NAMA NIM KELAS

: YETI MAYANTARI : 115080500111017 :K

1.

Jelaskan mengenai thermocline, halocline, dan pynocline dengan menggunakan gambar !

Termocline adalah sebuah kemerosotan berdasarkan perbedaan suhu air atau suasana lapisan tipis air yang terdapat pada perairan ( misalnya : seperti laut atau danau, atau udara ). Termocline dapat dianggap lapisan bawah / dasar air laut, dimana perubahan suhu lebih cepat pada permukaan daripada dasar laut yang konstan suhunya. Faktor – faktor yang mempengaruhi kedalamn dan ketebalan termoklin meliputi variasi cuaca musiman, lintang, dan kondisi lingkungan lokal, seperti pasang surut dan arus. Temperatur akan semakin menurun jika kedalaman semakin bertambah. Pada lapisan termoklin ( 200 – 1000 m ) selalu terjadi penurunan atau kenaikan yang drastis. Termoklin musiman terbentuk pada musim semi dan maksimum dengan laju perubahan temperatur terbesar terhadap kedalaman atau gradient temperatur paling tajam pada musim panas.

Halocline adalah kemerosotan yang disebabkan penurunan salinitas dalam badan air yang disebabkan oleh gradient vertikal dalam badan air. Salinitas pada kedalaman umumnya semakin tinggi karena di dasar laut terjadi pengendapan zat – zat yang jatuh dari permukaan atau sisa – sisa organisme laut. Pinocline adalah kemerosotan disebabkan oleh kuat vertikal kepadatan dalam badan air atau kepadatan gradient terbesar di dalam air. Suatu arus tekanan samudera dihasilkan oleh kekuatan seperti patahan . Kepadatan atau tekanan di dalam air semakin besar saat kedalaman semakin tinggi.

ombak. dan pasang disebabkan oleh tarikan gravitasidari bulan dan matahari. Mengapa pada daerah kutub air membeku pada permukaan. temperatur. efek coriolis. Padahal seharusnya suhu di kedalaman lebih rendah dari permukaan ? . 2. angin. sedangkan pada kedalaman air tidak membeku.

Menurut teori Archimedes yang mengatakan bahwa zat yang memiliki massa jenis lebih kecil dari air akan mengapung di permukaan air. Karena butiran es banyak mengandung hidrokarbon yang memilki berat jenis massa lebih ringan daripada air (H₂O). tetapi di bawahnya tetap cair yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup.org/wiki/Thermocline http://en. Semakin menuju ke 0 derajat Celsius.org/images/ocean-vertical-structure_clip_image002.wordpress.com/feeds/4518710484314096464/comments/default http://www. sehingga massa jenis air akan bertambah. Inilah satu jawaban kenapa es mengapung di air.org/wiki/pynocline http://oceanmotion.com . Sumber : http://pobersoinaibaho.image.Saat air menjadi es (membeku).wikipedia.jpg http://naval-ocean. Air dibawah permukaan tidak dapat membeku karena adanya panas bumi sehingga suhu didasar laut belum tentu lebih rendah dari permukaan air laut dan air yang terdapat di dasar atau dibawah permukaan bersifat tetap suhunya sehingga tidak terpengaruh oleh air yang berada di permukaan yang berwujud es. semakin kecil massa jenis air.blogspot.wikipedia. air menyusut namun massa air tetap sedangkan volumenya berkurang. Semakin lama permukaan es itu semakin tebal. Jadi es mengapung di air karena massa jenis es lebih kecil dari massa jenis air. zat yang mempunyai massa jenis sama dengan air akan mengapung dan yang memiliki massa jenis lebih besar dari air akan tenggelam. hal ini sangat bermanfaat untuk mengisolasi air dari suhu udara di atasnya sehingga dibawah permukaan es tersebut tetap mencair.org/wiki/Halocline http://en. Akibat anomali air lapisan es pasti berada di permukaan air (karena lebih ringan dari yang suhunya dibawah 4 derajat celsius).wikipedia. Air biasa mengalami anomali sehingga berat jenis air terkecil bukan pada suhu nol derajat celsius melainkan pada suhu 4 derajat celsius.com//2011/02/21/tugas-oseanografi-anomali-air-temperatur-salinitasthermocline-halocline-pynocline/ http://en.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful