KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, karena berkat

rahmat dan hidayah -Nya, saya bisa menyusun dan menyajikan makalah yang berisi tentang Jaringan Komputer. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah memberikan dorongan dan motivasi. Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran yang membangun guna menye mpurnakan makalah ini dan dapat menjadi acuan dalam menyusun makalah -makalah atau tugas-tugas selanjutnya. Penulis juga memohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini terdapat kesalahan pengetikan dan kekeliruan sehingga membingungkan pembaca dalam memahami maksud penulis. Padang, 04 April 2012

Penulis

.......... Batasan Masalah..................DAFTAR ISI Halaman Judul ……………………………………………………………………………....1 BAB.............. 2 BAB........ iii BAB................................ Latar Belakang......................... 8 DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………… 9 .....................1 B........................ I PENDAHULUAN ………………………………………………………………… 1 A....... ii Daftar Isi ………………………………………………………………………………….............. i Kata Pengantar……………………………………………………………………………............ III PENUTUP ……………………………………………………………………….................... II PEMBAHASAN ………………………………………………………………….....................................

Dewasa ini. Penggunaan komputer tersebut dilakukan untuk menjamin manajemen data dan informasi yang terintegrasi dan terkoneksi antara satu dengan yang lainnya serta terjamin keamanannya. sehingga diperlukan keterampilan dalam mengintegrasikan atau mengkoneksikan jaringan baik secara lokal maupun global dengan menggunakan sistem operasi yang berbeda beda. Oleh sebab itu. makalah ini disusun sebagai pengetahuan dasar dari konfugurasi jaringan NAT dan DHCP menggunakan sistem operasi Open Source (Linux). kemajuan teknologi yang mengiringi perkembangan zaman sudah dapat dilihat nyata. B. tuntutan era globalisasi untuk membuka kerjasama dengan negaranegara lain dalam melakukan usaha di negara-negara tertentu juga mempengaruhi perkembangan teknologi. Disamping itu. Latar Belakang Masalah Perkembangan zaman memang tak dapat diduga.BAB I PENDAHULUAN A. Batasan Masalah Karena yang akan dibahas adalah pengkonfigurasian NAT dan DHCP di Linux. Sehingga. maka dalam makalah ini yang akan dibahas tentang:   NAT dan Konfigurasinya di Linux. dan DHCP dan Konfiurasinya di Linux . Penggunaan komputer pada saat ini sudah bukan hal baru lagi.

Masuklah menggunakan username dan password yang telah diatur pada langkah sebelumnya. dan kemudahan serta fleksibilitas dalam administrasi jaringan. maka semua komputer yang tersambung di jaringan akan mendapatkan alamat IP secara otomatis dari server DHCP. Konfigurasi IP Address. Pada baris paling bawah terlihat tulisan adamkurniawan@server01:~$. Translasi alamat jaringan (Bahasa Inggris:Network Address Translation) adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. Banyaknya penggunaan metode ini disebabkan karena ketersediaan alamat IP yang terbatas.BAB II PEMBAHASAN Protokol Konfigurasi Hos Dinamik (PKHD) (bahasa Inggris: Dynamic Host Configuration Protocol adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Pada artikel ini userame yang saya gunakan adalah adamkurniawan dan password saya juga adamkurniawan. Jika DHCP dipasang di jaringan lokal. ini berarti pengguna dengan id adamkurniawan masih berstatus sebagai pengguna biasa dan belum bisa melakukan pengaturan. Masukkan password-nya dan tekan Enter. Agar bisa melakukan pengaturan. 2. Untuk password tidak akan terlihat pada saat diketikkan karena alasan keamanan. DNS. kebutuhan akan keamanan (security). banyak parameter jaringan yang dapat diberikan oleh DHCP.10 1. Tekan tombol Enter jika sudah yakin memasukkan username dan password dengan benar. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. seperti default gateway dan DNS server. Password yang digunakan untuk mode root ini adalah password yang sama yang digunakan untuk login pada awal tadi. Selain alamat IP. Setelah berhasil masuk akan diperlihatkan kapan pengguna adamkurniawan terakhir login. maka akan akan muncul tulisan [sudo] password for adamkurniawan: itu berarti sistem meminta password agar pengguna dengan id adamkurniawan bisa masuk sebagai mode root. dan NAT Pada Ubuntu Server 10. Jika password yang . pengguna harus masuk sebagai mode root atau mode tertinggi dalam sistem (administrator) dengan mengetikkan perintah sudo su.

eth1. cek terlebih dahulu apa nama kartu jaringan (ethernet) yang tersedia yang bisa digunakan dengan mengetikkan: # ifconfig –a | more. maka akan muncul tulisan root@server01:/home/adamkurniawan#.6.6. Pada baris paling akhir ketikkan skrip berikut: auto eth0 iface eth0 inet static address 192.10 yang saya gunakan ke internet. Sedangkan untuk pengaturan kartu jaringan kedua yang akan digunakan sebagai interface ke jaringan lokal adalah sebagai berikut: auto eth1 iface eth1 inet static . eth2.10 yang saya gunakan dan gateway dari kartu jaringan pertama juga harus merupakan alamat IP dari perangkat yang bertindak sebagai gerbang dari Ubuntu Server 10. ini berarti pengguna dengan id adamkurniawan sudah masuk sebagai mode root dan sudah bisa melakukan konfigurasi.255.200 netmask 255. Penamaan kartu jaringan pada sistem Linux diawali dengan eth lalu diikuti dengan nomor kartu jaringannya yang dimulai dengan 0.dimasukkan benar. Sebelum melakukan konfigurasi pada alamat IP.255.0 gateway 192. Alamat IP yang saya berikan harus satu segmen dengan jaringan yang ada di atas Ubuntu Server 10. Ketikkan perintah # nano /etc/network/interfacesuntuk mulai melakukan konfigurasi alamat IP Ubuntu Server 10.254 Skrip diatas adalah skrip yang digunakan untuk melakukan pengaturan kartu jaringan pertama (eth0) yang akan dihubungkan ke internet. misal eth0.168.10. Karena pada artikel ini saya menggunakan dua buah kartu jaringan maka setelah diketikkan # ifonfig –a | more. dan seterusnya. 4.168. 3. didapati bahwa nama kartu jaringan yang saya miliki pada sistem linux dikenal dengan nama eth0 dan eth1.

5.255.10.d/networking restart. Setelah itu restart kembali kartu jaringan menggunaka # /etc/init.d/networking restart agar konfigurasi yang baru saja dilakukan bisa terbaca oleh sistem.address 10. maka akan bisa dilihat bahwa kartu jaringan sudah aktif dan sudah memiliki alamat IP sesuai dengan yang sudah di konfigurasi. jika kartu jaringan belum pernah dikonfigurasi menggunakan Ubuntu Server 10. Jika dilakukan pengecekan kembali menggunakan perintah # ifconfig.255. .0 Jika telah selesai tekan tombol Ctrl + O untuk menyimpan konfigurasi yang telah dilakukan. ketikkan perintah# ifconfig. Untuk mengaktifkannya ketikkan perintah # ifconfig eth0 up(mengaktifkan kartu jaringan pertama) dan # ifconfig eth1 up(mengaktifkan kartu jaringan kedua). berikan nama berkas konfigurasi yang baru saja dibuat.254 netmask 255. Pada umumnya.10 yang digunakan masih baru diinstal (fresh install). Kemudia tekan tombol Ctrl + Xuntuk keluar.1. Untuk melihat apakah kartu jaringan sudah aktif atau belum. pada artikel ini saya tidak memberikan nama baru. Restart kartu jaringan menggunakan perintah# /etc/init. Pada artikel ini. kartu jaringan yang tertanam di komputer sudah terbaca namun belum aktif. kartu jaringan yang saya gunakan belum aktif 6.10 atau Ubuntu Server 10. jadi saya langsung saja menekan tombol Enter.

Jadi penulisannya adalah sebagai berikut: nameserver 192. Lakukan kembali restart jaringan dengan mengetikkan # /etc/init.conf yang diletakkan di direktori/etc dengan mengetikkan # touch /etc/resolv.8 yang merupakan alamat penyedia DNS yang dibuat oleh Google. Jadi apabila pengguna mengetikkan google.conf.8.254 yang merupakan alamat IP gateway Ubuntu Server 10. Kemudian ketikkan nameserver dan diikuti dengan alamat IPyang bisa digunakan sebagai DNS.4. Untuk mengatur DNS di Ubuntu Server 10.168. yaitu dari alamat IP ke nama domain. Setelah berhasil membuatnya. pada artikel ini saya menggunakan 2 buah DNS. tekan tombol Enter untuk replace nama yang lama dan tekan Ctrl + X untuk keluar.com di web browser. selanjutnya adalah mengisi berkas resolve.103. maka itu berarti pengguna memanggil alamat IP dari google. yaitu 192.8.d/networking .8.8.125. dan sebaliknya.10 pengguna harus membuat sebuah berkas baru bernama resolv. dengan cara mengetikkan perintah# nano /etc/resolv. Langkah selanjutnya adalah memberikan DNS (Domain Name System).4.254 nameserver 8.168.com yaitu 74.7.10 dan 8.conftersebut dengan alamat IP yang bisa menerjemahkan nama domain ke alamat IP dan sebaliknya. DNS digunakan sebagai penerjemah dari nama domain ke alamat IP.71. namun sebelumnya pengguna harus masuk ke dalam mode root.8 Simpan dengan menekan Ctrl + O.conf.

Perintah yang diketikkan adalah # ping yahoo. disini saya sudah mendapatkan balasan dari yahoo. Tahap berikutnya adalah melakukan pengecekan apakah Ubuntu Server 10. Pada artikel ini. maka ketikkanlah rule diatas pada file /etc/rc. Cara melakukannya adalah dengan melakukan ping ke sebuah alamat domain.8.com dan berarti Ubuntu Server 10.local sebelum baris exit 0. Caranya adalah dengan mengetikkan perintah berikut ini: iptables –t nat –A POSTROUTING –o eth0 –j MASQUERADE.com.10 sudah bisa melakukan koneksi ke internet dan apakah DNS sudah bekerja dengan baik. .10 yang digunakan sebagai server sudah terkoneksi ke internet dengan baik. Selanjutnya. lalu tekan Enter. begitu juga dengan DNS-nya. Jika ingin rule ini dijalankan pada saat komputer dinyalakan. saya melakukan pengecekan dengan melakukan ping ke domain yahoo. 9.com. Jika tidak dikonfigurasi maka paket-paket yang berasal dari kartu jaringan lokal (eth1) tidak akan bisa diteruskan ke kartu jaringan yang mengarah ke internet (eth0). lakukan konfigurasi agar semua klien yang berada pada jaringan lokal bisa mengakses ke jaringan yang berada di jaringan luar (internet) atau melakukan NAT.

Sekarang kita jalankan service dhcpnya dengan cara: # /etc/init.200.168.0.100 192.168. Kita install terlebih dahulu dhcp servernya dengan cara : # apt-get install dhcp3-server 2. .255. Sekarang kita tes setting IP DHCP pada sisi client. max-lease-time 7200.d/dhcp3-server start 5.conf. option broadcast-address 192.0.ind.255.conf menjadi seperti ini : subnet 192. option domain-name “ozot.168.0 { range 192. } 4. option domain-name-servers 111.40.10 1.0.ws”.conf nya terlebih dahulu agar jika ada kesalahan settingan atau terhapus kita mempunyai backupnya : #cd /etc/dhcp3 # cp dhcpd.Konfigurasi DHCP Server pada Ubuntu 10. Selanjutnya kita ubah file dhcp3.0.255. tapi sebelum di ubah lebih baik kita copy file dhp3.1.conf.1.bak Lalu ubah isi file dhcpd.conf dhcpd.0 netmask 255. Masuk ke direktori file etc/default/dhcp3-server : # vi /etc/default/dhcp3-server Lalu cari baris INTERFACES=”" dan ganti menjadi INTERFACES=”eth1″ note : eth1 merupakan interface yang mengarah ke jalur local.168. dan jika client sudah mendapatkan IP jika di setting DHCP berarti konfigurasi kita berhasil.0.168. 3. option routers 192.221. default-lease-time 600. sesuaikan dengan konfigurasi router anda.

. memberikan kemudahan penggunaan dalam halpenggunaannya baik sebagai sistem operasi desktop maupun sebagai sistem operasi server. cuma cara pengaturannya saja yang berbeda. Dan dengan dukungan komunitas yangsangat besar di internet.BAB III PENUTUP Penggunaan linux sebagai sistem operasi server adalah karena linux dapat diperoleh secara gratis dan dapat disebarluaskan secara bebas. Fungsi NAT dan DHCP di linux atau pun di Windows sama. linux merupakan sistem operasi yang cukup handal untuk memenuhi kebutuhan dalam menyediakan layanan-layanan server. Selain itu.

Konfigurasi IP Address. 2011.wikipedia.ozot. Diakses pada tanggal 04 April 2012 Ozot. Protokol Konfigurasi Host Dinamik. Diakses pada tanggal 04 April 2012 Kurniawan. Diakses pada tanggal 04 April 2012 .10. http://www. Adam. Translasi Alamat Jaringan.ac. 2011.id/. Konfigurasi IP Address. Konfigurasi DHCP Server di Ubuntu 10.ind.wordpress.com/.10. http://ksl. 2012. 2011. Diakses pada tanggal 04 April 2012 -----------.ws/ .DAFTAR PUSTAKA Wulan. http://kurniawanadam. http://id. DNS dan NAT Pada Ubuntu Server 10.wikipedia. http://id. Diakses pada tanggal 04 April 2012 -----------.org. 2011. DNS dan NAT Pada Ubuntu Server 10.akprind.org.10.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful