinkan penggunaan perangkat lunak bebas dalam pertukaran untuk masuk dengan cara iklan banner atau pop-up. tabel pengkodean. dan lain-lain. Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya. 2.

Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi. . Linux. Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer. khusus pada jaringan yang membutuhkan kata sandi (password) dan penggunaan ID Contoh Sistem Operasi. Sebelum ada sistem operasi. pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masingmasing. Windows NT”. Microsoft Windows. Adapun fungsi utama sistem operasi adalah :      Menyimpan program dan aksesnya Membagi tugas di dalam CPU Mengalokasikan tugas-tugas penting Merekam sumber-sumber data Mengatur memori sistem termasuk penyimpanan. /2000/XP  Memelihara keamanan sistem. dan Unix.mengatur proses internal. Untuk lebih memahami sistem operasi maka sebaiknya perlu diketahui terlebih dahulu beberapa konsep dasar mengenai sistem operasi itu sendiri. mengelola penggunaan memori. orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Pengertian Sistem Operasi Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Windows ’95″. Windows ’98″. misalnya : Disk operating System (DOS). dan memberikan keluara ke peralatan yang sesuai Sistem operasi berfungsi sebagai penghubung antara manusia dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan. a. menghapus dan mendapatkan data   Memeriksa kesalahan sistem Multitugas pada OS/2″.

maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung. tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat. Generasi Ketiga (1965-1980) Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus. maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekali gus) dan multi. pada masa ini juga dimulai era . hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan. dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar.Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara. Generasi Keempat (Pasca 1980an) Dewasa ini.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman. dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer. yang dapat dibagi kedalam empat generasi: Generasi Pertama (1945-1955) Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik.programming (melayani banyak program sekali gus). Pada generasi ini belum ada sistem operasi. lalu dieksekusi secara berurutan. sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. b. kekeliruan bahkan kesalahan.komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian. Generasi Kedua (1955-1965) Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System. contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS. sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer. Sejarah Sistem Operasi Menurut Tanenbaum.

misalnya program pengolah kata. c.         Pemoses Kata : Word Star. Real Player Internet : browsing. 6. Windows XP Windows Vista. Chi Write. diantaranya adalah : 1. 3. 3. 2. beberapa versi windows : Windows 95. program presentasi. Linux. mengelola lembar kerja. 2. macam-macam distro linux : Redhat Fodore Core Mandrake Suse Knoppix dan Ubuntu/Edubuntu Apple System Machintos 3.komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik. kita tinggal memilih jenis apa yang akan digunakan di komputer kita. messenger Pengolah gambar : Auto Cad Presentasi : Power Point Basis Data : MS Access Elemen access : 1. 4. Windows 98. tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik. MS Word Spreetsheet : Excel Multimedia : Winamp. Program Aplikasi (Aplication Programs) Program Aplikasi adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk kebutuhan tertentu. Windows 2003. 4. Mulai dari yang berlisensi sampai dengan yang gratis (open source). DOS Windows. Windows 2000 Profesional. design grafis. 2. email. chatting. Macam-Macam Sistem Operasi Sistem Operasi jenisnya banyak sekali. 5. dan lain-lain. Table : menyimpan data Query : memanipulasi data Form : frontend aplikasi Report : membuat laporan Macro : melakukan satu atau beberapa fungsi Switchboard : membuat menu utama .

yaitu : a. Membuat tulisan dengan efek tertentu Membuat tekstur dan material yang beragam Memanipulasi gambar dan photo yang sudah ada Memproses materi web  Virus Komputer Sebuah program komputer yang memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dengan menyisipkan program/script ke dalam sebuah file lain Jenis virus berdasarkan sasaran penyebarannya.antara lain yaitu : 1.DOC Perangkat lunak aplikasi merupakan perangkat lunak yang biasa digunakan oleh siapa saja untuk membantu pekerjaannya. Perangkat lunak aplikasi dapat dengan mudah di install di dalam komputer kita. Virus Mackro Contoh dari virus ini yaitu WordMacro menginfeksi file data berekstensi . Bootsector adalah bagian dari sebuah media penyimpanan yang pertama kali dibaca oleh sistem operasi saat media tersebut diakses. Virus File Virus ini nantinya akan menyisipkan program dalam sebuah file 3. Perangkat lunak aplikasi dapat dikelompokkan menjadi dua macam. 4. Diman virus ini nantinya akan berkembang menjadi virus partisi 2. Virus Boot Sector Funsi dari virus ini yaitu menginfeksi bootsector. Program Aplikasi . 3. 2. Grafis : Photoshop Tugas yang dapat dilakukan dengan photoshop adalah : 1.

dll. 3. 6. 3. Free Hand. contohnya adalah : Adobe Photoshop.org Impres. Quattro Pro. Contoh dari program aplikasi adalah : 1. biasanya menggunakan bantuan suatu bahasa pemrograman. Cyberlink. dll. Program penggajian karyawan (Payroll) Program penjualan tiket pesawat/kapal Laut Program kasir Program billing warnet/wartel b. Visual Foxpro. contohnya adalah : Macromedia Flash. Apple Work. DVD Player. Program animasi. Opera. Corel Draw. Netscape Communicator. Program design grafis.paket tertentu yang dibuat oleh software house ataupun langsung bawaan dari suatu Sistem Operasi. 3. dll. Auto Cad. Modzilla Firefox. Misalnya menggunakan visual basic. Real Player. 5. contohnya : Windows Media Player. 8. dll. 4. Program database. contohnya adalah : Microsoft Excel. Bahasa Pemrograman (Programming Language) Perangkat lunak bahasa yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke bahasa mesin dengan aturan atau prosedur tertentu. Fox Base. Program Paket Program paket merupakan program khusus dalam paket.Program aplikasi merupakan program yang langsung dibuat oleh seorang programmer yang disesuaikan dengan kebutuhan seseorang ataupun untuk kebutuhan suatu perusahaan. K Writter. yaitu : 1. Program pengolah kata. WinAmp. ChiWritter. Open Office. contohnya adalah : Microsoft Access. dll.IV. contohnya adalah : Microsoft Word.org Writter. Corel Presentation. Program presentasi. Open Office. Magic Point. Program browser. Lotus 123. 4. 2. contohnya adalah : Internet Explorer. Dibawah ini akan diberikan contoh macam-macam program aplikasi paket. Swish. Amipro. 7. Open Office. Word Perfect.org Base.org Calc. Program pengolah angka. agar diterima oleh . WordStar. Program multimedia. Open Office. Dbase I. dll. PHP ataupun bahasa pemrograman apa saja yang mendukung. 2. contohnya adalah : Microsoft Power point.

Contoh software ini adalah : Visual Basic. FORTRAN. PHP. Visual Basic.  Bahasa generasi keempat (4 GL) Bahasa pemrograman 4 GL (Fourth Generation Language) merupakan bahasa yang berorientasi pada objek yang disebut Object Oriented Programming (OOP). Visual C++ Perangkat Lunak Bahasa (Language Program). Pascal. dBase. Bahasa Pemrograman bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia ke dalam format yang dijalankan komputer Contoh: BASIC. COBOL. dimana pengkodean bahasanya menggunakan kode angka 0 dan 1. FOTRAN Ada 3 level bahasa pemrograman. C++. Visual Foxpro. yaitu :  Bahasa tingkat rendah (low level language) Bahasa ini disebut juga bahasa mesin (assembler). dan masih banyak yanga lainnya.  Bahasa tingkat tinggi (high level language) Bahasa ini termasuk dalam bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pengguna komputer karena menggunakan bahasa Inggris. Cobol. Pascal. Bahasa tingkat tinggi saat ini biasa dimanfaatkan untuk membuat program-program aplikasi berbasiskan bisnis ataupun berbasiskan sains. Contohnya : BASIC. C++. Delphi. PASCAL. Delphi. yaitu program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dapat diterima dan dipahami oleh komputer. Program Bantu (Utility) . High Level Language (Bahasa Tingkat Tinggi) Bahasa tingkat tinggi merupakan bahasa yang mudah dimengerti oleh siapa saja yang mau belajar. COBOL. karena bahasa ini dibuat dengan menggunakan bahasa manusia sehari-hari.komputer. 4. Contoh dari bahasa tingkat tinggi adalah : Basic.

Contoh software ini diantaranya :       Norton Utility Winzip Norton Ghost Antivirus Defragment Scandisk . dan lain-lain. mengkompres file.Perangkat Lunak merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang ada hubungannya dengan komputer. mengopi data. misalnya memformat disket.

Penutup .BAB III PENUTUP A. Kesimpulan B.

org/wiki/Perangkat_lunak (diakses tanggal 16 Maret 2011) http://belajar-komputer-mu.slideshare.com/makalah-perangkat-lunak-komputer.wikipedia.htm (diakses tanggal 16 Maret 2011) .com/pengertian-software-perangkat-lunak-komputer/ (diakses tanggal 16 Maret 2011) http://radensomad.com/2008/08/19/perangkat-lunak-komputer/(diakses tanggal 16 Maret 2011) http://id.DAFTAR PUSTAKA http://yanti164.com/perangkat-lunak-software-komputer.html (diakses tanggal 16 Maret 2011) http://www.wordpress.net/harjorejo/perangkat-lunak-komputer (diakses tanggal 16 Maret 2011) http://www.anneahira.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful