KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Alloh SWT karena penulis telah menyelesaikan tugas mata kuliah hidrolika dengan membahas sifat-sifat mekanika fluida dalam bentuk makalah. Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan dan bimbingan orang tua, sehingga kendalakendala yang penulis hadapi teratasi. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih kepada : 1. Ibu Dosen bidang studi Hidrolika yang telah memberikan tugas, petunjuk, kepada penulis sehingga penulis termotivasi dan menyelesaikan tugas ini. 2. Orang tua yang telah turut membantu, membimbing, dan mengatasi berbagai kesulitan sehingga tugas ini selesai. 3. Teman-teman yang ikut serta mmbantu berbagai kendala dalam penyelsaian tugas ini. Semoga materi ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai, Amiin.

Bandung , April 2012

Penulis,

3 Bagaimana melakukan praktikum kapilaritas ? 1. Ilmu mekanika fluida terutama dipelajari oleh teknik mesin. hidrolika digunakan untuk pembangkit.3. Saat ini ilmu mekanika fluida ini telah berkembang menjadi beberapa cabang lagi sesuai dengan perilaku fluida yang dipelajari. kontrol.2.3. Dalam tenaga fluida.2 Untuk mngetahui sifat-sifat fluida 1.1 Apa pengertian dari mekanika fluida dan hidrolika ? 1. Ilmu mekanika fluida dipelajari dengan pendekatan teoritis.2 Apa saja sifat-sifat fluida? 1.2. aerodinamik. teknik kimia.1 Latar Belakang Mekanika Fluida adalah bagian dari ilmu mekanika terapan yang mempelajari statika dan dinamika dari zat cair dan gas.1 Untuk mengetahui pengertian mekanika fluida 1. fluida.2 Rumusan Masalah Adapun rumusan masalahnya adalah sebagai berikut : 1.2. bahkan akhir-akhir ini mekanika fluida juga giat dipelajari oleh disiplin ilmu biologi dan medis. Mekanika Fluida meletakkan dasar-dasar teori hidrolika yang difokuskan pada rekayasa sifat-sifat fluida.3 Tujuan 1. diantaranya adalah hidrodinamik. teknik sipil. eksperimental. dan perpindahan tenaga menggunakan fluida yang dimampatkan 1.BAB I PENDAHULUAN 1.3 Untuk mengetahui bagaimana praktikum kapilaritas . maupun komputasional.3.

Rapat Massa dan Berat Jenis Rapat massa benda-benda homogen biasa didefinisikan sebagai : massa persatuan volume yang disimbolkan dengan . b. Gas adalah fluida yang kompresibel. 2. yang mempelajari perilaku aliran air secara mikro maupun makro.BAB II PEMBAHASAN 2. Besaran m V  MKS kg m3 kg/m3 CGS g cm3 g/cm3 = m V . artinya dapat ditekan. jadi perkataan fluida dapat mencakup zat cair atau gas.1 Pengertian Fluida adalah zat yang dapat mengalir atau sering disebut zat alir. Hidrodinamika : Mempelajari gaya-gaya maupun tekanan di dalam zat cair yang bergerak.2 Sifat-Sifat Mekanika Fluida a. Bagian dalam fisika yang mempelajari tekanan-tekanan dan gaya-gaya dalam zat cair disebut HIDROLIKA atau MEKANIKA FLUIDA yang dapat dibedakan dalam : Hidrostatika : Mempelajari tentang gaya maupun tekanan di dalam zat cair yang diam. Kemampatan cairan (modulus elastisitas ) Kemampatan cairan (modulus elastisitas) adalah perbandingan perubahan tekanan satuan terhadap perubahan volume yang terjadi persatuan volume satuannya . Hidrolika merupakan satu topik dalam Ilmu terapan dan keteknikan yang berurusan dengan sifat-sifat mekanis fluida. Antara zat cair dan gas dapat dibedakan : Zat cair adalah Fluida yang non kompresibel (tidak dapat ditekan) artinya tidak berubah volumenya jika mendapat tekanan.

g Besaran W V D g MKS Newton m3 n/m3 m/det2 CGS Dyne cm3 dyne/cm3 cm/det2 d.c. . Berat jenis Berat Jenis didefinisikan sebagai Berat persatuan Volume Yang biasa disimbolkan dengan D w D= V atau D=.

.

Lembar Judul 2. Daftar Pustaka . Praktikum 6.2.2 Sifat-Sifat Mekanika Fluida 5. Daftar Isi 4. Pembahasan 5.1 Latar Belakang 4.2 Rumusan Masalah 4.2 Langkah Kerja 7. Kesimpulan 8. Pendahuluan 4.3 Sistematika Penulisan : 1.1 Pengertian 5.3 Tujuan 5.3 Sistematika Penulisan 6. Kata Penutup 9.1 Alat dan Bahan 6. Kata Pengantar 3.

1 Alat dan Bahan * Alat 1. Masukan cairan ke dalam gelas percobaan. 2. Kemudian masukan pipa kapilr ke dalam masing-masing cairan yang telah disediakan. Pipa Kapiler 2. Cairan air 3. Gelas Percobaan * Bahan 1. .BAB III PRAKTIKUM 3. Cairan air Raksa 3.2 Langkah Kerja 1.

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan .

.KATA PENUTUP Demikian yang dapat pnulis paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam makalah ini. tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya. Penulis banyak berharap para pembaca bisa memberikan kritik dan saran yang membangun kepada penulis demi sempurnanya makalah ini dan penulisan makalah di kesempatan-kesempatan berikutnya. Penulis. Semoga makalah ini berguna bagi penulis pada khususnya juga para pembaca pada umumnya. kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau referensi yang ada hubungannya dengan judul makalah ini.

DAFTAR PUSTAKA .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful