USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

Bantal Insomnia: Bantal Bernyanyi dengan Aromaterapi Lavender untuk Mengatasi Insomnia Pada Lansia

BIDANG KEGIATAN: PKM-T Diusulkan oleh : Ketua : Muhammad Fikru Rizal Anggota : Yogik Onky Silvana Wijaya Saeful Anwar Ganang Kusuma Ahimsa Maharani Jibbriellia 10/299331/KU/13926 09/281996/KU/13193 09/280368/KU/13034 10/299053/KU/13864 10/302389/KU/14045 Angkatan 2010 Angkatan 2009 Angkatan 2009 Angkatan 2010 Angkatan 2010

UNIVERSITAS GADJAH MADA YOGYAKARTA 2011

dr./HP f.Si NIP 19580502 198703 1 002 . Sinduadi.HALAMAN PENGESAHAN 1. Sp. Universitas/Institut/Politeknik e. Ketua Pelaksana Kegiatan a. Bidang ilmU 4.U.M(K) NIP 19550305 197903 1 002 Direktur Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada. Bidang Kegiatan 3. Suhardjo. Alamat email 5. Alamat Rumah dan No Tel./HP : 7. NIM c. S. Jurusan d. Muhammad Fikru Rizal NIM 10/299331/KU/13926 Dosen Pendamping Drs. Biaya Kegiatan Total a. Nama Lengkap b. NIP : c. Jangka Waktu Pelaksanaan : Rp. 277B. Alamat Rumah dan No Tel. Usaha. DIKTI b. Sumber Lain (dana pribadi) 8. Haryanto. Judul Kegiatan : Bantal Insomnia: Bantal Bernyanyi dengan Aromaterapi Lavender untuk Mengatasi Insomnia Pada Lansia : ( ) PKM-P ( ) PKM-K ( ) PKM-KC (√ ) PKM-T ( ) PKM-M : (√) Kesehatan ( ) Pertanian ( ) MIPA ( ) Teknologi dan Rekayasa ( ) Sosial Ekonomi ( ) Pendidikan ( ) Humaniora : : : : : Muhammad Fikru Rizal 10/299331/KU/13926 Pendidikan Kedokteran Universitas Gadjah Mada Pogung Dalangan No. M.. Nama Lengkap dan Gelar : b. Mlati Sleman : g3ta_q@yahoo. 4 Oktober 2011 Menyetujui Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Alumni.com : 4 (empat) orang 2.390.000 : : 5 (Lima) Bulan Yogyakarta. Anggota Pelaksana Kegiatan 6. Dosen Pendamping a. dan Kesejahteraan Ketua Pelaksana Kegiatan Prof. 8.

77 persen dari total penduduk pada tahun 2010 dan menjadi 11. Kesulitan untuk berkonsentrasi. 8. angka harapan hidup di Indonesia pun semakin meningkat. Diperkirakan mulai tahun 2010 akan terjadi ledakan jumlah penduduk lanjut usia. Jumlah lansia yang semakin banyak mengakibatkan permasalahan yang terjadi pada mereka menjadi sangat pening untuk diperhatikan.1 A. diantaranya adalah: 1.34 persen pada tahun 2020. untuk . Meningkatkan risiko kematian. Dampak buruk yang ditimbulkannya cukup banyak. 2008) Lansia merupakan kelompok umur dengan prevalensi insomnia terbanyak. 6. Selama ini. Mengalami kelelahan di siang hari. insomnia atau gangguan sulit tidur menjadi masalah kesehatan yang cukup serius. Latar Belakang Dewasa ini. 9. prestasi kerja atau belajar mengalami penurunan. Judul Bantal Insomnia: Bantal Bernyanyi dengan Aromaterapi Lavender untuk Mengatasi Insomnia Pada Lansia B. Meningkatnya usia harapan hidup penduduk menyebabkan jumlah penduduk lanjut usia terus meningkat dari tahun ke tahun. Memunculkan berbagai penyakit fisik. 7. 4. Hasil prediksi menunjukkan bahwa persentase penduduk lanjut usia akan mencapai 9. (Sulistyowati. Aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Diseluruh dunia penduduk Lansia (usia 60 +) tumbuh dengan sangat cepat bahkan tercepat dibanding kelompok usia lainnya. Di lain pihak. Depresi. Menurut Undang-undang Nomor 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Menyebabkan kecelakaan karena mengalami kelelahan yang berlebihan. yang dimaksud dengan lanjut usia adalah penduduk yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas. Salah satu permasalahan kesehatan yang sangat penting adalah masalah insomnia. Setiap tahun diperkirakan sekitar 20%-50% orang dewasa melaporkan adanya gangguan tidur dan sekitar 17% mengalami gangguan tidur yang serius. 2. Hubungan interpersonal dengan orang lain menjadi buruk. seiring perkembangan pembangunan di Indonesia. 3. 5. yaitu sekitar 67%. Insomnia pada lansia bisa berdampak lebih buruk karena terjadinya penurunan fungsi organ tubuh seiring bertambahnya usia.

Salah satunya adalah penelitian de Niet. eszopiclone. Oleh karena itu. dkk yang dimuat di Journal of Advance Nursing pada tahun 2011 yang menunjukkan efektivitas terapi musik untuk mengatasi gangguan tidur pada orang dewasa. dan meningkatkan kualitas tidur. Sementara ini. . qusazepsam. terapi alternatif untuk meningkatkan kualitas tidur juga bisa menggunakan Aromaterapi Lavender. zolpidem. inkoordinasi motorik. singing pillow hanya digunakan sebagai hiburan dan mainan. Singing Pillow atau bantal bernyanyi adalah sebuah bantal yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan suara musik dengan menghubungkannya dengan perangkat handphone ataupun perangkat pemutar musik lainnya.2011) Melihat dua keadaan di atas.. (Chien et al. fluvsazepsam. termasuk pada lansia digunakan obat obatan sedatif seperti estsazolsam. trazodone. Selain dengan musik. pengaplikasian terapi musik dan aromaterapi untuk mengatasi insomnia pada lansia dapat lebih optimal dan dengan nyaman.2 mengatasi insomnia. and ramelteon. mirtazapine. kajian tentang bagaimana mengatasi insomnia pada lansia dengan cara lain terus dikembangkan. RMSDD. bantal yang bunga lavendersudah dikenal sejak dulu dan diyakini memiliki efek yang menenangkan. zaleplon. mabuk. Belum ada penggunaan yang aplikatif untuk terapi mengatasi insomnia. termasuk lansia. 2011) Secara ilmiah. Pengobatan seperti itu memiliki potensi efek samping yang sangat besar seperti amnesia anterograde. penelitian mengenai hal ini cukup menunjukkan titik terang. tvisazolsam. nefazodone. Baik di dalam maupun di luar negeri. merilekskan tubuh. Salah satunya adalah kajian tentang terapi musik. mengkombinasikannya dengan bantal yang ergonomis Pengkombinasian itu diwujudkan dengan penggunaan singing pillow atau bantal bernyanyi sebagai metode penerapan terapi musik dan ditambahkan kemampuan untuk mengeluarkan wangi aromaterapi. Mengingat potensi efek samping yang cukup banyak dari pengobatan sedatif. (Ehrlich. aromaterapi lavender terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur pada pasien insomnia dengan meningkatkan modulasi HRV dengan HR istirahat yang lebih rendah serta SDNN. Temsazepsam. dan HF yang lebih tingi cepat setelah menghirup aromaterapi lavender. dan meningkatkan risiko jatuh serta kecelakaan kendaraan. Di masyarakat.

Perumusan Masalah Masalah insomnia pada lansia kian menjadi hal yang perlu mendapat perhatian. Luaran yang Diharapkan Luaran yang diharapkan pada kegiatan kali ini adalah terciptanya sebuah model Bantal Bernyanyi dengan Aromaterapi yang bisa digunakan untuk mengatasi Insomnia pada lansia. Kegunaan Kegunaan bagi khalayak sasaran dari kegiatan ini adalah: 1. E. belum ada pengaplikasian secara komperhensif menjadi sebuah perangkat yang praktis untuk digunakan. Oleh karena itulah. Mengurangi insomnia dan meningkatkan kualtias tidur pada lansia. diangkat permasalahan Bantal Bernyanyi dengan Aromaterapi lavender untuk mengatasi Insomnia pada lansia. Hal ini disebabkan karena prevalensinya yang tinggi pada lansia. C. Terdapatnya suatu bantal yang efektif untuk mengurangi tingkat insomnia dan meningkatkan kualitas tidur pada lansia. Terapi yang digunakan saat ini adalah memakai obat-obatan yang memiliki potensi efek samping yang berbahaya. Ditambah lagi jumlah lansia yang semakin meningkat. Menerapkan terapi musik dan aromaterapi lavender sebagai terapi untuk mengatasi Insomnia pada lansia dalam bentuk bantal bernyanyi dengan aromaterapi lavender. yaitu terapi musik dan aromaterapi lavender. Namun.3 pengaplikasian teknologi yang sudah ada ini untuk mengatasi permasalahn insomnia merupakan inovasi teknologi dalam bidang kesehatan yang sangat potensial. Meningkatkan kesehatan lansia dengan teratasinya masalah insomnia pada lansia. Tujuan Adapun tujuan dari pembuatan bantal bernyanyi untuk lansia ini adalah: 1. Padahal. ada terapi alternatif yang lebih aman. . F. 2. D. 2.

atau fungsi penting lainnya. Definisi Insomnia adalah kesulitan untuk tidur atau kesulitan untuk tetap tertidur. makin berusaha keras untuk tidur. seseorang yang saat ini mengeluh sulit masuk tidur mungkin suatu saat mengeluh sulit mempertahankan tidur. Klasifikasi Secara umum. Meskipun jarang. kadang-kadang seseorang mengeluh tetap tidak segar meskipun sudah tertidur. yaitu Insomnia primer dan insomnia kronik. Insomnia kronik. selain itu. · Tidak disebabkan oleh pengaruh fisiologik langsung kondisi medik umum atau zat tertentu. Bentuk keluhan tidur bervariasi dari waktu ke waktu. insomnia diklasifikasikan menjadi dua tipe. Keadaa ini berlangsung paling sedikit satu bulan · Menyebabkan penderitaan yang bermakna secara klinik atau impairment sosial. Misalnya. b. Diagnosis gangguan insomnia dibuat bila penderitaan atau impairmentnya bermakna. makin frustrasi dan makin tidak bisa tidur. a.4 G. (National Institutes of Health. Seorang penderita insomnia sering berpreokupasi dengan tidur. 2005) 2. Insomnia Primer Insomnia primer ditandai dengan: · Keluhan sulit masuk tidur atau mempertahankan tidur atau tetap tidak segar meskipun sudah tidur. okupasional. Insomnia kronik disebut juga insomnia psikofisiologik persisten. Makin berokupasi dengan tidur. Insomnia 1. Insomnia ini dapat disebabkan oleh kecemasan. dapat pula terjadi akibat . Seseorang dengan insomnia primer sering mengeluh sulit masuk tidur dan terbangun berkali-kali. atau gangguan tidur yang membuat penderita merasa belum cukup tidur pada saat terbangun. Tinjauan Pustaka I. · Gangguan tidur tidak terjadi secara eksklusif selama ada gangguan mental lainnya.

Definisi Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan bahwa bantal adalah alas kepala. Definisi lain. efisiensi tidur 90%. terbangun lebih lama (lebih dari 30 menit). Pasien dengan gangguan seperti ini dikatakan mengalami mispersepsi terhadap tidur. pemecahan masalah serius di tempat tidur. Misalnya. Insomnia ini disebut juga insomnia yang terkondisi. kekhawatiran. Tetapi dari hasil polisomnografi terlihat bahwa onset tidurnya kurang dari 15 menit. 2011) 2. dan sebagainya yang dijahit disisi karung. alas duduk. Misalnya. atau untuk penyangga tubuh di sofa atau kursi. Adanya kecemasan yang berlebihan karena tidak bisa tidur menyebabkan seseorang berusaha keras untuk tidur tetapi ia semakin tidak bisa tidur. Diagnosis ditegakkan bila seseorang mengeluh tidak bisa masuk atau mempertahankan tidur tetapi tidak ada bukti objektif adanya gangguan tidur. II.(Wikipedia. Sejarah Pada awalnya bantal menunjukkan tingkat kesejahteraan dari seseorang pemiliknya. atau pikiran negatif terhadap tidur ( sudah berpikir tidak akan bisa tidur). dan waktu tidur totalnya lebih lama.5 bebiasaan atau pembelajaran atau perilaku maladaptif di tempat tidur. Selain itu. sabut. sandaran punggung. Ketidakmampuan menghilangkan pikiran-pikiran yang mengganggu ketika berusaha tidur dapat pula menyebabkan insomnia psikofisiologik. Bantal telah dikenal oleh masyarakat Mesir kuno. Penderita bisa tertidur ketika tidak ada usaha untuk tidur. diisi dengan kapuk. bantal adalah penyangga kepala. dan durasi tidur kurang dari lima jam. pasien mengeluh susah masuk tidur (lebih dari satu jam). Kemudian bantal dengan teknik penjahitan modern dan bantal dengan . Mispersepsi terhadap tidur dapat pula terjadi. Bantal 1. biasanya digunakan untuk tidur di atas ranjang. ketika berusaha untuk tidur terjadi peningkatan ketegangan motorik dan keluhan somatik lain sehingga juga menyebabkan tidak bisa tidur. dan sebagainya.

Beberapa orang Mesir kuno juga tidur dengan menggunakan bantal dari batu. yang sebelumnya dipercayai bahwa hanya wanita yang akan melahirkan yang dapat memilikinya.( Yolkowski. Perkembangan Penduduk Lanjut usia (lansia) di Indonesia menarik diamati. Bahan Pembuatan Bahan untuk pembuatan bantal ada yang alami dan sintetis. Definisi Menurut Undang-undang Nomor 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. III. Dari tahun ke tahun jumlahnya cenderung meningkat. 2010) 3.45%) maka pada tahun 2006 menjadi 19 juta orang . (William. Populasi Diseluruh dunia penduduk Lansia (usia 60 +) tumbuh dengan sangat cepat bahkan tercepat dibanding kelompok usia lainnya. 1964) Bantal tradisional China sering dibuat dari kotak keras yang berasal dari kayu. Pada Tudor di Inggris.6 ornamen dikenal di Tiongkok sebagai barang berharga tinggi yang kemudian juga dikenal di Eropa abad pertengahan. batu. Revolusi Industri adalah merupakan saksi dari produksi besar-besaran dari tekstil dan bantal sebagai hiasan. jika tahun 1980 usia harapan hidup (UHH) 52. Diperkirakan mulai tahun 2010 akan terjadi ledakan jumlah penduduk lanjut usia. Bahan alami yang sering digunakan adalah kapuk dan sabut.543 orang (5. bantal banyak digunakan.998. besi atau keramik bukannya diisi dengan kain. Hasil prediksi menunjukkan bahwa persentase penduduk lanjut usia akan mencapai 9. Sedangkan bahan sintetis yang sering digunakan adalah dacron dan latex.2 tahun dan jumlah lansia 7.34 persen pada tahun 2020. Kantor Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat (KESRA) melaporkan. 2. Lansia 1. yang dimaksud dengan lanjut usia adalah penduduk yang telah mencapai usia 60 tahun ke atas.77 persen dari total penduduk pada tahun 2010 dan menjadi 11.

Sepuluh tahun kemudian atau pada 2020 perkiraan penduduk lansia di Indonesia mencapai 28.43 % 0. 2007) IV. kamper. Aromaterapi didefinisakan sebagai penggunaan terapi minyak esensial yang diekstrak dari tanaman dengan penyulingan.8cineole. atau dioleskan. Pada tahun 2010 perkiraan penduduk lansia di Indonesia akan mencapai 23. diperkenalkan secara internal.34 % dengan UHH sekitar 71. cis-dan trans-ocimene. 3-octanone.09 % 1.4 tahun. terpinen-4-ol dan lavendulyl asetat. 2.90 % 1.92 % Lavande aspic Lavandula latifolia 49. Aromaterapi Lavender 1.7 (8. 2007).77 % dan UHH sekitar 67. limonen. aromaterapi berasal dari dua kata yaitu aroma dan terapi.78 % . Sedangkan aromaterapi lavender itu sendiri adalah aromaterapi menggunakan minyak esensial dari bunga lavender.32 % 0.9 juta atau 9. Definisi Secara etimologis. Komposisi minyak esensial lavender yang diperoleh oleh kromatografi: Famili Komposisi Terpenes / Monoterpenols Linalool α-terpineol γ-terpineol Borneol Iso-borneol Terpinen-4-ol Nerol Lavandulol Lavande officinale Lavandula angustifolia 28.82 % 4. Aroma berarti bebauan atau wewangian sedangkan terapi berarti penyembuhan.08 % 0.1 tahun. (Dorland. .2 tahun). caryophyllene. 1. (Hamid.47 % 0. Komponen Komponen utama dari minyak lavender adalah linalool (51%) dan asetat linalyl (35%) komponen lainnya termasuk α-pinen. digunakan dengan inhalasi.8 juta atau 11.20 % 0.90%) dan UHH juga meningkat (66.

98 % Terpenes / Monoterpenes 0.52 % 0.33 % 0. Namun saat ini sudah berkembang di seluruh selatan Eropa.09 % 4.00 % Camphor Octanone-3 Cryptone 0.27 % 0. Minyak bunga lavender biasanya diperoleh dari ekstrak bunga Lavandula angustifolia. Bunga lavender berasal dari daerah pegunungan Mediterania yang merupakan daerah cerah dan berbatu. 2004) 3.91 % Terpenes / Terpenoid oxides Eucalyptol (1.73 % 0.30 % 3.32 % 0.44 % 0. . berdaun. Batang bawah yang luas memiliki cabang berkayu yang tegak.10 % Ketones 0.12 % 25.8 Terpenes / Terpene esters Linalyl acetate Geranyl acetate Neryl acetate Octene-3-yl acetate Lavandulyl acetate Myrcene α-pinene β-pinene Camphene E-β-ocimene Z-β-ocimene β-phellandrene 32.60 % 0. dan bertunas hijau. .8-cineol) β-caryophyllene β-farnesene Germacrene α-humulene Terpenes / Sesquiterpenes 4. Minyak esensial diekstrak dari bunga segar tanaman lavender dan digunakan untuk tujuan pengobatan.35 % (Prashar.41 % 0.28 % 13.72 % 0. Sumber Aromaterapi lavender dibuat dari minyak bunga lavender.54 % 0.62 % 2. atau Lavandula officinalis. Lavender berupa semak pendek bercabang banyak yang tumbuh sampai ketinggian sekitar 60 sentimeter (sekitar 24 inci).85 % 2.46 % 0. dan Amerika Serikat. Australia.65% 4.

Pencarian bahan yang tepat sebagai bahan yang akan digunakan. c. 2. Pencarian mitra pembuat bantal insomnia. b. 4. Pengumpulan teori tentang aromaterapi lavender. d. Produk dicobakan ke lansia mengalami insomnia 7. Survei harga barang Setelah didapatkan detail bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat bantal insomnia. Pembuatan desain bantal. 3. produk dievaluasi berdasarkan masukan dari mitra pengguna untuk kemudian dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. maka dilakukan survei harga bahan untuk mendapatkan harga bahan yang sesuai. Pengerjaan produk Pada kegiatan ini. Produk selesai dikerjakan Setelah produk dikerjakan. 6. Pelaporan . c. 5. Pembuatan format desain a. Evaluasi Produk Setelah dicobakan. Mendetail bahan yang dibutuhkan sebagai pembuat produk. Metode Pelaksanaan 1. dilakukan pengerjaan produk bekerjasama dengan mitra agar hasil lebih bagus. 8. Pengerjaan ini mendapatkan pengawasan dari tim PKMT untuk memastikan kesesuaian desain dan bahan. maka bantal insomnia selesai dibuat dan siap untuk dicobakan ke mitra pengguna. b. Pengumpulan teori mengenai bahan bantal bernyanyi yang paling nyaman. Pengumpulan teori seputar Insomnia pada lansia dan dampak buruknya terhadap kesehatan lansia.9 H. Percobaan penggunaan produk. Persiapan Kegiatan ini terdiri dari: a. e. Bahan dan desain sesuai dengan yang telah dipesiapkan sebelumnya. Pencarian lansia yang mengalami insomnia sebagai pencoba pemakai bantal insmonia.

000.000 300. Jadwal kegiatan Kegiatan Persiapan Pembuatan format desain Survei harga barang Pengerjaan produk Produk selesai dikerjakan Percobaan penggunaan produk Evaluasi Produk Pelaporan Bulan I Bulan II Bulan III Bulan IV Bulan V 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 J.000 15.000 10.10 I.000 250.000 20.000 4. Pengeluaran Jumlah Bahan 1 Kapuk 20 kg 2 Kain Bantal 20 meter 3 Sarung bantal 20 4 Mini speaker 20 5 Kabel jack 20 6 Pemutar musik 20 Biaya operasional 1 HVS 2 rim 2 Tinta printer 4 3 X-Banner 2 4 Jilid proposal dan hasil 10 Fotokopi proposal dan 5 20 hasil Komunikasi dan Transportasi 1 Pulsa 5 2 Bensin 5 TOTAL Harga Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp 20.000 100.000 Total Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp Rp 400.000 5.000 250.000.000 50.000 60.000 30.000 .000 1.000 250.000 200.000 50.000 200.000 50.000 200.000 100.000 50.000 80.000 5.000 400.000 8.390. Rencana Anggaran Dana No.

C. Tiemens B. Hutschemaekers G...4(2):1-24. . S. 2003 Spring. Life in Tudor England. Music improves sleep quality in older adults." J Adv Nurs. A.org/bantal Johnson JE. Daftar Pustaka Chien LW. PMID: 21869900 Darmojo.62(3):327-35. J Community Health Nurs. Lai HL. Schnaubelt. C. I. 2012. dan Martono. Bódizs R. 2000.740813. Block KI. "Music improves sleep quality in students. Sleep Medicine Reviews. Cytotoxicity of lavender oil and its major components to human skin cells. Gyllenhaal C. a private practice specializing in complementary and alternative medicine.11 K. CA: Frog Ltd. Penry. Prashar. Harmat L. Good M. Williams. http://www.20(1):27-35. Evid Based Complement Alternat Med. Peterson SD. Jakarta: Balai Penerbit FKUI. Hadi. Efficacy and safety of herbal stimulants and sedatives in sleep disorders. 1964. 2004. 37 (3):221–229. The use of music to promote sleep in older women. Pusat Bahasa Kementrian Pendidikan Nasional. Locke.id. 2008.wikipedia. Boedhi. Kamus Besar Bahasa Indonesia Dalam Jaringan. The effect of lavender aromatherapy on autonomic nervous system in midlife women with insomnia. J Adv Nurs. Liu CF. 2000. Takács J. "Music-assisted relaxation to improve sleep quality: meta-analysis. Kurt.49(3):234-44. Medical Aromatherapy: Healing With Essential Oils. 2005 Feb. London: Batsford. 2008 May. Edisi 2. Cheng SL. Evans. Phoenix. 2009 Jul. Merrit SL. Gochenour T. Steven D." J Adv Nurs.. Solutions Acupuncture.2012. Buku Ajar Geriatri (Ilmu Kesehatan Usia Lanjut).65(7):1356-64. de Niet G. Berkeley. Lendemeijer B. Ehrlich. 1999.

12 Lampiran 1 Biodata Dosen Pembimbing .

9 Juli 1991 : Perumahan Wikarsa Blok H/24 Mojokerto. 4 Oktober 2011 Saeful Anwar Anggota Pelaksana 2 Nama NIM Jenis Kelamin Tempat.com Yogyakarta. Rancawuluh. Jawa Tengah : Pogung Dalangan RT 10 No. Pati.com Yogyakarta. Tanggal Lahir Alamat Rumah Alamat Kost Nomor HP Email : Muhammad Fikru Rizal : 10/299331/KU/13926 : Laki-laki : Pati.13 Lampiran 2 Ketua Pelaksana Nama NIM Jenis Kelamin Tempat.Jawa Timur : Jalan Kaliurang KM 4. Tanggal Lahir Alamat Rumah Alamat Kost Nomor HP Email : Saeful Anwar : 09/280368/KU/13034 : Laki-laki : Brebes. Kab. Kec. Tanggal Lahir Alamat Rumah Alamat Kost Nomor HP Email : Ganang Kusuma Ahimsa : 10/299053/KU/13864 : Laki-laki : Mojokerto. 277B. Pucakwangi. Brebes Jawa Tengah : Pogung Kidul RT/RW 06/49 Sleman : 085710441405 : saefulbuncit@yahoo.rizal@gmail. Bulakamba. Prov. 9 Juli 1991 : Jalan K.fikru. 4 Oktober 2011 . Sinduadi. Mlati. 4 Oktober 2011 Muhammad Fikru Rizal Anggota Pelaksana 1 Nama NIM Jenis Kelamin Tempat.com Yogyakarta. 2 Januari 1993 : Plosorejo RT 3 RW 1.5 Tawangsari 23b Yogyakarta : 085648625070 : de_keyzer@yahoo. Sleman : 085290795968 : m. Jafar RT 03 RW 03.

onky@yahoo. 26 April 1991 : Jalan Malabar Utara III No. mendengarkan musik Yogyakarta. 4 Oktober 2011 Maharani Jibbriellia .com : Membaca.onky@gmail.I Yogyakarta : 085646629933 : yogik. Surakara : Blimbingsari CT IV/65. menulis.com Yogik. 10 Juli 1990 :O : Desa Karang Anyar RT/RW 03/01 nomor 57 Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Jawa Timur : Sendowo F 122 C Sleman D. 4 Oktober 2011 Yogik Onky Silvana Wijaya Anggota Pelaksana 4 Nama NIM Jenis Kelamin Tempat. Tanggal Lahir Alamat Rumah Alamat Kost Nomor HP Email : Maharani Jibbriellia : 10 / 302389 / KU / 14045 : Perempuan : Surakarta. 13 Perumnas Mojosongo.14 Ganang Kusuma Ahimsa Anggota Pelaksana 3 Nama NIM Jenis Kelamin Tempat/Tanggal Lahir Golongan Darah Alamat Rumah Alamat Kos Nomor HP Email Hobi : Yogik Onky Silvana Wijaya : 09 / 281996 / KU / 13193 : Laki-laki : Kediri. Jogjakarta : 085 646 948 127 : ailopriting@yahoo.com Yogyakarta.

Yogyakarta. Oktober 2011 Yang membuat pernyataan. Nama Organisasi Alamat : : : Dengan ini menyatakan bersedia untuk bekerja sama dengan pelaksana kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa dari: UNIVERSITAS GADJAH MADA (UGM) YOGYAKARTA Ketua pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa yang dimaksud adalah: Nama NIM Program Studi/Fakultas Judul Kegiatan : : Muhammad Fikru Rizal : 10/299331/KU/13926 : Pendidikan Dokter/Kedokteran Bantal Insomnia: Bantal Bernyanyi dengan Aromaterapi Lavender untuk Mengatasi Insomnia Pada Lansia Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab tanpa unsur pemaksaan di dalam pembuatannya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya. -------------------------- .15 SURAT PERNYATAAN KESEDIAAN BEKERJA SAMA DARI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA Yang bertanda tangan di bawah ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful