PENGERTIAN PETIR Petir merupakan gejala alam yang bisa kita analogikan dengan sebuah kapasitor raksasa, dimana

lempeng pertama adalah awan (bisa lempeng negatif atau lempeng positif) dan lempeng kedua adalah bumi (dianggap netral). Seperti yang sudah diketahui kapasitor adalah sebuah komponen pasif pada rangkaian listrik yang bisa menyimpan energi sesaat (energy storage). Petir juga dapat terjadi dari awan ke awan (intercloud), dimana salah satu awan bermuatan negatif dan awan lainnya bermuatan positif. Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul pada salah satu sisi (atas atau bawah), sedangkan muatan positif berkumpul pada sisi sebaliknya. Jika perbedaan potensial antara awan dan bumi cukup besar, maka akan terjadi pembuangan muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara. Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan , karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan. DAMPAK NEGATIF: Umumnya petir-petir mengincar korban di wilayah datar yang terbuka. Besar medan listrik minimal yang memungkinkan terpicunya petir ini adalah sekitar 1.000.000 volt per meter. Bayangkan betapa mengerikannya jika lompatan bunga api ini mengenai tubuh makhluk hidup! Korban tiba-tiba terpental ketika sebuah petir menyambarnya. Seperti juga korban lainnya, ia tewas seketika dengan tubuh terbakar. Apabila petir menyambar rumah, rumah tersebut akan rusak dan perabotan elektronik akan rusak seperti telepon, televisi, atau yang lainnya. ANTISIPASI : Cara mengantisipasi : 1. Apabila sebuah bangunan yang tinggi dengan memasang penangkal petir. Apabila ada petir akar menyambar alat penangkal kemudian disalurkan melalui kawat besar yang terbuat dari tembaga atau kuningan menuju ke tanah.

7. 5. dan mencabut kabel telepon. lapangan. Untuk menhindari kerusakan alat listrik di rumah apabila terjadi hujan dan petir adalah mematikan listri. Jika Anda terperangkap di luar segera masuk ke dalam bangunan. 9.pergerakan elektron elektron bebas tersebut akan menimbulkan petir yang memeiliki teganagan yang sangat tinggi . Karena petir mencari tanah untuk melepaskan energinya. Jangan berada di sawah.bergesekan satu sama lain akibat dorongan angin yang sangat kencang pada awan . 6. Jika sedang di kolam renang dan terlihat tanda-tanda awan sudah gelap segeralah ke luar karena kolam renang adalah sasaran empuk buat petir melepas energi. menara atau sesuatu yang tinggi yang mudah tersambar petir. Jika sedang mengendarai motor segeralah berhenti dan cari tempat berlindung. 4. 3.2.panas yang berlebihan tersebut akan menyediakan elektron bebas yang sangat besar .kareana gesekan antar awan yang sangat keras maka hal in menyebabkan terjadinya panas pada awan secara berlebihan . Tidak ada tempat yang aman di luar. Larilah ke mobil atau bangunan yang aman setelah Anda mendengar guntur. Jangan berlindung di bawah pohon karena pohon yang tersambar petir energinya bisa melompat ke tubuh. taman. Jika sedang berteduh di luar ruangan jangan terlalu dekat dengan orang lain setidaknya beri jarak 3-5 meter untuk menghindari lontaran energi jika ada petir. Jauhi tiang listrik. mencabut saluran antene di televisi. 8.dan tegangan tersebut berbentuk impulse (PULSA)memiliki perioda yang sangat cepat( dalam kisaran µ sekondan memiliki kecepatan yang sebanding dengan kecepatan cahaya) Petir yang memiliki teganagan sangat tinggi tersebut mamapu memebrekdownkan udara ( memebuat menjadi tembus listrik ) udara yang .Elektron elektron bebas tersebut memiliki tegngan yang sangat tinggi . PROSES TERJADINYA PETIR: Awalnya awan mendung .

proses breakdown udara tersebut menghasilkan dentuman yang sangat keras.hal inilah yang kurang kita sadari akan bahaya yang akan menyebabkan kerusakan pada peralatan elektronik dan perangkat elektris lainnya . Pada dasarnya di jaringan kabel udara PLN sudah di lengkapi perangkat Penahan lonjakan tegangan akibat Petir (Arrester Lightning) .serangan petir dapat melelui sambaran langsung maupun induksi. tidak hanya itu saja hal tersebut akan menyebabkan kebakaran karena adanya konsleting listrik.dengan tegangan yang sangat besar ini juga . tempat dan besarnya kekuatan) yang ditimbulkan dan pada kenyataannya yang terjadi adalah efek petir tersebut masih saja bisa masuk dan merusak perangkat elektronik yang ada . Bila ini terjadi maka perangkat elektronik yang sedang aktif akan mengalami gangguan bahkan kerusakan fatal. diperkirakan petir dapat menghancurkan pohon setinggi 20 m . maka arus petir dapat merambat masuk kedalam bangunan. Akan tetapi sambaran petir susah untuk di prediksi ( waktu .berada disekitarnya sampai ke bumi . PERANGKAT PETIR: Bahwa setiap jaringan kabel yang ada didalam ataupun diluar suatu bangunan tidak menutup kemungkinan menjadi akses atau pintu masuk arus petir. di setiap Gardu Induk ~ Gardu Distribusi ~ Travo Distribusi . sebagai langkah aman Maka sebaiknya kita melindungi jaringan perangkat elektronik yang kita miliki dengan memasang internal protection Arrester . Ketika Petir menyambar diluar area bangunan dan mengenai kabel udara tersebut. petir merupakan suatu yang sangat diperhitungkan dalam sistem transmisi listrik karena dapat menghasilkan tegangan lebih pada kawat transmisi tegangan tinggi sehingga dapat merusak peralatan tegangan tinggi. Semisal : Listrik di sebuah bangunan memakai supply daya dari listrik melalui kabel udara PLN .

Untuk tipe perangkat dan jenis Arrester disesuaikan dengan besar kebutuhan daya penggunaan. atau struktur logam bangunan . Komunikasi . Merancang Pengaman Bahaya Petir o Perlindungan Penuh. untuk kebutuhan daya kami bagi menjadi tiga macam 1.Pertimbangan yang mendasarinya adalah disaat petir menyambar sebuah tempat maka arus petir akan bisa merambat kemana saja. kabel data . Kita telah bahas singkat di atas bahwa petir susah di prediksi waktu .Petir. tempat dan besarnya jadi sangat perlu untuk memasang arrester petir sampai 3 tahap pengamanan . yang dimaksud Perlindungan Penuh Bahaya Petir adalah antisipasi terhadap kemungkinan yang akan terjadi sudah disiapkan pengamanannya. menjalar mengikuti kabel jaringan listrik . Teknik yang standart adalah dengan memasang internal protection dengan menggunakan arrester petir secara berlapis :    Level 1 Lightning Current Arrester / penangkal arus petir Level 2 Surge Arrester / penangkal tegangan kejut petir Level 3 Device Arrester /penangkal tegangan induksi petir Pemasangan dengan ke tiga Level sekaligus akan bisa menahan segala kemungkinan kerusakan akibat arus petir yang masuk melalui jaringan Daya . bisa kabel listrik . Industri => Level 1 dgn tipe FLASHTRAB FLT PLUS Level 2 dgn tipe VALVELTRAB Compact Level 3 dgn tipe Rail Mountable . kabel antena atau bahkan kawat jemuran rumah.

pertokoan cocok untuk sistem ini . Rumah Tinggal =>Level 2 dgn tipe … Level 3 dgn tipe … o Perlindungan Khusus. maka arrester yang akan digunakan bisa di kurangi untuk pengamanan Level 1. misalnya lokasi bukan daerah dgn curah petir tinggi . kecil kemungkinannya terjadi . Perkantoran =>Level 2 dgn tipe … Level 3 dgn tipe … 3.2. kantor kecil. tetapi hal ini sebatas inisiatif penghematan 1. Industri => Level 1 dgn tipe … Level 2 dgn tipe … Level 3 dgn tipe … 2. pengguna rumah tinggal . Perkantoran => Level 1 dgn tipe FLASHTRAB Compact Plus Level 2 dgn tipe VALVELTRAB-MS/F-MS Level 3 dgn tipe Rail Mountable 3. hal ini dipilih dengan pertimbangan bahwa jumlah peralatan elektronik penting yang berada di bangunan tidak terlalu banyak atau mempunyai lingkup khusus . Yakni perlindungan perangkat akan Bahaya Petir hanya sampai kepada masingmasing peralatan itu saja . Rumah Tinggal => Level 1 dgn tipe … Level 2 dgn tipe … Level 3 dgn tipe … o Perlindungan Menengah. Perlindungan Menengah Bahaya Petir dilakukan dengan pertimbangan bahwa bahaya sambaran langsung yang mengenai jaringan listrik di dekat bangunan .

NAMA: RIZKY FERNANDO S. KELAZ: X TKR 3 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful