Fotokatalitik degradasi zat warna azo dengan didukung TiO2 + UV dalam larutan air Chunmei Zhu a *, , Liangyan Wang

sebuah , Linren Kong b , Xi Yang b , Liansheng Wang b , Shaojian Zheng sebuah , Feili Chen sebuah , Feng MaiZhi sebuah , Huang Zong sebuah sebuah Guangzhou Institut Konversi Energi, Akademi Ilmu Pengetahuan Cina, Guangzhou 510070, Republik Rakyat Cina b Negara Kunci Laboratorium Pengendalian Pencemaran dan Penggunaan Kembali Sumberdaya, Departemen Lingkungan Sains dan Teknik, Nanjing University, Nanjing 210093, Republik Rakyat Cina Diterima 7 Juli 1999; diterima 12 Oktober 1999 Abstrak Kinerja degradasi fotokatalitik fotokatalis TiO2 didukung pada 13-X, Na-Y, zeolit 4A dengan di? konten pemuatan erent? dievaluasi dengan menggunakan oksidasi fotokatalitik pewarna langsung merah 4BS cepat dan asam merah 3B dalam medium berair. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis reaksi terbaik TiO2 ± zeolit katalis adalah sekitar 2 g / l dan fotokatalitik kinetika berikut ® agar terlebih dulu untuk semua katalis didukung. Urutan aktivitas fotokatalitik dari tiga seri katalis adalah tipe 13X> Y jenis> jenis 4A. Keadaan fisik titanium dioksida pada dukungan dievaluasi oleh sinar-X spektra fotoelektron (XPS), bubuk sinar-X di?? raction (XRD), BET, dan FTIR. Ó 2000 Elsevier Science Ltd All rights reserved. Keywords: TiO2; Zeolit; degradasi fotokatalitik; Dye 1. Pengenalan Sekarang industri tekstil memanfaatkan sekitar 10 000 dif-

Jadi dalam beberapa tahun terakhir. Chemosphere 41 (2000) 303 ± 309 * Sesuai penulis.7from pandangan praktis hal itu mungkin tidak mungkin untuk menggunakan kucingalyst suspensi dalam bubur fotoreaktor karena ® ltration masalah terkait dengan ukuran kecil dari titanium oksida. Produksi toksisitas dan massa zat warna mengarah ke kebutuhan pengobatan. Sementara fisik proses. Beberapa pewarna memiliki didokumentasikan kesehatan bahaya (Nilsson et al. Hal ini menyebabkan upaya besar untuk melumpuhkan . hanya mentransfer polutan dari air limbah untuk lainnya media dan pencemaran sekunder. larut. Di masa lalu. Chen dan Chou mempelajari bahwa dalam proses photobleaching jingga metil. 1994. 1991). 1993).giec. TiO2 teknik degradasi fotokatalitik telah digunakan untuk mengoksidasi air limbah yang mengandung pewarna dan telah menarik banyak perhatian (Fox dan Dulay.ac. sebagian besar studi terkait seperti fotoreaksi telah dilakukan dengan menggunakan suspensi TiO2 bubuk dalam larutan tercemar. Di antara zat pewarna. 0045-6535/00 / $ ..cn (C. Namun.). karena tidak beracun. Davis dan Grainer digunakan TiO2/UV untuk pengobatan air limbah kota yang mengandung pewarna. pewarna dapat decolorized setelah 40 min reaksi (Chen dan Chou. Lebih dari 50% dari semua jenis pewarna dalam industri adalah pewarna azo. 1993). dan hasilnya menunjukkan bahwa Proses TiO2/UV adalah e? Berlaku efektif? Di total mineralizing ini senyawa (Matthews.5 Juni 3 5 (9 9) 0 0 4 8 7 . dan tahunan di seluruh dunia produksi zat pewarna yang lebih dari 7? 10 5 ton (Spadary et al. Zhu). E-mail: zhucm@ms. Faks: +86-20-8777-9767. dan sangat reaktif sifat TiO2 di bawah sinar UV. 1993). Para Kesulitan utama di?? Dalam mengobati air limbah tekstil yang mengandung pewarna ine itu? ectiveness? proses biologi (Tang dan An. seperti koagulasi dan adsorpsi. murah. PII: S 0 0 5 April . 1995). 1994). dan ditemukan bahwa COD bisa berkurang saat mengeluarkan warna dari kotoran (Davis dan Gainer.lihat hal depan Ó 2000 Elsevier Science Ltd All rights reserved. Matthews menyelidiki oksidasi fotokatalitik metilen biru. Sebagai contoh. pewarna azo yang jauh yang terbesar kelompok pewarna. rhodamine B dan jingga metil menggunakan TiO2 didukung di atas pasir.ferent pewarna dan pigmen.

Dua pewarna azo (langsung cepat 4BS merah dan asam merah 3B) adalah pasar penjualan.. Titanium tetraisopropoxide diperoleh dari Nanjing Shuguang Pabrik Kimia. Faktor yang paling penting adalah iklan-the kemampuan sorptive. 1. 1998). BET. Semua bahan kimia yang digunakan dalam eksperimen adalah kelas analitis atau kelas kimia.. 2. Upaya untuk nd ® dukungan yang cocok untuk TiO2 harus mempertimbangkan beberapa faktor. diaktifkan karbon (Takeda et al. dan FTIR?. Komposisi reaktan adalah 20 ml HNO3 1M. 1988). 1995). 1996. Photoactivity katalis dievaluasi dengan menggunakan fotokatalitik oksidasi pewarna 4BS dan 3B. ® ber kaca (Shifu dkk.). Reaksi hidrolisis persamaan adalah . dan diamati bahwa untuk degradasi asetofenon atau 4-klorofenol dalam medium berair. e ini? orts? belum menghasilkan bahan yang memenuhi semua tuntutan fotokatalitik aktivitas. 7.4 ml titanium tetraisopropoxide. didukung titania pada hidrofobik molekul saringan ZSM5 menunjukkan photoactivity tinggi bahkan pada rendah Ti loading. Xu dan Langford (1995. Jadi di antara mendukung berbagai foto-TiO2 katalis.. Struktur zat warna yang ditunjukkan pada Gambar. Yang penting para fotokatalitik e? siensi TiO2 terimobilisasi sering lebih rendah dari ditangguhkan partikel (Matthews. 1997) telah memanfaatkan zeolit sebagai mendukung untuk TiO2. 1990). Persiapan fotokatalis TiO2 didukung Sol TiO2 disintesis dengan metode yang disebut asam-katalis sol gel pembentukan ± (Anderson et al. 2. TiO2 memiliki permukaan kutub dan bukan merupakan adsorben yang baik untuk non-polar molekul organik. zeolit tampaknya menjadi kandidat yang menarik untuk permukaannya kurang polar dan luas permukaan besar (Torimoto et al. Itu keadaan fisik titanium dioksida pada penyangga adalah dievaluasi oleh spektrum sinar-X fotoelektron (XPS). Na-Y jenis dan tipe 4A zeolit (Disediakan oleh Nanjing Pabrik Kimia Shuguang).. kuarsa dan stainless steel (Fennandez et al. Dalam studi ini. Bahan Mendukung digunakan untuk pemuatan TiO2 adalah bubuk Particles dari 13-X jenis. 1996). 1998) dll Namun.2. powder sinar-X di? raction (XRD).katalis pada alat bantu termasuk keramik (Sunada dan Heller. Prakonsentrasi substrat ke permukaan di mana foton yang teradsorpsi merupakan fitur yang diinginkan untuk oksidasi kinetika. Na-Y. kaca. Eksperimental 2. 13-X.1. 4A zeolit dipilih sebagai mendukung untuk TiO2 dengan di? konten pemuatan erent?.

diikuti dengan skrining untuk mendapatkan <0.08%. Jepang) digunakan untuk merekam bedak XRD pola. 5.5 jam. yang berisi 2. ® telah katalis bernomor 1. Di? Pola? Raction diambil selama 2h kisaran 5 ± 50 °. / Chemosphere 41 (2000) 303 ± 309VECTOR22 Transformasi Fourier inframerah spektrometer (FT-IR. 304 C. Sampel penelitian adalah incorpodinilai dalam KBr pelet untuk pengukuran. TiO2% dilaporkan sebagai jumlah oksida titanium ditambahkan ke dalam dukungan selama sintesis. dipanaskan produk yang digiling menjadi bubuk ne ®. masingtively).09%. Karakterisasi katalis yang didukung Sebuah D / MAX-RA berputar anoda sinar-X di? Ractometer? (XRD. Dan untuk membandingkan spektrum XRD antara katalis dengan loading TiO2 tinggi dan mereka yang rendah pemuatan TiO2. Campuran dikeringkan selama 0. 1. PH dari solusi koloid diatur pada pH 2. 16. Analisis FTIR dilakukan pada Gambar. dikalsinasi pada 300 ° C selama 2.5 jam pada 120 ° C. Dalam laporan ini.67%. 1995) bahwa kandungan TiO2 diukur dekat dengan yang dihitung dari sintesis.66%. diikuti dengan agitasi selama 1. Zeolites digunakan untuk mendukung adalah 13-X. 2. Bruker. 3. Sebuah jumlah tertentu dari dukungan jenuh dengan air selama setengah jam dicampur dengan sejumlah TiO2 sol. 9. 5 dibuat dengan di? erent TiO2? konten (1.225 bubuk mm. 4A dan Na-Y jenis. dengan pengadukan selama 1 jam. 4.. 1998). aduk pada saat yang sama.5 dengan penambahan dari 1M NaOH untuk mencegah penghancuran zeolit support melalui reaksi dengan asam. Itu con ® rmed (Xu dan Langford. Zhu et al. masing-masing. Transmisi elektron mikroskop dilakukan pada JEM-200CX . Semua sampel direndam dalam gelap untuk menghindari preactivation oleh cahaya ruangan. Rigaku. Jerman). katalis TiO2 dengan 50% isinya hanya juga disiapkan. kemudian dilanjutkan dengan cuciing ± sentrifugasi prosedur untuk membuat supernatan hampir netral.5 jam untuk memberikan transparan TiO2 sol.Ti iso ÿ? OC3H7? 4 ?? 4H2O! Ti? OH? 4 ?? 4C3H7OH: Prosedur khas adalah sebagai berikut: titanium tetraisopropoxide ditambahkan setetes demi setetes ke HNO3 encer solusi (Takeda et al.3. Akhirnya. 23. Struktur dua zat warna azo dalam percobaan. 2. Jadi ada 16 katalis disintesis di percobaan ini.96%. Untuk masing-masing tiga zeolit.0 g TiO2.

Inggris). campuran itu centrifuged untuk mengisolasi bubuk katalis.transmisi elektron mikroskop (TEM. Analisis XRD Spektrum XRD TiO2 didukung rumit oleh sinar-X dari mendukung. Aktivitas fotokatalitik relatif dari berbagai katalis dievaluasi dengan penentuan kehilangan pewarna 4BS dalam medium berair. Penyerapan ditentukan diubah menjadi konsentrasi melalui standar kurva metode pewarna. Panjang gelombang tekadnya adalah 500 nm untuk 4BS dan 538 nm untuk 3B. Analisis regresi sederhana program dalam Lembaran perangkat lunak grafis (STSC Rockville MD. Jepang). Perubahan konsentrasi larutan dalam 1 jam digunakan untuk mengevaluasi adsorbability dari photocatalysts dalam gelap. 13X-3. Kecukupan model adalah diukur sebagai korelasi COE sien (r). USA.1.4. sehingga TiO2 bisa seragam tersebar dalam larutan. Setelah reaksi. Kalibrasi dari spektra dilakukan pada kontaminasi permukaan puncak C1S di 284. 7. XPS direkam dengan ESCALAB MK-II elektron spektrometer (XPS.5 cm diameter. VG. Fotokatalitik kegiatan pengukuran Percobaan Photodecomposition dilakukan pada reaktor komidi putaran fotokimia. 1987) digunakan dalam analisis statistik. panjang 10. 4A-4 (tidak tercantum di sini). yang maksimal penyerapan panjang gelombang.0 cm). Dalam spektrum XRD 13X-5. dan oksigen tidak deliberately dibersihkan ke dalam reaktor selama percobaan.1.6 eV. dan ® signi?? cance level (p). Para Iradiasisumber tion adalah 500 W merkuri tekanan menengah lampu. Hasil dan diskusi 3. suspensi adalah disetimbangkan selama 1 jam dan kemudian diaduk selama 5 menit. Kemudian tabung itu dimasukkan ke dalam reaksi ruang sebelum lampu rotator dan itu dihidupkan. Karakterisasi zeolit-TiO2 fotokatalis 3.1. Pewarna dianalisis pada UV VIS ± 7520 spectrophotometer. JEOL. Suspensi adalah udara jenuh sebelum penyegelan. 3. 4A-5 dan 13X-1. .Sebelumnya untuk penerangan.0 ml 4BS atau 3B (35 mg / l) adalah dicampur dengan sejumlah katalis dalam tabung kuarsa (1. 2. 4A-2. Supernatan digunakan untuk menganalisis konsentrasi pewarna. Para BET Speci ® c luas permukaan TiO2 didukung pada zeolit 4A ditentukan dengan nitrogen adsorpsi pada suhu nitrogen cair pada secepatnya 2000 Micromeritics Instrumen Corporation (AS) luas permukaan analyzer.

Tidak ada band di dekat 960 cmÿ1 ditemukan untuk semua 10 katalis didukung. Dalam kami experiment. dan pada saat yang sama lebih besar puncak lebar spektrum XRD menunjukkan sangat mereka ® ne ukuran kristal.1. Spektra FTIR Andries dan Sauer Andries de Man dan Sauer (1996) melaporkan bahwa titanium diperkirakan dengan mudah menggabungkan ke situs tetrahedral zeolit mengandung silika. Itu ukuran sesuai dengan lebar puncak yang lebih besar yang XRD. yang menyebabkan pergeseran Si O ± ± Si getaran untuk menurunkan frekuensi. Y dan 4A zeolit yang terdeteksi. Namun. yang menunjukkan keberadaan non-kristal zat. 3.1.4. Untuk katalis dengan rendahnya cakupan titanium. sehingga paket puncak mungkin disebabkan oleh titanium oksida amorf. TEM analisis Foto TEM 50% TiO2 ± 4A zeolit menunjukkan bahwa ukuran partikel titanium oksida adalah seragam. ukuran partikel dari 5 nm? Dapat diperoleh. Kesimpulannya.kembali ection ¯ di dA? 3:52? 2h? 25:3 °??. Intensitas dan luas paket puncak meningkat dengan meningkatnya isi dari titanium oksida dimuat.2. DA? 3:25. jumlah kecil baik tersebar TiO2 pada zeolit menghambat pendekatan saling ® ne TiO2 partikel.1. BET pengukuran . Mungkin ada amorTiO2 phous dibentuk pada katalis. maka mengarah pada pembentukan amorf titanium oksida. Dekat 960 cmÿ1 dapat diberikan ke Ti ± ± O Si antisimetrik peregangan mode. karakteristikteristic anatase dan rutil masing-masing. 3. dapat dilihat bahwa ada kristal anatase dan sedikit rutil kristal pada katalis. Utama e? ect dari mengganti titanium ke dalam kerangka SiO2 adalah a meningkatkan panjang obligasi dari sekitar 160 pm (Si ± O) untuk 180 am (Ti ± O). Jadi substitution Ti ke situs Si tetrahedral selama kalsinasi proses tidak terjadi. dari XRD spektrum katalis pada tingginya cakupan titanium (50%). Paket Puncak ditemukan untuk semua katalis dengan cakupan rendah dari titanium. tetapi disebarkan di atas permukaan zeolit tidak unibentuk. Melalui perubahan magni kali kation ® dari TEM. spektrum IR 10 katalis pada Tabel 2 dan 13X. Ini obkonservasi con ® rmed keberadaan non-kristal TiO2 didukung pada zeolit. Hal ini menunjukkan bahwa baik anatase atau rutile TiO2 terbentuk pada mereka katalis.3. oksida dari titanium di permukaan zeolit adalah amorf pada cakupan rendah. 3. tetapi pendekatan anatase kristal pada cakupan tinggi. tidak obdilayani.

Tabel 1 daftar permukaan BET katalis 4A-2. mereka bergabung menjadi satu puncak. dan mirip dengan kimia negara dalam TiO2 murni. C. Fakta ini menunjukkan bahwa . / Chemosphere 41 (2000) 303 ± 309 305The luas permukaan meningkat dengan peningkatan TiO2% pada katalis sangat. menyiratkan tidak ada spesies oksigen rumit yang ada pada permukaan katalis. Tidak ada yang jelas puncak bahu ditemukan untuk O (1s) puncak dari semua katalis. indicating paling TiO2 berkonsentrasi pada permukaan zeolit. Untuk semua tiga katalis seri. XPS analisis Hasil penentuan analisis XPS diberikan pada Tabel 2. 4A-4 dan 4A-5.% Ti terdeteksi meningkat dengan peningkatan kadar titanium oksida pada katalis. Y jenis> 13-X jenis> 4A. Urutan energi ikat adalah Y jenis> 13-X jenis> jenis 4A.5 eV? diamati. urutan permukaan TiO2 konsentrasi adalah Y jenis katalis> 4A jenis> jenis 13X. Fenomena serupa ditemukan Si (2p). Untuk katalis dengan kandungan TiO2 rendah. Mungkin untuk keberadaan oksigen kisi zeolit. luas permukaan katalis adalah yang paling faktor penting dalam ¯ uencing aktivitas katalitik. menyiratkan adanya TiO2 dengan luas permukaan yang besar. konsentrasi TiO2tions di permukaan katalis jauh lebih tinggi dari dihitung TiO2 dosis dalam persiapan katalis.1. Analisis XPS ¯ terutama kembali ects com-the Ponent komposisi dan keadaan kimia dasar permukaan dan permukaan inferior dari sampel. yang mungkin disebabkan oleh sangat mereka ® ne partikel con ® rmed di XRD dan TEM hasil. 3. mirip dengan yang urutan mengikat energi.5. O (1s) mengikat energi dari semua TiO2 didukung adalah lebih rendah dari murni TiO2. Zhu et al. yang menunjukkan bahwa Unsur Ti untuk semua katalis memiliki kimia yang sama lingkungan dan kimia negara. perubahan spesies oksigen tidak dengan peningkatan kadar Ti dalam katalis.Secara umum. Al (2p) dan Na (1s). dapat disimpulkan bahwa sekitar untuk katalis seri yang sama. Energi mengikat Ti (2p) katalis semua pada dasarnya sama dengan yang murni TiO2. Sangat menarik bahwa urutan permukaan Rasio Si / Al. Karena tidak ada energi ikat di? Erence> 0. Jelas bahwa di antara tiga seri catalysts. Mungkin karena kedekatan mengikat energi dari oksigen kisi O2ÿ TiO2 dengan zeolit.

67 5.1 74.3 4A-5 23.0 74. tingkat membuat tdk berwarna dikusut karena peningkatan situs aktif. Fenomena ini mungkin karena cahaya hamburan dan penurunan penetrasi cahaya melalui solusi.4 102.8 74.3 102.5 ± 2. 2 menunjukkan degradasi 4BS e? Ect di di? konsentrasi katalis erent?.6 Y-2 5.87 14.71 1.09 12. yang disebabkan oleh katalis tersuspensi lightproof.9 74.komposisi zeolit mungkin dalam uence ¯ keadaan permukaan katalis. (EV) Ti (2p) O (1s) Si (2p) Al (2p) TiO2 ± ± ± ± ± ± 458.2 74.8 531.0 g / l dilakukan dalam kita percobaan.4 74. Untuk 4A-2.78 1.7 532.0 ± 1. Hal ini dapat dilihat bahwa dengan meningkatnya dosis katalis.9 13X-1 1.97 5.55 10.68 14.9 531.0 g / l. dosis menghasilkan e maksimum?? ect perubahan dari 2.29 9.08 3.3 Gambar.3 101. Pada dosis Tabel 2 Permukaan komposisi analisis dan energi mengikat katalis dari XPS Katalis TiO2 Berat% pada katalisator Atom Ti% Berat TiO2% Atom Si / Al B. Tabel 1 BET luas permukaan katalis Katalis 4A 4A-2-4 4A-5 Luas permukaan (m2 / G) 27. 3.2.29 18.6 4A-2 5.7 102.5 531.8 532.0251 306 C.03 458.66 5. tingkat membuat tdk berwarna mencapai maksimal.5 102. yang .01 14.16 458.7 102.87 458.96 3. Tingkat penghilangan warna dari 4BS di di? Erent 4A-4 katalis? dosis.7 13X-5 23.7 531.82 458.5 g / l.3 13X-3 9. Kemudian dengan meningkatnya dosis.70 458.39 3.96 1. 4A-4. Gambar.08 4. 4A-5 katalis. E? Ect katalis dosis? 4BS degradasi di berbagai 4A-2. 4A-4.75 458.2 ± 4.94 2.18 1.2 102.7983 91.09 3. tingkat membuat tdk berwarna menurun.8 74.27 1.65 458.66 3.90 16.15 458.7 532.0204 113.4 Y-1 1.9 532.9 Y-3 9.E.37 3.0 4A-4 16.8 533. 4A-5 catalysts dosis dalam kisaran 0. Zhu et al.48 458.8 531.7 102. 2. / Chemosphere 41 (2000) 303 ± 309of 1.56 1.84 1.8 102.8 74.09 6.8 74.

Pewarna azo adalah karakteristikterized oleh nitrogen untuk obligasi nitrogen ganda (± N ¸ ± N). Itu diameter maksimum molekul 4BS adalah sekitar > 1 karena cincin naftalena nm dengan besar substituents dari ± SO3Na dan ± ± NHCONH. Para penghilangan warna dari larutan zat warna menunjukkan bahwa penghancuran pewarna terjadi. Para obser-atas vations menyarankan bahwa aktivitas fotokatalitik semua 15 katalis yang luar biasa. gelap percobaan adsorpsi dalam penelitian kami menunjukkan bahwa ada tidak terdeteksi adsorpsi 4BS pada katalis bahkan setelah equilibrium beberapa hari. Para penghilangan warna nyata dari solusi dari Pewarna 4BS dengan adanya katalis terlihat setelah 25 menit iradiasi untuk semua 15 fotokatalis. Jadi 2. dan fotokatalitik degradasi zat warna secara katalis ini di bawah sinar UV adalah mungkin. Jadi e? Ect? Pewarna adsorpfactor pada aktivitas fotokatalitik sangat terbatas. Jadi tidak jelas pewarna adsorpsi fenomena dapat diamati. yang menunjukkan hilangnya kelompok kromoforik mereka. 3. Sehingga sebagian besar adsorptif kemampuan zeolit tidak dapat dimanfaatkan. katalis mengandung kurang TiO2 membutuhkan dosis lebih. Y dan zeolit jenis 4A semua <1 nm. 1989) bahwa adsorpsi dianggap penting dalam proses oksidasi fotokatalitik heterogen.0 g / l terpilih sebagai katalis dosis untuk studi aktivitas fotokatalitik semua 15 katalis dalam percobaan kami. Untuk menjaga TiO2 cukup dalam reaksi. Mereka mengandung setidaknya satu hingga empat kelompok azo biasanya menempel pada dua radikal yang setidaknya satu tapi biasanya kedua adalah kelompok aromatik. Melaporkan ukuran lobang 13X. Pada saat yang sama. Pewarna molekul hanya dapat teradsorpsi pada permukaan luar zeolit dan TiO2. Fotokatalitik kinetika TiO2-zeolit katalis Secara umum.3. penghambatan sterik pewarna besar molekul menghambat pendekatan molekul pewarna lainnya ke permukaan katalis. Warna bahan celup azo . Dan tidak ada diri fotolisis telah obdilayani. Itu dapat disimpulkan bahwa adsorpsi 4BS mungkin bukan paling penting yang menentukan faktor 4BS photocatdegradasi alytic aktivitas katalis dalam penelitian kami. Namun.karena di TiO2? erent? konten dalam katalis. Molekul-molekul besar pewarna 4BS tidak bisa masuk besar bagian dalam permukaan zeolit. Itu langmuier ± Hinshelwood model yang digunakan untuk menggambarkan kinetika pewarna (Turchi dan Ollis. telah diterima (Serpone dan Pelizzetti. Self-fotolisis percobaan pewarna 4BS dilakukan pada saat yang sama. 1990).

00001 Y-5 23.96 LNC? Ÿ 3:091 0:04948 t) 0. / Chemosphere 41 (2000) 303 ± 309 307The analisis statistik korelasi serupa juga dilakukan untuk proses degradasi fotokatalitik asam merah 3B dengan 13X-1 katalis.948 0.09 LNC? Ÿ 3:096 0:07923 t) 0. Tabel 3 memberikan linier regresi persamaan 15 untuk semua katalis.67 LNC? Ÿ 3:643 0:1238 t) 0. Melalui analisis statistik korelasi.999 0.66 LNC? Ÿ 3:053 0:05019 t) 0.0052 C.96 LNC? Ÿ 3:090 0:09763 t) 0.08 LNC? Ÿ 3:512 0:1055 t) 0. Zhu et al.00808 4A-4 16. 4BS pewarna berisi dua kelompok azo.09 LNC? Ÿ 3:047 0:1151 t) 0.00007 Y-1 1.00259 13X-4 16.67 LNC? Ÿ 3:481 0:1005 t) 0.961 0. Hal ini menunjukkan bahwa photocatdegradasi alytic tidak hanya menghancurkan sistem-konjugat tem (termasuk ± N @ N ±).00003 4A-1 1. Kembali tindakan obligasi azo mengarah pada penghilangan warna dari pewarna.67 LNC? Ÿ 3:573 0:1148 t) 0.821 0.958 0.00003 13X-5 23. Obligasi azo adalah obligasi yang paling aktif dalam molekul zat warna azo.996 0.ditentukan oleh ikatan azo dan terkait mereka kromofor dan auxochromes (Reutergardh dan Iangphasuk. ditemukan bahwa kinetika degradasi fotokatalitik selama 15 katalis semua berikut ® kinetika rst ketertiban.926 0.66 LNC? Ÿ 3:067 0:1190 t) 0. 1997).838 0. tetapi juga menghancurkan sebagian benzena dan naftalena cincin dalam molekul.04525 4A-3 9.66 LNC? Ÿ 3:219 0:1240 t) 0.998 0. yang bertanggung jawab akan teroksidasi oleh lubang positif atau hidroksil radikal atau dikurangi dengan elektron pada pita konduksi (Ganesh et al.989 0.00059 Y-4 16.09 LNC? Ÿ 3:589 0:09009 t) 0. 1994)..96 LNC? Ÿ 3:086 0:1411 t) 0. Jadi katalis disiapkan dalam percobaan kami dapat juga digunakan untuk mendegradasi zat warna lainnya. Penurunan 34% dari serapan pada 310 nm diamati untuk pewarna 4BS setelah fotodegradasi dalam kehadiran 4A-1 katalis.976 0. Dari kenyataan bahwa .999 0.00115 13X-2 5.981 0. Para ® diperoleh rst linier regresi persamaan adalah sebagai berikut: Dalam C?? Ÿ 3:470 0:1320 t r?? y0: 9894 P? 0:00017: Yang jelas penghilangan warna diamati setelah 25 menit reaksi. Tabel 3 Persamaan regresi linier fotodegradasi 4BS menggunakan di? Erent katalis? Katalis TiO2 Berat% pada persamaan regresi katalis r1 P1 13X-1 1.03726 4A-2 5.00222 Y-3 9.972 0.08 LNC? Ÿ 3:426 0:1130 t) 0.994 0.0404 Y-2 5.00064 13X-3 9.08 LNC? Ÿ 3:461 0:1130 t) 0. dan penghilangan warna yang pewarna 4BS menunjukkan bahwa azo ikatan molekul pewarna hancur.00145 4A-5 23.

baik posbiaya itive atau negatif dapat berkembang pada permukaannya. 3. Y dan 4A zeolit (2 g / l) memberikan pH 9. hidroksil ion dan molekul dye. sehingga mengarah ke foto-tinggi reaktivitas. dapat disimpulkan bahwa 4BS lebih mudah untuk teroksidasi dari 3B. Si / Al) menentukan urutan dari photoreactivity 13X. Jenis 13X menunjukkan aktivitas fotokatalitik tertinggi. Seperti diketahui. dan mereka semua mencapai konstanta laju tertinggi pada rendah atau menengah TiO2%.21 dan 10. katalis jenis Y. adsorpsi berkurang karena dipisahkan 4BS (anion sulfonat) dan TiO2 bermuatan negatif permukaan. 9. yang mendukung peningkatan laju reaksi.8) (Kormann et al. Pada pH tinggi tingkat. Rasio Si / Al lain dalam faktor uencing ¯. menyerap reaktan anion. Mungkin yang dihasilkan hidroksil radikal dapat distabilkan dalam rangka kaku dari zeolit. Alumina bertindak sebagai asam Lewis pusat. Konstanta laju tidak meningkatkan linier dengan meningkatnya TiO2 konten. dengan kerugian yang dihasilkan dari photoreactivity. sintesis aksi faktor di atas (seperti pH. Itu luas permukaan yang lebih tinggi dan lebih besar ukuran aperture zeolit nikmat adsorpsi molekul air lebih.laju konstan 4BS lebih besar daripada asam merah 3B. Semua kembali sistem tindakan di bawah kondisi alkali. yang dapat menstabilkan intermediet reaktif (Xu dan Langford. Secara keseluruhan. Kecenderungan perubahan serupa yang diamati untuk tiga seri katalis. Kurva perubahan nilai-nilai k dari 3 seri katalis dengan konten TiO2 dalam katalis diberikan pada Gambar. 1997). 4BS (Garam natrium) benar-benar dipisahkan dalam media air. 1978). Itu berair suspensi 13X. Y jenis memiliki aktivitas katalitik yang lebih tinggi dari jenis 4A.55. yang menginduksi pembentukan radikal hidroksil lebih.Ini point dapat con ® rmed oleh adsorpsi gelap di atas percobaan adsorpsi hasil yang tidak signi? cant ® di sistem ini.Sebagai pH melebihi pHZPC TiO2 (6. luas permukaan dan apermendatang ukuran zeolit 13X lebih tinggi daripada yang dari Y yang yang pada gilirannya lebih besar daripada jenis 4A (Da Lian Kimia dan Fisik Research Institute. maka elektron-lubang rekombinasi dicegah. Tinggi rasio Si / Al berarti polaritas yang lebih rendah dari zeolit. radikal hidroksil dianggap sebagai predomidominan oksidasi spesies untuk peningkatan ion hidroksil. Karena karakter amfoter TiO2. 1991). surdaerah wajah. masing-masing. Hal ini mungkin disebabkan oleh dua pesaing tion proses: lebih TiO2 dimuat nikmat genera-the .1. 4A.

sebagian besar titanium oksida supporting pada zeolit berkonsentrasi pada permukaan catalysts. Zhu et al. Referensi Anderson. Namun.. Gambar. sarjana sastra. luas permukaan besar dari fotokatalis akan dimanfaatkan sepenuhnya dan kemudian fotokatalis dapat menunjukkan photoactivity lebih besar. Pada cakupan rendah.tion lubang lebih. Itu Obligasi Si ± O zeolit tidak terganggu oleh linkusia Ti. Para ® sangat ne partikel dimensi dekat 5nm. untuk katalis dengan konten TiO2 rendah. / Chemosphere 41 (2000) 303 ± 3095. akan mengurangi adsorpsi ion hidroksil. Jenis 13X mencapai reaksi tertinggi tion tingkat di% TiO2 lebih rendah dari tipe Y yang ada di berubah lebih rendah dari 4A jenis. M. Xu. 3. Kesimpulan 1. Di bawah kondisi eksperimental. sehingga menghasilkan laju reaksi yang lebih tinggi. 1988. radikal hidroksil lebih. Titania dan . ion reaktan.J. dan stabilisasi karena mereka bermuatan negatif hidroksil radikal surwajah. Saran Jika ± TiO2 fotokatalis zeolit disintesis dalam kita penelitian dapat digunakan untuk menurunkan air limbah atau limbah gas dengan ukuran molekul jauh lebih kecil dari pewarna di kami percobaan. Urutan aktivitas fotokatalitik dari tiga seri katalis adalah tipe 13X> Y jenis> jenis 4A. Perintah bertentangan dengan laju reaksi urutan tiga katalis seri. 4. yang memiliki area permukaan besar. tumbuh pada mendukung. Kinetika fotokatalitik berikut ® agar terlebih dulu selama 15 didukung katalis. terlalu banyak TiO2 menduduki terlalu kapasitas jauh dari zeolit. Hal ini dimengerti bahwa katalis dengan fotokatalitik rendah kegiatan mungkin perlu% lebih TiO2 untuk mencapai reaksi yang lebih tinggi tingkat. Dosis reaksi terbaik TiO2 ± zeolit katalis adalah sekitar 2 g / l. maka menyebabkan penurunan laju reaksi. terutama anatase. bentuk pada zeolit. 2.. T. 4. Jadi tidak ada ikatan kimia terjadi antara zeolit dan TiO2. mereka menunjukkan amorf morfologi. 308 C. Gieselman. pada su? Cakupan? Menciptakan kerjasama yang tinggi. nilai k vs TiO2% dari tiga jenis didukung katalis r 13X jenis katalis j Y jenis katalis m 4A katalis jenis. diskrit kristal. 3. Fotoreactivy tidak meningkat secara linear dengan meningkatnya TiO2%. Konsentrasi oksida titanium dimuat memproduksi yang photoreactivity tertinggi adalah di? erent? untuk tiga jenis katalis.

1990. struktur. Lingkungan.. JT. L. 66. 1991?. M. Catal. C. 1993. J.L. Gainer. Fennandez. 25.W. 33 ± 35. 1994. 243 ± 258. Bahnemann. Chou. Wat. (Eds. Asma. dan vibrasi spektrum dari titanium di silikat dan zeolit di perbandingan dengan molekul terkait Sebuah studi ab initio. Photocatalysis: Fundamentals dan Aplikasi. 1996..C. Phys. Rhinitis. Spadary.. 1995. V. F. J.. Fotokatalitik dekolorisasi dari limbah pewarna air. L.. Wass. Ho? Manusia. Iangphasuk. Sci. 39. 1996. Lingkungan. Lingkungan. Serpone. Nilsson. 25. Jimenez.. G. C. J. 1978. N. Matthews. Matthews. Andries de Man. M. 7. 1994. M. J. dan Dermatitis pada pekerja terkena pewarna reaktif.aluminia keramik membran. 1169 ± 1179. Da Lian Kimia dan Fisik Research Institute. 5025 ± 5034. Isebelle.. Dulay.D.. 201 ± 214. Chem. Koordinasi.. Sci. R. 28. Technol. E? Ects air. 1991... Lingkungan. Fotokatalitik degradasi pestisida organik mengandung fosfor oleh TiO2 didukung pada kaca ber ®.. Fox. J. VM. Moskow.. T..T. Ilmu Pengetahuan. Perbandingan studi fotokatalitik dengan temperatur yang ity dalam air kation ® puri. Heller.. Technol.. Zeolit Molekular Sieve. Sci. Chemosphere 35. New York.. Lassaletta. 1998. Res. Chem. Davis. dan? silikon overcoating dari fotokatalis TiO2 pada tingkat . 85.. R. Hidroksil dimediasi radikal degradasi zat warna azo: bukti benzena generasi. Sci. U. 65 ± 70.. 494 ± 500.C. 653 ± 660. Puri ® kation air dengan dekat-UV diterangi suspensi titanium dioksida. Wat. R. 1389 ± 1393. Sunada.. sarjana sastra. Res. Michelssen. Res. Justo.M. A. Pembuatan dan karakterisasi TiO2 fotokatalis didukung pada berbagai dukungan kaku (kaca. Wahyu 93.J.. Inggris J. Nasib azo dyes dalam lumpur. D. Reutergardh. Nordlinder. Ind Medi. Appl. 50 ± 53.. 17. 100. Photolysis kloroform dan molekul organik lainnya dalam air TiO2 suspensi. air garam. L. R. G. Chen. E. Res.. B: Lingkungan.. Wat. D. Renganathan. Pelizzetti. Shifu. Photobleaching metil jeruk di titanium dioksida tersuspensi dalam larutan berair. kuarsa dan stainless steel). R.. Catal. 1993. Heterogen photocatalysis. 50. Wiley. 341 ± 357.B. 28. R.W. 49 ± 63. 1997. 24. Kormann. Wat.). Ganesh.. Fotokatalitik penghilangan warna reaktif zat warna azo: perbandingan antara TiO2 dan photocatalysis CdS. 1989. 1994. 1993. A. Mol. 585 ± 596. 1367 ± 1376. Membr. Boardman.. Sauer. J.R. Photooxidative degradasi berwarna organik dalam air menggunakan katalis didukung pada TiO2 pasir.

. B 101.. Iwata. Xu.507. Photoactivity dari titanium dioksida didukung pada MCM41 X zeolit. 1990.. 1998.H. 1995. Degradasi fotokatalitik organik kontaminan air: mekanisme yang melibatkan hydroxserangan radikal il. Technol. 4157 ± 4170. Ito.. H. An.dan produk oksidasi fotokatalitik cair 3-oktanol dan 3-octanone. Y. T. Catal. Tang. UV/TiO2 oksidasi fotokatalitik komersial pewarna dalam larutan air. Langford. 30.M.Z. C. Langford. Ollis... N. Turchi..H. 1996. N.F.. Y. J. Torimoto. J. 1995. Sci.. C. S. C. Takeda. 178 ± 192. H.M. Sci. Dalam uence ¯ karbon hitam sebagai adsorben yang digunakan dalam fotokatalis ® lms pada perilaku fotodegradasi propyzamide. C. Chemosphere 31. Phys.. Chem. 3115 ± 3121. / Chemosphere 41 (2000) 303 ± 309 309 . J. Chem. Kuwabata. D.. S. 11501 ± 11. 1275 ± 1280. Xu. H. 282 ± 286. Catal.. 177... Phys. 99. 122.. dan zeolit Y. Technol. Zhu et al. Torimoto.. J. T. 1997. W. Lingkungan. Yoneyama. E? Ects adsorben digunakan sebagai dukungan untuk titanium dioksida loading pada degradasi fotokatalitik propyzamide. Lingkungan. 240 ± 246. Yoneyama. Peningkatan photoactivity dari titanium (IV) oksida didukung pada ZSM5 dan zeolit A pada rendah cakupan. 32.S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful