Arsitektur Gothik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari

Katedral Reims, Perancis. Arsitektur Gothik adalah gaya arsitektur yang digunakan selama abad pertengahan tengah dan akhir. Gaya ini berevolusi dari arsitektur Romanesque dan diteruskan oleh arsitektur Renaissance. Arsitektur ini berasal dari Perancis abad ke-12.

serta sejarah terbentuknya arsitektur tersebut yang ada dan lahir di setiap daerah. religi. wilayah maupun negara-negara yang ada diseluruh penjuru dunia yang tentu memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda-beda. . geografi. iklim. sosial merupalan langkah awal bagi kita untuk mengenali lebih jauh mengenai arsitektur yang terjadi pada masa lampau. Tipologi dan karakteristik bangunan Gothic menjadi ciri khas puncak kejayaan pada Arsitektur Gereja.PERKEMBANGAN ARSITEKTUR GOTHIC Mempelajari perkembangan arsitektur serta hal-hal lain yang berhubungan dengan arsitektur. seperti budaya.

Seni gothic diyakini juga sebagai perwujudan seni barbarian. Di Inggris. KAJIAN ARSITEKTUR GOTHIC . tepatnya pada abad 17 sampai 18 seni gothic dianggap sebagai seni yang tidak punya cita rasa atau hambar dan juga dianggap sebagai seni yang menyimpang dari kaidah-kaidah seni yang sudah ada.Gaya Arsitektur Gothic dimulai pada pertengahan abad 12 dan berakhir pada abad 16.

Masing-masing gereja seakan mengeksplorasi bentuk dan makna dari sebuah tempat peribadatan. Jumlah penduduknya berkisar 119. Sudut kemiringan sinar matahari justru dapat memberikan efek khusus dalam perancangan sehingga menciptakan sebuah efek bayangan yang baik pda bangunan. GEOLOGI Di Spanyol kondisi geologisnya juga cukup ekstrim dimana pada lokasi tertentu terdapat daerah yang tandus juga daerah yang subur. .sebagai contoh di Spanyol GEOGRAFI Spanyol terletak di semenajung Iberian di bagian barat daya benua Eropa. Di sebelah utara berbatasan dengan Perancis dan Andorra dengan Pyrenes sebagai batasan alaminya. IKLIM Spanyol merupakan daerah subtropics yang mempunyai 4 (empat) musim. Hal ini semakin mendukung perkembangan asitektur terutama gereja khususnya pada zaman tersebut. RELIGI Spanyol merupakan Negara yang mayoritas penduduknya (99%) menganut agama Katholik Roma.935orang. agriculture/pertanian dan juga pariwisata. SOSIAL Sebagian besar penduduk Spanyol bermata pencaharian sebagai pekerja industri.

KARAKTERISTIK BANGUNAN GOTHIC Terdapat menara pada bangunan gereja. Hal tersebut berkembang sampai saat ini. Terdapat rose window. Sedangkan dari segi . Biasanya terletak pada bagian depan ataupun belakang bangunan. Dan pada masa Arsitektur Gothic menara difungsikan sebagai isyarat adanya peribadatan di dalam gereja. Secara arsitektural hal itu digunakan untuk memasukan cahaya dan estetika. dan isyarat tersebut merupakan bunyi lonceng yang ditempatkan dibagian atas menara.

Hal ini merupakan perkembangan teknologi kaca pada masa itu yang diterapkan pada bangunan. rose window dipakai sebagai symbol firman Tuhan yang disimbolkan sebagai cahaya yang masuk dan menerangi isi hati para jemaat gereja. . Terdapat seni kaca patri (clear storey) di dinding bangunan gothic.religi.

Adanya rib vaulting. Jajaran kolom yang terpadu dengan rib voulting menjadi unsur utama konstruksi bangunan. . Yaitu atap bangunan yang menyerupai membran dan memiliki unsur arsitektural sebagai salah satu peninggalan bentuk arsitektur gothic. Penebalan kolom/tiang sebagai perkuatan struktur bangunan yang juga merupakan ciri khas dari bangunan gothic.

Januari 20. Melbourne Gereja St Katolik Paul'S. Gereja ini merupakan bangunan yang sangat menonjol dari Melbourne. 20 Januari 2009 ARSITEKTUR GOTHIK di Selasa. Victoria. (lihat gambar 1. adalah metropolitical dan katedral dari gereja Anglikan Daerah keuskupan Melbourne. Gereja ini adalah pusat dari Gereja Anglikan Uskup Melbourne dan Metropolitan dari Victoria.1) .Selasa. Melbourne. 2009 Gereja St Katolik Paul'S.

Butterfield berhenti pada tahun 1884 dan bangunan selesai oleh suatu arsitek lokal. Joseph Reed.1) menara Arsitektur St Paul’s dibangun dalam suatu kebangkitan kembali gaya atau yang dikenal sebagai transisi gotik. yang akan pekerjaannya tentang gereja Kristen. Batu pondasi dilengkapi pada tahun 1880. yang sebagian dengan gaya Awal Inggris dan sebagiannya lagi dihias. . Gereja ini dirancang oleh Arsitek Inggris yang William Butterfield.(gambar St Jenis gereja Katolik Paul'S: tampak dari muka utara dan puncak 1.

baja atau beton di dalam. Dengan konstruksi campuran. Untuk lebih jelasnya lihatlah beberapa tampak dari bangunan gereja st Paul’s. Sebagai contohnya : .Inti masif dengan struktur kayu.Gereja Katolik Paul menggambarkan peningkatan penyederhanaan jenis bangunan mempertinggi transparasi dan pandangan keeluruhan namun sebagian penekanannya hilang dalam proses. jumlah bahan yang berbeda memiliki peranan penting.kontruksi dinding padat di luar dan konstruksi . . kayu atau baja di dalam.

Desember 2005 c) (gambar Gereja St Paul’s dilihat dari arah belakang 1.2 d) INTERIOR GEREJA ST PAUL’S .(gambar 1.1 St Jenis gereja Katolik Paul'S tampak Depan dan berada pada Jalan Swanston b) (gambar 1.1 Puncak menara St Katolik Paul'S yang mengalami renovasi.

dari yang penting sampai kontemporer.2a dan 1. Tekstur permukaan yang menentukan ruang lingkuup dari tindakan yang akan dilakukan.(gambar Ruang interior yang berbentuk persegi panjang. Bukaan diletakkan pada sisi yang pendek sehingga ruang tersebut memberikan kesan tinggi . Dan ini berlaku untuk setiap ruangan dalam gereja.2) Ruang interior yang berbentuk persegi panjang.2b) (gambar 1. Seperti interior dalam gereja St Paul’s. Pada ruang-ruang persegi panjang lokasi bukaan sangatlah penting. Biasanya dijumpai dalam bentuk sepulchure. Bentuk ruang ini snagat bagus dalam menunjukkan pengaruh dari bahan yang digunakan. 1. (lihat gambar 1.2a) Ruangan persegi panjang sebagai tempat ibadah ini dengan bentuk langit-langit yang melengkung merupakan dasar dari gereja St Paul’s.

Faris vertikal mengungkapkan ciri zaman yang mengarah total pada Yang Maha Tinggi. Kontruksi-kontruksi ringan dan transparan ini sangat dekat dengan selera . (gambar Detail tiang dari gereja St 1. Dengan menyisipkan deretan kolom yang melengkung. transparan dan diafan.3) Paul’s Filsafat arsitektur Gotik adalah vertikalisme. Jalan yang memanjang ke arah mimbar semakin mempertegas arah melintang yang tertutup. Interior gereja besar di Koeln ini lebih memperjelas keyakinan masyarakat abad-abad pertengahan dari eksteriornya. Diafan artinya cahaya yang menembus. Daerah tepi yang gelap dapat digunakan untuk tujuan dan aktivitas yang sekunder. Dinding-dinding kaca berwarna memperlihatkan cita-cita lepas dari kewadaqan materi kehidupan yang fana. kecenderungan ini menjadi semakin nyata.dengan suatu penjajajaran yang jelas sepanjang sumbu memanjangnya. selaku lambang rahmat Tuhan yang menembus kefanaan hidup manusia untuk meneranginya dengan Nur-Illahi.

modern yang kita suka keterbukaan luas. . Tetapi hasil gemilang para konstruktornya seperti ini adalah warisan pengalamn praktek berabad-abad. Pada bad-abad awal gaya Gotik sering seluruh gedung ambruk karena kurang perhitungan sratikanya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful