Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Disusun Oleh Mata Pelajaran Nama Sekolah Kelas Semester Alokasi Waktu : Ridha Esty Argarini (09301241008) : Matematika : SMP Negeri 1 Pakem : VIII : 2 (genap) : 20 menit

A. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Standar Kompetensi : Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya Kompetensi Dasar : Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran B. Indikator 1. 2. 3. 4.

Menentukan garis singgung persekutuan luar lingkaran Menentukan garis singgung persekutuan dalam lingkaran Menghitung panjang garis singgung persekutuan luar lingkaran Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam lingkaran

C. Tujuan Pembelajaran 1. Siswa dapat menentukan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran 2. Siswa dapat menentukan garis singgung persekutuan dalam lingkaran 3. Siswa dapat menghitung panjang garis singgung persekutuan lingkaran 4. Siswa dapat menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam lingkaran D. Materi prasyarat 1. Teorema phytagoras 2. Garis singgung lingkaran 3. Kedudukan dua lingkaran (Uraian selengkapnya tercantum dalam lampiran) E. Materi Pokok 1. Garis singgung persekutuan luar 2. Garis singgung persekutuan dalam (Uraian selengkapnya tercantum dalam lampiran) F. Media Pembelajaran Media pembelajaran yang digunakan: 1. LKS (terlampir) 2. Power point G. Metode Pembelajaran Metode pembelajaran yang digunakan : penemuan terbimbing.

menentukan garis singgung persekutuan dalam lingkaran. Kegiatan Pembelajaran : Mudah Belajar Matematika untuk siswa kelas VIII : Nuniek Avianti Agus : Pusat Perbukuan Departeman Pendidikan Nasional : 2008 : Buku elektronik : Mathematics for Junior High School year VIII : Marsigit : Yudistira :2009 : Buku cetak Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan No. pertanyaan yang diajukan guru diantaranya: a. mengetahui bagaimana cara menghitung panjang ruas garis singgung yang menyinggung sebuah lingkaran bukan? c. Sumber Belajar Buku a. Aktivitas yang dilakukan guru Aktivitas yang dilakukan siswa Guru member salam dan mengawali pelajaran dengan mempersilahkan siswa berdoa. (dengan bantuan gambar melalui power point guru menjelaskan secara singkat tentang apa yang dimaksud dengan garis singgung lingkaran) b.) Durasi 2 menit . yaitu: Siswa dapat menentukan garis singgung persekutuan luar dua lingkaran. Guru melakukan apersepsi dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan materi yang akan dipelajari.H. 1. Guru menginformasikan tentang tujuan pembelajaran Siswa mendengarkan. pada pelajaran yang lalu kalian telah Siswa menjawab ya atau tidak. menghitung panjang garis singgung persekutuan lingkaran. dan menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam lingkaran. 2.) Nah.) Judul Penyusun Penerbit Tahun terbit Jenis b.) Apakah kita menggunakan teorema phytagoras untuk menghitungnya? (dengan bantuan gambar melalui power point guru memberikan ulasan secara singkat tentang cara menghitung ruas garing singgung yang menginggung lingkaran.) Judul Penyusun Penerbit Tahun terbit Jenis I.) Anak-anak masih ingatkah kalian tentang apa yang Siswa mungkin menjawab dimaksud dengan garis singgung lingkaran? masih atau mungkin menjawab sudah lupa.

” Guru membagikan LKS kepada masing-masing siswa.d.” “Jadi masing-masing siswa harus mengerjakan LKS.” 1 menit Kegiatan Inti 1. bagaimana jika garis tersebut menyinggung dua lingkaran sekaligus? (melalui power point guru menunjukkan gambar garis singgung yang menyinggung dua lingkaran sekaligus) Guru memotivasi siswa dengan memberikan informasi bahwa konsep menghitung persamaan garis singgung ini dapat digunakan siswa untuk menentukan panjang rantai yang melillit dua roda gigi sepeda agar rantai yang terpasag tidak terlalu pendek atau terlalu panjang. “Ibu akan bagikan LKS kepada masing-masing siswa. kemudian nanti ada beberapa bagian yang akan kita kerjakan secara bersama-sama dan ada bagian yang harus kalian kerjakan secara berdiskusi dengan teman yang duduk disebelah kalian saja. 1 menit Siswa focus dan menjawab 3 menit panduan berupa pertanyaan yang ada dalam LKS secara spontan (lisan). Guru memberikan pengantar berupa arahan atau klu Melalui diskusi dengan teman 6 menit . ternyata dua lingkaran yang bersinggungan di dalam hanya mempunyai satu garis singgung persekutuan luar dengan satu titik singgung. dua lingkaran bisa berpotongan sehingga menghasilkan dua titik perpotongan. Guru memperlihatkan gambar dua lingkaran yang saling bersinggungan. 3. 2. “Ibu akan mulai dengan mengulas kembali tentang kedudukan dua lingkaran. Sekarang kita akan fokus pada dua lingkaran yang saling lepas terlebih dahulu. dan dua lingkaran bisa juga saling lepas. Sedangkan pada dua lingkaran yang saling lepas dapat dibuat dua garis singgung persekutuan dalam dan dua garis singgung persekutuan luar. yaitu dua lingkaran bisa bersinggungan di satu titik. 3. Dua lingkaran yang saling berpotongan mempunyai satu garis singgung persekutuan dalam dan dua garis singgung persekutuan luar. Guru memandu siswa menyelesaikan LKS bagian 1 yaitu tentang menentukan garis singgung persekutuan dalam dan garis singgung persekutuan luar lingkaran. Nah kali ini kita akan menentukan bagaimana caranya menghitung panjang garis singgung yang menyinggung dua buah lingkaran dengan mamanfaatkan teorema phytagoras.) Sekarang.

garis singgung persekutuan dalam melalui dua titik singgung dari dua lingkaran yang berhimpit sehingga yang terjadi adalah satu titik yang tidak dapat ditentukan panjangnnya. dua lingkaran yang saling berpotongan. (dengan bantuan gambar melalui power point) Penjelasan: Kasus lingkaran yang bersinggungan di luar. garis singgung persekutuan luarnya melalui dua titik singgung pada dua lingkaran yang tidak berhimpit sehingga melalui dua titik tersebut dapat dibuat ruas garis yang dapat ditentukan panjangnya. (jika ada) 6. Hal inilah yang terjadi pada garis singgung persekutuan dalam dan garis singgung persekutuan luar pada kasus dua lingkaran yang saling lepas. (hal yang sama dilakukan untuk garis singgung persekutuan dalam lingkaran) 5. lingkaran yang ditemukannya. Guru memberikan komentar pada formula yang dituliskan siswa. sehingga kita dapat mencari panjang ruas garis singgung seperti yang baru saja kita lakukan. begitu pula garis singgung persekutuan luar pada kasus dua lingkaran yang bersinggungan di dalam.agar siswa dapat menyelesaikan LKS bagian 2 yaitu tentang menentukan cara atau formula untuk menghitung garis singgung persekutuan dalam dan garis singgung persekutuan luar lingkaran. Guru memberikan kesempatan bagi siswa jika ada yang kurang jelas atau ada pendapat yang berbeda. Sampai disini apakah ada yang ingin ditanyakan?. Siswa bertanya (jika ada). . 4. Siswa mengerjakan soal yang 1 menit Siswa bertanya (jika ada) 2 menit 7. Guru mendatangi tempat duduk masing-masing siswa Siswa dipersilahkan bertanya untuk memastikan siswa tidak mengalami hambatan pada guru secara langsung jika dalam proses pengerjaan LKS. Guru memberikan soal latihan pada siswa. yang duduk disebelahnya siswa menyelesaikan LKS bagian 2. Guru memberikan penjelasan pada kasus lingkaran yang bersinggungan dan lingkaran yang berpotongan. Sedangkan pada kasus dua lingkaran yang saling bersinggungan. Guru memberikan kesempatan pada salah satu siswa Salah satu siswa menuliskan 1 menit untuk menuliskan formula untuk menghitung garis formula untuk menghitung garis singgung persekutuan luar dua lingkaran yang singgung persekutuan luar dua ditemukannya. menemui kesulitan. Guru memberikan penjelasan atas pertanyaan siswa.

melalui instrument tes uraian dan rubrik penskoran sebagai berikut: Insrumen Tes Uraian Indikator Soal Penyelesaian Rubrik Penskoran Menentukan garis Perhatikan gambar di bawah ini ! singgung persekutuan luar lingkaran E F O H G Menentukan garis singgung persekutuan dalam lingkaran A B D C . Guru memberikan pekerjaan rumah (PR) kepada siswa untuk mengukur diameter besi lingkaran pada rantai sepeda kemudian menghitung panjang garis singgung persekutuan luar dari dua lingkaran besi tersebut dengan cara mengukurnya dan dengan cara menggunakan rumus yang telah mereka temukan melalui kegiatan pembelajaran yang baru saja mereka selesaikan. Penilaian Penilaian dilakukan dengan teknik tes. Salah satu siswa menuliskan hasil penyelesaian soal di Siswa menuliskan jawabannya depan kelas di depan kelas. 3. Dengan bimbingan guru siswa merangkum tentang Siswa aktif mengungkapkan apa materi apa saja yang telah mereka pelajari selama saja yang telah mereka peroleh proses pembelajaran yaitu tentang menentukan garis setelah melalui proses belajar. Guru menginformasikan tentang materi pembelajaran Siswa mendengarkan informasi yang akan dipelajari oleh siswa pada pertemuan yang yang diberikan oleh guru akan datang. dengan 1 menit 2 4. Kegiatan Penutup 1. Total Durasi 20 menit J.diberikan oleh guru. singgung persekutuan dalam dan luar dari dua segitiga serta menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dan luar dari dua lingkaran. 8. Guru mengakhiri pembelajaran mempersilahkan siswa berdoa. kemudian siswa diminta untuk membandingkan hasilnya. 2.

Tentukan ruas garis mana saja yang merupakan garis singgung persekutuan dalam lingkaran! Diketahui dua buah lingkaran dengan jari-jari 14 cm dan 9 cm. singgung persekutuan luar lingkaran Diketahui: R = 14 cm r = 9 cm jarak antara titik pusat = p = 13cm Ditanyakan: panjang persekutuan luar garis singgung 2 Penyelesaian: 2 Misal panjang garis singgung persekutuan luar = a a p 2  (R  r) 2 1 a  132  (14  9) 2 a  169  (5) 2 a  169  25 a  144 1 1 1 1 a  12 Jadi. Tentukan ruas garis apa saja yang merupakan garis singgung persekutuan luar lingkaran! Ruas garis AB Ruas garis CD 1 1 2. .1. Jika jarak antara titik pusat dari kedua lingkaran tersebut adalah 13 cm maka berapakah panjang garis singgung persekutuan luar dari kedua lingkaran tersebut? Ruas garis EH Ruas garis FG 1 1 Menghitung garis 3. panjang garis singgung persekutuan 1 luar dua lingkaran tersebut adalah 12 cm Menghitung garis singgung persekutuan dalam lingkaran O E P H Diketahui: R = 14 cm r = 9 cm jarak antara titik pusat = p = 13cm Ditanyakan: panjang persekutuan luar garis singgung 2 Jika panjang OP adalah 10 cm.

Penyelesaian: Misal panjang garis singgung persekutuan luar = a a p 2  (R  r) 2 1 a  10 2  (4  2) 2 a  100  (6) 2 a  100  36 a 64 1 1 1 1 a  12 Jadi.sedangkan jari-jari lingkaran O dan P masing-masing adalah 4 cm dan 2 cm maka panjang garis singgung persekutuan dalam dari kedua lingkaran di atas adalah…. panjang garis singgung persekutuan 1 luar dua lingkaran tersebut adalah 12 cm .

Setiap garis singgung lingkaran selalu tegak lurus terhadap jari-jari (diameter) yang melalui titik singgungnya. 3. Teorema Pythagoras Berdasarkan Teorema Pythagoras. Dua lingkaran bersinggungan di dalam k Gambar a Pada dua lingkaran yang bersinggungan di dalam dapat dibuat satu garis singgung persekutuan luar. Kedudukan Dua Lingkaran 1. Perhatikan gambar segitiga ABC berikut: A b C c a B Berdasarkan Teorema Pythagoras maka : c 2  a 2  b 2 2. Dua lingkaran bersinggungan di luar A Gambar b D C l m B n . Lampiran Materi Prasyarat 1. b. kuadrat panjang sisi miring suatu segitiga siku-siku sama dengan jumlah kuadrat sisi-sisi lainnya.K. Pada gambar a nampak bahwa k adalah garis singgung persekutuan luar dari dua lingkaran yang bersinggungan di dalam. Dua lingkaran bersinggungan a. Titik tersebut dinamakan titik singgung lingkaran. Garis Singgung Lingkaran Garis singgung lingkaran adalah garis yang memotong lingkaran tepat di suatu titik.

Garis singgung persekutuan luar lingkaran 2. Materi Pokok Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran Garis singgung persekutuan lingkaran ada 2 jenis yaitu: 1. C . 3. 2. Cara menghitung panjang garis singgung persekutuan luar dari lingkaran adalah: . Garis Singgung Persekutuan Luar Lingkaran A B O . nampak terdapat satu garis singgung persekutuan dalam yaitu garis l dan dua garis singgung persekutuan luar yaitu garis m dan garis n. nampak terdapat dua garis singgung persekutuan dalam yaitu garis m dan garis n. Dua Lingkaran Berpotongan A B r Gambar c s C D Pada dua lingkaran yang saling berpotongan seperti pada gambar c. Dua Lingkaran Saling Lepas g Gambar d h D A m B C n Pada dua lingkaran yang daling lepas seperti pada gambar d. serta dua garis singgung persekutuan luar yaitu garis g dan garis h. Garis singgung persekutuan dalam lingkaran 1.Pada dua lingkaran yang saling bersinggungan di luar seperti pada gambar b. nampak terdapat dua garis singgung persekutuan luar yaitu garis r dan garis s.P D Ruas garis AB dan ruas gari CD dari gambar di atas disebut sebagai garis singgung persekutuan luar dari lingkaran yaitu lingkaran yang berpusat di titik O dan lingkaran yang berpusat di titik P.

C . Cara menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dari dua lingkaran adalah: AD  OP 2  ( AO  BP) 2 Jika : AO = panjang jari-jari lingkaran yang berpusat di titik O atau disebut sebagai lingkaran besar = R BP = panjang jari-jari lingkaran yang berpusat di titik P atau disebut sebagai lingkaran kecil = r OP = panjang jarak antara titik O sebagai pusat lingkaran besar dan titik P sebagai pusat lingkaran kecil = p maka Contoh soal: : AD  p 2  (R  r) 2 .AB  OP 2  ( AO  BP) 2 Jika : AO = panjang jari-jari lingkaran yang berpusat di titik O atau disebut sebagai lingkaran besar = R BP = panjang jari-jari lingkaran yang berpusat di titik P atau disebut sebagai lingkaran kecil = r OP = panjang jarak antara titik O sebagai pusat lingkaran besar dan titik P sebagai pusat lingkaran kecil = p maka : AB  p 2  (R  r) 2 contoh soal: Diketahui dua buah lingkaran dengan jari-jari 35 cm dan 11 cm. panjang garis singgung persekutuan luar dari dua lingkaran tersebut adalah 7 cm. tentukan panjang garis singgung persekutuan luar lingkaran tersebut! Penyelesaian: p 2  ( R  r ) 2  252  (35  11) 2  625  576  49 7 Jadi.P D Ruas garis AD dan ruas gari CB dari gambar di atas disebut sebagai garis singgung persekutuan dalam dari dua lingkaran yaitu lingkaran yang berpusat di titik O dan lingkaran yang berpusat di titik P. 2. Garis Singgung Persekutuan Dalam Lingkaran A B O . Jika jarak antar dua titik pusat dari kedua lingkaran tersebut adalah 25 cm.

tentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dari dua lingkaran tersebut! Penyelesaian: p 2  ( R  r ) 2  102  (5  3) 2  100  64  36 6 Jadi. Tentukan panjang EH! P H O Kunci Jawaban Soal Latihan 1. OP = 13 cm Tentukan panjang AB! P D O 2. Penyelesaian: AB  OP 2  (OA  PB) 2  132  (7  2) 2  169  25  144  12 2. PH = 4 cm . Jika jarak antara titik pusat dari dua lingkaran tersebut adalah 10 cm.Diketahui du lingkaran dengan panjang jari-jari 5 cm dan 3 cm. Penyelesaian: EH  OP 2  (OE  PH ) 2  20 2  (8  4) 2  400  144  256  16 . Perhatikan gambar berikut! A B Diketahui: OA = 7 cm . OP = 20 cm. Soal Latihan Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! 1. PB = 2 cm . panjang garis singgung persekutuan dalam dari dua lingkaran tersebut adalah 6 cm. Perhatikan gambar berikut! C E Diketahui: OE = 8 cm .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful