Pengertian Konstitusi Dan Sejarahnya Diindonesia

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Secara garis besar konstitusi merupakan seperangkat aturan main dalam kehidupan bernegara yang mengatur hak dan kewajiban warga Negara dan Negara itu sendiri. Konstitusi suatu Negara biasa di sebut dengan Undang-Undang Dasar (UUD) . dalam pengembangan Negara dan warga Negara dan warga Negara yang demokratis, keberadaan konstitusi demokrasi lahir dan Negara yang demokrasi. Namun demikian, tidak ada jaminan adanya konstitusi yang demokratis akan melahirkan sebuah Negara yang demokratis akan melahirkan sebuah Negara yang demokratis. Hal itu disebabkan oleh penyelewengan atas konstitusi oleh penguasa otoriter. Oleh karenanya akan diuraikan lebih menyeluruh unsure-unsur penting dalam konstitusi. Rumusan Masalah Apakah konsep dasar (Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Ruang Lingkup) konstitusi itu? Apa saja klasifikasi konstitusi itu? Begaimanakah sejarah perkembangan konstitusi dinegara Indonesia? Apakah yang dimaksud dengan konstitusi sebagai piranti kehidupan bagi Negara demokratis? Tujuan dan Manfaat Makalah Makalah ini untuk bentuk demontrasi kami sebagai mahasiswi untuk menyadarkan pemerintah bahwa adanya penerapan konstitusi dalam pemerintahan yang berasaskan demokrasi itu penting. BAB II PEMBAHASAN Konsep Dasar Konstitusi Pengertian Konstitusi Kontitusi itu berasal dari bahasa parancis yakni constituer yang berarti membentuk. Dalam bahasa latin konstitusi berasal dari gabungan dua kata yaitu “Cume” berarti bersama dengan dan “Statuere” berarti membuat sesuatu agar berdiri atau mendirikan, menetapkan sesuatu, sehingga menjadi “constitution”.

HY Struycken memuat tentang : Hasil perjuangan politik bangsa diwaktu lampau.Dalam istilah bahasa inggris (constution) konstitusi memiliki makna yang lebih luas dan undang-undang dasar. Menurut pendapat James Bryce. Yakni konstitusi adalah keseluruhan dari peraturnperaturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur secara mengikat cara-cara bagaimana sesuatu pemerintahan diselenggarakan dalam suatu masyarakat. Tingkat-tingkat tinggi pembangunan ketatanegaraan bangsa. mendefinisikan konstitusi sebagai suatu kerangka masyarakat politik (Negara yang diorganisir dengan dan melalui hokum. Klasifikasi Konstitusi Konstitusi dapat diklasifikasikan sebagai berikut : Konstitusi tertulis dan tidak tertulis .A. Pandangan tokoh bangsa yang hendak di wujudkan. Oleh karena itu ruang lingkup undang-undang dasar sebagai konstitusi tertulis sebagaimana dikemukakan oleh A. Dalam terminilogi hokum islam (Fiqh Siyasah) konstitusi dikenal dengan sebutan DUSTUS yang berati kumpulan faedah yang mengatur dasar dan kerja sama antar sesame anggota masyarakat dalam sebuah Negara. baik sekarang maupun masa yang akan dating. menjamin hak-hak pihak yang diperintah (rakyat) dan menetapkan pelaksanaan kekuasaan yang berdaulat. Dengan kata lain konstitusi dikatakan sebagai kumpulan prinsip-prinsip yang mengatur kekuasaan pemerintahan. Tujuan Konstitusi Secara garis besar konstitusi bertujuan untuk membatasi tindakan sewenangwenang pemerintah. Suatu keinginan yang mana perkembangan kehidupan ketatanegaraan bangsa hendak dipimpin. Fungsi Dan Ruang Lingkup Konstitusi Dalam berbagai literature hokum tata Negara maupun ilmu politik ditegaskan bahwa fungsi konstitusi adalah sebagai dokumen nasional dan alat untuk membentuk system politik dan hokum Negara. Sehingga pada hakekatnya tujuan konstitusi merupakan perwujudan paham tentang konstitusionalisme yang berate pembatasan terhadap kekuasaan pemerintah diastu pihak dan jaminan terhadap hak-hak warga Negara maupun setiap penduduk dipihak lain. hak-hak rakyat dan hubungan diantara keduanya.

Dalam Negara kesatuan. Konstitusi tidak derajat tinggi ialah konstitusi yang tidak mempunyai kedudukan serta derajat. Referendum dan konvensi. Konstitusi tidak tertulis dalam perumusannya tidak membutuhkan proses yang panjang misalnya dalam penentuan Qourum. Amandemen. Konstitusi derajat tinggi dan komstitusi derajat tidak tinggi Konstitusi derajat tinggi ialah konstitusi yang mempunyai derajat kedudukan yang paling tinggi dalam Negara dan berada diatas peraturan perundang-undang yang lain. Konstitusi serikat dan konstitusi kesatuan Jika bentuk Negara itu serikat maka akan didapatkan system pembagian kekuasaan antara pemerintah Negara serikat dengan pemerintah Negara bagian.Konstitusi tertulis merupakan suatu instrument atau dokumen yang dapat dijumpai pada sejumlah hokum dasar yang diadopsi atau dirancang oleh para penyusun konstitusi dengan tujuan untuk memberikan ruang lingkup seluas mungkin bagi proses undangundang biasa untuk mengembangkan konstitusi itu sendiri dalam aturan-aturang yang sudah disiapkan. Cirri-ciri konstitusi yang kaku Mempunyai kedudukan dan derajat yang lebih tinggi dan peraturan undangundang yang lain. pembagian kekuasaan tidak dijumpai karena seluruh kekuasaannya terpusat pada pemerintah pusat sebagaimana diatur dalam konstitusi. Sejarah Perkembangan Konstitusi Dinegara Indonesia . istimewa dan persyaratan yang berat. Hanya dapat diubah dengan cara yang khusus. Konstitusi Fleksibel dan Konstitusi Kaku Ciri-ciri konstitusi fleksibel yaitu Elastic Diumumkan dan diubah dengan cara yang sama. Konstitusi system pemerintahan presidensial dan konstitusi system pemerintahan parlementer. Konstitusi yang mengatur beberapa ciri-ciri system pemerintrahan presidensial dapat diklasifikasikan kedalam konstitusi system pemerintah presidensial begitu pula sebaliknya.

UUD 1945 yang merupakan pemberlakuan kembali konstitusi pertama Indonesia dengan masa berlakunya sejak dekrit presiden 05 Juli 1959 – Sekarang. maka konstitusi demokratis merupakan aturan yang dapat menjamin terwujudnya demokrasi dinegara tersebut.Konstitusi sebagai satu kerangka kehidupan politik telah lama dikenal yaitu sejak zaman yunani yang memiliki beberapa kumpulan hokum (semacam kitab hokum pada 624 – 404 SM) sehingga. Setiap konstitusi yang digolongkan sebagai konstitusi demokratis haruslah memiliki prinsip-prinsip dasar demokrasi itu sendiri. UUD 1950 (17 Agustus 1950 – 05 Juli 1959). Dengan demikian sejak itu Indonesia telah menjadi suatu Negara modern karena telah memiliki suatu system ketatanegaraan yaitu dalam UUD 1945. panitia ini pada tanggal 22 juni 1945 berhasil mencapai kompromi untuk menyetujui sebuah naskah mukhodimah UUD yang kemudian diterima dalam siding II BPUPKI tanggal 11 Julu 1945. sebagai Negara hokum Indonesia memiliki konstitusi yang dikenal sebagai UUD 1945 yang telah dirancang sejak 29 Mei 1945 sampai 16 Juli 1945 oleh badan penyelidik usaha-usaha persiapan kemerdekaan Indonesia (BPUPKU) yang mana tugas pokok badan ini sebenarnya menyusun rancangan UUD. Soekarno membentuk panitia kecil pada tanggal 16 juli 1945 yang diketuai oleh Soepomo dengan tugas menyusun rancangan UUD dan membentuk panitia persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang beranggotakan 21 orang. Konstitusi republic Indonesia serikat yang lazim dikenal dengan sebutan konstitusi RIS (17 Desember 1949 – 17 Agustus 1950). bahwa konstitusi berpesan sebagai sebuah aturan dasar yang mengatur kehidupan dalam bernegara dan berbangsa maka aepatutnya konstitusi dibuat atas dasar kesepakatan bersama antara negra dan warga Negara . Konstitusi Sebagai Piranti Kehidupan Negara Yang Demokrasi Sebagaimana dijelaskan diawal. Namun dalam praktik persidangannya berjalan berkepanjangan khususnya pada saat membahas masalah dasar Negara. Jika Negara yang memilih demokrasi. yaitu : UUD 1945 yang masa berlakunya sejak 18 Agustus 1945 sampai 27 Desember 1949. konstitusi Indonesia telah mengalami beberapa kali pergantian baik nama maupun subtansi materi yang dikandungnya. Setelah itu Ir. Kontitusi merupakan bagian dan terciptanya kehidupan yang demokratis bagi seluruh warga Negara. Sehingga UUD atau konstitusi Negara republic Indonesia diatukan ditetapkan oleh PPKI pada hari sabtu tanggal 18 Agustus 1945. Dalam perjalanan sejarah.diakhir siding I BPUPKIberhasil membentuk panitia kecil yang disebut panitia sembilang. .

hak-hak pihak yang diperintah (rakyat). Fungsi Fungsi konstitusi adalah sebagai dokumen nasional dan alat untuk membentuk system politik dan system hokum Negara. Tujuan Tujuan konstitusi adalah membatasi tindakan sewenang-wenang pemerintah. Sejarah Perkembangan Konstitusi UUD 1945 (18 Agustus 1945 sampai 27 Desember 1949). dan hubungan diantaranya. UUD 1950 (17 Agustus 1950 – 05 Juli 1959).BAB III PENUTUP Kesimpulan Konsep dasar konstitusi Pengertian Konstitusi adalah kumpulan prinsip-prinsip yang mengatur kekuasaan pemerintahan. Konstitusi serikat dan kesatuan. . Konstitusi fleksibel dan kaku. Konstitusi pemerintah presidensil dan parlementer. Klasifikasi Konstitusi Konstitusi dikalsifikasikan menjadi : Konstitusi tertulis dan tidak tertulis. Konstitusi Sebagai Piranti Kehidupan Negara Yang Demokrasi Bahwa ketahanan dan praktek kehidupan kenegaraan mencerminkan suasana yang demokratis apabila konstitusi dan UUD menurut tentang rumusan tentang pengelolahan kenegaraan secara demokratis dan pengakuan tentang hak asasi manusia secara memadai. dan menetapkan pelaksanaan kekuasaan yang bertahap. Konstitusi derajat tinggi dan tidak derajat tinggi. Konstitusi republic Indonesia serikat / RIS (17 Desember 1949 – 17 Agustus 1950). UUD 1945 yang merupakan pemberlakuan kembali konstitusi pertama Indonesia dengan masa berlakunya sejak dekrit presiden 05 Juli 1959 – Sekarang. menjamin hak rakyat yang diperintah.

i . Wassalamualaikum Wr. sahabat dan pengikut-pengikutnya hingga akhir zaman.Oleh karena itu konstitusi menjadi piranti yang sangat penting bagi sebuah Negara demokrasi seperti Indonesia. Wb. Tak lupa kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Maret 2010 Penulis DAFTAR ISI KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………………. Sholawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW. Puji syukur Penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena hanya dengan limpahan rahmat. Wb. keluarga. untuk itu saran dan kritik yang membangun selalu kami tunggu dan kami perhatikan.. makalah demokrasi KATA PENGANTAR Bismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum Wr. taufik dan hidayah-Nyalah Penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi Penulis pada khususnya dan pembaca pada umumnya. Namun. Penyusunan makalah ini dibuat Penulis dalam rangka memenuhi tugas Pendidikan Kewarganegaraan Semester 4 Penulis menyadari banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Jakarta. Saran Dengan selesainya makalah ini kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang ikut andil dalam penulisan makalah ini.

Bentuk-Bentuk Demokrasi………………………………………………….3 2.4 4.DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………………. Pengertian Demokrasi Menurut UUD 1945……………………………5 2.ii BAB I PENDAHULUAN 1. Jika melihat bentuk demokrasi dalam struktur pemerintahan Indonesia dari level negara.7 3. Struktur . Demokrasi Pancasila…………………………………………………………... Ada pandangan produk dan atribut yang berkaitan dengan demokrasi sebagai produk luar negeri.12 Perwujudan Kedaulatan Rakyat BAB III PENUTUP A. kabupaten. Pengertian Demokrasi ………………………………………………………. Negara Indonesia sendiri tidak memiliki kejelasan yang tepat tentang demokrasi itu sendiri.” Dasarnya adalah pemilikan tanah yang komunal yaitu setiap orang yang merasa bahwa ia harus bertindak berdasarkan persetujuan bersama. Demokrasi Era Reformasi……………………………………………………10 5. sementara jika mencari demokrasi yang berupa ciri khas yang dapat mewakili bahwa Negara indonesia mempunyai diri demokrasi tersendiri itu dapat dilihat di level desa. Latar Belakang………………………………………………………………………. Hatta bahwa. Perkembangan Demokrasi……………………………………………………3 3..2 BAB II PEMBAHASAN 1. Perumusan Masalah…………………………………………………………………2 3. Tujuan Penulisan……………………………………………………………………...1 2. Implementasi Demokrasi Pancasila Sebagai………………………………. Bagaimana seperti ditulis almarhum Moh. Demokrasi 1.. Demokrasi Indonesia 1.”Di desa-desa sistem yang demokrasi masih kuat dan hidup sehat sebagai bagian adat istiadat yang hakiki. Simpulan…………………………………………………………………………………16 DAFTAR PUSTAKA BAB I PENDAHULUAN 1. provinsi. hingga kecamatan hampir dapat dipastikan di level ini demokrasi hanya sampai pada proses pembuatan kebijakan. Perkembangan Demokrasi di Indonesia…………………………………8 4. Latar Belakang Apakah demokrasi itu? Apakah negara ini sudah demokrasi? Pertanyaan ini selalu menghinggapi bangsa Indonesia ketika kita bicara istilah demokrasi.

rakyat dapat memilih siapa yang menjadi wakilnya dalam proses penyaluran aspirasi yang selanjutnya menentukan masa depan sebuah negara.. Perumusan Masalah Adapun rumusan masalah dari makalah ini antara lain: 1. 1. 4. Mengapa negara ini seperti mengalami sebuah kesulitan besar dalam melahirkan demokrasi. Dalam buku “Le Contrac Sosial”. Dalam sebuah republik demokrasi. dr.demokrasi yang hidup dalam diri bangsa Indonesia harus berdasarkan demokrasi asli yang berlaku di desa. Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang dihayati oleh bangsa dan negara Indonesia yang dijiwai dan diintegrasikan oleh nilai-nilai luhur Pancasila yang tidak mungkin terlepas dari rasa kekeluargaan. Dardji Darmodihardjo. kontrak sosial atau perjanjian masyarakat ini diwujudkan dalam sebuah pemilihan umum. Gambaran dari tulisan almarhum ini tidak lain dari pola-pola demokrasi tradisional yang dilambangkan oleh musyawarah dalam pencapaian keputusan dan gotong royong dalam pelaksanaan keputusannya tersebut. Untuk mengetahui hakekat demokrasi . 2. hal ini pula yang menginspirasi demokrasi pancasila yang selalu menjadi Kiblat negara kita dalam menapaki kehidupan berbangsa dan bernegara masih perlu ditelaah atau dikaji secara lebih dalam lagi. Dalam hal ini kita ambil saja salah satu ahli Nasional Prof. 1. Jean Jacques Rousseau memaparkan bahwa penguasa atau pemerintah telah membuat perjanjian dengan rakyatnya yang disebut dengan istilah kontrak sosial. 1. Lain hal lagi dengan Prof. Dari gambaran di atas.H. yang Berkepribadian Kemanusiaan yang Adil dan Beradab yang mempersatukan Indonesia dan yang berkedaulatan seluruh rakyat. beliau mempunyai Pandangan bahwa demokrasi Pancasila adalah paham demokrasi yang bersumber kepada kepribadian dan falsafah hidup bangsa Indonesia yang terwujudnya seperti dalam ketentuanketentuan pembukaan UUD 1945. Melalui pemilihan umum.S.H. 3. Akan tetapi yang menjadi pandangan kita sekarang. Tujuan Apa pengertian dari demokrasi itu? Apa pengertian dari demokrasi Pancasila? Bagaimana perkembangan demokrasi di Indonesia? Bagaimana implementasi demokrasi Pancasila sebagai perwujudan kedaulatan rakyat di Era Reformasi? Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah: 1. S. Banyak para ahli berpendapat bahwa demokrasi pancasila itu merupakan salah satu demokrasi yang mampu menjawab tantangan zaman karena semua kehidupan berkaitan erat dengan nilai luhur Pancasila. 2. Drs. belau mengatakan demokrasi pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan yang berke-Tuhan-nan Yang Maha Esa. Notonegoro.

Untuk mengetahui perkembangan demokrasi di Indonesia 4. Walaupun begitu. sebab dengan demokrasi. . Demokrasi 1.2. hak masyarakat untuk menentukan sendiri jalannya organisasi Negara dijamin. Kedua.keputusan politik dijalankan secara langsung oleh seluruh warga Negara yang bertindak berdasarkan prosedur mayoritas. Agar dapat mengimplementasikan demokrasi Pancasila secara benar di Era Reformasi seperti sekarang ini BAB II PEMBAHASAN A. Sedangkan penduduk yang terdiri dari budak. pada waktu itu. Demokrasi sebagai dasar hidup bernegara diartikan bahwa pada tingkat terakhir rakyat memberikan ketenytuan dalam masalah-masalah pokok mengenai kehidupannya termasuk dalam menentukan kehidupan rakyat. Gagasan demokrasi yunani Kuno lenyap Dunia Barat ketika bangsa Romawi dikalahkan oleh suku Eropa Barat dan Benua Eropa memasuki abad pertengahan (600-1400). yaitu lahirnya Magna Charta. Di Yunani Kuno. Konsep dasar demokrasi dberarti “rakyat berkuasa” (government of rule by the people). kekuasaan Raja harus dibatasi. HAM lebih penting daripada kedaulatan Raja. perempuan dan anak-anak tidak dapat menikmati hak demokrasi. dilihat dari pelaksanaannya. Pengertian Demokrasi Secara etimologis. Agar lebih menghayati demokrasi Pancasila 3. Negara demokrasi adalah Negara yang diselenggarakan berdsarkan kehidupan dan kemauan rakyat.6 M. Istilah demokrasi secara singkat diartikan sebagai pemerintahan atau kekuasaan dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. 2. Perkembangan Demokrasi Konsep demokrasi semula lahir dari pemikiran mengenai hubungan Negara dan hukum di Yunani Kuno dan dipraktekkan dalam kehidupan bernegara antara abad 4 SM. pedagang asing. artinya hak rakyat untuk membuat keputusan. Jadi. Oleh karena itu. istilah demokrasi selalu memberikan posisi penting bagi rakyat walaupun secara operasional implikasinnya di berbagai Negara tidak selalu sama. istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani. demokrasi hanya berlaku untuk warga Negara yang resmi. ada sesuatu yang penting yang menjadi tonggak baru berkenaan dengan demokrasi abad pertengahan. Demokrasi mempunyai arti penting bagi masyarakat yang menggunakannya. demokrasi yang dipraktekkan bersifat langsung( direct democracy). Dari piagam tersebut. “demos” berarti rakyat dan “kratos” atau “kratein” berarti kekuasaan. ada dua prinsip dasar: Pertama.

3. Eropa kemudian masuk ke dalam Aufklarung (Abad Pemikiran) dan Rasionalisme yang mendorong mereka untuk memerdekakan pikiran dari batasbatas yang ditentukan gereja untuk mendasarkan pada pemikiran atau akal (rasio) yang pada gilirannya kebebasab berpikir ini menimbulkan lahirnya pikiran tentang kebebasan politik. Rakyat harus diberikan jaminan atas kebebasan individu baik dalam kehidupan politik. Menurut komunis. Bentuk-Bentuk Demokrasi a.Ada dua peristiwa penting yang mendorong timbulnya kembali “demokrasi” yang sempat tenggelam pada abad pertengahan. Semua perwakilan atau agen akan dimasukkan kedalam lingkungan seperangkat institusi-institusi tunggal yang bertanggung jawab secara langsung. yaitu suatu system pemisahan kekuasaan dalam Negara ke dalam kekuasaan legislative. Dua filsuf besar yaitu John Locke (Inggris) dan Montesquieu (Perancis) telah menyumbangkan gagasan mengenai pemerintahan demokrasi. muncullah kembali ide demokrasi. b. Raissance adalah aliran yang menghidupkan kembali minat pada sastra dan budaya Yunani Kuno. yaitu terjadinya Raissance dan Reformasi. Negara post kapitalis tidak akan melahirkan kemiripan apapun dengan suatu rezim liberal yaitu rezim parlementer. Vietnam. Menurut Held (2004:10). kekuasaan kapitalislah yang menguasai kehidupan Negara bahkan berbagai kebijakan dalam Negara. hak-hak poitik rakyat mencakup hak hidup. Demokrasi Perwakilan Liberal Prinsip demokrasi ini adalah kebebasan individu sebagai dasar fundamental dalam pelaksanaan demokrasi. Konsekuensi dari system dan prinsip demokrasi ini adalah berkembangnya persaingan bebas terutama dalam kehidupan ekonomi sehingga mengakibatkan individu yang tidak mampu menghadapi persaingan tersebut akan tenggelam. Menurut John Locke (1632-1704). demokrasi perwakilan liberal merupakan suatu pembaharuan kelembagaan pokok untuk mengatasi problema keseimbangan antara kekuasaan memaksa dan kebebasan. eksekutif. . Dari dua peristiwa penting di atas. liberal. social keagamaan. Sedangkan Montesquieu (1689-1955) menjamin hak-hak politik menurut “Trias Politika”. kebebasan dan hak memiliki (live. property). dasarnya adalah kebebasan berpikir dan nertindak bagi manusia tanpa boleh ada orang lain yang membatasi dengan ikatan-ikatan. ekonomi. Akibat pemikiran tentang hak-hak politik rakyat dan pemisahan kekuasaan. Demokrasi Satu Partai Demokrasi satu partai umumnya dilaksanakan di Negara-negara komunis. Sedangkan Reformasi yang terjadi adalah revolusi agama yang terjadi di Eropa Barat abad 16. China. Akibatnya. seperti Rusia. dan yudikatif yang masing-masing harus dipegang organisai sendiri yang merdeka.

Partai revolusioner merupakan hal yang esensial karena partai tersebut merupakan instrument yang dapat menciptakan landasan bagi sosilisme dan komunisme. Penerapan demokrasi di berbagai Negara di dunia memiliki ciri khas dan spesifikasi masingmasing. Implementasi demokrasi pancasila terlihat pada pesta demokrasi yang diselenggarakan tiap lima tahun sekali. Jakarta: PT. Istilah demokrasi ini memberikan posisi penting bagi rakyat sebab dengan demokrasi. lazimnya sangat dipengaruhi oleh ciri khas masyarakat sebagai rakyat dalam suatu negara.org/ BAB III KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan Dari pengalaman masa lalu bangsa kita. . kelihatan bahwa demokrasi belum membudaya. Kita memang telah menganut demokrsai dan bahkan telah di praktekan baik dalam keluarga. maupun dalam kehidupan bebangsa dan bernegara.net/ http://id. Dengan diadakannya Pemilihan Umum baik legislatif maupun presiden dan wakil presiden terutama di era reformasi ini. kita belum membudanyakannya. Gramedia Dasar-Dasar Ilmu Tata Negara.Simpulan Demokrasi diartikan sebagai pemerintahan atau kekuasaan dri rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat.wikipedia. DAFTAR PUSTAKA Dasar-Dasar Ilmu Politik. hak-hak rakyat untuk menentukan sendiri jalannya organisasi Negara dijamin. Jakarta: Erlangga. http://e-dukasi. masyarakat. Akan tetapi. aspirasi rakyat dan hak-hak politik rakyat dapat disalurkan secara langsung dan benar serta kedaulatan rakyat yang selama ini hanya ada dalam angan-angan akhirnya dapat terwujud. Indonesia sendiri menganut demokrasi pancasila di mana demokrasi itu dijiwai dan diintegrasikan oleh nilai-nilai luhur Pancasila sehingga tidak dapat diselewengkan begitu saja. BAB III PENUTUP A.

Bahkan dalam keluarga dan masyarakat kita sendiri. Mempraktekanya secara terus menerus. Di media massa kita sering mendengar betapa sering warga negara. S.Pd. 2004 “Kewarganegaraan untuk SMP Kelas II Jilid 2”. nilai-nilai demokrasi itu kurang di praktekan.wikipedia. Orang-orang kurang menghargai kebabasan orang lain.org/wiki/Demokrasi“ 2. 2004 “Kewarganegaraan Untuk SMP Kelas VIII Jilid 2”. DAFTAR PUSTAKA 1. Dengan kata lain. Saran Mewujudkan budaya demokrasi memang tidak mudah. Perlu ada usaha dari semua warga negara. Jakarta: Piranti Darma Kalokatama. melanggar nilai-nilai demokrasi. kita kadang-kadang mengalami kegagalan disana-sini.Pd. kurang menghargai perbedaan. Mengatakan “Demokrasi telah menjadi budaya” berarti penghayatan nilai-nilai demokrasi telah menjadi kebiasaan yang mendarah daging di antara warga negara. demokrasi telah menjadi bagian yang tidak dapat dipisah-pisahkan dari kehidupanya. Saronji. adalah: 1. Asy’ari.Pd. atau membiasakannya. M. Dalam usaha mempraktekan budaya demokrasi. M. Wijianti. dan seterusnya. 4. Jakarta: Erlangga. Memahami nilai-nilai demokrasi memerlukan pemberlajaran. 5. Siti. Yang paling utama. dan Aminah Y. “http://id. kesamaan kurang di praktekan. itu belum terjadi. kita berharap bahwa demokrasi telah benar-benar membudaya di tanah air kita. bahkan pemerintah itu sendiri. supremasi hukum kurang ditegakan. 2005 “ Kewarganegaraan (Citizenship)”.com/demokrasi_dan_Konstitusi. maupun dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. tentu saja. . Suatu hari nanti. musyawarah kurang dipakai sebagai cara untuk merencanakan suatu program atau mengatasi suatu masalah bersama. partisipasi warga negara atau orang perorang baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kehidupan pilitik belum maksimal. Aim.Pd. “http://dondsor.blogster. 2.Membudaya berarti telah menjadi kebiasaan yang mendarah daging. Drs. yaitu belajar dari pengalaman negaranegara yang telah mewujudkan budaya demokrasi dengan lebih baik dibandingkan kita.Pd. Drs.. Seluruh kehidupanya diwarnai oleh nilai-nilai demokrasi. bermasyarakat. Bandung: Grafindo Media Pratama. baik dalam kehidupan berkeluarga. Dahlan. Dan H. tetapi itu tidak mengendurkan niat kita untuk terus berusaha memperbaikinya dari hari kehari. Adanya niat untuk memahami nilai-nilai demokrasi.html“ 3. S. Abdulkarim. S. Namun.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful