POTENSIAL TEMPAT YANG DAPAT DIJADIKAN PLTMH Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) pada dasarnya

memanfaatkan energi potensial air Gatuhan air). Semakin tinggi jatuhan air ( head ) maka semakin besar energi potensial air yang dapat diubah menjadi energi listrik. Di samping faktor geografts yang memungkinkan, tinggi jatuhan air ( head ) dapat pula diperoleh dengan membendung aliran air sehingga permukaan air menjadi tinggi. Secara umum lay-out sistem PLTMH merupakan pembangkit jenis run off river, memanfaatkan aliran air permukaan (sungai). Komponen sistern PLTMH tersebut terdiri dari bangunan intake (penyadap) - bendungan, saluran pembavia, bak pengendap dan penenang, saluran pelimpah, pipa pesat, rumah pembangkit dan saluran pembuangan. Basic lay-out pada perencanaan pengembangan PLTMH dimulai dari penentuan lokasi intake, bagaimana aliran air akan dibawa ke turbin dan penentuan tempat rumah pembangkit untuk rnendapatkan tinggi jatuhan ( head ) optimum dan aman dari banjir. • Lokasi bangunan intake Pada umumnya instalasi PLTMH merupakan pembangkit listrik tenaga air jenis aliran sungai langsung, jarang yang merupakan jenis waduk (bendungan besar). Konstruksi bangunan intake untuk mengambil air langsung dari sungai dapat berupa bendungan (intake dam) yang melintang sepanjang lebar sungai atau langsung membagi aliran air sungai tanpa dilengkapi bangunan bendungan. Lokasi intake harus dipilih secara cermat untuk menghindarkan masalah di kemudian hari.

hal ini akan menghambat aliran air memasuki intake. Pada bagian sisi luar sungai mudah erosi serta rawan terhadap banjir. Batu-batuan. maka konstruksi bangunan intake dilengkapi dengan bendungan untuk menjaga ketinggian dasar sungai di sekitar intake. Lokasi intake yang baik terletak sepanjang bagian sungai yang relatif lurus . Sementara itu bagian sisi dalam sungai merupakan tempat terjadinya pengendapan lumpur dan sedimentasi. Dasar sungai yang tidak stabil inudah mengalami erosi sehingga permukaan dasar sungai lebih rendah dibandingkan dasar bangunan intake. Hal tersebut sering terjadi pada intake yang ditempatkan pada sisi luar sungai.• Kondisi dasar sungai Lokasi intake harus memiliki dasar sungai yang relatif stabil. Tempat di mana kemiringan sungainya kecil. Dasar sungai berupa lapisanl lempeng batuan merupakan tempat yang stabil. . di mana aliran akan terdorong memasuki intake secara alami dengan membawa beban (bed load) yang kecil. sehingga tidak cocok untuk lokasi intake. umumnya memiliki dasar sungai yang relatif stabil. Pada kondisi yang tidak memungkinkan diperoleh lokasi intake dengan dasar sungai yang relatif stabil dan erosi pada dasar sungai memungkinkan teladi. batang pohon serta berbagai material yang terbawa banjir akan mengarah pada bagian tersebut. apalagi bila bangunan intake tersebut tanpa bendungan (intake dam). • Bentuk aliran sungai Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada instalasi PLTMH adalah kerusakan pada bangunan intake yang disebabkan oleh banjir.

Disarankan ujung saluran tail race tidak terletak pada bagian sisi luar sungai karena akan mendapat beban yang besar pada saat banjir. Pada lay out dasar digambarkan rencana untuk mengalirkan air dari intake sampai ke saluran pembuangan akhir. • Lay-out Sistem PLTMH Lay out sebuah sistem PLTMH merupakan rencana dasar untuk pembangunan PLTMH. Selain lokasi rumah pembangkit berada pada ketinggian yang aman. serta memungkinkan masuknya aliran air menuju ke rumah pembangkit. Karena alasan keamanan dan konstruksi. Data dan informasi ketinggian permukaan sungai pada waktu banjir sangat diperlukan dalam menentukan lokasi rumah pembangkit. sehingga dalam membuat lay out perlu diusahakan agar menggunakan pipa pesat sependek mungkin. Penggunaan pipa pesat memerlukan biaya yang iebih besar dibandingkan pembuatan kanal terbuka. penggunaan pipa pesat yang panjang tidak dapat dihindari. saluran pembuangan air ( tail race ) harus terlindung oleh kondisi alam. Konsekuensinya lokasi rumah pembangkit (power house) berada pada tempat yang serendah mungkin. Air dari intake dialirkan ke turbin menggunakan saluran pembawa air berupa kanal dan pipa pesat (penstock). tertentu yang tidak memungkinkan pembuatan saluran pembawa.• Lokasi rumah pembangkit (power house) Pada dasarnya setiap pembangunan mikrohidro berusaha untuk mendapatkan head yang maksimum. seperti batubatuan besar. Pada lokasi. . lantai rumah pembangkit harus selalu lebih tinggi dibandingkan permukaan air sungai.

Metoda ini dapat dipilih seandainya pada medan yang ada tidak memungkinkan untuk dibuat kanal. Jalur pemipaan mengikuti aliran air. tinggi energi efektif (Heff)dihitung dari beda tinggi antara muka air di bak penenang dan poros dikurangi runner turbin kehilangan energi antar bak penenang dan sumbu runner (ΔH). Perlu diperhatikan bahwa penstock harus aman terhadap banjir. paralel dengan sungai . Pada Turbin Aliran Silang (Cross Flow).endekatan dalam membuat lay out sistem PLTMH adalah sebagai berikut: Air dari intake dialirkan melalui penstok sampai ke turbin. . seperti sisi sungai berupa tebing batuan.

efektif beda (Heff)dihitung dari tinggi antara muka air di bak penenang dan muka air hilir dikurangi energi (ΔH) energi dengan antar dan serta pada kehilangan bak penenang propeller kehilangan outlet pipa hisap (draft tube) Gambar di atas merupakan penggamabaran aliran air untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro. pompa air. Teknologi pembangkit daya berskala kecil dengan memanfaatkan tenaga aliran air dengan tinggi jatuh (H) dan debit (Q) tertentu menjadi tenaga penggerak poros turbin yang selanjutnya daya yang dihasilkan oleh putaran poros turbin dapat digunakan menjalankan peralatan lain antara lain generator. generator PLTMH memilik beberapa bagian yang saling bekeja sama dalam menghasilkan energy listrik. Berikut adalah penguraiannya: . mesin penggiling dan lain-lain.Pada tinggi Turbin energi Propeller. Seperti yang telah kita ketahui. Dan setiap bagian dari pembangkit memiliki daya yang dihasilkan masing-masing. Selanjutnya akan dijelaskan hubungan antar beberapa parameter yang mempengaruhi daya dari pembangkit. sehingga dapat diketahui efieiensi dan losses yang terjadi pada pembangkit.

η T = efisiensi Turbin. Daya listrik yang dihasilkan Dimana : PE = daya listrik (Watt). C. B. Daya turbin yang dihasilan Dimana : PT = daya turbin (Watt).A. η = Efisiensi gabungan turbin dengan generator = ηT ηG . Q = debit air (m3/det).81 m/s2). beda tinggi MA udik dan MA hilir (Hstatic kehilangan Energi (ΔH). Daya hidrolik tenaga air Dimana: Pair= daya hidrolik (watt). ρ = kerapatan massa air atau massa jenis (1000 kg/m3). g = percepatan gravitasi (9. H = tinggi jatuh efektif (m).

ternyata terdapat factor fisik yang diperlukan dalam system kerja PLTMH ini sebagai tempat pembangkit. . = efisiensi pompa Setelah mengetahui parameter-parameter yang mempengaruhi kerja PLTMH. D. QP= debit ir yang dihasilkan pompa (m3/detik). saringan sampah. dan pipa pesar/ penstock. ηG = efisiensi generator. Tempat tersebut dikenal dengan Bangunan Sipil . rumah pembangkit. Bila memungkinkan dapat dimanfaatkan. saluran pembawa. Daya yang diperlukan untuk menjalankan pompa yang dapat berupa energy listrik atau lainnya (daya putaran poros turbin) : Dimana: PpP = daya penggerak pompa (Watt). Bangunan Sipil adalah bangunan-bangunan yang diperluakan untuk mengendalikan aliran air agar dapar diperileh tinggi energy effektif (H) dan debit (Q) yang diperlukan untuk menjalankan turbin. Daya Pompa air Diamana: PP= daya pompa air (Watt). pintu air. HP= tinggi energy pompa =Hstatik+ΔH (m) E. Sebagian besar dari angunan tersebut umumnya sudah ada di jaringan irigasi. Bangunan Sipil di jaringan irigasi meliputti : Bangunan sadap.ηT = efisiensi turbin .

Teknologi yang handal dan kokoh sehingga mampu beroperasi lebih dari 15 tahun. Permasalahan efisiensi akan dibahas lebih lanjut dalam bagian cara kerja mesin PLTMH. Begitu pula Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro yang memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh pembangkit listrik dengan tenaga yang lainnya. Namun kenyataanya PLTMH juga memiliki kelemahan yang cukup vital mengenai sumber energy pembangkitan ini. c. Keunggulan: a. Setiap pembangkit tenaga listrik yang menggunakan prinsip yang berbedabeda memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.Apabila pimpa air dijalankan dengan motro listrik maka daya listrik yang diperlukan untuk menjalankan pompa menjadi lebih besar dari daya penggerak pompa tersebut di atas. . Berikut akan dibahas beberapa keunggulan dan kekurangan PLTMH. d. Teknologi PLTMH merupakan teknologi ramah lingkungan dan terbarukan. sebagai akibay adanya kehilangan daya pada motor lstrik yang dinyatakan dengan efisiensi motor listrik. Effisiensi tinggi (70-85 persen). Potensi energi air yang melimpah b.

4.com/2009/01/potensi-pltmh-diindonesia.http://niningf43.google.com/article/50-104-energi-sungai-pltmh--microhydro-power/168--perencanaan-dasar-pltmh. 5.http://energi-terbarukan-indonesia.html .blogspot. terutama mengenai fungsinya yang dapat digunakan untuk penggerak peralatan lainnya seperti pompa air. Sumber . mesin penggiling dan lain-lain. Sulitnya mencari daerah yang memiliki gradient hidrolik secara alami. 3.html . karena masih dibuat secara pesanan.Kelemahan: 1.id%2Fsaritek%2Fsaritek%2520pusair%2F9. sehingga masih relative tinggi.html . pembangkit listrik tenaga mikro hidro ini bergantung pada aliran sungai.com/2011/02/pltmh. Teknologi mikrohidro masih belum mempunyai nilai ekonomi yang baik. Sedangakan debit aliran sungai akan berbeda setiap musimnya . perbengkelan. Diperlukan sosialisasi mengenai dampak positif penerpan mikro hidro terhadap pengembagan kegiatan social ekonomi masyarakat pedesaan seperti industry kecil/rumah. 2.alpensteel.go.com/viewer?a=v&q=cache%3AAn3rbP6XlU0J%3Abalitb ang.blogspot. pertanian. sehingga menyebabkan banyaknya pertimbangan untuk pembangkitan listrik tenaga PLTMH ini.http://docs. peternakan. pendidikan dan lain-lain.http://www.mikrohidro%2520fix. Sosialisasi Teknologi Mikro Hifro masih sangat kurang. Dan yang terakhir serta yang paling vital adalah.pu. .

pdf+kerugian+pembangkit+mikrohidro&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADG EESiV83YUGE3c192JD5Ne_dIPQU9b2aRAsjchZC4ZIBDoFTW977CjdSsRWIavXZw_7sVXqY qIrpYCbZ5Phd_Z9tLv4GAbzzULOVrtvN7zz93pJmJKDk93mRZCL3zKtx WiK_a4MYH&sig=AHIEtbTXMBob7WXxofXnu9UsFBCJfPF_nw .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful