sumber hukum islam yang disepakati

sumber hukum islam yang disepakati A. Pengertian Syari’at Islam

Syari’at Islam merupakan aturan hukum yang ditetapkan Allah untuk kemaslahatan ummat manusia. Hukum atau peraturan dalam menjalankan dan mengamalkan agama Allah termasuk syari’at Islam. peraturan yang telah ditetapkan Allah kepada manusia, baik hubungannya terhadap Allah, maupun hubungan terhadap sesama manusia, alam dan kehidupan .

Hukum secara umum belum mutlak dinamakan Syari’at Islam dalam era modern. Sebab hukum yang bersumber dari Allah (seperti Syari’at Islam) dinamakan hukum samawi, sedangkan hukum yang dibuat oleh manusia disebut hukum wadh’i. Syari’at Islam sebagai hukum samawi berlaku mutlak sedangkan hukum wadh’i sifatnya berlaku relatif hanya berdasarkan kepada kepentingan dan kebutuhan manusia dalam masa-masa tertentu .

Menurut etimologi , Syari’at berarti al-thariqah al-sunnah; atau jalan dan juga dapat diartikan sumber mata air yang hening bening .

Sedangkan pengertian/ta’rif menurut terminologi/istilah yang umumnya dipakai oleh para ulama salaf, dalam memberikan batas pengertian syari’at Islam sebagai suatu pedoman hidup dan ketetapan hukum yang digariskan oleh Allah SWT . Secara lengkap batasan tersebut adalah:

“Hukum yang disyari’atkan Allah untuk hamba-hamba-Nya yang telah didatangkan para Nabi-nabi baik berhubungan dengan cara menyebutkannya, yang dinamai fa’riyah amaliyah, yang untuknyalah didewakan ilmu fiqhi maupun yang berhubungan dengan itiqad yang dinamai ashliyah ‘itiqadiyah yang untuknyalah didewakan ilmu kalam dan syara itu dinamai pula Addin dan Millah” . [1]

Syari’ah dinamakan Ad-Din memiliki pengertian bahwa ketetapan peraturan Allah yang wajib ditaati. Ummat harus tunduk melaksanakan ad-Din (syari’at) sebagai wujud ketaatan kepada hukum Allah. Ad-Din dalam bahasa Arab berarti hukum..

atau suatu aturan agama yang wajib dijalani oleh manusia untuk mencapai kebahagiaan hidup baik di dunia maupun kelak di akhirat . Syari’ah sering juga disebut syara’. baik yang berkaitan dengan masalah aqidah. Ushul Fiqh bukanlah sebagai tujuan melainkan hanya sebagai saran untuk mengetahui hukum-hukum Allah pada setiap kasus sehingga dapat dipedomani dan diamalkan sebaik-baiknya. dapat pula bermakna pembukuan atau kesatuan hukum-hukum agama . 2009 . muamalah. yaitu aturan yang dijalani manusia. Read more … Category: Artikel Islami Tags: Fiqh. Pendidikan. Menurut kamus bahasa Indonesia pengertian syari’ah adalah : Read more … Category: Artikel Islami Soal Jawab tentang Ushul Fiqh Posted on February 20. ~ Manfaat mempelajari Ushul Fiqh adalah menurut Para Ulama Ushul Fiqh adalah salah satu sarana untuk mendapatkan hukum-hukum Allah sebagaimana yang dikehendaki oleh Allah Swt. 2010 Jelaskan Pengertian dan Manfaat mempelajari Ushul Fiqh ! Jawab : ~ Secara etimologi ushul fiqh terdiri atas dua kata. Islam. Ushul Fiqh Hukum Merayakan Hari Valentine Menurut Islam Posted on December 31. uqubah maupun yang akhlaq. Dan Rasulnya.Syari’ah dinamakan Al Millah mempunyai makna bahwa agama bertujuan untuk mempersatukan para pemeluknya dalam suatu perikatan yang teguh . ushul yang berarti suatu pondasi baik bersifat Materi maupun non materi sedangkan Fiqh adalah pemahaman yang mendalam yang membutuhkan pengarahan potensi akal. ibadah. Kuliah.

mal-mal. Cinta Tags: Hari Valentine. sedangkan ekonomi merupakan urusan domestik antara manusia itu sendiri. saling bertukar pasangan. Bimbingannya berupa dasardasar nilai agar dalam implementasinya mereka saling memberi manfaat. saling meridhai bukan saling menzhalimi. Kekeliruan sebagian besar umat manusia selama ini adalah mengklaim bahwa akidah sebagai urusan Ilahiah. Semua pesta tersebut bermuara pada satu hal yaitu Valentine’s Day. pusat-pusat hiburan bersibuk-ria berlomba menarik perhatian para remaja dengan menggelar pesta perayaan yang tak jarang berlangsung hingga larut malam bahkan hingga dini hari. berkirim kartu dan bunga. Hukum Valentine. Valentine. Dalil-dalil tersebut terselip di antara tema-tema besar Islam baik akidah. Hukum Islam. yang berhubungan dengan pengaturan kehidupan ekonomi bertebaran. Karena pandangan keliru seperti ini akhirnya akidah hanya dipandang sebagai urusan akhirat sedangkan ekonomi semata-mata urusan dunia. Read more … . distribusi maupun sirkulasi barang dan uang dijelaskan secara global. Valentine's Day Penerapan Perwakafan dalam Pengembangan Sumber Daya Ekonomi Masyarakat Posted on December 25. konsumsi. Biasanya mereka saling mengucapkan “selamat hari Valentine”. Benarkah demikian? Read more … Category: Artikel Islami. menyatakan sayang atau cinta karena anggapan saat itu adalah “hari kasih sayang”.Pada bulan Februari. kita selalu menyaksikan media massa. Islam. ibadah maupun akhlak. 2009 Sebagai pedoman utama kehidupan manusia ayat-ayat al-Qur’an maupun hadis Nabi saw. saling curhat. Ayat dan hadis tersebut memberikan prinsip-prinsip dasar kegiatan ekonomi baik dalam bidang produksi.

[1] Alat bukti ini sangat penting artinya bagi para pihak yang berperkara merupakan alat atau sarana untuk meyakinkan kebenaran tuntutan hak penggugat atau menolak tuntutan hak bagi hakim. Kalau seorang ahli waris ingin menuntut pembagian harta pusaka (warisan) seseorang yang belum pernah diadakan pembagian warisan. . tetapi yang tiga terakhir ini tidak lazim diperkara. Pengertian dan Tujuan Alat Bukti Setiap tuntutan hak atau menolak tuntutan hak harus dibuktikan di maka sedang pengadilan. alat bukti tersebut dipergunakan sebagai dasar memutus perkara. Suatu perkara di pengadilan tidak dapat diputus oleh hakim tanpa didahului dengan pembuktian. kalau gugatan penggugat tidak berdasarkan bukti maka perkara tersebut akan diputus juga oleh hakim tetapi dengan menolaknya gugatan karena tidak ada bukti. Al Hujjah . Alat bukti adalah alat-alat atau upaya yang bisa dipergunakan oleh pihak-pihak yang berperkara di muka sidang pengadilan untuk meyakinkan hakim akan kebenaran tuntutan atau bantahannya.ALAT BUKTI DALAM PENGADILAN AGAMA A. kesemuanya ini harus dibuktikan akan kebenaran yang diajukan ke pengadilan. Al Burhan. Dengan kata lain. akan tetapi ia harus meneliti dan memeriksa bukti-bukti yang diajukan itu. Ad Dalil. Dalam pembuktian ini diperlukan alat-alat bukti. Di dalam kitab-kitab fiqih kebanyakan fuqaha menyebut dengan alat bukti dengan Al Bayyinah. walau demikian hakim juga tidak langsung menerima keinginan si pemohon tersebut.[2] Sebagaimana disebutkan di atas pengertian bayyinah merupakan suatu buktibukti yang menjelaskan dalam keperluan pembuktian agar menyakinkan hakim.[3] Yang dimaksudkan dengan yakin adalah sesuatu yang ada berdasarkan kepada penyelidikan yang mendalam dan sesuatu yang telah diyakini tidak akan lenyap kecuali datangnya keyakinan yang lain lebih kuat dari pada keyakinan yang ada sebelumnya. maka ia terlebih dahulu harus membuktikan dirinya bahwa ia betul-betul ahli waris dari si mayit (al mahrum) dan bahwa barang-barang sengketa termasuk harta peninggalan dari si mati yang belum terbagi. Dan bagi hakim.

Pengertian dan Tujuan Alat Bukti Setiap tuntutan hak atau menolak tuntutan hak harus dibuktikan di maka sedang pengadilan. Al Hujjah . maka dapat diketahui bahwa tujuan utama dari alat bukti ialah untuk lebih memperjelas dan meyakinkan hukum sehingga ia tidak keliru dalam menetapkan putusannya dan pihak yang benar tidak dirugikan sehingga dengan demikian keadilan di muka bumi ini dapat ditegakkan. tetapi yang tiga terakhir ini tidak lazim diperkara. Alat bukti adalah alat-alat atau upaya yang bisa dipergunakan oleh pihak-pihak yang berperkara di muka sidang pengadilan untuk meyakinkan hakim akan kebenaran tuntutan atau bantahannya.[1] Alat bukti ini sangat penting artinya bagi para pihak yang berperkara merupakan alat atau sarana untuk meyakinkan kebenaran tuntutan hak penggugat atau menolak tuntutan hak bagi hakim. Read more … Category: Artikel Islami.Dari uraian singkat di atas. alat bukti tersebut dipergunakan sebagai dasar memutus perkara. Al Burhan. Di dalam kitab-kitab fiqih kebanyakan fuqaha menyebut dengan alat bukti dengan Al Bayyinah. Dan bagi hakim.[3] Yang dimaksudkan dengan yakin adalah sesuatu yang ada berdasarkan kepada . Karya Tulis Ilmiah Tags: Alat Bukti. Ad Dalil. 2009 ALAT BUKTI DALAM PENGADILAN AGAMA A. Dengan kata lain. Suatu perkara di pengadilan tidak dapat diputus oleh hakim tanpa didahului dengan pembuktian.[2] Sebagaimana disebutkan di atas pengertian bayyinah merupakan suatu buktibukti yang menjelaskan dalam keperluan pembuktian agar menyakinkan hakim. Dalam pembuktian ini diperlukan alat-alat bukti. Pengadilan agama Alat Bukti dalam Pengadilan Agama Posted on October 29. kalau gugatan penggugat tidak berdasarkan bukti maka perkara tersebut akan diputus juga oleh hakim tetapi dengan menolaknya gugatan karena tidak ada bukti.

Read more … . kesemuanya ini harus dibuktikan akan kebenaran yang diajukan ke pengadilan. Dari uraian singkat di atas. maka ia terlebih dahulu harus membuktikan dirinya bahwa ia betul-betul ahli waris dari si mayit (al mahrum) dan bahwa barang-barang sengketa termasuk harta peninggalan dari si mati yang belum terbagi. walau demikian hakim juga tidak langsung menerima keinginan si pemohon tersebut. Kalau seorang ahli waris ingin menuntut pembagian harta pusaka (warisan) seseorang yang belum pernah diadakan pembagian warisan. akan tetapi ia harus meneliti dan memeriksa bukti-bukti yang diajukan itu.penyelidikan yang mendalam dan sesuatu yang telah diyakini tidak akan lenyap kecuali datangnya keyakinan yang lain lebih kuat dari pada keyakinan yang ada sebelumnya. maka dapat diketahui bahwa tujuan utama dari alat bukti ialah untuk lebih memperjelas dan meyakinkan hukum sehingga ia tidak keliru dalam menetapkan putusannya dan pihak yang benar tidak dirugikan sehingga dengan demikian keadilan di muka bumi ini dapat ditegakkan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful