UNSUR Au (AURUM) EMAS GOLONGAN 1 B

(Disusun untuk memenuhi tugas kimia unsur)

Oleh:

Sita Febrianti

(0910923058)

JURUSAN KIMIA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2012

1-0. Emas merupakan konduktor listrik dan panas yang baik. dan. Konsentrasi inilah yang mudah ditemukan di dekat permukaan bumi dalam sejarah emas dan sekarang sebagai target untuk di eksplorasi (Marie and Anderson. Dan inert serta reflector yang baik dari radiasi inframerah. Di bumi primordial. tembaga dan garam emas menghasilan logam. Dengan demikian kelangkaan elemen tersebut dapat dijelaskan.com). Emas. dan 3. emas relative heterogen dalam kerak bumi. yang dapat dilihat dari ion unipositif nya.2012). mungkin hitam. Au memiliki nomor atom 79. Elektron d biasa digunakan untuk pembentukan ikatan dan ion M+. Untungnya.2 mg -1. .66 ppb perberat. Dalam massa. Emas ditemukan juga dalam pembuluh darah dan dalam bentuk deposit alluvial. perak (Ag) dan emas (Au) memiliki konfigurasi electron (n-1)d10ns1 dan keadaan dasar S2. dengan konfigurasi electron 5d106s1 dan jari-jari atom serta jari-jari ion. ruby atau ungu pada saat halus terpisah.dan AuBr4. sehingga emas dalam bentuk apapun merupakan kationik atau menerima elektron dari hampir semua zat pereduksi untuk membentuk emas metalik (Gimeno.BAB I TINJAUAN PUSTAKA Tembaga (Cu). contohnya adalah AuCl4. M2+. dimana (Heslop and Robinson. dengan elektronegatif yang tinggi. Emas merupakan unsur paling lunak.dimana berbentuk square planar. M3+ digunakan untuk membentuk kompleks. 2012 ). dalam 2Au + Au 3+ (aq) reduksinya.webelements. Emas memiliki potensial elektrokimia terendah dari semua logam. berbagai proses geologi membantu atom Au untuk bermigrasi dan membentuk deposito. dan ditemukan sebagai logam bebas. tergantung dari lokasi sampel. Emas juga ditemukan dalam air laut dalam konsentrasu 0. keduanya. Dan secara luas didistribusikan dan hampr selalu dikaitkan dengan pirit atau kuarsa. Dan hal tersebut biasa terjadi dalam bilangan koordinasi-4. Emas (Au) adalah salah satu elemen yang terberat. Kondisi yang diperlukan untuk membuat emas hanya terjadi pada supernova yang sangat besar.M+ berturut-turut adalah 1. untuk Cu dan Au. bisa mendapatkan satu elektron yang cukup dari kecilnya ukuran ligan.37 Å.34 Å dan 1. emas adalah logam berwarna kuning . 1961): 3Au+ (aq) Dan. Dengan potensial ionisasi sebesar 9. rata-rata seperti Ledakan yang terjadi sekali di galaksi setiap 100 tahun.22 eV. Kelimpahannya di alam semesta adalah 0.1 ppb per berat di kerak bumi (http://www. Emas memiliki kemiripan dengan Cu dalam stabilitasnya.

dan [AuBr2(Pyr)2]+.Subtitusi emas untuk halogen. Emas adalah salah satu logam yang tidak mudah korosi. Hanya ketika adanya asam yang kuat seperti asam nitrat dan asam klorida dicampur. Bahkan karena begitu lembutnya. Sehingga pada umumnya lapisan perak ditambahkan agar bentuk fisiknya tidak lentur. Emas murni diukur dalam bentuk gram. Nilai tertinggi karats digunakan dalam emas (batangan dan perhiasan) adalah 24 karat (Lyer. 1961) Emas merupakan logam yang relative lunak dan mnemiliki warna kuning. Emas memiliki penampilan yang mengkilap dan sangat padat seperti logam. dalam gugus [AuX4]tidak ditemui tapi kompleks emas-alkil Robinson. Logam ini merupakan logam yang reflektif. Amerika Serikat. dimana tidak menyerap cahaya atau panas. Emas tidak memiliki sifat magnetic. . sehingga muatan listrik dapat melewatinya dengan mudah. maka emas akan menjadi berkarat. Disisi lain emas memiliki resistensi yang sangat kecil untuk muatan listrim. Kompleks sederhana β-diketon dan oksalat secara mengejutkan adalah stabil (Heslop Gambar kompleks emas-alkil stabil (Heslop and Robinson. 1961): memberikan sebuah variasi and kompleks seperti [AuCl3(OH)]. Salah satu cara untuk mendapatkan emas adalah dengan pertambangan.2012) Emas ditemukan dalam bijih kuarsa. Australia dan China (Lyer.2012). Emas murni dapat rusak dengan mudah. Dan hanya bias terpantul dipermukaannya. Tambang emas terbesar di dunia terlihat di negara-negara seperti Afrika Selatan. (Lyer. bersama dengan bijih tembaga dan logam alami lainnya.2012). benda kecil seperti koin dapat meninggalkan goresan pada sepotong emas murni.

(Lyer.2011) .2011). dengan proses pengobatan yang disebut chrysoteraphy (Anonymous. Emas pada udara terbuka akan menyebabkan iritasi jika ekposure berlebihan atau dalam waktu yang lama.2012) Emas digunakan sebagai buillon dan dalam perhiasan. Pada kulit akan menyebabkan iritasi dan reaksi alergi. Perhiasan mengandung sekitar 75% emas yang diproduksi. kaca dan elektronik. Electroplating emas digunakan dalam industry elektronik untuk melindungi komponen tembaga dan meningkatkan solderabilitasnya (Anonymous. dan metalik emas diterapkan sebaai film tipis dijendela gedung besar untuk menceminkan panas dari sinar matahari. merah. Koloid emas ditambahkan kekaca untuk memberikan warna merah ata ungu. biru. (Anonymous. Emas untuk perhiasan dapat ditemukan dengan berbagai warna tergantung pada logam campurannya (putih. dan lain-lain). Pada mata dapat menyebabkan iritasi. hijau.2011). Kebanyakan emas ditambang dan berasal dari kerikil dan vena quarts atau depisito pirit. dan metalik emas diterapkan kekaca untuk memberikan warna merah atau ungu. Emas dapat digunakan untuk penyembuhan rematik.

BAB II PERMASALAHAN 1. Pada kehidupan sehari-hari. Bagaimanakah proses ekstraksi emas dari alam oleh perusahaan besar waihi? 3. khususnya pada perhiasan terdapat 2 macam emas yang kita kenal yaitu emas putih dan emas kuning. Apakah perbedaan dari kedua emas tersebut ? 4. Kenapa emas memiliki warna kuning keemasan ? . Bagaimana sifat emas dan cara mengekstraksi emas? 2.

dan membentuk asam kloroauric trihidrat dalam penguapan (Heslop and Robinson. Sifat Kimia Au Densitas (g/cc) 19. .et. Bijih berupa ntanah halus yang diperlakukan dengan penambahan larutan sianida encer (0..BAB III PERMASALAHAN 1. Oksigen diudara mengoksidasi Au.et.al. proses pengendapan terjadi dengan cepat karena densitasnya yang besar(Douglas. 1989).. dan volume atom rendah (Heslop and Robinson. Dimana dapat dilakukan pada saat konsentrasi bijhi sangat rendah. Hal ini sesuai dengan sifat dari logam 1 B.2 % KCN atau NaCN).3 Volume Atom 10. memiliki kepadatan yang tinggi.al. Bagaimana sifat emas dan cara mengekstraksi emas? Emas larut dalam aqua regia membentuk larutan berwarna kuning.1 – 0. 1989). sehingga larut membentuk larutan komplek sianida. Au akan larut dalam Hg untuk membentuk sebuah amalgam dan kemudian dilakukan distilasi untuk Hg (Douglas. 1961): Au NOCl +Cl AuCl HCL + H2O HAuCl4. dan tidak terpengaruh oleh udara bersih. 1961). Ekstraksi penting lainnya dari Au adalah melalui proses sianida. mudah dibentuk. Auric Klorida dihasilkan dari dekomposisi AuCl dalam kehadirannya di air : 3AuCl AuCl3 + 2Au Emas mengandung bijih yang diperkaya oleh proses pencucian dimana bijih dapat menyebar dan diendapkan dalam air untuk memisahkan kotoran padat dari emas. 1961) Selebihnya untuk pemulihan Au.3H2O AuCl3 AuCl Au Pemanasan memberikan warna merah pada AuCl3 . dimana semua logam golongan 1 B sangat mudah tereduksi. maka dapat dilakukan melalui proses amalgamasi.2 Melting Point ( ᵒ C) 1062 Boiling Point (ᵒC) 2600 (Heslop and Robinson. kemudian berwarna kuning pada AuCl dan pada akhirnya berwarna emas.

Bijih yang biasa digunakan oleh perusahaaan pertambangan emas waihi berisi rata-rata 2.2012). Sehingga proses ekstraksi emas sebagian besar dibagi menjadi beberapa tahap sesuai dengan konsentrasinya. Emas (1) distabilkan bahkan lebih dari perak (1) ketika berkoordinasi dengan CN-. dikirim ke pabrik. Au + 2 CNAu (CN)-2 + e Eᵒ = +0. air ditambahkan dalam bijih sehingga membentuk bubur.al. Langkah pertama : Pelucutan. Langkah pertama untuk memisahkan kedua logam tersebut dalam bijih adalah dengan mengoksidasi bijih dengan bantuan sianida. terdeposit. sehingga biasanya sulit untuk dipisahkan antara keduanya.9 g/t emas dan 30 g/t perak.11. Sebagai bagian dari proses penggilingan. Ggl digeser lebih dari dua voltr (jika dibandingkan dengan pembentukan dari Au (aq) +) (Douglas. dan bahkan di daerah yang terkonsentrasi cukup secara ekonomis di tambang deposito dengan kadar 3g/t. sehingga kotoran akan tertinggal dalam larutan. Kemudian tahapan kedua adalah dilakukan adsorbsi terhadap kompleks sianida-emas dan sianida-perak dengan menggunakan karbon aktif. 1989). Sianida akan menyebabkan unsur emas tidak reaktif dan akan dioksidasi oleh oksigen.2012): Berkurangnya kebasaan dari bubur. sehingga Au menjadi agen peredusi kuat. Bentuk kompleks sianidaemas dan sianida-perak larut. dan memiliki sifat kimia yang hampir sama. dimana bijih berupa tanah dengan ukuran partikel halus.60 V (oksidasi) 2. Seperti emas dan perak yang biasanya terbentuk. Bubur ini kemudian dicampur dengan larutan sianida dan diangin-anginkan dan dibiarkan dalam tangki. sehingga dapat dipisahkan dari batuan di lingkungan sekitar. dimana tingkat pembentukan HCN diminimalkan (sehingga memastikan keselamatan .dengan penambahan Zn maka akan dihasilkan Au..et. Kemudian kedua kompleks tersebut dilarutkan kembali dari karbon ke larutan sianida dan dielektrolisis serta dilakukan peleburan untuk menghasilkan ingot yang terbuat dari campuran emas dan perak (1:10) (Yuen. akan menyebabkan pencucian yang terjadi semakin baik. Kemudian Au+ akan membentuk kompleks dengan sianida dan membentuk endapan. Bijih emas dari tambang dihancurkan. Bagaimanakah proses ekstraksi emas dari alam oleh perusahaan besar waihi? Emas sangat jarang ditemukan diseluruh kerak bumi. Perusahaan pertambangan emas waihi mempertahankan buburnya pada pH 10. Reaksinya adalah sebagai berikut (Yuen.

9 g/t menjadi sekitar 700 g/t. Untuk itu biasanya digunakan beberapa jenis mekanisme yaitu (Yuen. Biasanya dapat diunakan karbon aktif atau bubuk Zn. pada karbon aktif yang mengandung emas yang terdasorbsi. ditambahkan larutan NaCN dan NaOH pada suhu 110 ᵒ C. karbon kemudian dihilangkan dari tangki memalui proses penyaringan. Proses pencucian dikenal dengan proses emas sianida MacArthur dan Forrest (Yuen. Langkah Ketiga : Pemulihan.6 kali lebih banyak sianida dan hidrogen sianida (Yuen..2012). Ini adalah tahapan pemgembalian emas yang terdasorbsi kembali ke bentuk larutan. Larutan ini berbeda dengan larutan sianida sebelumnya yaitu. (karbon aktif adalah zat karbon yang sangat berpori dan mengandung jutaan pori kecil. Unsur emas dan perak kemudian dipulihkan dari larutan melalui proses elektrolitik yang dikenal dengan “elektrowining”.2012). Setelah emas tersdsorbsi dalam karbon. Langkah Kedua : Konsentrasi . Karbon aktif memiliki luas permukaan yang sangat tinggi) (Yuen. Yang berarti bahwa pada pH tersebut terdapat 7. Au (CN)2 -. menyerap melalui “anion exchange” dengan beberapa spesies anionic pada karbon. bahwa semua kotoran (selain perak) yang hadir tidak ditemui lagi dalam larutan ini. setelah emas dicuci timbul masalah bagaimana cara untuk mengembalikannya ke bentuk unsurnya. Elektrolit kemudian di .2012). Karbon akrif baik diperoleh dari charring batok kelapa atau dengan mengestruksi gambut dengan suhu antara 700-800 ᵒ C dengan adanya uap. tingkat ini dibawah rata-rata pada skala dunia karena bijih yang digunakan oleh pertambangan emas waihi. Larutan yang dihasilkan mengandung ion emas dan perak yang dikenal sebagai elektrolit. mempercepat penyerapan ke karbon sebagai AuCN larut.2012): • Au (CN)2 . Perusahaan waihi melakukan hal tersebut dengan melibatkan penyerapan emas dalam karbon aktif. mereduksi karbon sebagai logam emas dengan struktur pori yang tipis. • • Au (CN)2 -. Pada tahap ini emas telah terkonsentrasi dari 2.karyawan dan mengurangi kerugian sianida) dan diperoleh tingkat pencucian yang terbaik.

3. . hal ini merupakan warna sebenarnya dari pelapisan logam rhodium yang diterapkan ke semua perhiasan emas.2012). Emas dilebur dan dibentuk menjadi ingot (emas batangan) (Yuen.2012). Logam putih yang paling umum yang digunakan sebagai campuran emas membentuk emas putih adalah nikel. palladium.transfer ke sel-sel elektrolitik dimana emas dan perak akan menuju ke elektroda stainless steel atau diendapkan keluar sebagai lumpur hitam halus. Kemurnian emas putih dinyatakan dalam karat. emas putih mungkin berwarna abuabu. dan mangan. atau perak juga ditambahkan. sedangkan emas kurang reaktif dan tetap tidak tersentuh. hal ini sama dengan emas kuning (Helmenstine. Tanpa lapisan rhodium yang diterapkan. Perak dan seng dapat dicuci dengan asam.2012) Sifat dari emas putih termasuk warna tergantung dari komposisinya. platinum. (Helmenstine. Apakah perbedaan dari kedua emas tersebut ? Emas putih mengandung beberapa jumlah emas. yang selalu kuning dan mengandung satu atau lebih logam putih untuk memberikan warna dan menambah kekuatan dan daya tahan. Meskipun kebanyakan orang berpikir emas putih adalah logam putih yang mengkilap. Reaksi yang terjadi adalah sebagai berikut (reaksi yang sama terjadi pada perak) (Yuen.2012).2012): Lumpur yang terbentuk dimurnikan sehingga menjadi emas murni dan perak. khususnya pada perhiasan terdapat 2 macam emas yang kita kenal yaitu emas putih dan emas kuning. atau bahkan berwarna merah muda pucat (Helmenstine. Kadang-kadang tembaga. seng. coklat kusam. Pada kehidupan sehari-hari.

sehingga dapat dilihat perbedaan antara emas putih dan emas kuning berdasarkan komposisi penyusunnya (Helmenstine. Kenapa emas memiliki warna kuning keemasan ? Terdapat beberapa hal yang menyebabkan emas berwarna kuning mengkilau.Berikut adalah beberapa paduan komposisi dari emas. . hal ini dapat ditinjau dari beberapa hal.2012). Beberapa logam berwarna karena penyerapan dan re-emisi cahaya tergantung pada panjang gelombang.sehingga emas terlihat berwarna kuning jika dibandingkan dengan perak (Anonymous.2012) : 4. Emas memiliki reflektifitas rendah pada panjang gelombang yang pendek .

2006). Dimana penyerapan cahaya ketika elektron melompat ke orbital s. Hal ini mengakibatkan terjadinya pergeseran penyerapan cahaya (disebabkan oleh transisi 5d->6s) dari ultraviolet menuju energi yang lebih rendah dan rentang frekuensi visual yang berwarna biru.2006) . (Walker.(Anonymous.2012) Warna pada logam emas terjadi karena transisi elektron di antara ikatan-ikatan energinya. Warna biru tersebut akan mencerminkan seluruh spectrum merah dan hijau yang kemudian dikombinasikan menghasilkan warna kekuningan yang kita sebut dengan emas yang terlihat di mata kita (warna komplementer) (Walker. relatifitas dari orbital s menyebabkan tingkat energi elektron bergeser lebih rendah daripada elektron dalam orbital d (yang kurang dipengaruhi relatifitas).

kemudian konsentrasi. dengan konfigurasi electron 5d106s1 . dan yang terakhir adalah pemulihan dimana menggunakan proses elektrolisis. dimana Au memiliki nomor atom 79. dan membentuk asam kloroauric trihidrat dalam penguapan. Emas larut dalam aqua regia membentuk larutan berwarna kuning. Untuk mengekstraksi emas dari alam terdapat beberapa tahapan.BAB IV KESIMPULAN Emas (Au) adalah salah satu elemen yang terberat. Terdapat perbedaan antara emas putih dan emas kuning. yaitu Langkah pertama adalah pelucutan. dimana dibedakan berdasarkan komponen campuran dari emas sehingga menghasilkan warna yang berbeda. Emas berwarna kuning keemasan karena sifat penyerapan cahayanya yang diakibatkan karena adanya transisi electron dari orbital d ke orbital s sehingga menghasilkan warna komplementer yang terlihat oleh manusia adalah kuning keemasan. .

2011. diakses pada tanggal 3 april 2012. .DAFTAR PUSTAKA Anonymous. Gold . http:// mindat-gold.org.

Helmenstine. Darl H. diakses pada tanggal 1 april 2012. http : // www.L. . .de/ books/ sample/ 3527320296_c01. and Anderson. 2012. C. M.. Concepts and Models of Inorganic Chemistry 2nd Edition.Anonymous. Wiley – vch.daishsat. A. Inc. M.about. diakses pada tanggal 27 maret 2012.B.org/causesofcolor/9.. 1965. S.com/ od/jewelry chemistry/a/White-Gold. Physical Property of Gold . The Chemistry of Gold . Gold Mining In Waihi.. M. Fourmilab . 2012. Gimeno.htm. diakses pada tanggal 4 april 2012. http: //www.. Yuen D. Marie. diakses pada tanggal 3 april 2012. diakses pada tanggal 8 april 2012.. Elsevier Publishing Company. London.org. B. What causes the colors of metals like gold? Gold . Walker. diakses pada tanggal 30 maret 2012.ch /documents/golden-glow. . Robinson. 2012. J. A. and P. diakses pada tanggal 1 april 2012. White Gold .com..webexhibits. http ://nzic. 2012. R. http :// www. Conference Handbook. 2012. and John J. E. http ://www. What Gives Gold that Mellow Glow? . Douglas. NewYork.A. http ://buzzle-physical-property-of-gold.nz/ChemProcesses/metals/8I.pdf. http :// chemistry.. Inorganic Chemistry.html. 2012. 2006. John Willey and Sons.. Heslop. 1961. M.pdf. Lyer.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful