HISTORIS PANCASILA

Nama NIM Jurusan Kelompok Dosen

: Wisnu Anggit Pratama : 11.11.4967 : S1 TI :D : Drs. Tahajudin Sudibyo

Untuk Memenuhi Syarat Mata Kuliah Pancasila
SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER STMIK “AMIKOM” YOGYAKARTA 2011-2012

1

Hal ini tentang tertuang dalam ketetapan MRP No.Abstrak Pancasila artinya lima dasar atau lima asas yaitu nama dari dasar negara kita. V/MP/1973 serta ketetapan No. dan staatside. nilai-nilai yang ada dalam Pancasila tersebut telah dipraktikan oleh nenek moyang bangsa Indonesia dan kita teruskan sampai sekarang. Dalam pengertian ini. XX/MPRS/1966 dan ketetapan MPR No. sebagai dasar negara maka nilai-nilai kehidupan bernegara dan pemerintahan berdasarkan pada Pancasila. pandangan hidup. merupakan pengertian yuridis ketatanegaraan 2. ideology negara. pegangan hidup dan petunjuk hidup. Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945. IX/MPR/1978. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Pancasila sebagai falsafah negara (philosohische gronslag) dari negara. Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. wereldbeschouwing. weltanschaung. Pancasila dasar negara sesuai dengan pembukaan UUD 1945 dan yang pada hakikatnya adalah sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum. wereld en levens beschouwing. Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara Indonesia mempunyai beberapa fungsi pokok. Dalam hal ini Pancasila digunakan sebagai petunjuk arah semua semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan dalam segala bidang. pandangan dunia. Pancasila sebagai pengatur hidup kemasyarakatan pada umumnya (merupakan pengertian Pancasila yang bersifat sosiologis) 3. yaitu: 1. Pancasila disebut juga way of life.Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit pada abad XIV yang terdapat dalam buku Nagara Kertagama karangan Prapanca dan buku Sutasoma karangan Tantular. Pancasila sebagai pengatur tingkah laku pribadi dan cara-cara dalam mencari kebenaran (merupakan pengertian Pancasila yang bersifat etis dan filosofis) 2 .

Bagaimana pengertian Pancasila sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia? 3. setiap penyelenggara negara serta setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan. Bahwasanya Pancasila yang telah diterima dan ditetapkan sebagai dasar negara seperti tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 merupakan kepribadian dan pandangan hidup bangsa. sehingga tak ada satu kekuatan manapun juga yang mampu memisahkan Pancasila dari kehidupan bangsa Indonesia. di dalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Apa arti Pancasila? 2. yang telah diuji kebenaran. perlu diusahakan secara nyata dan terus menerus penghayatan dan pengamamalan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya oleh setiap warga negara Indonesia. baik di pusat maupun di daerah. Latar Belakang Masalah Sejarah telah mengungkapkan bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia. Rumusan Masalah Untuk menghidari adanya kesimpangsiuran dalam penyusunan makalah ini. yang memberi kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia serta membimbingnya dalam mengejar kehidupan lahir batin yang makin baik. kemampuan dan kesaktiannya.BAB I A. maka penulis merumuskan masalah diantaranya: 1. Bagaimana penjabaran Pancasila sebagai Dasar Negara Republik Indonesia? 4. Bagaimana penjabaran tiap-tiap sila dari Pancasila? 3 . Menyadari bahwa untuk kelestarian kemampuan dan kesaktian Pancasila itu. B.

Asal Mula Bahan atau Kausa Materialis adalah bahwa Pancasila bersumber dari nilainilai adat istiadat . Kemudian mengalami masa penjajahan Belanda dan Jepang.BAB II A. Paham yang mendasar dan konseptual mengenai cita-cita hidup manusia merupakan hakikat ideologi. Indonesia terlahir melalui perjalanan yang sangat panjang mulai dai massa kerajaan Kutai sampai masa keemasan Kerajaan majapahit seta munculnya kerajaan-kerajaan Islam. 4 . Setelah kemerdekaan indonesia sebelum sidang resmi PPKI Pancasila sebagai calon dasar filsafat negara dibahas serta disempurnakan kembali dan akhirnya pada tanggal 18 Agustus 1945 disyahkan oleh PPKI sebagai dasar filsafat negara Republik Indonesia. kemudian dibahas lagi dalam sidang BPUPKI kedua . Dijadikan manusia bersuku-suku dan berbangsa didunia ternyata membawa dampak kepada ideologi yang berbeda beda sesuai dengan pemikiran. Dari aspek kausalitasnya dapat dibedakan menjadi dua yaitu : aspek asal mula langsung dan aspek asal mula tidak langsung. budaya dan nilai religius yang ada dalam kehidupan sehari-hari masyarakat indonesia. Kajian pengetahuan proses terjadinya Pancasila dapat ditinjau dari aspek kausalitasnya dan tinjauan perspektifnya. budaya. Asal Mula Langsung a. adat istiadat dan nilai nilai yang melekat dalam kehidupan masyarakat tersebut. Kondisi ini telah menimbulkan semangat berbangsa yang satu. antara lain dalam sidang-sidang BPUPKI pertama. sidanganitia sembilan yang kemudian menghasilkan Piagam Jakarta dan didalamnya memuat Pancasila untuk pertama kali. Pendekatan Historis Pengertian Asal Mula Pancasila Kemajuan alam pikir manusia sebagai individu maupun kelompok telah melahirkan persamaan pemikiran dan pemahaman kearah perbaikan nilai nilai hidup manusia itu sendiri. 1. Oleh karena itu secara musyawarah mufakat berdasarkan moral yang luhur. bertanah air satu dan berbahasa satu yaitu indonesia. Semangat ini akhirnya menjadi latar belakang para pemimpin yang mewakili atas nama bangsa indonesia memandang penting nya filsafat negara sebagai simbol nasionalisme.

b. masyarakat indonesia telah hidup dalam tatanan kehidupan yang penuh dengan : a. PPKI termasuk didalamnya Ir. c. Asal Tujuan atau kausa Finalis adalah tujuan yang diinginkan BPUPKI. d. Moh. Nilai Kerakyatan dan Nilai Keadilan. Moh. kebudayaan serta nilai religius dalam kehidupan sehari-hari bangsa indonesia. Hatta dan para anggota BpUPKI. Drs. rumusan dan nama Pancasila sebagaimana tertuang dalam pembukaan UUD 1945 yang merupakan pemikiran Ir. Asal mula karya atau kausa Effisien adalah penetapan pancasila sebagai calon dasar negara yang sah oleh PPKI. c. Nilai-nilai ketuhanan . Asal Mula Bentuk atau Kausa Formalis adalah kaitan asal mula bentuk. Soekarno dan Drs. Oleh karena itu secara tidak langsung Pancasila merupkan penjelmaan atau perwujudan Bangsa Indonesia itu sendiri karena apa yang terkandung dalam Pancasila merupakan kepribadian dan pandangan hidup bangsa indonesia seperti yang dilukiskan oleh Ir. Soekarno. Asal Mula Tak Langsung Jauh sebelum proklamasi kemerdekaan. 3. Bangsa Indonesia Ber-Pancasila daam Tri Prakara Dengan nilai adat-istiadat. Nilai Perstuan . Nilai nilai tersebut merrupakan nili-nilai yang memaknai adat istiadat. nilai budaya dan nilai religius yang telah digali dan diwujudkan dalam rumusan Pancasila yang kemudian disahkan sebagai dasar negara tersebut pada hakikatnya telah menjadikan bangsa Indonesia ber-Pancasila dalam tiga prakara atau tiga asas : 5 . Hatta dari rumusan Pancasila sebelum disahkan oleh PPKI menjadi Dasar Negara yang sah. b. Nilai Kemanusiaan . 2. Soekarno dalam tulisanya “pancasila adalah lima mutiara galian dari ribuan tahun sapsapnya sejarah bangsa sendiri”.

b. 6 . c. Asas Kebudayaan Secara yuridis Pancasila telah dimiliki oleh bangsa Indonesia dalam hal adat-istiadat dan kebudayaan.a. Asas Kenegaraan Karena Pancasila merupakan Jati Diri Bangsa dan disahkan menjadi DasaNegaa maka secara Langsung Pancasila sebagai asas kenegaraan. Asas Religius Toleransi beragama yang didasrkan pada nilai-nilai religius telah mengakar kuat dalam sehari-hari kehidupan masyaakat indonesia.

Pembahasan 1. Pengertian Pancasila Pancasila artinya lima dasar atau lima asas yaitu nama dari dasar negara kita. Ketuhanan Yang Maha Esa 2. Persatuan Indonesia 4. Istilah Pancasila telah dikenal sejak zaman Majapahit pada abad XIV yang terdapat dalam buku Nagara Kertagama karangan Prapanca dan buku Sutasoma karangan Tantular. Negara Republik Indonesia. selain mempunyai arti “Berbatu sendi yang lima” (dari bahasa Sangsekerta) Pancasila juga mempunyai arti “Pelaksanaan kesusilaan yang lima” (Pancasila Krama). sebagai dasar negara maka nilai-nilai kehidupan bernegara dan pemerintahan sejak saat itu haruslah berdasarkan pada Pancasila. Rumusan Pancasila yang dijadikan dasar negara Indonesia seperti tercantum dalam pembukaan UUD 1945 adalah: 1. Keadilan sosial bagi seluruh Rakyat Indonesia permusyawaratan / Kelima sila tersebut sebagai satu kesatuan nilai kehidupan masyarakat Indonesia oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) dijadikan Dasar Negara Indonesia. Kemanusiaan yang adil dan beradab 3. namun berdasrkan kenyataan. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam perwakilan 5. dalam buku Sutasoma ini. 7 . b. Tidak boleh mabuk minuman keras / obat-obatan terlarang Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945. d. nilai-nilai yang ada dalam Pancasila tersebut telah dipraktikan oleh nenek moyang bangsa Indonesia dan kita teruskan sampai sekarang.BAB II A. Tidak boleh melakukan kekerasan Tidak boleh mencuri Tidak boleh berjiwa dengki Tidak boleh berbohong 2. c. yaitu sebagai berikut: a.

merupakan pengertian yuridis ketatanegaraan b. 8 . keseluruhan sila dalam Pancasila merupakan satu kesatuan organis. Pancasila sebagai pengatur tingkah laku pribadi dan cara-cara dalam mencari kebenaran (merupakan pengertian Pancasila yang bersifat etis dan filosofis) 5.. Dalam hal ini Pancasila digunakan sebagai dasar mengatur pemerintahan atau penyenggaraan negara. dan staatside. XX/MPRS/1966 dan ketetapan MPR No. Sila – Sila Pancasila a. IX/MPR/1978.maka sisusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu udang-undang dasar negara Indonesia yang terbentuk dalam suat susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada…. weltanschaung. pandangan dunia. Hal ini tentang tertuang dalam ketetapan MRP No. Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Pancasila sebagai falsafah negara (philosohische gronslag) dari negara. Dalam pengertian ini. Sila Katuhanan Yang Maha Esa Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan oleh karenanya manuasia percaya dan taqwa terhadap Tuhan YME sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. wereldbeschouwing. yaitu: a. Pancasila sebagai pengatur hidup kemasyarakatan pada umumnya (merupakan pengertian Pancasila yang bersifat sosiologis) c. pandangan hidup. yang dengan jelas menyatakan “……. tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain. V/MP/1973 serta ketetapan No. Hal ini sesuai dengan bunyi pembukaan UUD 1945.” Pancasila sebagai pandangan hidup dan dasar negara Indonesia mempunyai beberapa fungsi pokok. ideology negara.. Dalam hal ini Pancasila digunakan sebagai petunjuk arah semua semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan dalam segala bidang. Hal ini karena Pancasila Weltanschauung merupakan suatu kesatuan. 4. Pancasila dasar negara sesuai dengan pembukaan UUD 1945 dan yang pada hakikatnya adalah sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum.3. Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Hal ini berarti bahwa semua tingkah laku dan tindakn pembuatan setiap manusia Indonesia harus dijiwai dan merupakan pencatatan dari semua sila Pancasila. Pancasila disebut juga way of life. pegangan hidup dan petunjuk hidup. wereld en levens beschouwing.

Untuk itu dikembangkan sikap adil terhadap sesama. Sadar bahwa manusia adalah sederajat. dan berani membela kebenaran dan keadilan. Sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan Manusia Indonesia menghayati dan menjungjung tinggi setiap hasil keputusan musyawarah. gemar melakukan kegiatan –kegiatan kemanusiaan.b. karena itu semua pihak yang bersangkutan harus menerimannya dan melaksanakannya dengan itikad baik dan penuh rasa tanggung jawab. 9 . Persatuan dikembangkan atas dasar Bhineka Tunggal Ika. Disini kepentingan bersamalah yang diutamakan di atas kepentingan pribadi atau golongan. Dalam rangka ini dikembangkan perbuatannya yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong. manusia Indonesia menempatkan persatuan. menjaga kesinambungan antara hak dan kewajiban serta menghormati hak-hak orang lain. Sila Persatuan Indonesia Dengan sila persatuan Indonesia. maka bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia. kesatuan. serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan. dengan memajukan pergaulan demi kesatuan dan persatuan bangsa. Dalam melaksanakan permusyawaratan. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Dengan sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sila kemanusian Yang Adil dan Beradab Kemanusiaan yang adil dan beradab menunjang tinggi nilai-nilai kemanusiaan. e. menjungjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan. c. manusia Indonesia menyadari hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Pembicaraan dalam musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur. Keputusan-keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa. kepercayaan diberikan kepada wakil-wakil yang dipercayanya. karena itu dikembangkanlah sikap hormat dan bekerja sama dengan bangsa –bangsa lain. d.

Kesimpulan dan Saran 1. baik dipusat maupun di daerah. Saran Berdasarkan uraian di atas kiranya kita dapat menyadari bahwa Pancasila merupakan falsafah negara kita republik Indonesia. 2. maka kita harus menjungjung tinggi dan mengamalkan sila-sila dari Pancasila tersebut dengan setulus hati dan penuh rasa tanggung jawab. Oleh karena itu pengalamannya harus dimulai dari setiap warga negara Indonesia. 10 .BAB III A. Kesimpulan Pancasila adalah pandangan hidup bangsa dan dasar negara Republik Indonesia. Maka manusia Indonesia menjadikan pengamalan Pancasila sebagai perjuangan utama dalam kehidupan kemasyarakatan dan kehidupan kengaraan. Pancasila juga merupakan sumber kejiwaan masyarakat dan negara Republik Indonesia. setiap penyelenggara negara yang secara meluas akan berkembang menjadi pengalaman Pancasila oleh setiap lembaga kenegaraan dan lembaga kemasyarakatan.

Surakarta.S Drs. Sekretariat Negara Republik Indonesia Tap MPR No. Srijanto Djarot. NN. BA. Materi Pokok Pendekatan Pancasila. Surya Partia Usman Drs. II/MPR/1987. 1994 Tata Negara Sekolah Menngah Umum. Pedoman Penghayatan Dan Pengamalan Pancasila.T. 11 .. 1995. .REFERENSI 1. PT. 2. Pabelan. Drs. Mulyadi Drs. Waspodo Eling.. Tanpa Tahun.. Universitas Terbuka Depdikbud 3. Jakarta. Pangeran Alhaj S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful