SURAT BISNIS

MATA KULIAH KOMUNIKASI BISNIS : Muhammad Ridwan Ni Nengah Eva Paulan Raja Erna Nurhasanah Atiek Mercury
Dosen : Hasry Zulkarini, MM

PENGERTIAN SURAT DAN SURAT BISNIS
Menurut Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, “surat dapat didefinisikan sebagai suatu sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain”. Pengertian di atas bersifat umum dan berlaku untuk berbagai keperluan. Surat yang disampaikan pada pihak lain dapat berupa : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. Surat pengantar. Perkenalan. Undangan rapat Pemberitahuan pindah kantor Penerimaan kerja Penolakan kerja Surat keputusan Surat PHK Dll.

Menulis surat yang baik perlu memperhatikan : 1. 2. 3. 4. Bahasa yang digunakan mudah dipahami Menggunakan kalimat yang sederhana. Isi pesan jelas, tegas, dan tidak bertele-tele. Pilihlah kertas yang baik, bersih, dan ukurannya tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal.
1

PENGERTIAN SURAT BISNIS Yang dimaksud dengan surat bisnis adalah : Surat yang digunakan oleh seseorang. 4. Misalnya via pos. Alat untuk menyampaikan pemberitahuan. misalnya surat keputusan. Pemakaian ejaan yang disempurnakan 2 . 3. 3. Bagaimana memilih kata. Bukti sejarah (historis) Mis. 5. FUNGSI SURAT BISNIS Fungsi surat bisnis : 1. Media promosi bagi pengirim surat. telepon seluler. Surai pendirian usaha. instruksi kerja dll. lembaga organisasi atau institusi untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis secara tertulis kepada pihak lain dengan menggunakan media tertentu. atau internet. BAHASA SURAT Dalam menulis surat pilihlah bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah-kaidah yang berlaku dalam dunia surat menyurat. facsimile. 5. Alat bukti tertulis (dokumen tertulis) contoh surat jual beli. seperti : 1. 6. Pedoman kerja. 2. 7. Surat-surat bisnis yang beredar di masyarakat seperti : 1. permintaan atau permohonan. 2. Surat pemesanan produk Surat perkenalan bisnis Surat pindah alamat kantor Surat perjanjian jual beli Dll Catatan : Hubungan yang terjadi antara pihak-pihak yang terkait (pengirim dan penerima) dalam surat menyurat disebut Korespondensi. Sebagai wakil atau duta bagi pengirim surat. 2. Alat untuk mengingat. 4.

Bosen Bikin . lazim (umum. 3. biasa) dan hindari kata-kata yang belum diakui kebakuannya. 4.000.000. Seneng Contoh kata baku dan kata tidak baku : Kata baku Suvenier Kerja sama Diberi tahu Facsimile Aksesori Fotocopi Merek Rp 1. Misalnya : 1. Penyusunan paragraph 4.000. 8. Penyusunan kalimat Untuk surat-surat resmi maupun surat-surat bisnis.00 Antarwarga Atmosfer Pascapemilu Subsistem Subseksi Tunakarya Tunawisma Februari Foto Jumat Khawatir Konkret Kuitansi Mengubah Zona Di dalam Tunasusila Pascakrisis Formal Dll Kata tidak baku Souvenir Kerjasama Diberitahu Faksimili Aksesoris photocopy Merk Rp 1. 5.000. pilihlah kata yang memenuhi syarat yang baik atau baku. 7.Antar warga Atmosfir Pasca pemilu Sub system Sub seksi Tuna karya Tunawisma Pebruari Photo Jum’at Kawatir konkrit Kwitansi Merubah zone didalam Tuna susila Paska krisis Formil 3 . Cepet Ngapain. 2. Mepet Kenapa. Gimana 6.3.

7.Note : selengkapnya kata baku dapat dilihat pada Kamus Besar bahasa Indonesia. terbitan balai pustaka atau dalam buku pedoman Ejaan yang Disempurnakan. wassalam) Tanda tangan dan nama jelas Tembusan inisial 4 . 4. hormat saya. salam takzim. 10. 6. lampiran. 8. 9. 3. Salam pembuka Isi surat Salam penutup (hormat kami. 5. Nama dan alamat surat. 2. Kepala surat (kop Surat) Tanggal surat Nomor. dan hal atau prihal. BAGIAN & BENTUK SURAT Bagian surat dan bentuk surat terdiri atas : 1.

6. amplop dibedakan : 1. selain sebagai etika juga untuk menjaga kerahasiaan isi surat. ukurannya. Amplop kancing bertali Kesimpulan : Surat bisnis merupakan media komunikasi yang digunakan oleh seseorang. sehingga tujuan dan isi pesan bisnis itu dapat tercapai. Amplop mata berkait c. Amplop biasa 2. 5.ANEKA BENTUK AMPLOP Tujuan amplop surat. Amplop dikelompokkan berdasarkan wujudnya. dan penggunaannya. lembaga atau institusi untuk menyampaikan pesan-pesan bisnis dan informasi tertulis kepada pihak-pihak tertentu yang diatur dalam penggunaan bahasa dan format suratnya. 3. 4. Amplop resmi Amplop kartu Amplop bisnis Amplop pendek Amplop panjang Amplop besar a. Amplop berjendela Berdasarkan ukurannya. Berdasarkan wujudnya amplop dibedakan menjadi : 1. 5 . Amplop catalog b. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful